Icon EQUIP

Novita
Balasan dalam 1 menit

Novita
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
6281222849188
×

Novita

Active Now

Novita

Active Now

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

12 Rekomendasi Software Payroll Terbaik Indonesia 2024

Picture of Jackson Pratama
12 Rekomendasi software payoll

Pernahkah Anda bertanya bagaimana seandainya proses pengelolaan gaji karyawan yang rumit dapat dilakukan dengan mudah? Apakah ada cara jitu untuk dapat mengefisiensikan proses pengelolaan gaji karyawan dengan jumlah yang banyak?

Seperti yang diketahui, pengelolaan gaji karyawan adalah proses yang rumit. Pengelolaan secara manual akan sangat sulit dan rentan menghadapi masalah, seperti keterlambatan pemberian upah, kesalahan pencatatan, dan lain sebagainya. Kesalahan ini akan berdampak fatal dan mengurangi tingkat kepuasan karyawan terhadap perusahaan. 

Kabar baik bagi Anda karena di zaman modern saat ini pertanyaan tersebut dapat direalisasikan dengan software payroll. Ya, software payroll adalah suatu sistem yang dapat memudahkan pengelolaan gaji mulai dari meminimalisir kesalahan, keterlambatan pembayaran gaji, dan segudang masalah lainnya. 

Dalam artikel ini, kami menyajikan 12 rekomendasi software payroll terbaik beserta fitur, kelebihan, dan kekurangan yang ada dan dapat Anda pertimbangkan. 

Daftar Isi 

Manfaat dan Pentingnya Penggunaan Software Payroll bagi Perusahaan

Penggunaan software payroll dapat memangkas waktu pengelolaan yang sebelumnya memerlukan tenaga dan waktu yang cukup besar. Dengan memanfaatkan software payroll, perusahaan dapat menghemat waktu dalam menghitung gaji dan tunjangan karyawan secara akurat. 

Selain itu, software ini juga memastikan perusahaan untuk tetap memenuhi kewajiban terhadap regulasi perpajakan dan ketenagakerjaan yang berlaku, sehingga membuat perusahaan tetap terhindar dari sanksi dan penalti yang dibebankan karena ketidakpatuhan terhadap kebijakan pemerintah. 

Lebih lanjutnya, software payroll memberikan kontribusi signifikan bagi perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas yang dapat meningkatkan kepuasan karyawan dan stabilitas operasional perusahaan dalam mengelola gaji karyawan. 

12 Rekomendasi Software Payroll Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Dalam memilih aplikasi payroll, Anda harus selektif dalam melihat kelebihan dan kekurangan yang ada dalam tiap software. Berikut kami menyajikan rekomendasi payroll software beserta kelebihan dan kekurangannya: 

1. Software payroll Total ERP 

Rekomendasi software payroll

Total ERP adalah solusi terdepan dan inovatif untuk permasalahan payroll. Salah satu keunggulan utama sistem Total adalah mampu mengotomatisasi seluruh proses penggajian, mulai dari perhitungan gaji, potongan, dan tunjangan secara akurat. 

Aplikasi ini terdukung dengan beberapa fitur komprehensif, salah satunya adalah fitur fully localized payroll with tax calculation. Penggunaan fitur ini dapat membantu manajemen mengelola gaji dengan melibatkan kalkulasi pajak yang berlaku. 

Selain itu, aplikasi ini juga terdapat fitur daily/hourly worker payslip management yang dapat membantu perusahaan dalam mengelola dan menghitung berdasarkan jumlah hari atau jam kerja yang dilakukan oleh karyawan secara otomatis. 

Total ERP HRM juga dilengkapi dengan fitur kustomisasi yang memungkinkan perusahaan untuk menggunakan sistem ini sesuai dengan kebijakan internal dan regulasi yang berlaku, sehingga memastikan kepatuhan dan fleksibilitas dalam operasional. 

Kelebihan  Kekurangan 
Dapat dikustomisasi sesuai dengan keinginan perusahaan. Kurang cocok untuk bisnis skala kecil dan menengah 
Mudah untuk melakukan integrasi dengan seluruh aspek bisnis Waktu implementasi yang bervariasi tergantung kebutuhan pengguna
Seluruh data dapat terkumpul dalam satu data base yang meningkatkan keamanan data
Mudah untuk dipelajari sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk diaplikasikan

2. Sistem payroll Paychex

software payroll

Paychex adalah salah satu aplikasi payroll yang dapat Anda pertimbangkan. Aplikasi ini menawarkan fitur otomatisasi dalam membayar pajak perusahaan. Hal ini membuat perusahaan dapat tetap patuh terhadap aturan pemerintahan yang berlaku. 

Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan template laporan gaji yang memudahkan perusahaan untuk memproses laporan gajian karyawan. 

Kelebihan  Kekurangan 
Dapat mengotomatisasi pembayaran pajak  Dukungan pelanggan kurang responsif
Menyediakan template laporan gajian  Perlu biaya tambahan untuk mengakses semua fitur

3. Software gaji Gusto 

sistem pembayaran gaji

Gusto adalah salah satu software gaji yang dengan fitur canggih, seperti pembayaran gaji tanpa batasan jumlah. Aplikasi ini juga memungkinkan perusahaan untuk membayar pajak secara otomatis sebelum jatuh tempo. 

Meskipun begitu, aplikasi ini memiliki kekurangan berupa biaya tambahan untuk setiap user tambahan yang ditambahkan ke sistem. Selain itu, sinkronisasi gaji pada Gusto terkadang kurang optimal, yang bisa menyebabkan ketidakakuratan dalam proses penggajian. 

Kelebihan  Kekurangan 
Memungkinkan perusahaan melakukan penggajian tanpa batasan jumlah  Terdapat biaya tambahan untuk setiap user yang ditambahkan ke sistem 
Memungkinkan perusahaan untuk membayar pajak secara otomatis setiap bulannya Sinkronisasi gaji yang kerap mengalami kesalahan dan rentan menimbulkan masalah

4. Payroll system HashMicro HRM 

Software payroll gaji

Sistem payroll HashMicro HRM merupakan salah satu solusi terbaik di bidang payroll dengan fitur-fitur canggih, salah satunya pengelolaan gaji karyawan secara otomatis. Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk menghemat waktu dan mengurangi risiko kesalahan yang sering terjadi pada penghitungan manual.

Selain itu, HashMicro HRM juga dilengkapi dengan fitur manajemen absensi yang terintegrasi dengan sistem. Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk memantau kehadiran karyawan secara real-time serta mengurangi kemungkinan kesalahan dan manipulasi data absensi kehadiran karyawan. 

Kelebihan  Kekurangan 
Otomatisasi proses penggajian  Antrean demo gratis yang panjang karena peminat yang banyak 
Ramah pengguna sehingga mudah untuk dipelajari dan digunakan 
Dapat memantau absen karyawan secara real-time dari mana saja dan kapan saja

5. Quickbook Payroll 

12 rekomendasi sistem payroll

QuickBooks Payroll adalah aplikasi gaji karyawan yang dapat memproses penggajian berdasarkan hari kerja dengan sangat akurat. Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk memproses gaji karyawan secara akurat dengan menyesuaikan jumlah cuti, lembur, dan hari libur. 

Namun, QuickBooks Payroll juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan, seperti harga yang relatif mahal dibandingkan dengan aplikasi serupa lainnya. Selain itu, fitur yang dapat diakses di paket basic sangat terbatas. Hal ini mengharuskan pengguna untuk meningkatkan paket yang digunakan. 

Kelebihan  Kekurangan 
Tersedia di 50 negara  Harga relatif tinggi 
Dapat memproses gaji sesuai dengan hari kerja karyawan</span> Fitur yang dapat digunakan sangat terbatas di paket basic

6. HR payroll software Fingercheck 

Rekomendasi sistem pembayaran gaji

Fingercheck adalah salah satu software payroll yang memiliki dukungan pelanggan responsif. Hal ini membuat para pengguna mudah mendapatkan bantuan jika mengalami kesulitan. Selain itu, antarmuka pengguna yang intuitif membuatnya mudah dipahami dan dioperasikan oleh siapa pun. 

Namun, Fingercheck juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Salah satu kelemahannya adalah akses yang terbatas sehingga beberapa fitur tidak tersedia untuk semua pengguna dan membutuhkan biaya tambahan untuk diakses.

Kelebihan  Kekurangan 
Memiliki dukungan pelanggan yang responsif Memerlukan biaya tambahan untuk dapat mengakses semua fitur 
Antarmuka yang bagus dan tidak membingungkan  Rentang mengalami down-time 

 7. Paycom 

Paycom memiliki fitur yang dapat memudahkan perusahaan untuk mengelola gaji karyawan dan penggantian biaya (reimburse). Selain itu, Paycom dapat memudahkan perusahaan untuk mengelola pajak yang muncul dari penggajian karyawan. 

Meskipun begitu, Paycom memiliki kekurangan yang harus Anda perhatikan, yaitu terbatasnya integrasi dengan sistem lain. Hal ini tentu akan membatasi akses bagi user untuk dapat menyatukan data-data penting dari sistem lain. 

Kelebihan  Kekurangan 
Memudahkan perusahaan untuk mengelola gaji karyawan  Terbatasnya kemampuan integrasi dengan sistem lain 
Meningkatkan efisiensi dalam mengelola pajak perusahaan Kurang cocok untuk bisnis dengan skala kecil dan menengah 

8. Software gaji karyawan Sumo Payroll

Sumo Payroll menawarkan antarmuka yang mudah digunakan, sehingga memungkinkan pengguna untuk mengelola penggajian karyawan dengan efisien tanpa perlu keterampilan teknis yang mendalam. Selain itu, aplikasi ini memungkinkan semua informasi karyawan dapat terpusat dalam satu platform. 

Namun, Sumo Payroll memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah rentan mengalami downtime. Hal ini akan membuat akses ke data karyawan dan proses penggajian bisa terganggu dan mengakibatkan keterlambatan pembayaran gaji dan potensi ketidakpuasan karyawan. 

Kelebihan  Kekurangan 
Mudah dipelajari bagi pengguna baru  Rentan mengalami downtime yang dapat mengganggu proses penggajian 
Antarmuka yang ramah pengguna 

9. Aplikasi payroll SAP 

Aplikasi payroll SAP memiliki kelebihan yang dapat membantu bisnis Anda, salah satunya adalah dapat terintegrasi dengan pihak ketiga. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menyatukan berbagai fungsi bisnis dalam satu platform yang terkoordinasi dengan baik. 

Selain itu, aplikasi ini tersedia dalam mobile yang memungkinkan pengguna untuk mengakses aplikasi dari mana saja dan kapan saja. 

Kelebihan  Kekurangan 
Dapat terintegrasi dengan pihak ketiga  Tidak tersedia demo gratis 
Tersedia versi mobile yang memudahkan untuk diakses dari mana saja dan kapan saja  Sulit untuk dikustomisasi 

10. Sistem gaji Xero 

Rekomendasi sistem pembayaran gaji

Sebagai sistem gaji, Xero menawarkan tingkat keamanan tinggi yang dapat menjamin seluruh data karyawan dan informasi keuangan dapat terjaga dengan aman dan terlindungi dari risiko munculnya ancaman bahaya terhadap data tersebut. 

Meskipun begitu, Xero memiliki kekurangan yang harus Anda perhatikan, yaitu antarmuka yang rumit. Antarmuka yang rumit dan kompleks membuat aplikasi ini akan memakan waktu yang lama untuk bisa dipelajari dan diimplementasikan dengan perusahaan Anda. 

Kelebihan  Kekurangan 
Menawarkan tingkat keamanan yang tinggi  Antarmuka yang kompleks dan rumit 
Cocok untuk bisnis kecil dan menengah  Fitur yang kurang lengkap 

11. Patriot Payroll 

Sistem gaji karyawan Patriot menawarkan fitur yang dapat membuat perusahaan mengelola gaji dengan jumlah yang tidak terbatas. Tidak hanya itu, sistem ini juga menawarkan demo gratis dan informasi harga yang transparan. Hal ini memudahkan calon pengguna untuk mencoba terlebih dahulu sebelum membeli. 

Namun, Patriot masih memiliki kekurangan, salah satunya adalah tidak tersedia pilihan untuk mengelola gaji secara otomatis. Selain itu, aplikasi ini tidak tersedia di mobile yang membatasi akses pengguna untuk dapat membuka aplikasi dari mana saja dan kapan saja. 

Kelebihan  Kekurangan 
Dapat mengelola gaji dengan jumlah yang banyak  Tidak tersedia versi mobile 
Tersedia demo gratis  Tidak dapat mengelola gaji secara otomatis 
Harga yang transparan  Terbatasnya akses untuk terintegrasi dengan pihak ketiga 

12. Aplikasi gaji karyawan Paylocity 

Aplikasi gaji karyawan Paylocity memiliki antarmuka yang tidak membingungkan. Hal ini menjadikan aplikasi ini tidak membutuhkan waktu yang lama untuk dapat dipelajari dan diimplementasikan dengan perusahaan. 

Meskipun begitu, aplikasi ini memiliki kekurangan berupa dukungan pelanggan yang kurang responsif. Hal ini menyulitkan Anda untuk mendapat bantuan dan arahan jika terdapat kesulitan saat menggunakan aplikasi ini. 

Kelebihan  Kekurangan 
Memiliki antarmuka yang mudah dimengerti  Customer service yang kurang responsif 
Mudah untuk dilakukan kustomisasi  Rentang mengalami down time 

Tips Memilih Software Payroll yang Tepat bagi Perusahaan 

Software gaji karyawan adalah solusi alternatif yang dapat memudahkan pengelolaan gaji karyawan. Meskipun begitu, selektif dalam memilih sistem yang tepat adalah langkah wajib yang harus dilakukan. Berikut adalah tips memilih software payroll yang tepat bagi perusahaan: 

  • Perhatikan kebutuhan perusahaan: Sebelum mulai mencari aplikasi payroll, penting bagi Anda untuk menentukan kebutuhan perusahaan. Buat daftar kebutuhan agar Anda dapat menyesuaikan aplikasi yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut. 
  • Selektif terhadap kelebihan dan kekurangan: Tiap aplikasi akan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pastikan bahwa kekurangan aplikasi tersebut tidak akan mengganggu produktivitas perusahaan Anda. 
  • Perhatikan dukungan pelanggan yang diberikan: Aplikasi yang baik tidak akan meninggalkan Anda begitu saja setelah pembelian dilakukan. Pastikan aplikasi yang Anda pilih disertai dengan dukungan pelanggan yang responsif agar dapat membantu Anda saat mengalami kesulitan. 

Kesimpulan 

Proses pengelolaan gaji karyawan sangat memerlukan waktu yang lama dan rumit. Apalagi, jika karyawan yang dikelola mencapai ratusan atau ribuan. Melakukan proses penggajian secara manual akan sangat melelahkan dan rentan mengalami human error. 

Dalam hal ini, terintegrasi dengan sistem gaji karyawan seperti Total ERP HRM adalah solusi alternatif yang dapat Anda lakukan. Total ERP HRM memiliki kelebihan dan fitur yang dapat mempermudah perusahaan untuk mengelola proses penggajian karyawan. 

Sebagai sebuah sistem gaji karyawan, Total ERP dapat terintegrasi dengan seluruh aspek bisnis Anda. Selain itu, aplikasi Total dapat mengintegrasikan seluruh data ke satu platform utuh yang semakin memudahkan perusahaan dalam mengelola gaji dan data karyawan yang ada. 

Dengan ini, kami mengundang Anda untuk mencoba demo gratis dan memahami bagaimana sistem kami dapat memudahkan perusahaan untuk mengelola gaji karyawan. Anda dapat mencoba demo gratis dengan mengklik di sini! 

DemoGratis

Picture of Jackson Pratama
Jackson Pratama

Pencarian

Artikel Lainnya

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini