Icon EQUIP

Novita
Balasan dalam 1 menit

Novita
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
6281222849188
×

Novita

Active Now

Novita

Active Now

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

HRMS Software: Pengertian, Manfaat, dan Tips Memilihnya

Picture of Mangku Luhur

HRMS software merupakan salah satu perkembangan teknologi yang bertujuan mempermudah aktivitas HR agar lebih efektif dan efisien. Perusahaan yang mengimplementasikan HRMS (Human Resource Management System) dalam aktivitas administratifnya dapat meningkatkan produktivitas karyawan secara keseluruhan.

Menurut Deloitte, sekitar 56% perusahaan global telah menggunakan software hr untuk mengelola karyawan dengan lebih efisien. dengan fitur-fitur penting seperti penggajian dan manajemen kinerja, HRM S membantu kegiatan HR menjadi lebih efisien.

Dengan data karyawan yang tersimpan di cloud, perusahaan dapat mengatur informasi dengan baik. Memahami pengertian dan manfaat HRMS penting agar perusahaan dapat memilih software yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Simak artikel berikut ini.

Pengertian HRMS Software

HRMS (Human Resource Management System) merupakan sebuah platform yang menyatukan, mengelola, dan mengotomatiskan seluruh rangkaian proses rutin sumber daya manusia dalam suatu perusahaan. Secara sederhana tujuan HRMS adalah untuk mengotomatiskan proses HR dan  mengintegrasikan data penting seputar pengelolaan karyawan.

Sekarang, dalam dunia bisnis, sistem manajemen SDM sangat penting. Otomasi proses HR yang meliputi penggajian, pengelolaan kinerja, dan manfaat karyawan harus akurat dan efisien demi kelancaran bisnis perusahaan. Disinilah peran HRMS muncul untuk membantu meningkatkan efisiensi operasional.  Mengapa?

Itu karena dalam human resource management system berbagai fungsi HR terintegrasi dalam satu platform yang terpusat dan dengan itu, akses data karyawan menjadi lebih cepat dan akurat. Teknologi ini yang membantu perusahaan mengatasi tantangan pengelolaan SDM yang modern.

Manfaat Menggunakan HRMS Software bagi Perusahaan

Di tengah persaingan bisnis yang tinggi, penting untuk memperbaiki efisiensi pengelolaan sumber daya manusia dan HRMS software bisa memberi banyak keuntungan untuk mencapai sasaran strategis perusahaan. Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan software HRMS:

1. Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas

Keunggulan utama HRMS adalah meningkatkan efisiensi dalam mengelola SDM. Dengan integrasi sistem, proses yang dulunya manual jadi otomatis. Hasilnya, kerja HR lebih produktif dan kesalahan manusia berkurang.

2. Memperbaiki Akurasi Data

Penggunakan HRMS software juga meningkatkan akurasi data karyawan. Informasi karyawan bisa diperbarui dan diakses dengan mudah. Ini memastikan data untuk pengambilan keputusan selalu terbaru dan akurat.

3. Meningkatkan Transparansi

Dengan HRMS, transparansi dalam manajemen karyawan meningkat. Karyawan bisa akses info pribadi mereka, termasuk gaji dan penilaian kinerja. Semuanya lewat portal yang aman dan terhubung.

4. Meningkatkan Kepatuhan

Software HRMS membantu perusahaan patuh pada aturan. Fitur pelaporan dan audit menolong memastikan setiap langkah HR sesuai hukum. Hal ini mengurangi risiko dari denda hukum.

5. Memudahkan Pengambilan Keputusan

Data karyawan yang terkumpul di HRMS sangat bermanfaat. Ini memudahkan pengambilan keputusan yang terstruktur dan didukung data. Manajemen bisa buat strategi lebih efektif, meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan.

Fitur-Fitur Utama dalam HRMS Software

hrms software

Software HRMS menawarkan berbagai fitur canggih yang meningkatkan pengelolaan sumber daya manusia. Inilah yang membuat manajemen karyawan lebih efisien dan transparan. Dengan memahami setiap fitur, keunggulannya akan lebih terlihat.

1. Manajemen Absensi

Manajemen absensi adalah fitur penting dalam HRMS. Memantau kehadiran karyawan menjadi lebih mudah tanpa kesalahan. Ini meningkatkan akurasi dalam bayaran gaji. Dan dengan data absensi digital, akses dan analisis jadi lebih lancar.

2. Payroll atau Penggajian

Payroll memastikan gaji karyawan dibayar tepat waktu dan akurat. Automatisasi dalam perhitungan gaji dan pemotongan pajak mengurangi kesalahan. Ini juga menghemat waktu tim HR.

3. Rekrutmen dan Onboarding

Rekrutmen dan onboarding bantu perusahaan menemukan serta melatih bakat baru. Dengan HRMS, prosesnya lebih terarah, mulai dari review aplikasi hingga pembentukan tim. Karyawan baru dapat cepat beradaptasi dengan fitur onboarding otomatis ini.

4. Manajemen Kinerja

Analisis kinerja karyawan jadi lebih sederhana. HRMS punya alat untuk evaluasi, pengaturan tujuan, dan mengelola feedback. Ini dorong kenaikan produktivitas dan kembangkan karir.

5. Pelatihan dan Pengembangan

Pelatihan karyawan manfaat dari HRMS. Program pelatihan bisa diatur, kebutuhan pengembangan keterampilan dianalisis. Semua karyawan dapat akses sumber daya untuk pertumbuhan profesional.

6. Laporan dan Analisis HR

HRMS mendukung laporan analitis yang komprehensif. Ini termasuk metrik kinerja, analisis demografis, dan tren absensi. Berguna untuk keputusan strategis perusahaan.

7. Manajemen Waktu dan Kehadiran

Manajemen waktu jadi lebih simpel menggunakan HRMS. Fitur ini otomatis dalam pencatatan waktu kerja, memperbaiki akurasi lembur dan cuti.

8. Kepatuhan dan Manajemen Risiko

Menjaga kepatuhan peraturan kerja sangat krusial. HRMS membantu tetap up-to-date dan kelola risiko dengan fitur pengingat dan audit yang terintegrasi.

Tips Memilih HRMS Software yang Tepat

Mencari HRMS yang cocok sangat krusial. Ini menjaga SDM perusahaan berjalan lancar. Ada beberapa tip penting untuk dipertimbangkan.

1. Pertimbangkan Ukuran dan Kebutuhan Perusahaan

Pertama, pikirkan bagaimana ukuran serta kebutuhan spesifik perusahaan Anda. Pilih fitur HRMS yang tepat dan sesuai dengan keperluan perusahaan.

Perusahaan kecil mungkin tidak perlu semua fitur HRMS besar. Lain halnya untuk perusahaan besar yang butuh HRMS modular dan fleksibel.

2. Antisipasi Pertumbuhan di Masa Depan

Pikirkan tentang pertumbuhan masa depan perusahaan saat memilih HRMS. Pilih HRMS yang mudah berkembang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Membeli HRMS hanya untuk keadaan saat ini bisa berarti biaya tambahan nantinya.

3. Integrasi dengan Sistem yang Sudah Ada

Integrasi dengan sistem yang sudah ada di perusahaan sangat penting. Pastikan HRMS bisa terhubung dengan sistem lain, seperti sistem keuangan.

Ini membuat transfer data lebih lancar dan menjaga konsistensi informasi.

4. Kemudahan Penggunaan dan Dukungan Pengguna

HRMS yang mudah digunakan meningkatkan produktivitas tim HR. Pilih hrms dengan antarmuka yang intuitif.

Dukungan pengguna dari penyedia software juga penting. Dukungan yang baik membuat mengatasi masalah teknis lebih mudah.

5. Evaluasi Keamanan dan Privasi Data

Memeriksa keamanan dan privasi data karyawan adalah penting. Lihat fitur keamanan dari penyedia HRMS, seperti enkripsi data.

Pastikan privasi data HR terjaga dengan baik.

Perbedaan HRMS dan HRIS

hrms system

HRMS sering dikaitkan dengan HRIS (Human Resources Information System). Keduanya sebenarnya tidak memiliki perbedaan yang signifikan. HRIS dapat dikatakan sebagai software yang berdiri sendiri, yang berfungsi untuk mendukung seluruh operasional HR secara menyeluruh, menyediakan fitur mendalam, dan memiliki banyak modul terintegrasi.

Sesuai dengan namanya, sistem HRIS ini dirancang untuk menyimpan berbagai informasi secara lengkap, terutama yang berhubungan dengan operasional perusahaan. HRIS sebagai sistem paling dasar adalah bagian dari HRMS yang merupakan sistem lebih besar.

HRMS lebih dikenal oleh pengguna yang sudah berpengalaman dalam mengoperasikan enterprise resource planning (ERP) di mana modul HR-nya sudah terintegrasi langsung dengan ERP.

Dengan demikian, fungsi dan tujuan dasar HRMS dan HRIS adalah sama, yaitu untuk keperluan manajerial perusahaan secara keseluruhan, terutama yang terkait dengan karyawan mulai dari data dan analisisnya, pembayaran gaji, hingga pelaporan kinerja.

Masa Depan HRMS Software

Industri HRMS saat ini melalui perubahan besar. Ini terjadi karena kemajuan teknologi. Perusahaan berusaha keras mengadopsi teknologi baru. Mereka ingin tetap unggul di pasar. Berbagai tren dan inovasi akan membentuk masa depan HRMS.

Tren dan Inovasi Terbaru dalam HRMS

Artificial intelligence dan machine learning mengubah cara manajemen SDM. AI dan ML memungkinkan analisis data yang cepat dan akurat. Ini membantu manajer dalam mengambil keputusan yang lebih baik. Inovasi ini otomatisasi tugas rutin dan memberi wawasan baru.

Transformasi Digital dalam Manajemen SDM

Transformasi digital di HR terus berkembang. Perusahaan memperkenalkan sistem HRMS yang lebih maju. Sistem ini mengintegrasikan berbagai fungsi HR dalam satu tempat. Penggunaan teknologi cloud, otomatisasi, dan analitik AI membuatnya lebih efisien. Ini memaksa praktisi HR untuk terus mengikuti teknologi terbaru.

Kesimpulan

HRM software adalah teknologi HR yang memungkinkan pengelolaan SDM dilakukan lebih efektif dan efisien, sehingga HR tidak lagi terjebak dalam pekerjaan repetitif. Penggunaan software ini tidak hanya membantu HR, tetapi juga menghemat biaya perusahaan secara keseluruhan.

HRMS, sebagai software penunjang kerja HR, memiliki komponen manajemen yang memberikan banyak manfaat, seperti membuat pekerjaan terkait SDM menjadi lebih cepat, mudah, dan efisien. Untuk mempermudah Anda dalam mencari solusi HRMS terbaik, kini sudah hadir HRMS software Total, sebagai salah satu solusi yang dapat digunakan dalam pengelolaan SDM perusahaan. Coba demo gratis HR management system total sekarang!

Picture of Mangku Luhur
Mangku Luhur

Pencarian

Artikel Lainnya

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini