Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

Bagaimana Sistem Manajemen Gudang Membantu Optimalkan Manajemen Stok?

Picture of Marshana Vanina
sistem manajemen gudang

Bagaimana sistem manajemen gudang dapat membantu dalam mengoptimalkan manajemen stok? Pengelolaan gudang yang meliputi tata letak, pengontrolan inventaris, pemeliharaan peralatan, pengecekan barang yang masuk dan keluar, pengambilan, pengepakan, dan pengiriman barang merupakan kegiatan yang kompleks dan dapat disederhanakan dengan menggunakan sistem manajemen gudang yang otomatis.

Langkah pertama dalam mengoptimalkan sistem manajemen gudang adalah dengan memastikan bahwa tata letak gudang sudah sesuai dan dapat mendukung aktivitas manajemen gudang secara efektif dan efisien. Selanjutnya, perusahaan dapat menempatkan barang terlaris paling dekat dengan area pengepakan dengan menggunakan metode analisis ABC. Untuk memastikan karyawan dapat menerima, membongkar, menyimpan, dan memesan inventaris baru seefisien mungkin.

Mengatur Tata Letak Gudang

Untuk mengoptimalkan sistem manajemen pergudangan, langkah pertama yang perlu perusahaan perhatikan adalah memastikan bahwa tata letak gudang telah sesuai. Tata letak gudang atau warehouse layout adalah cara yang tepat dalam mengatur tata letak barang dengan metode tertentu sehingga aktivitas pergudangan dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

Dalam menentukan metode yang digunakan untuk mengatur tata letak gudang, perlu mempertimbangkan dengan baik agar keputusan yang diambil dapat mendukung aktivitas manajemen gudang. Fokus pada dua hal yaitu memastikan cukup ruang untuk perlengkapan dan karyawan serta menggambar sketsa sebelum mengubah tata letak gudang saat ini. 

Selain itu, sistem manajemen gudang yang efektif tidak akan tercapai apabila tidak menentukan nama lokasi untuk stok dengan jelas. Penentuan nama lokasi di gudang sangat tergantung pada ukuran fasilitas dan kompleksitas operasional gudang, namun semakin besar fasilitas gudang, semakin detail penamaan lokasi yang akan perusahaan perlukan. 

Mengoptimalkan Manajemen Stok di Gudang

Manajemen stok yang baik sangat penting untuk keberhasilan operasi gudang. Ketika stok tidak terstruktur dengan baik, bisa mengakibatkan berbagai masalah seperti kekurangan stok, penumpukan barang yang tidak terjual, hingga biaya yang tidak perlu. Oleh karena itu, mengoptimalkan manajemen stok di gudang menjadi sangat penting untuk menjaga kelancaran operasi dan meningkatkan efisiensi. 

Praktikan analisis ABC

Metode ini memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi produk yang paling best seller di antara semua produk yang dijual dan menempatkannya secara optimal dekat dengan meja pengemasan untuk mengurangi waktu pengambilan barang. Pendekatan ini terkenal sebagai analisis ABC. Perusahaan dapat menempatkan produk yang masuk ke dalam kategori A (produk yang paling banyak peminat) dekat dengan meja pengemasan.

Pengecekan stok baru di gudang dengan sistem manajemen gudang

Penting untuk memastikan bahwa karyawan dapat menangani penerimaan, pembongkaran, penyimpanan, dan pemesanan inventaris dengan efisien. Semakin cepat proses ini berjalan, semakin cepat inventaris tersedia untuk dijual, dan kesalahan atau ketidak-efisienan dalam proses ini dapat berdampak pada seluruh rantai pasokan. Oleh karena itu, diperlukan solusi yang dapat meningkatkan efisiensi dalam proses tersebut. 

Salah satu solusi yang dapat perusahaan terapkan adalah sistem manajemen gudang yang terintegrasi, yang dapat mempercepat dan meningkatkan akurasi penanganan barang masuk ke gudang. Dengan sistem ini, staff gudang dapat memindai produk atau purchase order, memperbarui jumlah stok, dan menempatkannya pada lokasi tertentu di gudang melalui gadget tanpa dengan cara manual.

Mempercepat Proses Pemenuhan Pesanan

sistem manajemen gudang

Keberhasilan manajemen pergudangan dapat terukur dari kemampuan untuk mengisi pesanan secara cepat dan akurat. Implementasi sistem manajemen pergudangan dapat memberikan manfaat ini kepada Anda. Ada tiga aspek penting yang terkait dengan pengiriman pesanan, yaitu pengambilan barang, pengemasan, dan pengiriman barang.

Pengambilan barang dengan sistem manajemen gudang

Meskipun terdengar mudah, pengambilan barang dapat menjadi tantangan yang signifikan ketika jumlah barang di dalam gudang mencapai ratusan atau bahkan ribuan jenis. Situasi seperti ini dapat menyebabkan kesulitan dalam memenuhi pesanan dan seringkali membuang waktu untuk mencari barang yang tepat. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menerapkan strategi pengambilan barang yang efektif dan efisien untuk mengatasi masalah ini.

Mengemas pesanan dengan baik

Tugas mengemas barang pesanan bukanlah hal yang sederhana yang hanya membutuhkan penempatan barang di dalam kotak dan terlapisi dengan cepat. Saat melakukan tahap pengemasan, Anda harus memastikan bahwa produk yang terkirim sesuai, dan tertuju kepada pelanggan yang benar, dan terkemas dengan cara yang paling efisien.

Bahan kemasan juga perlu menjadi perhatian. Pastikan bahan kemasan yang terpakai dapat melindungi barang yang akan dikirim tanpa menambah berat produk secara signifikan dan meningkatkan biaya pembelian dan pengiriman. Penting untuk mengevaluasi bahan kemasan yang terpakai secara menyeluruh sebelum pengiriman agar dapat mengeliminasi bahan yang tidak perlu dan mengganti dengan bahan yang lebih efisien.

Baca Juga: Rumus Days Sales in Inventory

Mengevaluasi dan Mengukur Performa Manajemen Pergudangan

Evaluasi sangat penting guna mewujudkan manajemen pergudangan yang optimal. Berikut ini adalah beberapa indikator yang harus Anda cek ketika mengukur kesuksesan pengelolaan gudang Anda :

Menerima proses penerimaan dengan sistem manajemen gudang

Sangat penting untuk memeriksa waktu yang perusahaan butuhkan untuk menerima kiriman, serta bagaimana karyawan melacak kiriman yang masuk dan menyusun kiriman baru. Proses manual sering memakan waktu dan memerlukan catatan dan pembaruan inventaris yang panjang. Oleh karena itu, sangat penting untuk menerapkan sistem manajemen gudang otomatis yang dapat mempercepat proses dan memperbarui inventaris dengan efisien

Pengembalian pesanan

Pahami mengapa pesanan pelanggan dikembalikan ke gudang. Ini bisa terjadi karena produk yang salah, alamat yang salah, keterlambatan pengiriman, kerusakan dalam perjalanan, dan lain-lain. Menganalisis pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu meningkatkan kinerja pergudangan Anda secara signifikan. 

Proses pengambilan

Mengukur ketepatan proses pengambilan dapat memberikan wawasan pada Anda mengenai kinerja pengambilan barang di gudang Anda. Berikut ini adalah formula untuk mengukurnya

Lead time dengan sistem manajemen gudang

Lead time merujuk pada waktu yang diperlukan bagi pelanggan untuk menerima pesanan, yang juga dikenal sebagai waktu tunggu pesanan. Semakin singkat waktu tunggu pesanan, semakin senang pelanggan Anda saat menerima produk Anda. Namun, pastikan bahwa pengiriman tepat waktu tidak mempengaruhi kualitas produk Anda.

Memilih Sistem Manajemen Gudang yang Tepat

Warehouse management system (WMS) pada umumnya dapat memudahkan sebagian besar proses pergudangan. Software ini akan mengotomatiskan dan mendigitalkan berbagai proses. Dengan sistem manajemen gudang otomatis, Anda dapat memastikan semuanya diatur, dilacak, dan didokumentasikan dengan lebih baik. 

WMS meminimalkan kesalahan manusia dan dengan demikian memaksimalkan akurasi. Sehingga pengoperasian menjadi lebih cepat dan mudah. Namun, menemukan sistem manajemen gudang yang tepat bisa sedikit membingungkan. Sebaiknya, Anda mencari informasi terlebih dahulu mengenai skema perhitungan harga sistem manajemen gudang agar dapat menentukan pilihan yang tepat.

Kesimpulan

Pergudangan merupakan pekerjaan yang sangat kompleks, terutama pada perusahaan besar. Namun demikian, strategi dan penerapan solusi otomasi yang tepat dapat membuat aktivitas ini menjadi lebih mudah. Gunakan perangkat lunak manajemen gudang berbasis cloud untuk mengoptimalkan efisiensi multi-gudang sekaligus memaksimalkan pemanfaatan ruang.

Sistem manajemen warehouse dari Total ERP telah dilengkapi dengan modul manajemen pembelian, manajemen inventaris, dan sistem akuntansi untuk menunjang bisnis. Unduh skema harga untuk mengetahui estimasi harga dari software manajemen warehouse dari Total ERP dan jadwalkan demo gratis sekarang juga!

Picture of Marshana Vanina

Marshana Vanina

Pencarian

Berita Terbaru

lorem ipsum dolor

Berita Terpopuler

lorem ipsum dolor

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini

Customer Service

Novita
Balasan dalam 1 menit

Novita
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
6281222849188
×
Dapatkan Demo Gratis!