Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

17 Rekomendasi Software Retail Terbaik di Indonesia (2024)

Picture of Marshana Vanina
software retail

Apakah Anda sering merasa kewalahan mengawasi performa berbagai cabang toko retail Anda? Laporan keuangan dan penjualan yang kurang detail membuat analisis kinerja bisnis menjadi sulit? Ditambah lagi, manajemen stok yang tidak akurat kerap menyebabkan overstock dan understock yang merugikan? Hal tersebut dapat terjadi akibat sistem kerja yang perusahaan yang masih manual atau tidak terintegrasi satu sama lain.

Banyak pemilik bisnis retail menghadapi tantangan tersebut dalam menjaga operasional bisnis tetap efisien dan menguntungkan. Namun, jangan khawatir, ada solusi software yang bisa membantu mengatasi tantangan tersebut. Kemampuan integrasi yang dimiliki oleh software manajemen retail menjadi solusi di tengah pertumbuhan bisnis saat ini yang dapat membantu bisnis Anda untuk tetap bersaing dan unggul.

Investasi dengan software retail yang tepat, dapat mengotomatisasi keseluruhan proses bisnis dan mendorong pertumbuhan bisnis dan tetap unggul di pasar global. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas secara detail rekomendasi software retail yang dapat Anda pertimbangkan sebelum membuat keputusan.

Apa itu Software Retail dan Manfaatnya untuk Bisnis Anda?

Software retail adalah sistem yang dirancang untuk membantu manajemen dan operasi bisnis retail dari awal hingga akhir, mulai dari pemantauan stok barang, pembayaran, dan penjualan dalam satu sistem terpusat. Sehingga pemilik bisnis dapat mencegah overstock understock serta memantau performa setiap toko secara jelas detail akurat.

Selain itu, aplikasi retail memungkinkan Anda untuk membuat keputusan bisnis yang lebih tepat dengan bantuan analitik dan laporan yang komprehensif. Dengan wawasan yang lebih dalam mengenai tren penjualan dan stok, Anda dapat menghindari masalah kehabisan atau kelebihan stok, sehingga operasional bisnis menjadi lebih efisien.

Dengan kemampuannya untuk mengotomatisasi berbagai proses bisnis membantu Anda menghemat waktu dan biaya, sekaligus meningkatkan produktivitas tim Anda. Dengan semua manfaat ini, software retail adalah investasi yang tidak hanya membantu Anda tetap kompetitif, tetapi juga menjangkau pasar yang lebih luas dan meningkatkan penjualan produk secara signifikan.

17 Rekomendasi Software Retail Terbaik di Indonesia

Memilih software retail yang tepat adalah langkah krusial bagi kesuksesan bisnis Anda. Dengan berbagai pilihan yang tersedia di pasar, penting untuk melakukan review secara detail sebelum membuat keputusan. Berikut adalah 17 rekomendasi software retail terbaik di Indonesia, yang bisa membantu Anda menemukan solusi yang paling sesuai untuk mengembangkan bisnis Anda.

1. Software Retail Total

software retail

Total ERP adalah penyedia software ERP terbaik di Indonesia yang telah membuktikan komitmennya untuk memberikan solusi yang dapat diandalkan bagi pelanggan. Software ini telah dipercaya oleh banyak perusahaan di Indonesia sebagai mitra bisnis terbaik. 

Penyedia sistem ERP terkemuka ini, menyediakan software dengan berbagai modul untuk membantu mengelola bisnis secara terintegrasi. Salah satu modulnya adalah sistem manajemen retail yang sangat berguna untuk mengelola bisnis retail yang kompleks. Sistem ini dapat membantu menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi pada manajemen penjualan, inventaris, hingga manajemen pelanggan.

Sebagai solusi software retail yang lengkap, Total ERP menyediakan fitur-fitur canggih yang mendukung efisiensi operasional bisnis. Selain itu, Total ERP memiliki tampilan dashboard yang user-friendly, adanya integrasi antar modul untuk pengelolaan end-to-end dari proses bisnis, manajemen pelanggan, hingga pengelolaan stok barang dengan lebih efisien.

Setelah memahami bahwa Software Retail Total ERP adalah pilihan tepat untuk bisnis, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana memulainya. Total ERP menawarkan solusi sempurna untuk meningkatkan efisiensi operasional. Ingin melihat cara kerjanya? Cobalah demo gratis dari Total ERP sekarang juga!

Berikut adalah beberapa fitur software retail Total ERP:

  • Centralized multi-branch Point of Sales (POS)

Fitur Point of Sales (POS) meningkatkan efisiensi transaksi di outlet, memastikan pesanan pelanggan diproses dengan cepat dan mudah. Selain itu, POS menyelaraskan kinerja semua cabang dengan kantor pusat dan memberikan wawasan komprehensif tentang penjualan, stok, dan kinerja cabang.

  • Stock Optimizer and FSN Analysis

Dengan fitur ini, Anda dapat secara otomatis menyesuaikan tingkat stok berdasarkan pola permintaan, sehingga mencegah overstock dan understock. Anda juga dapat mengklasifikasikan barang berdasarkan kecepatan pergerakannya, membantu Anda mengidentifikasi produk yang cepat terjual, bergerak lambat, atau tidak bergerak sama sekali. 

  • Omnichannel Integration (E-commerce & Marketplaces)

Fitur ini memungkinkan Anda menyinkronkan data produk, stok, dan pesanan di seluruh saluran penjualan, baik online maupun offline, dalam satu sistem terpusat. Anda juga dapat memantau proses inventaris secara real-time, mengelola pesanan dari berbagai kanal penjualan, serta menganalisis penjualan lintas kanal untuk perencanaan strategi pemasaran yang lebih efektif. 

  • Multi-UOM Management

Manajemen UOM (Unit of Measure) mempermudah pengelolaan berbagai opsi pengemasan dan pengukuran unit untuk produk Anda secara efisien, sehingga Anda dapat dengan mudah mengatur dan melacak berbagai ukuran dan kemasan produk.

  • Loyalty and Reward Program

Dengan fitur ini, Anda dapat membuat dan mengelola program hadiah, poin, dan diskon khusus bagi pelanggan setia. Fitur ini memungkinkan bisnis untuk melacak aktivitas pelanggan, memberikan penghargaan berdasarkan pembelian mereka, dan mempersonalisasi penawaran untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

  • Comprehensive Accounting and Sales Report

Fitur unggulan dari software retail Total menyediakan laporan keuangan dan penjualan lengkap dengan kemampuan multi-level analytical. Anda dapat membandingkan laporan berdasarkan proyek, cabang, atau unit bisnis untuk mendapatkan wawasan mendalam dan membuat keputusan strategis.

Kelebihan  Kekurangan 
  • Unlimited user
  • UI yang intuitive dan user-friendly
  • Fleksibilitas dalam kustomisasi fitur sesuai dengan kebutuhan bisnis
  • Integrasi dengan sistem lama
  • Waktu implementasi yang beragam tergantung pada tingkat kustomisasi

2. Software Retail Moka

Moka adalah sistem retail berbasis cloud yang dirancang khusus untuk bisnis kecil hingga menengah. Sistem ini memungkinkan pemilik bisnis untuk mengelola stok barang, memantau kinerja penjualan, dan mempercepat proses transaksi di kasir. 

Moka memiliki fitur-fitur yang beragam seperti berikut ini:

  • Manajemen pesanan
  • Pembayaran digital
  • Laporan stok barang
Kelebihan  Kekurangan 
  • Mobile friendly
  • Memiliki dashboard yang komprehensif
  • Terdapat biaya tambahan dalam penambahan fitur
  • Tidak cocok untuk bisnis skala besar karena fitur yang terbatas

3. HashMicro

software retail

HashMicro adalah software retail yang komprehensif dan terintegrasi, dirancang untuk membantu bisnis retail mengelola operasional mereka dengan lebih efisien. Software ini dapat memusatkan kontrol cabang dengan POS, sinkronisasi penjualan online dan offline, dan memantau operasi penjualan secara real-time. 

Dalam industri retail, HashMicro telah melayani berbagai klien ternama seperti Matahari Department Store, Nature Republic, dan Benang Raja, membuktikan keandalannya dalam mengelola operasi retail yang kompleks.

HashMicro memiliki kemampuan untuk menyediakan solusi ERP yang sepenuhnya terintegrasi dengan fleksibilitas tinggi dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik setiap bisnis. Selain integrasi yang kuat antara berbagai modul seperti CRM, akuntansi, inventaris, dan HRM.

Berikut adalah berbagai fitur-fitur software retail HashMicro:

  • Stock Optimizer: Fitur ini bisa mengelola dan mengoptimalkan stok barang secara otomatis untuk menghindari overstock dan understock.
  • Integration to Marketplaces: Toko Anda bisa terintegrasi dengan Tokopedia, Lazada, dan Shopee untuk mempermudah pengelolaan penjualan di berbagai platform.
  • Automated Promotion Management: Anda dapat mengatur dan menjalankan promosi secara otomatis untuk meningkatkan penjualan.
  • Loyalty Points Management: Sistem ini bisa mengelola poin loyalitas pelanggan untuk mendorong pembelian berulang.
  • Settlement with Auto Reconciliation to Banks: Anda bisa mempercepat proses penyelesaian transaksi dengan rekonsiliasi otomatis ke bank.
  • Pricelist Changes Report: Fitur ini dapat melacak dan melaporkan perubahan harga produk secara real-time.
  • Combo / Bundle & Variants Management: Anda bisa dengan mudah mengelola penjualan produk dalam bentuk paket atau dengan berbagai variasi.
Kelebihan  Kekurangan 
  • 100% Unlimited user
  • Dapat terintegrasi dengan berbagai modul sesuai kebutuhan bisnis
  • Fleksibilitas dalam model pembelian
  • 24/7 layanan pelanggan
  • Fitur yang bervariasi dan kompleks sehingga diperlukan untuk konsultasi dengan tim HashMicro mengenai fitur yang tepat

4. Traqq

retal Traqq

Traqq adalah software manajemen waktu yang membantu bisnis melacak produktivitas karyawan dan mengelola proyek dengan lebih efektif. Meskipun bukan khusus untuk retail, Traqq dapat membantu toko dalam memantau kinerja staf dan memastikan operasional berjalan lancar.

Fitur-fitur software retail Traqq:

  • Apps & website usage stats
  • Customized reports for users, groups, and projects
  • Invoice report generation
Kelebihan  Kekurangan 
  • Interface yang user-friendly
  • Dukungan pelanggan yang baik
  • Keterbatasan kustomisasi fitur
  • Tidak dapat terintegrasi dengan berbagai modul

5. SAP

retail software SAP

SAP adalah solusi Enterprise Resource Planning (ERP) yang sangat kuat dan fleksibel. Dengan SAP, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi proses bisnis dalam satu platform terpusat Berikut adalah berbagai fitur dari software retail SAP:

  • General Ledger
  • Accounts Payable
  • Reporting & Analytics
Kelebihan  Kekurangan 
  • Mudah diintegrasikan dengan modul SAP yang ada
  • Antarmuka yang tidak user-friendly
  • Dukungan pelanggan yang tidak responsif

6. Robotill

Robotill adalah software untuk perusahaan retail dengan fitur lengkap namun tanpa fitur backup data. Untuk mendapatkan fitur lebih lengkap, perlu upgrade ke versi berbayar. Software ini menggunakan database SQL server lokal berbasis cloud yang memudahkan manajemen toko. Robotill memiliki berbagai fitur seperti:

  • Customize security levels for tasks
  • Management Stock
  • Multiple payment methods per sale
Kelebihan  Kekurangan 
  • Antarmuka pengguna yang intuitif
  • Dukungan pelanggan yang responsif
  • Keterbatasan integrasi dengan berbagai modul dan sistem lain

7. Vend

Vend adalah software retail yang kuat dengan fitur manajemen inventaris, CRM, dan analitik penjualan. Dirancang untuk toko fisik dan online, Vend memungkinkan integrasi yang mulus antara berbagai channel penjualan. 

Vend memiliki berbagai fitur seperti berikut ini:

  • Email Marketing
  • Inventory Management
  • Reporting
  • E-commerce Integration
Kelebihan  Kekurangan 
  • Antarmuka yang ramah pengguna.
  • Dukungan pelanggan yang responsif.
  • Biaya paket yang tinggi.
  • Fitur yang terbatas sehingga kurang tepat untuk bisnis yang memiliki kebutuhan kompleks.

8. Equip

software retail

Equip adalah sistem manajemen retail yang menyediakan alat untuk manajemen inventaris, pelacakan penjualan, dan analitik bisnis. Software ini cocok untuk bisnis retail yang mencari solusi lengkap untuk meningkatkan efisiensi dan penjualan.

Equip memiliki beragam fitur yang dapat meningkatkan efisiensi bisnis Anda seperti:

  • Inventory Tracking
  • Customer & Promotion Management
  • Multi-payment Method
  • Easy Billing & Reconciliation
  • Return, Refund, & Credit Management
  • EDC BCA integration
  • Auto set Sales Price
Kelebihan  Kekurangan 
    • Easy to use
    • Fleksibilitas kustomisasi
    • Kemampuan integrasi dengan berbagai modul dan sistem lain
  • Lifetime layanan after-sales
  • Sulit mendapatkan jadwal demo gratis karena banyaknya peminat

9. Impact Retail

Impact Retail menawarkan solusi POS dan manajemen inventaris yang terintegrasi. Dengan fitur seperti pelaporan penjualan real-time dan manajemen pelanggan, software ini membantu toko retail meningkatkan operasional dan layanan pelanggan.

Impact retail memiliki berbagai fitur seperti:

  • Pelaporan penjualan real-time 
  • Manajemen pelanggan
  • Manajemen inventaris
Kelebihan  Kekurangan 
  • User interface yang intuitif
  • Dukungan pelanggan yang baik
  • Fitur yang komprehensif
  • Keterbatasan integrasi dengan sistem lain

10. Koneksi

Koneksi adalah software retail yang fokus pada integrasi berbagai channel penjualan dan manajemen inventaris. Fitur-fiturnya memungkinkan bisnis untuk mengelola stok dan penjualan secara efektif, baik online maupun offline.

Berikut adalah berbagai fitur dari software retail Koneksi:

  • Multi-payment method
  • Multi-outlet management
  • Centralized multi branch POS
  • Integrasi dengan procurement
  • Pricelist changes report
  • In-depth reporting management (penjualan per jam, per minggu, dll)
Kelebihan  Kekurangan 
  • Kustomisasi fitur dan modul sesuai kebutuhan bisnis
  • Mobile-friendly 
  • Terdapat dukungan dari tim ahli
  • Terdapat banyak fitur yang membutuhkan lebih banyak waktu untuk beradaptasi.

11. Lightspeed Retail

Lightspeed Retail adalah software berbasis cloud yang menawarkan platform e-commerce terintegrasi yang memungkinkan pengelolaan inventaris toko online, memberikan tampilan pelanggan yang konsisten, dan menganalisis data penjualan dari berbagai saluran. Lightspeed retail memiliki beragam fitur seperti:

  • Manajemen inventaris
  • Manajemen pelanggan
  • Real-time reporting
Kelebihan  Kekurangan 
  • Mudah digunakan
  • Fitur yang komprehensif
  • Antarmuka yang modern
  • Dukungan pelanggan yang kurang responsif

12. Oracle Retail

Oracle menyediakan solusi retail berbasis cloud yang mencakup manajemen inventaris, analitik pelanggan, dan POS. Dengan kemampuan analitik yang kuat, Oracle membantu bisnis retail dalam mengambil keputusan yang lebih baik dan meningkatkan pengalaman pelanggan.

Berikut adalah berbagai fitur dari software retail Oracle:

  • POS system
  • Stores and omnichannel
  • Planning, pricing, and optimization
Kelebihan  Kekurangan 
  • User Interface yang ramah pengguna
  • Fitur yang mudah digunakan
  • Keterbatasan kustomisasi fitur 
  • Layanan dukungan langsung bisa kurang mendukung jika terjadi kendala

13. Turboly

Turboly adalah sistem POS berbasis cloud yang menyediakan fitur manajemen penjualan, inventaris, dan pelanggan. Software ini mudah digunakan dan dirancang untuk bisnis retail kecil hingga menengah yang mencari solusi efisien dan terjangkau. Berikut adalah berbagai fitur dari software Turboly:

  • Manajemen harga
  • Manajemen pelanggan
  • Retur and klaim
  • Integrasi dengan persediaan
Kelebihan  Kekurangan 
  • User-Friendly Interface
  • Dukungan pelanggan yang responsif
  • Terdapat biaya tambahan untuk akses fitur lanjutan

14. True POS

True POS menawarkan solusi POS yang sederhana namun efektif untuk bisnis retail. Dengan fitur seperti manajemen inventaris, pelacakan penjualan, dan laporan analitik, True POS membantu toko dalam mengelola operasional sehari-hari dengan lebih baik.

Fitur-fitur True POS adalah sebagai berikut:

  • Automated inventory tracking
  • Loyalty programs
  • Back office function
Kelebihan  Kekurangan 
  • Antarmuka yang mudah dipahami
  • Real-time report dan analitik
  • Fitur yang terbatas sehingga tidak cocok untuk bisnis yang kompleks

15. Pawoon

Pawoon adalah sistem POS berbasis cloud yang populer di Indonesia. Menawarkan fitur-fitur seperti manajemen stok, laporan penjualan real-time, dan integrasi pembayaran, Pawoon membantu toko retail meningkatkan efisiensi dan layanan pelanggan.

Berikut adalah fitur-fitur dari software retail Pawoon:

  • Manajemen pelanggan
  • Manajemen stok
  • Integrasi pembayaran
Kelebihan  Kekurangan 
  • Laporan dapat diakses secara real-time melalui smartphone.
  • Data dapat tersimpan secara otomatis dalam keadaan offline.
  • Keterbatasan integrasi dengan sistem lain

16. Deskera

Deskera adalah platform ERP yang mencakup modul untuk manajemen inventaris, keuangan, dan penjualan. Untuk retail, Deskera menyediakan solusi lengkap untuk mengelola operasional toko, meningkatkan efisiensi, dan menyediakan analitik yang mendalam.

Deskera memiliki berbagai fitur seperti berikut ini:

  • Sales-force management
  • Marketing management
  • Reporting & Analytics
Kelebihan  Kekurangan 
  • Antarmuka yang user-friendly
  • 24/7 dukungan pelanggan
  • Biaya awal yang tinggi

17. Olsera Retail Software

Olsera adalah software retail  yang menawarkan fitur-fitur seperti manajemen inventaris, pelacakan penjualan, dan integrasi dengan e-commerce. Solusi ini dirancang untuk membantu bisnis retail dalam mengelola penjualan di berbagai channel dengan mudah.

Olsera memiliki beragam fitur seperti:

  • Real-time analytics
  • Gabung atau pisah tagihan
  • Inventory management
Kelebihan  Kekurangan 
  • User interface yang sederhana
  • Integrasi dengan ecommerce
  • Keterbatasan dukungan teknis

Tips Memilih Software Retail Terbaik untuk Bisnis Anda

Memilih software retail yang tepat sangatlah penting bagi perusahaan ritel dalam meningkatkan efisiensi operasional mereka. Dengan memilih software ritel atau software toko yang tepat, perusahaan ritel dapat meningkatkan efisiensi, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan meningkatkan profitabilitas bisnis mereka. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memilih software yang tepat:

1. Evaluasi kebutuhan bisnis

Sebelum memilih software retail, identifikasi kebutuhan spesifik bisnis Anda. Tentukan fitur-fitur yang paling penting, seperti manajemen inventaris, pelacakan penjualan, analitik, dan dukungan multi-channel. Evaluasi ini membantu memastikan bahwa software yang Anda pilih akan memenuhi semua aspek operasional bisnis Anda.

2. Kemampuan integrasi dengan berbagai modul dan sistem lain

Pilih software yang dapat diintegrasikan dengan sistem dan modul lain yang sudah digunakan di bisnis Anda, seperti sistem akuntansi, CRM, dan platform e-commerce. Integrasi yang baik memastikan aliran data yang mulus antara berbagai departemen, meningkatkan efisiensi dan mengurangi risiko kesalahan data.

3. Dukungan tim ahli

Pastikan vendor software menawarkan dukungan pelanggan yang baik, termasuk pelatihan, bantuan teknis, dan layanan purna jual. Dukungan dari tim ahli sangat penting untuk membantu Anda memaksimalkan penggunaan software dan mengatasi masalah teknis yang mungkin timbul.

4. Evaluasi reputasi vendor

Teliti reputasi vendor sebelum membuat keputusan. Baca ulasan dan testimoni dari pengguna lain untuk mendapatkan gambaran tentang pengalaman mereka dengan software tersebut. Vendor dengan reputasi baik cenderung menawarkan produk dan layanan yang lebih andal.

5. Keamanan data

Keamanan data adalah faktor kritis dalam memilih software retail. Pastikan software yang Anda pilih memiliki fitur keamanan yang kuat, seperti enkripsi data, kontrol akses, dan backup data. Perlindungan data yang baik membantu menjaga informasi sensitif pelanggan dan bisnis tetap aman.

6. Skalabilitas software

Pilih software yang dapat berkembang bersama bisnis Anda. Skalabilitas penting untuk memastikan bahwa software tetap relevan dan efektif seiring pertumbuhan bisnis Anda. Software yang scalable dapat menangani peningkatan volume transaksi dan penambahan fitur tanpa mengurangi kinerja.

Baca juga: Manfaat Sistem Retail untuk Bisnis Anda

Kesimpulan 

Banyaknya opsi software retail yang tersedia di pasaran mengharuskan anda untuk melakukan evaluasi mendetail mengenai kemampuan software yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda. Memilih software yang tepat akan meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis, memungkinkan pemilik bisnis untuk tetap bersaing di tengah persaingan pasar global yang semakin ketat.

Oleh karena itu, investasi dalam software yang tepat adalah langkah strategis untuk mencapai keberhasilan jangka panjang dan adaptasi terhadap dinamika pasar yang terus berubah. Salah satu penyedia Software Retail terbaik di Indonesia adalah Total ERP yang bisa Anda pertimbangkan. Software Retail Total ERP menyediakan integrasi fungsi bisnis secara keseluruhan seperti manajemen pembelian, akuntansi, CRM-leads, dan HRM.

Segera jadwalkan demo gratis untuk meningkatkan efisiensi proses operasi bisnis retail anda!

Picture of Marshana Vanina

Marshana Vanina

Pencarian

Berita Terbaru

lorem ipsum dolor

Berita Terpopuler

lorem ipsum dolor

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini

Customer Service

Novita
Balasan dalam 1 menit

Novita
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
6281222849188
×
Dapatkan Demo Gratis!