Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

Sistem Payroll: Pengertian, Manfaat, dan Keunggulannya

Herza Saputra
sistem payroll

Pada era modern ini, perkembangan teknologi telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk juga dalam hal manajemen sumber daya manusia di suatu perusahaan. Oleh karena itu, salah satu aspek yang mengalami transformasi besar adalah pengelolaan gaji dan tunjangan karyawan melalui sistem payroll.

Sistem ini juga menjadi landasan yang krusial bagi perusahaan dalam mengelola pembayaran gaji dengan efisiensi dan akurasi yang tinggi. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi pengertian sistem payroll, tawaran manfaat, serta keunggulan yang membuatnya menjadi salah satu alat penting dalam dunia bisnis modern.

Apa itu Sistem Payroll?

apa itu payroll

Sistem payroll adalah sebuah mekanisme yang perusahaan gunakan  untuk mengatur dan mengelola proses penggajian karyawan secara efisien. Dalam konteks bisnis, payroll merujuk pada sistem yang terdiri dari prosedur dan perangkat lunak yang memungkinkan perusahaan untuk menghitung, mengelola, dan memproses gaji dan tunjangan karyawan. Sistem ini mencakup berbagai aspek, seperti perhitungan gaji berdasarkan jam kerja, upah, potongan pajak, cuti, bonus, dan manfaat lainnya yang karyawan terima.

Dengan menggunakan sistem payroll, perusahaan dapat mengotomatiskan sebagian besar tugas administratif terkait penggajian. Hal ini termasuk menghitung gaji bersih setelah potong pajak dan deduksi, menghasilkan slip gaji, mengatur pembayaran otomatis kepada karyawan, serta mengelola catatan dan laporan terkait penggajian. Sistem ini memastikan bahwa perhitungan gaji terjadi secara akurat dan konsisten, menghindari kesalahan manusia yang mungkin terjadi dalam proses manual.

Manfaat Menggunakan Sistem Payroll bagi Perusahaan

Menggunakan sistem payroll memiliki sejumlah manfaat yang signifikan bagi perusahaan. Berikut adalah beberapa manfaat utama yang dapat perusahaan dapatkan dengan menerapkan sistem ini:

Meningkatkan akurasi laporan gaji karyawan

Penerapan sistem payroll otomatis membantu mengurangi kesalahan yang mungkin terjadi dalam perhitungan gaji dan tunjangan karyawan. Dengan demikian, setiap karyawan dapat memperoleh gaji yang akurat dan sesuai dengan yang seharusnya mereka terima.

Integrasi data sistem payroll

Semua informasi yang perlu dalam penghitungan gaji  terkait dengan setiap karyawan akan tercakup dalam sistem. Ini meliputi data identitas karyawan, kehadiran, lembur, absen, izin cuti, pencapaian yang berdampak pada kompensasi, denda, dan data lainnya yang relevan. Semua data ini akan terhubung dalam sistem, yang secara otomatis akan mengolah perhitungannya. 

Mengurangi risiko human error

Dengan sistem yang terstruktur, risiko kesalahan manusia dapat terminimalisir secara signifikan. Ketika data yang masuk ke dalam sistem telah terverifikasi dengan benar, setiap output yang keluar  akan akurat sesuai dengan perhitungan yang terjadi.

Hemat waktu

Sistem ini akan memberikan dukungan kepada bagian administrasi atau HR saat waktu gaji tiba, membantu mereka menghemat waktu dalam proses penggajian karyawan. Sebagai contoh, ketika ada karyawan yang absen kerja, sistem secara otomatis akan menghitung jumlah gaji yang harus karyawan terima pada hari tersebut. Selain itu, terdapat berbagai fitur lain yang dapat mempermudah perusahaan dalam proses pembayaran gaji.

Contoh Payroll dan Cara Kerjanya

payroll

Bagaimana mekanisme kerja payroll? Umumnya, proses penggajian karyawan melibatkan beberapa komponen seperti gaji pokok, tunjangan makan, transportasi, upah lembur, dan tunjangan lainnya. Di perusahaan, terdapat beberapa jenis penggajian, mulai dari yang  secara manual hingga yang paling canggih dengan menggunakan perangkat lunak. Berikut tiga tahapan payroll:

Pre- sistem payroll

Langkah awal dalam menetapkan kebijakan penggajian di suatu perusahaan adalah menetapkan kebijakan. Perusahaan-perusahaan di Indonesia juga harus mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam menjalankan proses payroll, seperti aturan BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, dan perhitungan PPh 21. Kebijakan ini akan akan manajemen ikuti dan menjadi standar prosedur penggajian perusahaan.

Selanjutnya, langkah yang perlu dilakukan adalah mengumpulkan data karyawan untuk diolah dalam perhitungan gaji, seperti data absensi atau perubahan gaji. Tim HRD harus menghasilkan laporan data karyawan yang sesuai dengan format yang dibutuhkan, baik laporan individu maupun laporan perusahaan secara keseluruhan.

Setelah data terkumpul, langkah selanjutnya adalah memeriksa keabsahan data tersebut. Pengecekan ini penting dilakukan guna memastikan keakuratan dan kesesuaian data dalam proses penggajian sesuai dengan kebijakan perusahaan.

Payroll

Setelah data karyawan telah melewati proses validasi, data tersebut akan masuk  ke dalam sistem penggajian untuk dilakukan perhitungan gaji bersih. Dalam proses ini, sistem akan mempertimbangkan pajak dan potongan lainnya sehingga menghasilkan jumlah gaji bersih yang sesuai.

Post-Payroll

Gaji karyawan merupakan salah satu pengeluaran signifikan bagi perusahaan. Oleh karena itu, penting bagi tim HRD dan Finance untuk bekerja sama dalam mencatat transaksi keuangan yang terkait dengan proses penggajian. Setelah pencatatan dilakukan oleh tim Finance, pembayaran gaji dapat dilakukan melalui transfer ke rekening karyawan masing-masing. Selanjutnya, slip gaji akan didistribusikan kepada karyawan.

Keunggulan Menggunakan Sistem Payroll dari Total

total payroll

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan sistem ini telah menjadi suatu keharusan bagi perusahaan modern. Sistem ini tidak hanya mengotomatiskan proses penggajian, tetapi juga memberikan berbagai keunggulan yang signifikan. Salah satu solusi yang menonjol adalah sistem payroll dari Total.

Integrasi yang lengkap

Total menawarkan integrasi yang lengkap dengan berbagai modul dan fitur terkait, seperti manajemen kehadiran, penghitungan gaji, potongan pajak, dan tunjangan karyawan. Integrasi ini juga memastikan bahwa semua data terkait dengan penggajian dapat diakses dan dikelola dengan mudah dalam satu platform.

Otomasi yang efisien

Total menggunakan otomatisasi yang canggih untuk menghitung gaji, potongan pajak, tunjangan, dan komponen penggajian lainnya. Hal ini mengurangi risiko kesalahan manusia dan menghemat waktu serta tenaga dalam proses administrasi penggajian. Proses penggajian dapat berjalan secara akurat dan efisien dengan penggunaan algoritma yang terprogram dengan baik.

Pelaporan yang akurat

Total juga menyediakan laporan yang akurat dan terperinci tentang pengeluaran gaji, potongan pajak, dan tunjangan karyawan. Laporan ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan dapat diakses dalam format yang mudah dibaca. Informasi tersebut membantu manajemen dalam mengambil keputusan strategis yang berdasarkan data yang terkini.

Kesimpulan

Sistem payroll adalah alat penting dalam pengelolaan gaji dan tunjangan karyawan di perusahaan. Dengan menggunakan sistem ini, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi, akurasi, dan transparansi dalam proses penggajian. Selain itu, keunggulan sistem payroll mencakup penghematan waktu, otomatisasi perhitungan, pemantauan yang lebih baik, serta kepatuhan terhadap peraturan perpajakan dan hukum ketenagakerjaan.

total erp payroll

Total menawarkan sistem payroll yang dapat diandalkan bagi perusahaan dengan banyaknya fitur yang diberikan. Dengan keandalan sistem payroll yang  Total tawarkan, perusahaan juga dapat mengoptimalkan pengelolaan penggajian karyawan dengan efisiensi, akurasi, dan kepatuhan. Dengan demikian, sistem payroll Total juga menjadi solusi yang handal dan terpercaya bagi perusahaan dalam mengelola proses payroll dengan baik. Segera jadwalkan demo gratis!

Herza Saputra

Herza Saputra

Pencarian

Berita Terbaru

lorem ipsum dolor

Berita Terpopuler

lorem ipsum dolor

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini

Customer Service

Customer Service
Balasan dalam 1 menit

Customer Service
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
6281222849188
×
Dapatkan Demo Gratis!