Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

10 Rekomendasi Terbaik Aplikasi Stok Barang Untuk Bisnis Anda

Vania
Aplikasi stok barang

Semakin hari kita semakin disuguhkan kecanggihan teknologi yang memudahkan kita dalam melakukan berbagai macam kegiatan. Termasuk adanya suatu sistem yang memudahkan dalam mengelola stok barang. Dahulu, pengelolaan inventory hanya menggunakan cara yang manual, karena itu dalam melakukannya ada saja terjadi kesalahan. Maka dari itu, aplikasi stok barang hadir untuk mengatasi hal tersebut. Selain itu, pengelolaan stok barang merupakan salah satu aspek penting dalam menjalankan bisnis.

Fungsi dari  stok barang adalah untuk memenuhi permintaan pelanggan, menjaga kelancaran operasional, menghindari kekurangan stok, dan membantu mengelola arus kas bisnis dengan tepat. Selain itu, dengan pengelolaan stok barang yang baik, bisnis dapat menghindari kelebihan atau kekurangan stok, dan juga meminimalkan biaya penyimpanan, serta meningkatkan kepuasan pelanggan.

Pengertian Aplikasi Stok Barang

Aplikasi stok barang adalah perangkat lunak yang dirancang untuk membantu pengelola bisnis dalam mengelola persediaan barang mereka.  Dalam hal ini, aplikasi memungkinkan perusahaan untuk memantau stok barang secara real-time, mengelola pengadaan barang, dan membuat laporan stok barang. Dengan sistem ini, pengelola bisnis bisa menghindari kelebihan atau kekurangan stok, sehingga, bisa meminimalkan biaya penyimpanan, dan meningkatkan efisiensi operasional. 

Software inventary  dapat dioperasikan melalui desktop atau mobile. Beberapa fitur yang biasanya terdapat pada aplikasi ini, pemantauan stok barang secara real-time, manajemen pengadaan barang, pengingat stok minimum, pembuatan laporan stok, dan integrasi dengan sistem penjualan. Oleh karena itu, software stok barang ini sangat bermanfaat bagi berbagai jenis bisnis, terutama bisnis yang memiliki banyak variasi barang dan jumlah stok yang besar.

Manfaat Aplikasi Stok Barang

Adanya aplikasi stok barang dapat memberikan berbagai manfaat bagi pengelola bisnis, dengan adanya sistem ini, akan membawa banyak manfaat yang akan Anda temui nantinya. Berikut manfaat yang ada pada sistem ini:  

1. Meningkatkan efisiensi dan akurasi pengelolaan stok 

Aplikasi stok barang dapat membantu pengelola bisnis dalam mengelola stok barang secara efisien dan akurat. Selain itu, dengan adanya sistem ini, pengelola bisa mengetahui stok barang yang tersedia, stok yang telah terjual, dan stok yang sedang dalam proses pengiriman.

2. Meningkatkan kecepatan pengambilan keputusan 

Software stok barang juga dapat membantu pengelola bisnis dalam mengambil keputusan secara cepat dan tepat. Maka dari itu, dengan informasi yang tersedia secara real-time tentang stok barang, maka membuat pengelola bisa segera mengambil keputusan untuk memesan barang tambahan atau mengurangi stok barang yang berlebih.

3. Menghindari kelebihan atau kekurangan stok 

Adanya sistem ini,  pengelola bisnis bisa memantau stok barang secara terus-menerus. Hal ini membantu pengelola menghindari kelebihan atau kekurangan stok yang bisa merugikan bisnis. Selain itu, kelebihan stok bisa menyebabkan biaya penyimpanan yang mahal, sedangkan kekurangan stok bisa menyebabkan kehilangan pelanggan.

4. Meningkatkan kepuasan pelanggan 

Aplikasi ini juga bisa membantu dalam mengetahui stok barang yang tersedia dengan tepat dan cepat. Hal ini bisa membantu pengelola bisnis dalam memenuhi permintaan pelanggan dengan lebih baik dan akurat. Sehingga, kepuasan pelanggan bisa meningkat.

5. Meminimalkan biaya penyimpanan 

Dengan adanya sistem ini, pengelola bisa mengurangi biaya penyimpanan terkait dengan jumlah barang yang berlebihan. Hal ini bisa meningkatkan profitabilitas bisnis, dan memudahkan dalam mengurangi biaya penyimpanan. 

Rekomendasi Aplikasi Stok Barang Terbaik

Aplikasi stok barang

Saat ini, banyak sekali sistem inventary yang beredar di pasaran. Dengan mudah membantu Anda dalam melakukan kegiatan stok barang. Anda hanya tinggal memilih preferensi serta fitur spesifik mana yang dibutuhkan oleh perusahaan Anda. Di bawah ini terdapat 5 aplikasi stok barang terbaik yang kualitasnya sudah teruji dan mendapatkan banyak respon positif dari banyak orang. 

1. Sistem Inventory Total

Aplikasi stok barang Total adalah aplikasi yang menyediakan fitur lengkap untuk mengelola stok barang secara menyeluruh. Aplikasi ini mencakup berbagai fitur, mulai dari pemantauan stok barang secara real-time, manajemen pengadaan barang, hingga pembuatan laporan stok yang detail. Sistem ini juga biasanya dilengkapi dengan integrasi sistem penjualan dan sistem akuntansi, sehingga memudahkan pengelola bisnis dalam mengelola persediaan barang dan mengelola arus kas bisnis secara terpadu.

Sistem Inventory Total memiliki beberapa kelebihan yang dapat membantu perusahaan dalam mengoptimalkan pengelolaan persediaan mereka. Software ini dapat meningkatkan efisiensi, meningkatkan akurasi data persediaan, serta membantu perusahaan dalam membuat keputusan yang lebih baik terkait pengelolaan persediaan.

2. Sistem Inventory barang HashMicro

HashMicro adalah perusahaan teknologi yang menyediakan berbagai solusi bisnis, termasuk aplikasi stok barang. Sistem inventori dari perusahaan ini dirancang untuk membantu pengelola bisnis dalam mengelola persediaan barang secara efisien dan akurat.

Selain itu aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap, seperti pemantauan stok barang secara real-time, manajemen pengadaan barang, pembuatan laporan stok, dan integrasi dengan sistem penjualan. Selain itu, sistem dari HashMicro juga dilengkapi dengan fitur RFID (Radio Frequency Identification) yang memungkinkan pengelola bisnis untuk memantau stok barang secara akurat dan cepat.

3. Aplikasi stok barang Easy Catalogue

Selanjutnya Easy Catalogue, software ini merupakan sebuah sistem yang dapat membantu bisnis untuk mengelola stok barang dan juga membuat katalog produk. Aplikasi ini tersedia di platform Android dan iOS. Fungsi utama dari aplikasi inventaris barang ini adalah untuk menyimpan katalog atau inventaris produk Anda pada perangkat mobile untuk akses yang lebih mudah dan anda dapat membuat kategori produk baru dan menambahkan detail, seperti nama dan deskripsi produk.

4. Aplikasi stok barang Smart Inventory System

Smart Inventory System memiliki keunggulan berupa tampilan yang simple dan padat fitur. Selain itu, software stok barang ini juga memiliki sistem barcode pada masing-masing produk. Anda dapat melakukan manajemen dan pelacakan produk secara mudah dari aplikasi pada komputer atau handphone Anda. 

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk menambahkan gambar dan melakukan pencarian untuk menemukan produk pada inventaris secara lebih mudah. Selain itu, dengan bantuan fitur dari sistem ini, Anda dapat mengubah jumlah item barang dan pemeriksaan ketersediaan stok barang yang akan memudahkan Anda dalam manajemen pencatatan stok barang.

5. Aplikasi stok barang Vladovsoft Sklad

Software ini berasal dari Bulgaria dan memiliki spesifikasi yang mendukung bisnis dengan jumlah produk yang banyak. Vladovsoft Sklad tersedia untuk perangkat dengan sistem operasi Windows. Software Manajemen Gudang dan inventaris milik Vladovsoft dapat melacak jumlah, pengiriman, dan penjualan produk. Fitur yang tersedia dari aplikasi ini terdiri dari pencatatan rincian barang, dan jumlah serta lokasi barang.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa melakukan pencatatan penjualan yang masuk dan keluar. Aplikasi pencatatan stok barang Vladovsoft Sklad belum tersedia di Indonesia karena mereka hanya melayani wilayah Eropa timur seperti Bulgaria, Rusia, dan sekitarnya. 

6. Aplikasi stok barang Inflow

Aplikasi Inflow memungkinkan bisnis untuk melacak stok barang mereka secara akurat, mulai dari penerimaan barang, pengeluaran, hingga penjualan. Fitur-fitur yang ditawarkan mencakup pelacakan barang berdasarkan nomor seri, pengelompokan produk berdasarkan kategori atau atribut, dan integrasi dengan kode batang untuk mempercepat proses pemindaian dan pengecekan stok.

Namun, seperti semua perangkat lunak, Inflow juga memiliki beberapa kekurangan, tergantung pada kebutuhan dan preferensi bisnis tertentu. Beberapa pengguna mungkin menemui batasan dalam kustomisasi atau integrasi dengan aplikasi atau sistem lain.

7. Aplikasi stok barang Stockcount

Stock Count adalah sebuah aplikasi stok barang online yang dirancang untuk membantu Anda dengan cepat dan mudah memeriksa serta menghitung persediaan barang. Aplikasi ini memiliki fitur barcode scanner yang terhubung langsung dengan kamera di smartphone Anda.

Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah memeriksa stok barang kapan saja dan di mana saja secara efisien. Keunggulan lain dari Stock Count adalah integrasi dengan email, yang memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengintegrasikan laporan stok barang dan riwayat transaksi. Dengan fitur-fitur yang handal ini, aplikasi Stock Count dapat membantu meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam manajemen persediaan barang Anda.

8. Fishbowl

Fishbowl adalah aplikasi stok barang (Inventory Management Software) yang merupakan salah satu pilihan populer bagi bisnis kecil dan menengah untuk mengelola persediaan dan inventaris mereka dengan efisien. Aplikasi ini terancang untuk membantu bisnis dalam mengoptimalkan manajemen stok, pengeluaran, dan proses pesanan.

Salah satu keunggulan Fishbowl adalah kemampuannya untuk berintegrasi dengan berbagai platform e-commerce, sistem akuntansi, dan layanan pengiriman, sehingga memudahkan sinkronisasi data dan meminimalkan kesalahan penginputan.

9. Moka

Moka adalah platform berbasis cloud yang dirancang untuk membantu bisnis dalam mengelola stok barang dan inventaris dengan efisien. Aplikasi ini cocok untuk berbagai jenis bisnis, seperti restoran, kafe, toko retail, dan usaha kecil menengah lainnya.

Moka juga menawarkan aplikasi mobile yang memungkinkan pemilik bisnis dan tim operasional untuk mengakses informasi stok barang dan laporan dari mana saja dan kapan saja.

10. Fakturama

Fakturama adalah perangkat lunak sumber terbuka (open-source) yang dirancang untuk membantu bisnis dalam mengelola stok barang, faktur, dan proses keuangan secara efisien. Aplikasi ini cocok untuk berbagai jenis bisnis kecil dan menengah, terutama yang beroperasi di sektor perdagangan dan jasa.

Namun, ada beberapa pertimbangan yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan Fakturama. Sebagai aplikasi open-source, dukungan teknis mungkin tidak sekomprehensif seperti aplikasi berbayar dan bisa memerlukan pengetahuan teknis tertentu untuk pengaturan awal.

Kesimpulan 

Kemajuan teknologi pada saat ini, membuat semua pekerjaan yang dulu terkesan sulit kini menjadi lebih mudah, termasuk dalam mengelola stok barang. Hadirnya software inventory management dapat memudahkan dan mengoptimalkan perusahaan dalam mengelola stok barangnya. Saat ini, telah banyak penyedia software  di Indonesia sehingga perusahaan memiliki berbagai pilihan. 

Total ERP memiliki software stok barang dengan fitur yang lengkap dan merupakan software inventory terbaik yang ada di Indonesia. Software stok barang  yang dimiliki Total ERP merupakan solusi yang paling tepat untuk Anda pertimbangkan dalam mencari aplikasi stok barang. Selain itu, aplikasi ini dapat meningkatkan efisiensi, meningkatkan akurasi data persediaan, serta membantu perusahaan dalam membuat keputusan yang lebih baik terkait pengelolaan persediaan. Dapatkan demo gratis software-nya sekarang.

 

Vania

Vania

Pencarian

Berita Terbaru

lorem ipsum dolor

Berita Terpopuler

lorem ipsum dolor

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini

Customer Service

Customer Service
Balasan dalam 1 menit

Customer Service
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
6281222849188
×
Dapatkan Demo Gratis!