Icon EQUIP

Novita
Balasan dalam 1 menit

Novita
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
6281222849188
×

Novita

Active Now

Novita

Active Now

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

Sistem HRIS: Pengertian, Manfaat dan Fitur Utamanya

Picture of Mangku Luhur
sistem hris

Lebih dari 70% perusahaan besar di seluruh dunia telah beralih ke Sistem HRIS. Mereka ingin meningkatkan manajemen SDM. Sistem HRIS membantu efisiensi dengan mengelola data karyawan dan proses penggajian secara otomatis.

HRIS (Human Resource Information System) memungkinkan perusahaan mengotomatisasi proses manajemen SDM. Ini terjadi melalui teknologi cloud, memudahkan pengelolaan data karyawan secara aman dan efisien. Solusi ini mengatasi tantangan manajemen SDM di era digital.

Saat ini, HRIS bukan sekadar tren, melainkan kebutuhan bagi perusahaan yang ingin bersaing di industri mereka. Teknologi ini meningkatkan keamanan data karyawan dan efisiensi operasional. Ini semua membantu perusahaan tetap kompetitif.

Untuk memahami HRIS secara lebih lanjut simak artikel berikut ini.

Mengenal HRIS

HRIS adalah sistem yang digunakan oleh tim HR untuk mengelola data karyawan, proses-proses SDM, dan membuat keputusan terkait karyawan. Ini adalah tempat mencatat data karyawan, seperti info pribadi, riwayat kerja, dan kualifikasi. Sistem ini membantu proses kerja menjadi lebih mudah dan akurat.

HRIS sangat membantu dari rekrutmen hingga onboarding. Sistem ini otomatisasi gaji, menghindari keterlambatan, dan pastikan pembayaran tepat. Ini membuat data karyawan lebih mudah diurus dan meningkatkan efisiensi SDM.

HRIS vs. HRMS vs. HCM

sistem hris

Sebelum melangkah lebih jauh, penting untuk memahami perbedaan antara HRIS, HRMS, dan HCM untuk memilih yang tepat.

Secara singkat HRIS (Human Resource Information System) menangani informasi dan data karyawan. Termasuk administrasi, penggajian, dan menyimpan data karyawan. Dengan HRIS, Anda bisa mengatur data pribadi karyawan dan informasi lain dengan mudah.

Sedangkan HRMS (Human Resource Management System) jauh lebih komprehensif. sistem ini memasukkan manajemen bakat, rekrutmen, dan best practices SDM yang membantu perusahaan mengelola karyawan dan meningkatkan proses untuk pertumbuhan organisasi.

Adapun untuk HCM (Human Capital Management) sendiri mencakup segala hal dari HRMS dan lebih, termasuk analitik canggih. Tujuannya adalah memaksimalkan potensi karyawan melalui analisis mendalam. HCM tidak hanya tentang pengelolaan, tapi juga memberdayakan karyawan.

Dengan memahami perbedaan HRIS, HRMS, HCM, Anda bisa memilih yang sesuai untuk perusahaan. HRIS untuk dasar, HRMS untuk solusi lengkap, atau HCM untuk pendekatan strategis dan analitik.

Manfaat HR Information System bagi Perusahaan

Software HRIS sangat penting untuk perusahaan. Ia membantu manajemen sumber daya manusia dengan efisien. Berikut adalah beberapa manfaat penting dari HRIS.

1. Manajemen Data Karyawan

HRIS sangat berguna dalam mengelola data karyawan. Ia memungkinkan penyimpanan, pembaruan, dan akses info dengan mudah. Ini membantu perusahaan mengelola karyawan lebih efisien dan menghindari kesalahan.

2. Rekrutmen dan Seleksi

HRIS juga mendukung rekrutmen dan seleksi karyawan baru. Ia mempermudah publikasi lowongan, penerimaan aplikasi, dan penjadwalan wawancara. Proses ini jadi lebih lancar dan produktif dengan bantuan HRIS.

3. Penggajian dan Manajemen Kompensasi

Di bidang penggajian, HRIS mengurangi kesalahan pembayaran gaji. Dengan kemampuan menghitung gaji secara akurat, HRIS meningkatkan kepuasan karyawan. Ia juga membuat manajemen kompensasi menjadi mudah dan efisien.

4. Manajemen Kinerja

HRIS memfasilitasi manajemen kinerja karyawan. Ia membantu menetapkan sasaran, memberi umpan balik, dan mengevaluasi kinerja. Dengan ini, perusahaan bisa memonitor dan meningkatkan kinerja karyawan dengan lebih baik.

5. Pelatihan dan Pengembangan

HRIS juga membantu dalam pelatihan dan pengembangan karyawan. Ia menyederhanakan perencanaan, pelaksanaan, dan pemantauan program pelatihan. Semua ini meningkatkan keterampilan dan kompetensi karyawan dengan efisien.

6. Manajemen Absensi dan Cuti

Manajemen absensi dan cuti lebih lancar lewat HRIS. Ia mencatat absensi dan menghandle pengajuan cuti karyawan. Hal ini membuat data kehadiran karyawan jadi lebih akurat.

7. Pengambilan Keputusan

Terakhir, HRIS membantu meningkatkan keputusan perusahaan. Dengan analisis data yang disimpan, perusahaan bisa membuat keputusan strategis lebih baik. Ini mengoptimalkan manajemen sumber daya manusia.

Fitur-Fitur Utama dari Sistem HRIS

memilih HRIS

 

Software hr information system memiliki banyak fitur penting. Fitur ini membantu manajemen SDM dengan efisien. Mereka mempermudah administrasi, meningkatkan akurasi data, dan memberi kejelasan di berbagai bidang.

1. Absensi Kehadiran

Fitur absensi menghitung kehadiran karyawan secara otomatis. Sistem ini sering menggunakan GPS untuk cek lokasi kerja. Cara ini mengurangi kesalahan data dan memfasilitasi pemantauan yang akurat.

2. Payroll atau Penggajian

Sistem Payroll HRIS mengotomatisasi gaji karyawan. Ini termasuk perhitungan gaji, pajak, dan manfaat. Dengan otomasi, waktu dan biaya operasi bisnis bisa ditekan sambil memastikan akurasi gaji.

3. Rekrutmen Karyawan

Rutinitas rekrutmen menjadi lebih gampang lewat fitur HRIS. Anda bisa mengelola mulai dari aplikasi, wawancara, hingga onboarding. Semua proses rekrutmen terjadi di satu sistem yang sederhana.

4. Database dan Administrasi HR

Database HR sentral memfasilitasi akses ke info karyawan. Dengan data terorganisir, tugas administrasi jadi lebih efisien. Manajemen pun lebih lancar berkat akses mudah informasi.

5. Manajemen Waktu

Manajemen waktu membantu mengatur jadwal kerja dan cuti. Hal ini menjamin karyawan bekerja sesuai jadwal. Efektivitas kerja dan administrasi waktu ditingkatkan berkat fitur ini.

6. Manajemen Pajak

Fitur manajemen pajak menghitung pajak karyawan secara otomatis. Ini memastikan pembayaran pajak tepat waktu. Keakuratan pajak dan kepatuhan pajak meningkat berkat otomatisasi ini.

7. Penilaian Kinerja

Penilaian kinerja memfasilitasi evaluasi karyawan sesuai dan objektif. Fitur ini membantu menetapkan sasaran dan merumuskan pengembangan. Ini mendukung umpan balik yang konstruktif pada karyawan.

8. Laporan HR

Laporan HR membantu membuat laporan-laporan penting SDM. Ini mencakup laporan kehadiran, gaji, dan kinerja. Laporan dibuat dengan cepat dan akurat, memberikan data penting bagi manajemen keputusan.

Apa Saja Tipe-Tipe Software HRIS?

Dalam dunia manajemen SDM, ada tiga tipe software HRIS. Setiap tipe punya fokus dan fungsi berbeda. Mengetahui perbedaan ini membantu kita memilih solusi yang tepat untuk perusahaan.

HRIS Operasional

HRIS Operasional membantu dalam tugas-tugas administratif. Ini termasuk manajemen data karyawan, gaji, dan catatan kehadiran. Dengan otomatisasi, HRIS membantu meningkatkan efisiensi dan mengurangi kesalahan.

HRIS Taktikal

HRIS Taktikal fokus pada rekrutmen, pelatihan, dan analisis data karyawan. Ini membantu perusahaan menemukan dan mengembangkan bakat secara sistematis. Juga, efektif dalam mendukung strategi pengembangan SDM.

HRIS Strategis

HRIS Strategis lebih terfokus pada data integritas dan laporan keputusan strategis. Dengan HRIS strategis, perusahaan bisa merumuskan tujuan jangka panjang. Ini memberikan informasi akurat yang diperlukan oleh manajemen SDM.

Dengan mengenali bedanya antara HRIS operasional, HRIS taktikal, dan HRIS strategis. Ini membantu memilih solusi terbaik untuk manajemen SDM di perusahaan Anda.

Memilih HR Information System yang Tepat

Saat memilih HRIS, Anda harus memikirkan beberapa faktor. Faktor ini penting agar sistem HRIS sesuai dengan keperluan perusahaan Anda. Beberapa poin penting untuk diperhatikan adalah

1. Pertimbangkan Ukuran Perusahaan

Ukuran perusahaan sangat berpengaruh dalam memilih HRIS. Perusahaan kecil cukup dengan HRIS yang simpel. Ini akan menangani kebutuhan dasar mereka.

Di sisi lain, perusahaan besar memerlukan HRIS canggih. Mereka butuh fitur seperti analitik SDM. Fitur ini akan mendukung operasional mereka yang luas.

Dengan memilih HRIS sesuai dengan ukuran perusahaan, Anda akan mendapat yang paling sesuai. Solusi ini juga akan efisien untuk bisnis Anda.

2. Antisipasi Pertumbuhan di Masa Depan

Pertimbangkan pertumbuhan masa depan perusahaan Anda dalam memilih HRIS. Sebuah bisnis yang berkembang cepat perlu sistem HRIS yang bisa menambah jumlah karyawan.

HRIS yang skalabel akan melayani bisnis Anda lebih lama. Anda tidak perlu sering ganti sistem. Ini akan menghemat waktu dan biaya di kemudian hari.

3. Integrasi dengan Teknologi yang Sudah Ada

Integrasi dengan teknologi yang sudah digunakan perusahaan juga penting. Memilih HRIS yang bisa terintegrasi dengan sistem lama akan mengurangi masalah.

Integrasi yang lancar akan meningkatkan efisiensi. Pilihlah HRIS yang bisa berintegrasi dengan mudah. Hal ini akan memastikan penyelesaian HR yang bekerja bersama dengan baik.

Kesimpulan

Sistem HRIS sangat bermanfaat untuk mengelola sumber daya manusia di perusahaan. Dengan teknologi ini, Anda dapat meningkatkan efisiensi kerja secara signifikan. HRIS memudahkan pengelolaan data karyawan, proses rekrutmen, dan penggajian dengan lebih efektif.

Selain itu, pengambilan keputusan juga menjadi lebih tepat karena Anda bisa mengakses data karyawan kapan saja. Solusi HRIS yang tepat memastikan informasi karyawan, mulai dari data pribadi hingga kinerja, terkelola dengan baik. Integrasi HRIS tidak hanya membantu meningkatkan efisiensi perusahaan Anda, tetapi juga mendukung pertumbuhan bisnis.

Jika Anda sedang mencari solusi HRIS yang andal, pertimbangkan untuk menggunakan sistem HRIS Total. Dengan fitur lengkap dan dukungan penuh, HRIS Total dapat membantu Anda mencapai manajemen SDM yang lebih baik dan efisien. Coba demo gratis HRIS Total sekarang juga

Picture of Mangku Luhur
Mangku Luhur

Pencarian

Artikel Lainnya

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini