Icon EQUIP

Novita
Balasan dalam 1 menit

Novita
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
6281222849188
×

Novita

Active Now

Novita

Active Now

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

15 Aplikasi Inventaris Barang untuk Efisiensi Inventory Perusahaan

Picture of Marshana Vanina
aplikasi inventaris

Manajemen inventaris adalah salah satu aspek penting dalam menjalankan bisnis. Dalam prosesnya, perusahaan harus mampu mengelola persediaan barang dengan baik. Hal ini untuk mengoptimalkan efisiensi bisnis hingga mengurangi biaya operasional. Untuk itu, perusahaan perlu memiliki aplikasi inventaris barang yang baik dan terintegrasi untuk membantu bisnisnya. 

Software inventaris barang akan memudahkan perusahaan dalam melakukan pengawasan, pengendalian, dan pengelolaan inventaris yang efektif.  Sehingga dapat meningkatkan keuntungan perusahaan secara keseluruhan. Untuk mengatur semua itu, perusahaan membutuhkan software inventaris untuk mengoptimalkan proses manajemen inventaris agar dapat mencapai tujuan bisnis.

Apa itu Aplikasi Inventaris Barang?

Aplikasi inventaris adalah sebuah sistem yang digunakan oleh perusahaan untuk melakukan pencatatan barang atau inventory. Dengan sistem ini perusahaan dapat menghindari kesalahan manusia dalam pencatatan manual sehingga dapat meningkatkan akurasi data inventaris secara keseluruhan.

Dalam software inventaris, pengguna dapat memasukkan informasi terperinci tentang setiap item yang ada dalam inventory, termasuk deskripsi, jumlah, lokasi, nilai hingga informasi lain yang relevan

Selain itu, program inventaris barang juga memungkinkan pengguna agar dapat melacak dan mengelola siklus hidup barang, seperti pembelian, penyimpanan, pemeliharaan, perbaikan hingga penghapusan.

Dengan adanya notifikasi otomatis, pengguna dapat mengingatkan tentang tanggal kadaluwarsa, perawatan rutin, atau pembaruan garansi agar menjaga inventaris tetap optimal.

Manfaat Penggunaan Aplikasi Inventaris

aplikasi inventaris

Akhir-akhir ini, banyak perusahaan yang menggunakan sistem ini. Gunanya untuk membantu mengelola penataan barang menjadi lebih mudah dan tersistem. Berikut ini manfaat dan keuntungan pada sistem ini.

1. Menggunakan sistem cloud 

Berbeda dengan pencatatan manual, aplikasi inventaris barang ini sudah menggunakan sistem cloud  agar dapat menyimpan semua data yang dimasukan. Sistem ini sangat memungkinkan semua orang dapat mengakses data dalam satu database sehingga kegiatan input maupun output bersifat multi admin, penyimpanan cloud ini juga membantu memuat data yang lebih realtime. 

2. Menjadi lebih mudah

Penggunaan aplikasi ini menjadi banyak digunakan,  karena ia memberikan kemudahan untuk penggunaannya. Begitu juga dengan aplikasi pengelola stok barang dimana pengelolaan data menjadi lebih mudah dan lebih efisien. Selain itu, software ini memudahkan para penggunaannya dalam mengelola barang di perusahaan. 

3. Resiko kehilangan data lebih minim dengan aplikasi inventaris

Dengan menggunakan sistem ini, risiko kehilangan data akan lebih minim, berbeda dengan metode pengolahan secara manual,  software inventaris dapat membantu Anda dalam hal menyimpan data. Data akan terus tersimpan dan mengakses pun bisa  menggunakan perangkat apa saja, mengatasi kehilangan data merupakan manfaat dari sistem ini. 

4. Resiko kesalahan human error lebih minim dengan aplikasi inventaris

Mendata banyaknya barang akan menyebabkan kesalahan input data, jika melakukannya secara manual. Aplikasi inventaris mampu mengatasi kesalahan penulisan akibat human error yang dilakukan kesalahan pengkodean dan kesalahan lain bisa diminimalkan dengan menggunakan sistem ini. 

Fitur-fitur Utama Aplikasi Inventaris

aplikasi inventaris

Dalam sebuah aplikasi atau website, tentunya menyajikan fitur-fitur yang menarik. Termasuk software inventaris, berikut kami sajikan, fitur apa saja yang ada sistem ini. 

1. Aplikasi inventaris dapat mengelola stok barang

Fitur utama dari sistem ini membantu Anda dalam mengelola stok barang. Dengan bantuan sistem yang lebih canggih, Anda juga bisa mengelola tingkat stok secara lebih tepat dengan bantuan sistem ini, pengerjaan akan lebih praktis karena tak lagi menggunakan cara manual, melainkan menggunakan suatu sistem. 

2. Software inventaris menyediakan pelacakan

Fitur lain yang biasa terdapat dalam sistem ini, yakni membantu Anda dalam pelacakan stok barang. Setiap kali persediaan berada di bawah tingkat yang ditentukan, sistem ini juga akan memberi tahu orang yang bertanggung jawab atas stok sehingga melakukan proses pengisian ulang. 

3. Aplikasi inventaris memberikan peringatan 

Sistem ini juga bisa memberi peringatan secara otomatis selama proses manajemen stok barang. Apabila Anda melakukan kesalahan dalam menginput data inventaris, maka peringatan otomatis akan muncul. Mulai dari barang yang keluar atau masuk, status pengiriman, atau ketika adanya peringatan masalah.

4. Program inventaris bisa melakukan analisis dan membuat laporan

Banyak dari sistem ini yang juga memiliki fitur analisis dan pembuatan laporan secara otomatis. Informasi pada laporan ini sangat penting untuk keperluan operasional, laporan yang Anda buat, membantu menganalisis oleh sistem ini, karena bisa membantu dalam pembuatan keputusan bisnis dalam jangka panjang.

10 Rekomendasi Aplikasi Inventaris Barang Terbaik untuk Bisnis

1. Aplikasi Inventaris Total 

aplikasi inventaris barang

Total ERP merupakan salah satu penyedia solusi perangkat lunak yang menghadirkan software inventaris yang handal untuk bisnis. Software inventaris dari Total ERP memiliki berbagai fitur dan kemampuan yang memungkinkan perusahaan agar dapat mengelola inventaris dengan efisiensi dan akurasi yang tinggi.

Aplikasi inventaris Total ERP menawarkan kemampuan agar dapat mencatat dan melacak semua aset perusahaan, termasuk barang, peralatan, dan material. Pengguna dapat dengan mudah memasukkan informasi terperinci tentang setiap item, seperti deskripsi, jumlah, lokasi, nilai hingga informasi lainnya yang relevan. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk mengupdate status item.

Salah satu keunggulan dari software inventory Total ERP adalah integrasinya dengan modul-modul lain dalam sistem ERP. Dengan adanya integrasi ini, informasi inventaris dapat terhubung dengan modul manajemen pembelian, penjualan, produksi hingga keuangan. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk memiliki visibilitas yang lebih lengkap dan terkini terhadap inventaris mereka, serta mempermudah proses pengadaan, penggunaan hingga pelaporan.

DemoGratis

2. Netsuite

Aplikasi ini menyediakan fitur yang lengkap, mulai dari pencatatan detail aset hingga pelacakan inventaris secara real-time. Dengan integrasi yang solid dengan sistem manajemen perusahaan secara keseluruhan, software inventaris barang Netsuite memungkinkan pengguna untuk mengelola persediaan, pengadaan hingga pemeliharaan aset dengan lebih efektif. 

3. Software Inventory HashMicro

software inventaris hashmicro

Software inventaris barang dari HashMicro adalah solusi yang inovatif untuk bisnis yang mencari cara efisien agar dapat mengelola inventaris. Aplikasi ini menawarkan fitur yang komprehensif, termasuk pencatatan, pelacakan, dan manajemen inventaris dengan mudah hingga akurat. Dengan integrasi yang kuat ke dalam sistem ERP, aplikasi inventory dari HashMicro dapat memberikan visibilitas penuh terhadap inventaris perusahaan.

4. Deskera

Sistem inventaris dari Deskera adalah solusi yang inovatif agar dapat mengelola inventaris perusahaan dengan efisiensi tinggi. Dengan fitur-fitur yang lengkap, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mencatat, melacak serta mengelola stok perusahaan dengan mudah. Oleh karena itu, Deskera memungkinkan perusahaan untuk memiliki visibilitas penuh terhadap inventaris perusahaan.

5. Aplikasi Inventaris SAP

aplikasi inventaris barang sap

Layanan Inventaris dari SAP adalah solusi unggulan yang membantu perusahaan dalam mengelola inventaris dengan efisiensi dan ketepatan tinggi. Aplikasi ini menyediakan fitur yang komprehensif untuk pencatatan, pelacakan hingga pemantauan aset perusahaan. Dengan integrasi yang kuat dengan sistem SAP ERP, sistem inventaris SAP memungkinkan perusahaan untuk mengoptimalkan pengadaan pada perusahaan.

6. Zoho Inventory

Software stok barang Zoho menawarkan fitur yang lengkap dan mudah digunakan, memungkinkan perusahaan untuk mencatat, melacak, dan mengelola inventory mereka dengan efisiensi tinggi. Dari pencatatan detail item hingga pengelolaan persediaan secara real-time. Oleh karena itu, Zoho Inventory memungkinkan pengguna agar memiliki visibilitas penuh terhadap stok barang mereka.

7. Aplikasi inventaris NetStock

NetStock adalah sebuah solusi perangkat lunak berbasis cloud yang didesain agar dapat membantu perusahaan mengelola inventaris secara otomatis. Dengan menggunakan NetStock, perusahaan dapat dengan mudah memonitor tingkat inventaris, melacak pergerakan barang di inventaris, serta meningkatkan efisiensi dalam proses pemesanan dan pengisian kembali persediaan.

8. Program Inventaris EQUIP

program inventaris barang EQUIP

Program inventaris barang milik EQUIP memberikan solusi yang dapat diandalkan untuk mengoptimalkan pengelolaan inventory perusahaan. software ini menawarkan fitur lengkap, mulai dari pencatatan aset hingga pelacakan dan pemantauan yang akurat. Dengan integrasi yang kuat dengan sistem ERP, program inventaris dari EQUIP memberikan visibilitas menyeluruh terhadap inventaris perusahaan sehingga memudahkan pengelolaan stok.

Sebelum lebih lanjut, apabila Anda tertarik mengimplementasikan aplikasi inventaris barang terbaik untuk bisnis Anda, ketahui rincian biaya implementasinya dengan klik gambar dibawah ini

SkemaHarga

9. Fishbowl

Software Inventaris barang dari Fishbowl adalah solusi yang efektif agar dapat mengelola stok dengan baik. Sistem ini menawarkan berbagai fitur yang dapat membantu perusahaan dalam pencatatan, pelacakan hingga pengelolaan inventaris secara efisien. Dengan Fishbowl, perusahaan dapat dengan mudah memonitor stok barang, melacak pergerakan inventaris, serta mengoptimalkan proses pengadaan hingga pengisian kembali persediaan. 

10. Delivrd

Aplikasi Inventaris dari Delivrd adalah solusi yang inovatif agar dapat mengelola inventaris dengan mudah serta efisien. Dengan fitur-fitur yang lengkap, aplikasi ini memungkinkan perusahaan untuk mencatat, melacak, dan mengelola stok barang mereka dengan presisi tinggi. Oleh karena itu, Delivrd mempermudah pemantauan stok barang, pengadaan, dan pengiriman barang dengan fitur pelacakan yang akurat.

11. Software Inventaris Oracle

aplikasi inventory oracle netsuite

Software inventaris barang dari Oracle adalah solusi terkemuka yang membantu bisnis dalam mengelola inventaris dengan efisiensi tinggi. Dengan fitur lengkap dan kemampuan pelacakan yang akurat. Oleh karena itu, aplikasi ini memungkinkan perusahaan untuk mencatat dan memantau inventaris mereka secara real-time.

12. Inventory Now

Aplikasi ini menawarkan fitur-fitur yang lengkap dan mudah digunakan, memungkinkan perusahaan untuk mencatat, melacak, dan mengelola inventaris mereka dengan presisi tinggi. Inventory Now mempermudah pengguna dalam memantau stok barang, melakukan pencatatan detail aset, dan melakukan pelacakan pergerakan inventaris secara real-time. 

13. Aplikasi inventaris Inflow Inventory

Inflow Inventory mempermudah perusahaan dalam mengelola stok barang, melakukan pengadaan, dan melakukan pemantauan persediaan dengan mudah. Selain itu, sistem ini juga mendukung integrasi dengan sistem manajemen lainnya, memungkinkan perusahaan untuk mengoptimalkan operasi stok secara terintegrasi. Dengan analitik yang canggih, perusahaan dapat memperoleh wawasan yang berharga tentang performa inventaris.

14. Stockpile

Aplikasi ini menyediakan fitur pelaporan yang informatif, memberikan wawasan yang berharga tentang performa inventaris, tren permintaan, dan kebutuhan persediaan di masa depan. Dengan antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan, Stockpile memastikan bahwa pengguna dapat dengan cepat mengelola inventaris mereka tanpa mengalami kesulitan.

15. Veeqo

Sistem Inventaris dari Veeqo adalah solusi yang efektif dan terintegrasi untuk mengelola stok perusahaan dengan efisiensi tinggi. Dengan fitur-fitur yang lengkap, Veeqo memungkinkan perusahaan untuk mencatat, melacak, dan mengelola inventaris perusahaan dengan presisi tinggi. Aplikasi ini mempermudah pemantauan stok barang, pelacakan pergerakan inventaris, serta mengoptimalkan proses pengadaan dan pengiriman barang. 

Aplikasi Inventaris Terbaik di Indonesia

Software inventaris terbaik

Aplikasi inventaris adalah perangkat lunak yang menggunakan pengelolaan dan memantau persediaan barang atau produk suatu perusahaan atau organisasi. Secara umum cara kerja sistem ini meliputi pengumpulan data barang, pemantauan persediaan, pembaruan persediaan, pelaporan, integrasi hingga peringatan agar dapat mengoptimalkan manajemen persediaan barang atau produk suatu perusahaan atau organisasi.

Dengan kemajuan teknologi, banyak sistem inventaris yang berkembang di Indonesia. Salah satunya adalah software inventory dari Total ERP, software ini akan membantu bisnis Anda dalam dapat mengoptimalkan pengelolaan inventaris menjadi lebih cepat dan efisien.

Software inventaris Total ERP merupakan aplikasi inventaris barang yang dimana teknoogi mencadangkan yang  terbaik untuk memudahkan Anda dalam pemenuhan kebutuhan stok barang. Sistem ini dapat menunjang kegiatan bisnis semakin efektif karena sistem telah mengoptimasasi barang, Oleh karena itu, perusahaan tidak perlu lagi mengecek stok barang secara manual.

Kesimpulan

Dalam era bisnis yang kompetitif, pengelolaan inventaris yang efisien dan akurat menjadi kunci kesuksesan perusahaan. Dengan menggunakan aplikasi inventaris yang tepat, perusahaan dapat mengoptimalkan proses pencatatan, pelacakan, dan pengelolaan inventaris mereka. Aplikasi inventaris modern menawarkan fitur-fitur lengkap, termasuk integrasi dengan sistem manajemen lainnya, pelacakan dengan barcode atau RFID, analitik yang kuat, dan visibilitas real-time.

Dengan software inventaris Total ERP, perusahaan dapat mengoptimalkan manajemen persediaan, memantau stok barang secara real-time, dan meningkatkan efisiensi operasional perusahaan. Unduh skema harga untuk mengetahui biaya dari layanan ini. Jangan lupa coba demo gratisnya!

Pertanyaan Seputar Aplikasi Inventaris

  • Apa itu aplikasi inventaris barang?

    Aplikasi inventaris barang adalah perangkat lunak yang dirancang untuk membantu organisasi atau perusahaan dalam mencatat, mengelola, dan melacak seluruh barang atau aset yang dimilikinya. Aplikasi ini memudahkan pengguna untuk mencatat informasi penting tentang setiap barang, seperti nama barang, deskripsi, jumlah, nilai, lokasi, dan status terkini.

  • Apa fungsi dari inventaris?

    Inventaris memiliki beberapa fungsi penting, yaitu:

    – Mencatat dan melacak aset atau barang milik organisasi.
    – Memantau ketersediaan stok barang dan mencegah kekurangan atau kelebihan persediaan.
    – Membantu dalam perencanaan dan pengadaan barang baru.
    – Mendukung pengelolaan pemeliharaan dan perawatan barang agar tetap dalam kondisi baik.
    – Menyediakan informasi tentang nilai aset untuk tujuan akuntansi dan pelaporan keuangan.

  • Bagaimana cara mengelola inventaris?

    Mengelola inventaris melibatkan beberapa langkah, di antaranya:

    – Pencatatan data barang: Mencatat informasi penting tentang setiap barang, seperti nomor identifikasi, deskripsi, jumlah, nilai, dan lokasi.
    – Penetapan sistem klasifikasi: Mengelompokkan barang berdasarkan kategori atau klasifikasi tertentu untuk memudahkan pencarian dan pemantauan.
    – Pemantauan pergerakan barang: Merekam setiap perubahan status atau perpindahan barang, mulai dari pengadaan hingga penghapusan.
    – Audit berkala: Melakukan audit secara teratur untuk memastikan keakuratan data inventaris dan mendeteksi adanya kehilangan atau kesalahan data.
    – Penggunaan aplikasi inventaris: Memanfaatkan aplikasi inventaris untuk memudahkan manajemen dan pelacakan data barang secara efisien.

  • Apa yang dimaksud dengan nomor inventaris?

    Nomor inventaris adalah nomor identifikasi unik yang diberikan kepada setiap barang atau aset dalam sistem inventarisasi. Nomor ini bertujuan untuk membedakan satu barang dari yang lainnya sehingga memudahkan dalam pencarian, pemantauan, dan pelacakan aset tersebut. Nomor inventaris biasanya digunakan dalam aplikasi inventaris dan mencakup informasi tertentu yang dapat membantu mengidentifikasi barang, seperti kode lokasi, tahun penerimaan, atau kategori barang tertentu.

  • Apa itu inventaris dan contohnya?

    Inventaris adalah daftar terperinci tentang barang, aset, atau benda-benda lain yang dimiliki oleh individu, organisasi, atau perusahaan. Contoh inventaris dapat mencakup:
    Inventaris barang dagangan di sebuah toko, termasuk deskripsi produk, jumlah stok, dan harga.
    Inventaris peralatan di sebuah perusahaan, seperti komputer, printer, dan perangkat keras lainnya.
    Inventaris perpustakaan yang mencatat buku, majalah, dan referensi lain yang dimiliki perpustakaan.
    Inventaris gudang yang mencatat persediaan bahan baku atau produk jadi dalam sebuah perusahaan manufaktur.

Picture of Marshana Vanina
Marshana Vanina

Pencarian

Artikel Lainnya

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini