Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

Rekomendasi Aplikasi Grosir Terbaik bagi Bisnis Anda

Picture of Vania
aplikasi grosir

Dalam industri yang melibatkan pasokan barang produksi, grosir menjadi komponen penting dalam proses distribusi produk. Karena keterbatasan produsen yang tidak bisa mendistribusikan produknya secara langsung ke konsumen, sehingga harus ada bantuan dari kegiatan grosir agar suatu produk dapat sampai ditangan konsumen dengan aman. Agar itu berjalan dengan cepat, Anda mungkin memerlukan aplikasi grosir. 

Keberadaan grosir ini tentunya sangat menguntungkan karena dapat membantu konsumen di daerah-daerah yang jauh dari pusat produksinya langsung. Total ERP memahami apa yang Anda butuhkan, dengan menghadirkan Software grosir berbasis cloud. Anda mungkin merasa kegiatan grosir akan merepotkan dan membutuhkan proses yang kompleks. Untungnya, semua masalah tersebut dapat teratasi dengan fitur-fitur Total ERP yang telah dirancang khusus untuk kebutuhan bisnis Anda. 

Macam-Macam Grosir

Pada umumnya grosir bagian esensial dari pemasaran perusahaan dengan menjual produk-produk dari perusahaan manufaktur dan kemudian dijual kembali. Ada beberapa macam grosir yang perlu Anda ketahui dari berbagai macam aspek. Berikut ini adalah susunan beberapa macam jenis grosir tersebut.

Tiga macam grosir berdasarkan cara kerjanya:

      • Pertama, grosir pedagang (grosir wholesaler)
      • Kedua, grosir pialang dan agen (broker and agent)
      • Ketiga, cabang dan kantor penjualan produsen

Tiga macam grosir berdasarkan luas daerah usahanya:

      • Grosir wilayah atau provinsi (regional wholesaler)
      • Grosir lokal (local wholesaler)
      • Grosir nasional (national wholesaler)

Delapan macam grosir berdasarkan lapangan kegiatannya:

      • Grosir penuh (service wholesaler)
      • Grosir pengumpul (whole collector)
      • Grosir terbatas (limited function wholesaler)
      • Grosir truk (truck wholesaler)
      • Grosir tunai (cash carry wholesaler)
      • Grosir pengiriman (drop shipment wholesaler)
      • Grosir pesanan melalui pos (mail order wholesaler)
      • Grosir pabrik (manufacture wholesaler)

Dua macam grosir berdasarkan jenis barang yang diperdagangkan:

      • Grosir barang khusus (specialist wholesaler)
      • Grosir barang umum (general line wholesaler)

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Grosir

Teknologi yang semakin maju telah mendorong pergeseran dari pengelolaan bisnis grosir secara manual ke pengelolaan yang lebih modern dan otomatis dengan menggunakan aplikasi grosir berbasis cloud. Berikut keuntungan dari aplikasi grosir:

1. Meningkatkan kontrol stok barang

Pertama, keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan aplikasi grosir adalah membantu stok barang di berbagai lokasi cabang. Selain itu, aplikasi grosir memiliki kemampuan dalam menyediakan informasi secara terperinci mengenai berbagai produk seperti kapan produk tersebut harus stok ulang dengan jumlah yang tepat dan pada waktu yang akurat. 

2. Memaksimalkan efisiensi procurement

Selanjutnya, dalam menjalankan bisnis grosir, pemilik usaha tidak cukup hanya memasok produk yang diperjualbelikan saja. Komponen pendukung yang memadai adalah salah satu faktor kesuksesan bisnis Anda. Selain itu, aplikasi grosir berbasis web mampu mengendalikan biaya procurement dan mempermudah proses pemesanan ke pihak supplier.

3. Meningkatkan retensi pelanggan

Manfaat berikutnya berkaitan erat dengan pengelolaan pelanggan. Setiap pemilik usaha grosir tentunya selalu berharap untuk memiliki pelanggan setia agar keberlangsungan usaha berjalan lancar. Dengan menggunakan aplikasi grosir ini, Anda dapat mengoptimalkan setiap prosesnya, mulai dari pengiriman survey hingga proses konsinyasi.

4. Loyalty program yang unik

Terakhir, modul dalam software ini mengelola proses supply chain hingga produk sampai  pada tangan konsumen. Untuk memberikan minat pembelian, Anda bisa memberikan promo khusus pada setiap produk yang Anda tentukan. Selain itu, dengan memperbarui produk serta memberikan program promo, pelanggan akan merasa senang. Sehingga kepercayaan konsumen terhadap toko Anda akan meningkat.

Cara Menentukan Aplikasi Grosir Terbaik

Berikut ini beberapa tips dalam memilih aplikasi grosir berdasarkan fitur-fitur utama software yang perlu Anda pahami.

1. Pastikan aplikasi dapat memaksimalkan keuntungan

Pertama, aplikasi grosir yang baik, dapat melacak pergerakan barang baik yang sudah laku maupun tidak, bangun strategi purchasing dengan baik, serta dapat melakukan analisis XYZ secara menyeluruh. 

2. Pilih aplikasi yang user-friendly 

Aplikasi grosir dengan user interface yang baik akan menarik lebih banyak pelanggan karena rasa nyaman dan mudah dipahami. Dengan fitur ini pelanggan dan karyawan dapat mencari barang yang mereka butuhkan dengan cepat, mudah dan praktis karena daftar stok dapat Anda perbarui secara real-time

Rekomendasi Aplikasi Grosir Terbaik

software grosir

Sebagai seorang pebisnis, sudah seharusnya Anda memanfaatkan perkembangan teknologi dengan mengimplementasi software dengan fitur-fitur canggih yang dapat membantu segala kegiatan bisnis grosir Anda. Di Indonesia ada beberapa aplikasi grosir dengan berbagai fitur yang menarik dan bersaing. Berikut kami berikan rekomendasi aplikasi grosir terbaik yang dapat Anda pertimbangkan.

Aplikasi grosir Total ERP

Software grosir Total ERP merupakan aplikasi inventaris barang yang dicadangkan oleh teknologi terbaik untuk memudahkan Anda dalam pemenuhan kebutuhan stok barang. Aplikasi Inventaris dapat menunjang kegiatan bisnis semakin efektif karena sistem yang telah dioptimasi sehingga tidak perlu lagi mengecek stok barang secara manual melainkan menggunakan sistem.

Selain itu, Software Grosir Total-ERP mampu mengintegrasikan seluruh aktivitas pengelolaan stok barang mulai dari proses pergerakan barang, pelacakan kadaluarsa stok dan garansi barang yang membantu untuk mempermudah pengendalian slow moving dan fast moving yang bertujuan untuk mencegah kerugian bisnis.

HashMicro – Software Grosir

Sebagai penyedia software terbaik di Indonesia, MitraHash menghadirkan aplikasi grosir yang dapat Anda sesuaikan dengan segala kebutuhan bisnis Anda. Berbagai informasi lengkap mengenai penjualan dan stok barang di banyak gudang, lokasi dan cabang bisnis grosir dapat Anda peroleh secara real-time dan akurat. Dengan informasi berbasis data ini akan membuat pengelolaan bisnis grosir Anda menjadi lebih mudah melalui sistem yang terpusat.

Ecount

Aplikasi Ecount ini tidak jauh berbeda dengan software grosir lainnya. Sistem ini dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan kapasitas bisnis grosir Anda. Beberapa fitur penting yang ada dalam aplikasi ini adalah manajemen pembelian, inventaris, akuntansi, penjualan, dan lain sebagainya.

E-Kelontong

Sebelum memilih aplikasi ini, pastikan toko Anda berada di lokasi yang berdekatan dengan distributor. Salah satu keunggulan aplikasi ini adalah jumlah distributor yang terdaftar di E-Kelontong cukup banyak sehingga metode pembayaran dapat dilakukan secara COD. Selain itu, lokasinya juga berdekatan. Sehingga rentang waktu untuk supply dari distributor ke toko Anda bisa terkendali.

Kesimpulan

Perkembangan zaman membuat penerapan teknologi digital menjadi sangat penting bagi perusahaan. Maka dari itu, sebagai pemilik bisnis, Anda harus mengerti apa yang perusahaan Anda butuhkan. Jaga ketersediaan stok, produktivitas karyawan, manajemen pelanggan, hingga transaksi keuangan dengan software ERP. Sehingga, dengan bantuan solusi ERP, Anda dapat mempermudah seluruh operasional bisnis yang Anda miliki.

Software grosir berbasis cloud dari Total ERP menghadirkan solusi untuk membantu mengembangkan bisnis yang Anda jalani dengan segala fitur unggulan yang sesuai dengan segala permasalahan yang ada pada perusahaan Anda. Katakan selamat tinggal pada proses manual yang kompleks dan merepotkan. Kini waktunya Anda beralih menggunakan sistem canggih berteknologi AI yang akan membantu segala aspek bisnis Anda. Dapatkan demo gratis software grosirnya sekarang!

Picture of Vania

Vania

Pencarian

Berita Terbaru

lorem ipsum dolor

Berita Terpopuler

lorem ipsum dolor

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini

Customer Service

Customer Service
Balasan dalam 1 menit

Customer Service
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
6281222849188
×
Dapatkan Demo Gratis!