Icon EQUIP

Novita
Balasan dalam 1 menit

Novita
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
6281222849188
×

Novita

Active Now

Novita

Active Now

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

15 Software Distributor Terbaik di Indonesia Tahun 2024

Picture of Eliza Tjen
software distributor

Software distributor adalah sebuah sistem berbasis cloud yang dirancang untuk mengelola semua aktivitas distribusi dalam sebuah bisnis. Aplikasi ini memudahkan pengelolaan pesanan, pemantauan harga pasar, pengiriman dan penagihan barang sehingga kesalahan dalam bisnis dapat diminimalisir.

Sering kali perusahaan distribusi menghadapi penurunan penjualan karena permintaan pasar yang tak terduga dan tingkat inventaris yang tidak sesuai yang menyebabkan kelebihan stok atau kekurangan stok. Karena alasan tersebut, aplikasi distributor hadir sebagai solusi manajemen distribusi modern.

Namun, banyaknya pilihan software distributor di pasar, membuat banyak perusahaan kesulitan untuk memilih software yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

Oleh karena itu, artikel ini akan menyajikan 15 rekomendasi software distributor terbaik di Indonesia untuk membantu Anda menemukan solusi yang tepat. 

Daftar Isi

Apa itu Software Distributor dan Manfaatnya bagi Bisnis?

Software distributor adalah sistem yang terintegrasi dengan ERP (Enterprise Resource Planning) dan dirancang untuk mengelola dan mengautomasi proses distribusi di dalam satu platform terpusat, mulai dari pengelolaan inventaris, pemesanan, hingga pengiriman.

Implementasi software distributor memberikan berbagai manfaat signifikan, antara lain:

  • Meminimalkan kelebihan atau kekurangan stok dengan manajemen inventaris yang lebih akurat.
  • Mengotomatisasi tugas rutin dan mempercepat proses, dari pemesanan hingga pengiriman.
  • Memberikan pandangan menyeluruh atas operasi bisnis, memudahkan pemantauan dan analisis kinerja.
  • Memperkuat koordinasi dengan pemasok dan mitra logistik, meningkatkan ketepatan waktu dan mengurangi biaya.
  • Memfasilitasi kepatuhan terhadap standar industri dan peraturan dengan lebih mudah dan konsisten.

Jenis-jenis Software Distributor

Jenis-jenis Software Distributor

Terdapat berbagai jenis software distributor yang memfasilitasi pengelolaan dan penyebaran aplikasi perangkat lunak dari pengembang ke pengguna akhir. Berikut adalah beberapa jenis utama dari software distributor:

  1. Distributor SaaS (Software as a Service): Distributor ini menyediakan layanan berbasis cloud yang memungkinkan pengguna mengakses dan menggunakan software melalui internet tanpa perlu mengunduh di perangkat lokal.
  2. Distributor Software Grosir: Distributor ini membeli lisensi perangkat lunak dalam jumlah besar dan menjualnya kembali ke retailer atau distributor kecil dengan harga yang lebih terjangkau.
  3. Distributor IT: Distributor ini menyediakan berbagai produk IT, termasuk perangkat keras dan perangkat lunak, dan sering kali juga memberikan dukungan teknis serta layanan tambahan.
  4. Value-Added Distributors: Distributor ini tidak hanya mendistribusikan perangkat lunak, tetapi juga meningkatkan nilai dengan menambahkan layanan atau produk tambahan, termasuk implementasi fitur khusus, konsultasi, atau dukungan teknis.
  5. Manufacturer Direct Distributors: Model distributor ini melibatkan produsen yang menjual langsung kepada distributor tanpa perantara. Ini memungkinkan komunikasi yang lebih langsung dan strategi distribusi yang disesuaikan.
  6. Independent Software Vendors: Distributor ini mengembangkan, memasarkan, dan menjual perangkat lunak secara independen dari produsen perangkat keras. Mereka sering menyasar pasar niche dan kebutuhan pelanggan spesifik.

Setiap jenis distributor memiliki keunikan dalam cara operasinya dan nilai yang ditambahkan ke dalam rantai sistem distribusi, yang membantu memenuhi kebutuhan beragam dari pembuat perangkat lunak dan pengguna akhir.

15 Rekomendasi Software Distributor Terbaik di Indonesia

Memilih software distributor yang tepat adalah langkah penting yang dapat mempengaruhi kesuksesan operasional dan pertumbuhan bisnis Anda. Berikut ini adalah 15 rekomendasi software distributor terbaik yang dapat membantu mengoptimalkan operasi bisnis Anda.

1. Software Distributor Total 

Software Distributor Total ERP

Aplikasi Distributor Total adalah sistem Enterprise Resource Planning (ERP) yang mengintegrasikan semua proses bisnis wholesale, dari manajemen inventaris, pengelolaan pesanan, keuangan, hingga layanan pelanggan, ke dalam satu platform terpusat.

Software ini dapat dikonfigurasi untuk mematuhi standar akuntansi dan perpajakan yang berlaku di berbagai wilayah di Indonesia untuk memudahkan bisnis untuk tetap kompatibel dengan regulasi yang berlaku dan menghindari risiko hukum.  Jika Anda tertarik menggunakan Total, daftarkan demo gratis segera!

Total menawarkan berbagai fitur yang dirancang untuk mengoptimalkan operasi bisnis trading dan distribusi, antara lain adalah:

  1. Sales Forecast: Fitur ini memungkinkan distributor untuk mengantisipasi kebutuhan pasar, mengoptimalkan persediaan, dan menghindari overstock atau stockout yang dapat mempengaruhi laba.
  2. Multi-Level Budgeting & Approval: Fitur ini mendukung pembuatan dan pengelolaan anggaran di berbagai tingkat perusahaan. Sistem approval multi-level memastikan semua anggaran di-review dan disetujui oleh pihak-pihak terkait.
  3. KPI (Key Performance Indicator) Tracking: Fitur memudahkan pemantauan dan evaluasi KPI secara real-time untuk mengukur efektivitas operasional dan strategis, serta mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan.
  4. Vendor & Fulfillment Metrics: Fitur ini menyediakan analitik kinerja vendor, sehingga perusahaan dapat menilai vendor berdasarkan kriteria seperti ketepatan waktu pengiriman, kualitas produk, dan kepatuhan terhadap kontrak.
  5. Inventory Mobile Apps: Total dilengkapi dengan aplikasi mobile yang memungkinkan akses yang mudah, berguna untuk memperbarui stok secara real-time, melakukan audit, dan mengelola inventaris dari mana saja.
  6. Profit and Loss Report: Laporan laba dan rugi memungkinkan perusahaan untuk melihat kinerja keuangan selama periode tertentu, memfasilitasi pengambilan keputusan strategis berdasarkan data keuangan yang akurat.

Keunggulan ini membuktikan Total ERP sebagai solusi end-to-end yang memberikan cakupan atas semua aspek operasional bisnis. Dari pengelolaan rantai pasok, manajemen inventaris, hingga analisis keuangan dan pelaporan, semua tersedia dalam satu platform.

Kelebihan Kekurangan
  • Tampilan web dan dashboard yang user-friendly
  • Dapat dikustomisasi detail sesuai kebutuhan bisnis
  • Integrasi kuat dengan sistem lainnya, termasuk akuntansi, inventaris, penjualan, dan CRM
  • Tersedia layanan after-sales dan maintenance oleh tim profesional
  • Implementasi mungkin memakan waktu lama untuk bisnis dengan kebutuhan yang kompleks

2. Oracle NetSuite

Oracle NetSuite adalah aplikasi distributor yang mengotomatisasi proses bisnis seperti keuangan, operasi, dan sumber daya manusia, sambil menyediakan visibilitas atas data perusahaan.

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh aplikasi distributor dari Oracle NetSuite mencakup manajemen keuangan, perencanaan sumber daya, serta analitik dan pelaporan yang mendukung pengambilan keputusan bisnis yang strategis.

Kelebihan Kekurangan
  • Antarmuka intuitif
  • Kemampuan kustomisasi tinggi
  • Integrasi yang baik dengan aplikasi pihak ketiga
  • Biaya awal dan berkelanjutan relatif tinggi
  • Pengguna memerlukan waktu untuk mempelajari fitur yang tersedoa
  • Membutuhkan sumber daya teknis untuk implementasi awal

3. Microsoft Dynamics

Microsoft Dynamics adalah aplikasi distribusi yang menawarkan modul untuk keuangan, operasional, dan hubungan pelanggan. Aplikasi ini dirancang untuk meningkatan produktivitas melalui integrasi dengan aplikasi Microsoft lainnya.

Aplikasi distribusi dari Microsoft Dynamics juga menawarkan alat analitik dan pelaporan yang canggih untuk membantu perusahaan mengambil keputusan yang lebih informasi berdasarkan data real-time.

Kelebihan Kekurangan
  • Integrasi seamless dengan produk Microsoft lainnya
  • Pilihan kustomisasi yang luas
  • Tersedia dukungan global
  • Biaya lisensi dapat menjadi mahal
  • Pengguna memerlukan pelatihan untuk memahami fungsionalitas
  • Ketergantungan pada ekosistem Microsoft

4. Sage 100

Sage 100 adalah aplikasi supplier komprehensif yang menawarkan solusi terpadu untuk manajemen keuangan, produksi, inventaris, dan distribusi. Dengan Sage 100, perusahaan dapat meningkatkan akurasi data keuangan dan efisiensi operasional.

Fitur dari Sage 100 meliputi kemampuan akuntansi yang kuat, manajemen inventaris yang fleksibel, dan kapabilitas manajemen pesanan yang membantu perusahaan mendapatkan kontrol yang lebih besar atas supply chain management mereka.

Kelebihan Kekurangan
  • Integrasi dengan sistem akuntansi
  • Tingkat kustomisasi tinggi
  • Dukungan teknis komprehensif
  • Biaya lisensi dan pemeliharaan dapat menjadi mahal
  • Keterbatasan fitur
  • Kompleksitas penggunaan

5. Software Distributor HashMicro

Software Distributor HashMicro

HashMicro adalah distributor software yang membantu dalam mengelola berbagai aspek bisnis mereka, termasuk distribusi. Software ini menawarkan modul yang mendukung operasi keuangan, penjualan, dan manajemen inventaris.

Keuntungan menggunakan HashMicro adalah kemudahannya dalam menyesuaikan dengan kebutuhan spesifik dari bisnis lokal. Fitur-fiturnya termasuk integrasi dengan e-commerce, manajemen gudang yang efisien, dan laporan keuangan yang komprehensif.

Kelebihan Kekurangan
  • User interface modern dan intuitif
  • Kemampuan kustomisasi yang luas
  • Integrasi kuat dengan sistem lainnya
  • Dukungan pelanggan komprehensif
  • Durasi implementasi beragam tergantung kebutuhan kustomisasi bisnis

6. Epicor

Epicor adalah salah satu perusahaan distributor terkemuka yang menyediakan software ERP yang dapat menyederhanakan berbagai proses bisnis yang penting untuk membantu perusahaan mengoptimalkan produksi dan distribusi mereka.

Keunggulan Epicor antara lain adalah fleksibilitasnya dalam menghadapi kebutuhan bisnis yang terus berubah. Fitur-fitur utamanya termasuk manajemen rantai suplai yang canggih, perencanaan sumber daya produksi, dan analitik yang mendalam.

Kelebihan Kekurangan
  • Spesialisasi industri manufaktur dan distribusi
  • Modul dapat dikonfigurasi
  • Kapabilitas integrasi data yang kuat
  • Biaya implementasi dan pemeliharaan dapat menjadi mahal
  • Kurva pembelajaran yang curam
  • Kustomisasi yang rumit

7. SAP S/4HANA

SAP S/4HANA adalah sistem distributor Indonesia yang menggunakan teknologi in-memory untuk memproses data besar dengan cepat dan efisien. Sistem ini menawarkan solusi yang skalabel untuk integrasi global dan manajemen operasional yang kompleks.

Sistem ini dapat mengolah data secara real-time untuk memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih cepat dan akurat. Sistem ini juga meliputi manajemen keuangan yang kuat, perencanaan sumber daya perusahaan, dan analitik bisnis.

Kelebihan Kekurangan
  • Performa tinggi
  • Opsi kustomisasi yang beragam
  • Skalabilitas luas
  • Biaya implementasi tinggi
  • Kompleksitas sistem
  • Implementasi bisa memakan waktu lama untuk operasi yang kompleks

Setelah membaca beberapa list, mungkin Anda bertanya-tanya mengapa setiap software memiliki biaya yang tinggi. Untuk mengetahui rincian biaya implementasi secara jelas klik gambar dibawah ini.

SkemaHarga

8. Salesforce

Salesforce adalah salah satu aplikasi grosir terbaik yang menawarkan solusi terintegrasi untuk mengelola penjualan, pelayanan pelanggan, pemasaran, dan lainnya dalam satu platform yang mudah diakses.

Keunggulan utama Salesforce adalah kemampuannya untuk menyediakan visibilitas yang luas atas interaksi pelanggan. Fitur utama termasuk automasi pemasaran, analitik cerdas, dan kemampuan untuk menyesuaikan aplikasi untuk memenuhi kebutuhan spesifik bisnis.

Kelebihan Kekurangan
  • Interface ramah pengguna
  • Kustomisasi fleksibel
  • Mudah diskalakan untuk bisnis dari semua ukuran
  • Biaya langganan relatif tinggi
  • Kompleksitas fitur
  • Memerlukan produk tambahan untuk fungsionalitas penuh

9. Fishbowl

Fishbowl merupakan aplikasi reseller yang terintegrasi dengan baik dengan QuickBooks, menjadikannya pilihan populer untuk perusahaan yang sudah menggunakan perangkat lunak tersebut untuk keperluan akuntansi.

Dengan Fishbowl, perusahaan dapat melacak inventaris secara real-time, meminimalkan biaya penyimpanan, dan mengoptimalkan proses pesanan. Fitur umumnya mencakup pelacakan lot dan serial, manajemen pesanan, dan perencanaan kebutuhan material.

Kelebihan Kekurangan
  • Mudah digunakan
  • Manajemen inventaris yang kuat
  • Integrasi mulus dengan QuickBooks
  • Fokus pada inventaris dan mungkin fitur lainnya terbatas
  • Tidak ideal untuk bisnis skala besar
  • Dukungan kurang komprehensif

10. Cin7

Cin7

Cin7 adalah software distributor barang yang menyediakan fitur lengkap untuk perusahaan yang beroperasi di berbagai saluran penjualan. Platform ini membantu bisnis mengelola penjualan, serta mengintegrasikan operasi dengan gudang dan pemasok.

Keunggulan Cin7 antara lain kemampuannya untuk menyinkronkan data penjualan dan inventaris secara real-time, yang meningkatkan efisiensi operasional. Fitur yang ditawarkan termasuk integrasi e-commerce, pelaporan canggih, dan otomatisasi proses bisnis.

Kelebihan Kekurangan
  • Aksesibilitas cloud-based
  • Integrasi multichannel
  • Otomatisasi proses bisnis
  • Biaya implementasi relatif tinggi
  • Kompleksitas penggunaan
  • Dukungan pelanggan kurang responsif

11. Software Distributor Mekari Qontak

Mekari Qontak adalah software distributor yang menawarkan solusi manajemen untuk memaksimalkan efisiensi. Software ini meliputi integrasi dengan berbagai alat penjualan dan pemasaran untuk membantu meningkatkan pendekatan personalisasi dengan pelanggan.

Software distributor barang ini menyediakan fitur seperti automasi pemasaran, manajemen interaksi pelanggan, dan analitik terperinci, yang mendukung strategi penjualan yang efektif dan terarah.

Kelebihan Kekurangan
  • Antarmuka pengguna intuitif
  • Tingkat kustomisasi tinggi
  • Menyediakan dukungan lokal
  • Fokus pada pasar lokal, mungkin kurang cocok untuk pasar global
  • Membutuhkan sumber daya untuk pelatihan dan implementasi
  • Keterbatasan integrasi sistem

12. Scylla Enterprise

Scylla Enterprise adalah aplikasi distribusi yang menawarkan manajemen data dalam skala besar dengan performa tinggi. Aplikasi ini dapat menangani volume data yang besar dan transaksi yang kompleks, yang sering kali terjadi dalam bisnis trading dan distribusi.

Dengan memanfaatkan aplikasi Scylla Enterprise, perusahaan trading dan distribusi dapat memastikan bahwa sistem data mereka mampu mendukung operasi bisnis yang efektif, meningkatkan efisiensi operasional, dan mengoptimalkan kepuasan pelanggan.

Kelebihan Kekurangan
  • Performa tinggi
  • Skalabilitas horizontal
  • Kapabilitas analitik yang kuat
  • Biaya investasi tinggi
  • Kompleksitas teknis
  • Memerlukan waktu untuk memahami penggunaan sistem

13. SimpliDOTS

SimpliDOTS adalah platform sales distributor yang memudahkan distribusi dan manajemen penjualan lapangan. Platform ini dapat mengotomatisasi dan memantau aktivitas bisnis secara real-time untuk meningkatkan produktivitas secara keseluruhan.

Keuntungan menggunakan SimpliDOTS termasuk peningkatan visibilitas atas kegiatan penjualan lapangan, optimisasi rute, dan manajemen performa tim. Fitur-fitur utamanya mencakup pelacakan GPS, manajemen pesanan, dan analitik penjualan.

Kelebihan Kekurangan
  • Penggunaan yang mudah
  • Tersedia aplikasi mobile
  • Pelacakan real-time
  • Biaya langganan relatif tinggi
  • Fitur terbatas
  • Memerlukan pembaruan fitur dan dukungan teknis

14. Megaventory

Megaventory adalah distributor software berbasis cloud yang menawarkan sistem inventory distribusi, pesanan, dan manufaktur. Software ini dapat mengelola operasi dari berbagai lokasi dan bahasa, menjadikannya solusi ideal untuk bisnis yang beroperasi secara global.

Manfaat menggunakan distributor software dari Megaventory termasuk kontrol inventaris yang lebih baik, optimisasi proses produksi, dan kemampuan untuk berkolaborasi secara efisien antar departemen.

Kelebihan Kekurangan
  • Dukungan multi-bahasa
  • Integrasi dengan platform e-commerce
  • Fitur manajemen inventaris lengkap
  • Fungsionalitas terbatas untuk bisnis dengan operasi yang kompleks
  • Skalabilitas terbatas
  • Dukungan teknis mungkin tidak sekomprehensif vendor besar lain

15. Software Distributor Katana

Software Distributor Katana

Katana adalah distributor software berbasis cloud yang fokus pada manajemen produksi dan inventaris. Software ini memungkinkan integrasi yang mulus antara berbagai fungsi operasional, termasuk tracking bahan baku, kontrol produksi, dan pengelolaan pesanan.

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh distributor software dari Katana meliputi pengelolaan inventaris yang dinamis, integrasi dengan platform e-commerce, serta pelaporan dan analisis yang canggih untuk mendukung pengambilan keputusan bisnis yang strategis.

Kelebihan Kekurangan
  • Antarmuka sederhana
  • Kemampuan real-time
  • Integrasi dengan platform e-commerce
  • Biaya langganan relatif tinggi
  • Fitur terbatas untuk skala besar
  • Ketergantungan pada integrasi pihak ketiga

Tips Memilih Aplikasi Distributor yang Tepat untuk Bisnis Anda

Tips Memilih Aplikasi Distributor yang Tepat untuk Bisnis Anda

Memilih aplikasi distributor yang tepat adalah langkah krusial dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional bisnis. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu dalam memilih aplikasi distributor yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda:

  1. Identifikasi kebutuhan bisnis: Tentukan area mana dalam operasi distribusi yang membutuhkan peningkatan—apakah itu inventaris, pengelolaan pesanan, pelacakan pengiriman, atau analisis data
  2. Evaluasi fitur: Pastikan aplikasi distributor memiliki semua fitur yang mendukung operasi distribusi Anda. Beberapa fitur utama yang perlu dipertimbangkan meliputi manajemen inventaris, otomatisasi pesanan, dan integrasi dengan sistem lainnya.
  3. Pertimbangkan kemudahan penggunaan: Aplikasi harus mudah digunakan dan intuitif sehingga anggota tim dapat dengan cepat belajar dan mengadaptasi sistem baru tanpa banyak hambatan.
  4. Dukungan dan layanan pelanggan: Cari vendor yang menawarkan dukungan cepat dan efektif untuk membantu Anda dalam mengatasi tantangan implementasi atau masalah teknis dan pertanyaan mengenai sistem.
  5. Pertimbangkan skalabilitas: Pilih solusi yang dapat tumbuh bersama bisnis Anda. Aplikasi harus mampu menangani peningkatan volume data dan transaksi tanpa mengorbankan performa. 
  6. Review dan testimoni: Melihat ulasan pengguna lain bisa memberikan informasi berharga tentang kinerja dan keandalan aplikasi. Review dan testimoni dapat membantu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan aplikasi.

Memilih software distributor yang tepat memerlukan pertimbangan yang cermat dan evaluasi menyeluruh. Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat lebih siap dalam memilih solusi yang dapat mendukung pertumbuhan bisnis Anda.

Kesimpulan

Implementasi software distributor yang tepat adalah kunci untuk mengoptimalkan operasi dan meningkatkan efisiensi dalam bisnis distribusi. Pemilihan software ini mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk mengelola inventaris dan proses pesanan dengan efektif.

Di antara berbagai pilihan yang tersedia, Total ERP hadir sebagai software distributor komprehensif yang memungkinkan bisnis untuk mengotomatisasi dan menyederhanakan seluruh proses operasional mereka dalam satu platform.

Untuk membuktikan keunggulan dan kemudahan penggunaannya, Total ERP menyediakan demo gratis untuk memahami bagaimana solusi ini dapat membawa transformasi dalam operasi bisnis Anda.

DemoGratis

Picture of Eliza Tjen
Eliza Tjen

Pencarian

Artikel Lainnya

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini