Icon EQUIP

Novita
Balasan dalam 1 menit

Novita
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
6281222849188
×

Novita

Active Now

Novita

Active Now

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

Human Capital Management (HCM): Definisi, Tugas, dan Manfaatnya

Picture of Mangku Luhur
pengelolaan modal manusia

Dalam era globalisasi ini, modal manusia menjadi aset yang sangat berharga bagi setiap perusahaan. Ternyata, didalam perkembangan teknologi yang semakin pesat, 96% perusahaan mengakui pentingnya human capital management (HCM) bagi kesuksesan bisnis mereka. Ini menunjukkan bahwa perusahaan yang cerdas dan berorientasi pada masa depan memahami kunci suksesnya terletak pada pengelolaan dan pengembangan karyawan sebagai aset berharga.

Melalui HCM, perusahaan memandang karyawan sebagai aset berharga yang dapat dioptimalkan untuk meningkatkan nilai mereka. Dengan mengelola karyawan sebagai aset, perusahaan tidak hanya mendorong kemajuan organisasi tetapi juga mendukung pertumbuhan pribadi karyawan itu sendiri.

Dalam artikel ini, Anda akan menjelajahi lebih dalam tentang pengertian, tugas, dan manfaat HCM dalam meningkatkan kapabilitas perusahaan serta membantu Anda memahami pentingnya penerapan HCM yang baik untuk kesuksesan bisnis. Tapi sebelum itu, mari kita melihat dahulu definisi dari pengelolaan modal manusia (HCM).

Apa itu Human Capital Management (HCM)?

Human Capital Management adalah pendekatan strategis dalam manajemen sumber daya manusia yang mengacu pada pengelolaan dan pengembangan karyawan sebagai aset berharga. HCM melibatkan berbagai aspek dalam pengelolaan sumber daya manusia, termasuk rekrutmen, seleksi, pengembangan karyawan, manajemen kinerja, pengakuan dan penghargaan, serta peningkatan keterlibatan karyawan. Konsep ini didasarkan pada pemahaman bahwa karyawan adalah aset berharga bagi perusahaan dan investasi yang tepat dalam pengembangan mereka dapat memberikan keunggulan kompetitif.

Apa Saja Tugas Human Capital Management (HCM)?

pengertian HCM

Human Capital Management (HCM) bertujuan untuk mengelola dan mengembangkan karyawan sebagai aset berharga perusahaan. Untuk mencapai tujuan ini, HCM melibatkan berbagai tahap dan tugas yang dirancang untuk memastikan bahwa setiap aspek dari siklus hidup karyawan dikelola dengan efektif. Berikut adalah beberapa tugas utama yang termasuk dalam HCM dan bagaimana mereka berkontribusi pada kesuksesan perusahaan:

Rekrutmen

Rekrutmen dan seleksi yang efektif merupakan salah satu tanggung jawab penting dalam Human Capital Management (HCM). Perusahaan harus mampu menarik calon karyawan yang sesuai dengan kebutuhan dan nilai-nilai perusahaan.

Proses seleksi yang tepat sangat penting untuk memilih kandidat yang kompeten dan sesuai dengan tujuan bisnis perusahaan. Dengan memiliki tim yang kompeten dan sejalan dengan visi dan misi perusahaan, tujuan bisnis akan lebih mudah tercapai.

Onboarding dan Training

Setelah menyelesaikan sesi rekrutmen yang sukses, langkah berikutnya adalah mempersiapkan karyawan baru melalui proses onboarding yang sesuai dengan budaya perusahaan.

Selanjutnya, tugas HCM adalah menyediakan pelatihan yang memadai agar karyawan dapat mencapai kinerja optimal. Dengan pelatihan ini, setiap karyawan dapat mengembangkan keterampilan yang relevan dengan bidang mereka masing-masing.

Pengembangan Karyawan

Pengembangan karyawan adalah aspek penting lainnya dalam HCM. Perusahaan perlu menginvestasikan waktu dan sumber daya untuk pengembangan karyawan agar mereka dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Program pengembangan yang relevan, seperti pelatihan dan peningkatan keterampilan, membantu karyawan mencapai potensi maksimal mereka, yang pada gilirannya akan meningkatkan kinerja perusahaan.

Manajemen Kinerja

Manajemen kinerja menjadi fokus utama dalam HCM. Perusahaan perlu memiliki sistem yang efektif untuk mengelola kinerja karyawan. Sistem ini termasuk memberikan umpan balik yang konstruktif, menetapkan tujuan dan target yang jelas, serta mengidentifikasi dan mengatasi masalah kinerja yang mungkin timbul. Dengan manajemen kinerja yang baik, perusahaan dapat memastikan bahwa karyawan bekerja secara efektif dan efisien.

Analisis dan Mengelola Data SDM

Human Capital Management (HCM) melibatkan analisis data sumber daya manusia untuk memperoleh informasi mendalam tentang tenaga kerja, yang kemudian digunakan sebagai basis penting dalam pengambilan keputusan.

Proses ini mencakup pengumpulan, analisis, dan interpretasi data SDM untuk memahami tren, pola, serta masalah yang terkait dengan sumber daya manusia di dalam organisasi. Analisis data ini sering kali didukung oleh penggunaan software hr.

Manfaat Human Capital Management(HCM)

Manfaat utama dari Human Capital Management (HCM) adalah memastikan perusahaan memiliki tenaga kerja yang terampil, termotivasi, dan berkinerja tinggi.HCM mencakup identifikasi kebutuhan tenaga kerja, proses rekrutmen dan seleksi yang tepat, pengembangan kompetensi dan keterampilan karyawan, manajemen kinerja yang efektif, serta retensi dan pengembangan talenta.

Dengan pendekatan HCM yang efektif, organisasi dapat meningkatkan produktivitas, inovasi, kepuasan karyawan, dan hasil bisnis secara keseluruhan. Berikut adalah manfaat-manfaat lainnya yang lebih rinci.

Rekrutmen dan Seleksi yang Efektif

HCM memainkan peran penting dalam membantu perusahaan menemukan karyawan yang cocok untuk kebutuhan dan nilai-nilai perusahaan. Dengan strategi rekrutmen yang efektif, Anda dapat menarik individu yang memiliki keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan organisasi Anda. Hal ini tidak hanya meningkatkan kesesuaian dan kinerja karyawan, tetapi juga berkontribusi pada kesuksesan jangka panjang perusahaan.

Pengembangan Karyawan

Salah satu manfaat utama HCM adalah fokus pada pengembangan karyawan sebagai aset berharga. Dengan memberikan pelatihan dan pengembangan yang kontinu, Anda memberikan kesempatan kepada karyawan untuk meningkatkan keterampilan mereka, mengembangkan potensi, dan mencapai tujuan karir mereka. Ini tidak hanya meningkatkan kinerja individual, tetapi juga memperkuat motivasi dan retensi karyawan secara keseluruhan.

Manajemen Kinerja yang Efektif

HCM juga penting dalam memastikan bahwa karyawan Anda bekerja dengan optimal. Dengan menerapkan sistem manajemen kinerja yang efektif, Anda dapat memberikan umpan balik dan evaluasi yang konstruktif kepada karyawan.

Ini membantu meningkatkan kinerja mereka, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, serta merencanakan pengembangan keterampilan yang sesuai. Melalui manajemen kinerja yang efektif, Anda dapat menciptakan budaya kerja yang produktif dan memotivasi.

Pengakuan dan Penghargaan

Dalam dunia bisnis yang serba kompetitif, memberikan pengakuan dan penghargaan kepada karyawan yang berkinerja baik sangat penting. HCM memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi dan membalas upaya dan kontribusi karyawan secara tepat.

Dengan memberikan apresiasi yang layak, Anda memotivasi karyawan untuk terus memberikan yang terbaik dan merasa dihargai dalam peran mereka. Ini menciptakan atmosfer kerja yang positif dan meningkatkan kepuasan dan retensi karyawan.

Peningkatan Keterlibatan Karyawan

HCM juga membantu meningkatkan keterlibatan karyawan dalam organisasi Anda. Dengan memberikan kesempatan partisipasi dan pengambilan keputusan yang lebih besar, Anda menciptakan hubungan yang kuat antara karyawan dan perusahaan. Hal ini meningkatkan rasa keterikatan dan tanggung jawab karyawan terhadap tujuan bisnis, sehingga meningkatkan kolaborasi, inovasi, dan motivasi secara keseluruhan.

Peningkatan Retensi dan Pengembangan Bakat

Terakhir, HCM membantu meningkatkan retensi karyawan yang berbakat. Dengan memberikan perhatian dan pengembangan yang baik kepada karyawan, Anda menciptakan lingkungan kerja yang menarik dan memenuhi kebutuhan mereka.

Ini tidak hanya membantu mempertahankan karyawan yang berharga, tetapi juga memungkinkan Anda untuk mengembangkan bakat potensial dan membangun jenjang karir yang jelas. Dengan demikian, HCM berkontribusi pada pertumbuhan jangka panjang perusahaan melalui retensi dan pengembangan karyawan yang baik.

Perbedaan HCM dan HRM

Walaupun sering dianggap sama, HCM dan HRM sebenarnya berbeda. Keduanya sangat mirip dan sering kali saling terkait, namun ada perbedaan yang mendasar.

Secara sederhana, Human Resources Management (HRM) terutama berfokus pada fungsi-fungsi administratif inti SDM seperti administrasi tunjangan karyawan, penggajian, kepatuhan terhadap hukum ketenagakerjaan, proses on/off boarding, dan pemeliharaan catatan karyawan. Sebaliknya, Human Capital Management (HCM) mencakup fungsi HRM dan berfokus pada cara memaksimalkan nilai serta keuntungan dari investasi pada karyawan.

Sementara HRM berfokus pada pengembangan dan pengelolaan sistem serta proses yang memungkinkan karyawan bekerja secara efektif, HCM berfokus pada memaksimalkan nilai ekonomi karyawan bagi organisasi. Dengan kata lain, HRM menyediakan landasan dan struktur fungsi sumber daya manusia yang memungkinkan HCM berkembang dan berbuah hasil.

Integrasi Sistem HCM

Melihat berbagai penjelasan mengenai HCM di atas, tentu terasa cukup rumit, bukan? Tentu saja, HCM tidak bisa berjalan dengan optimal tanpa dukungan berbagai alat dan teknologi.Untuk membuat pengelolaan sumber daya manusia lebih efisien, HR membutuhkan software HR yang dapat mengintegrasikan semua kebutuhan HR yang mendukung fungsi HCM.

Software HR ini bisa memenuhi berbagai kebutuhan HR, mulai dari pengurusan administrasi karyawan, rekrutmen, HR analytics, absensi, payroll, hingga manajemen kinerja.Dengan memanfaatkan software HR, perusahaan dapat mengoptimalkan manajemen human capital menjadi lebih efisien.

Salah satu software yang populer digunakan di Indonesia adalah Software HR Total , dengan berbagai fitur yang mendukung pekerjaan HR seperti manajemen absensi, payroll, hingga manajemen kinerja.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Human Capital Management (HCM) kini menjadi esensial dalam pengelolaan sumber daya manusia. Dengan menganggap SDM sebagai aset berharga, perusahaan membuat karyawan merasa dihargai. Perasaan dihargai dan didukung dalam perkembangan mereka ini mendorong karyawan untuk terus bekerja keras dan memberikan kontribusi lebih kepada perusahaan.

Tentunya, upaya perusahaan untuk mewujudkan konsep HCM ini perlu didukung oleh sistem yang terintegrasi. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan software HR seperti Mekari Talenta yang menawarkan banyak fitur untuk mendukung berbagai pekerjaan HR. Fitur-fitur seperti administrasi dasar HR seperti absensi dan penggajian juga dapat ditingkatkan efisiensinya melalui software hr Total.

Pelajari lebih lanjut tentang fitur software hr Total  dan daftarkan demo gratis dengan tim sales kami sekarang juga.

Picture of Mangku Luhur
Mangku Luhur

Pencarian

Artikel Lainnya

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini