Icon EQUIP

Novita
Balasan dalam 1 menit

Novita
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
6281222849188
×

Novita

Active Now

Novita

Active Now

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

Contoh Laporan Stok Barang Gudang Serta Cara Menyusunnya

Picture of Marshana Vanina
Contoh Laporan Stok Barang Gudang Serta Cara Menyusunnya

Contoh laporan stok barang gudang dalam bisnis, menjadi salah satu aspek yang penting untuk perusahaan perhatikan. Stok barang yang tidak terkelola dengan baik tentunya dapat menyebabkan kerugian yang cukup besar bagi perusahaan. Oleh karena itu, manajemen stok barang perlu terkelola dengan baik agar dapat meningkatkan mengefisiensikan operasional perusahaan.

Laporan stok barang gudang dapat menjadi alat bantu yang efektif untuk mengetahui jumlah barang yang tersedia dan mempermudah pengambilan keputusan. Contoh laporan stok barang gudang memberikan informasi pada manajemen untuk menentukan jumlah barang yang terpesan, waktu pemesanan, dan waktu penerimaan barang yang akan terkirim.

Pengertian Laporan Stok Barang Gudang

Laporan stok barang gudang merupakan salah satu laporan penting dalam manajemen persediaan sebuah perusahaan. Laporan memberikan gambaran tentang ketersediaan barang pada gudang pada waktu tertentu dan berguna sebagai dasar pengambilan keputusan dalam mengelola persediaan. Selain itu, laporan stok barang gudang juga dapat membantu dalam mengidentifikasi barang prioritas dalam pengiriman ke pelanggan membutuhkan.

Dalam laporan stok barang gudang, terdapat informasi tentang jumlah barang tersedia, jumlah barang terpesan, serta jumlah barang terkirim ke pelanggan. Laporan ini dapat memberikan informasi tentang ketersediaan barang, misalnya jumlah barang yang tersedia untuk setiap jenis atau model barang.

Manfaat Laporan Stok Barang pada Gudang

contoh laporan stok gudang

Manfaat dari laporan stok barang gudang untuk perusahaan yaitu dapat memberikan informasi yang akurat tentang ketersediaan persediaan barang di gudang pada suatu waktu tertentu sehingga membantu manajemen dalam mengelola persediaan barang dengan lebih efektif dan efisien. Dalam laporan stok, terdapat informasi tentang jumlah barang, barang yang terpesan, atau terkirim, serta jenis atau model barang yang tersedia. 

Laporan ini dapat membantu manajemen dalam mengambil keputusan yang tepat terkait pengadaan barang tambahan, mengoptimalkan pengiriman barang ke pelanggan atau pihak lain yang membutuhkan, serta meminimalkan risiko kekurangan atau kelebihan persediaan barang. Dengan informasi yang akurat tentang stok barang, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi biaya persediaan barang sehingga meningkatkan keuntungan. 

Contoh Laporan Stok Barang Gudang

Contoh format stok barang gudang biasanya mencakup informasi seperti nama barang, jumlah awal stok, jumlah barang masuk, jumlah barang keluar, dan jumlah akhir stok pada periode tertentu. Selain itu, laporan stok barang gudang juga dapat mencantumkan informasi tambahan seperti harga barang dan nilai stok. Dalam beberapa perusahaan, laporan dapat tersaji dalam bentuk tabel atau grafik agar lebih mudah memahami oleh para pemangku kepentingan. Berikut adalah contoh Contoh file gambaran laporan stok barang pada gudang yang dapat Anda jadikan referensi:

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengoptimalkan proses bisnis Anda dengan memanfaatkan cloud Total ERP. Silakan klik tautan berikut untuk mengunduh file excel laporan stok barang gudang.

Contoh Laporan Stok Barang Gudang

Dari rumus excel stok barang, dapat kesimpulan bahwa:

Barang Buku A tersedia sebanyak 50 buah, 20 buah sudah terpesan oleh pelanggan, 10 buah sudah diterima dari pemasok, dan 15 buah sudah terkirim ke pelanggan.

Barang Pensil A tersedia sebanyak 100 buah, 50 buah sudah terpesan oleh pelanggan, 40 buah sudah ada pada pemasok, dan 30 buah sudah terkirim ke pelanggan.

Cara Menyusun Laporan Stok Barang Gudang Menggunakan Excel

contoh laporan stok gudang

Sebelum membahas cara menyusun laporan stok barang gudang menggunakan excel, penting untuk memahami bahwa pengelolaan stok barang gudang yang efektif merupakan salah satu kunci keberhasilan bagi sebuah perusahaan. Dengan memiliki informasi yang akurat mengenai stok barang gudang, perusahaan dapat membuat keputusan yang tepat dalam memenuhi kebutuhan pelanggan.  Berikut ini cara membuat form di excel laporan stok barang gudang:

1. Membuat format laporan

Membuat format laporan stok gudang yang baik merupakan langkah awal yang krusial dalam penyusunan laporan stok menggunakan Excel. Dalam pembuatan format, harus menentukan informasi yang tersaji dalam laporan stok, seperti nama barang, kode barang, jumlah stok, harga beli jual. 

Setelah itu, kolom-kolom yang sesuai dengan jenis informasi tersebut perlu pemberian label atau judul yang jelas. Selain itu, format pada setiap kolom juga harus terfokuskan, seperti menentukan jenis data, panjang kolom, dan lain-lain. Pada bagian header, format seperti font, ukuran huruf, warna, dan lain-lain juga perlu ditentukan dengan jelas agar mempermudah pembacaan dan pemahaman.

2. Menambahkan judul kolom

Dalam pembuatan laporan stok gudang, menambahkan judul kolom sangat penting untuk memudahkan pembacaan dan memahami isi laporan. Untuk menambahkan judul kolom, langkah pertama yang harus perlu adalah menentukan jenis informasi yang akan tersaji dalam laporan stok gudang. Misalnya, jenis informasi yang ingin tampil adalah nama barang, kode barang, jumlah stok, harga beli, harga jual, dan sebagainya. 

Kemudian, kolom-kolom untuk setiap jenis informasi tersebut perlu ada, dengan memberikan judul pada setiap kolom yang jelas dan mudah membacanya. Judul kolom yang baik harus mencerminkan informasi yang akan tersaji dan memudahkan pembaca untuk memahami isi kolom tersebut. Setelah menentukan judul kolom, langkah selanjutnya adalah memasukkan data stok barang ke dalam kolom-kolom yang telah ada. 

3. Mengisi data excel

Setelah membuat format laporan stok gudang dan menambahkan judul kolom yang jelas, langkah selanjutnya adalah mengisi data pada kolom. Proses mengisi data pada laporan stok gudang menggunakan Excel dapat dengan cara memasukkan data secara manual atau dengan mengimpor data dari sumber lain seperti database atau file Excel lainnya.

Dalam mengisi data stok barang, pastikan data yang dimasukkan akurat dan up-to-date sehingga laporan yang dihasilkan dapat diandalkan dan akurat. Selain itu, perlu fokus lebih pada penempatan data pada setiap kolom agar tidak terjadi kesalahan dalam penulisan. Pastikan setiap data yang terinput sesuai dengan jenis informasi yang telah ada pada judul kolom yang telah tersaji sebelumnya.

Baca Juga: 20 Rekomendasi Terbaik Aplikasi Stok Barang Untuk Bisnis Anda

Efisiensikan Pembuatan Laporan Stok Barang Gudang dengan Total ERP

Pelaporan persediaan barang dan warehouse

Dalam mengelola stok barang, efisiensi dan akurasi laporan stok sangat penting untuk mengoptimalkan kinerja bisnis. Total ERP hadir dengan software stok barang  yang dapat membantu meningkatkan efisiensi dan akurasi laporan stok barang. Dengan Total ERP, pembuatan laporan stok barang dapat dengan mudah dan cepat, sehingga waktu yang diperlukan untuk memproses laporan stok barang. 

Selain itu, fitur-fitur yang tersedia pada Total ERP juga dapat membantu dalam memantau stok barang secara real-time sehingga memudahkan dalam pengambilan keputusan dalam pengelolaan stok barang. Dengan menggunakan Total ERP, pengelolaan stok barang dapat menjadi lebih efisien dan akurat, sehingga dapat meningkatkan kinerja bisnis secara keseluruhan.

Dalam hal pembuatan laporan stok barang gudang, Total ERP dapat menghasilkan laporan secara otomatis dengan memantau persediaan barang secara real-time, sehingga meminimalkan kesalahan dan mempercepat proses pengambilan keputusan. Dengan demikian, penggunaan Total ERP dapat membantu perusahaan meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam mengelola persediaan barang di gudang.

Kesimpulan 

Dengan memiliki laporan stok yang akurat, bisnis dapat optimal pengelolaan stok barang dan meminimalisir kerugian akibat stok barang. Selain itu, dengan cara menyusun contoh laporan stok barang  dan gudang, pembuatan laporan dapat menjadi lebih mudah dan efisien sehingga memudahkan dalam pengambilan keputusan bisnis yang tepat.

Dalam upaya untuk memudahkan pembuatan laporan stok barang gudang, Anda juga dapat memanfaatkan software inventory seperti yang tersedia pada Total ERP. Dengan menggunakan software inventory yang terintegrasi dengan sistem manajemen bisnis secara keseluruhan, proses pengelolaan stok barang akan menjadi lebih mudah dan terintegrasi dengan baik. Coba demo gratisnya di sini!

Picture of Marshana Vanina
Marshana Vanina

Pencarian

Artikel Lainnya

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini