Icon EQUIP

Novita
Balasan dalam 1 menit

Novita
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
6281222849188
×

Novita

Active Now

Novita

Active Now

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

Cloud Inventory dan Keuntungannya Bagi Perusahaan

Picture of Marshana Vanina
Cloud inventory

Cloud inventory adalah sebuah sistem yang memanfaatkan teknologi computing yang dapat membantu perusahaan dalam mengoptimalkan stok barang sehingga tidak terjadi kekurangan atau kelebihan stok yang mengakibatkan kerugian.

Manajemen inventaris berbasis cloud juga dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya. Dengan menggunakan sistem inventory, perusahaan dapat mengurangi biaya pengelolaan inventaris yang biasanya melibatkan biaya perangkat keras, perangkat lunak, dan infrastruktur.

Daftar Isi

Pengertian Cloud Inventory

Cloud Inventory

Cloud inventory merupakan sistem pengelolaan inventaris yang menyimpan informasi inventaris pada server cloud (awan)  sehingga dapat di akses dari mana saja. Dalam sistem ini data inventaris dapat terakses oleh pengguna yang memiliki akses terhadap sistem, seperti manajer atau karyawan perusahaan.

Dengan menggunakan sistem, perusahaan dapat memantau persediaan barang secara real-time dari satu platform yang dapat diakses dari berbagai perangkat. Selain itu, sistem ini juga dapat membantu perusahaan mengidentifikasi dan mengatasi masalah yang mungkin terjadi dalam pengelolaan persediaan barang dengan lebih efisien dan cepat.

7 Keuntungan Menggunakan Cloud Inventory bagi Perusahaan

cloud inventory

Baca juga: Optimalkan Perusahaan dengan Inventory Management Software

Sebelum membahas mengenai keuntungan yang dapat perusahaan dapatkan, sangat penting untuk memahami keuntungan dari cloud inventory dan bagaimana sistem ini dapat membantu pengelolaan inventaris. 

1. Menyederhanakan rantai pasok

Dengan pengelolaan inventaris yang terpusat secara online, perusahaan dapat memantau inventaris secara real-time. Oleh karena itu hal ini dapat, mengurangi waktu untuk memantau stok barang secara manual. 

Cloud inventory juga dapat membantu perusahaan dalam mengidentifikasi, risiko kelebihan atau kekurangan stok sehingga perusahaan dapat lebih mudah dalam melakukan perencanaan persediaan dan pengadaan barang. Dengan begitu, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi dalam rantai pasok mereka sehingga dapat menghemat biaya dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

2. Mempermudah integrasi dengan sistem lain

Cloud inventaris dapat mempermudah integrasi dengan sistem lain, karena data inventaris tersimpan di cloud. Dengan menggunakannya berbagai sistem dan aplikasi bisnis dapat terhubung ke satu sumber data inventaris yang terpusat.

Selain itu, inventory control system juga dapat melakukan sinkronisasi data secara otomatis dengan sistem lain yang terhubung. Hal ini dapat mengurangi kesalahan manusia dan meningkatkan efisiensi proses integrasi. Sistem inventory dapat mempermudah proses integrasi Anda dengan sistem bisnis lain serta meningkatkan efisiensi proses bisnis secara keseluruhan.

3. Cloud Inventory memudahkan untuk memonitor secara menyeluruh

Dalam dunia bisnis modern yang kompleks, penggunaan inventory berbasis sistem menjadi semakin penting untuk membantu perusahaan mengelola kegiatan bisnis terkait persediaan barang. Software inventory tersebut dapat membantu mengoptimalkan proses bisnis dengan memberikan informasi secara real-time.

Selain itu, sistem manajemen inventory juga dapat membantu perusahaan memantau kinerja supplier dan mengelola hubungan dengan mereka. Secara keseluruhan, menggunakan inventory berbasis system dapat membantu meningkatkan efisiensi proses bisnis.

4. Cloud Inventory dapat memanajemen multi-gudang secara real-time

Manajemen multi-gudang secara real-time dengan inventory system memungkinkan perusahaan untuk mengelola persediaan barang yang tersebar pada gudang secara efisien. Dengan menggunakan sistem manajemen inventory, perusahaan dapat memperoleh visibilitas yang yang baik atas persediaan barang pada berbagai gudang secara real-time.

Pemanfaatan cloud inventory juga dapat membantu perusahaan mengambil keputusan lebih efisien dalam mengelola persediaan barang dan pengiriman barang. Sehingga meminimalkan kesalahan dalam proses pengambilan keputusan dan mengurangi risiko kerugian yang mungkin terjadi.

5. Aksesibilitas yang mudah

Menggunakan cloud inventory dapat memberikan aksesibilitas yang mudah bagi perusahaan dalam mengelola persediaan barang dan pengiriman barang.Dalam hal ini, perusahaan dapat menghindari kesalahan dalam pengiriman barang dan memastikan bahwa barang yang terjual selalu tersedia di gudang.

Dalam era bisnis modern yang semakin kompetitif, pengelolaan persediaan barang merupakan aspek penting yang sangat memengaruhi kelangsungan bisnis. Hal ini dikarenakan kemampuan untuk mengelola persediaan barang dengan efektif dan mengirimkan produk dengan cepat dan tepat waktu menjadi kunci kesuksesan dalam mencapai kepuasan pelanggan.

6. Efisiensi yang lebih tinggi

Menggunakan cloud inventory dapat memberikan efisiensi yang lebih tinggi bagi perusahaan dalam mengelola persediaan barang dan pengiriman barang. Secara keseluruhan, menggunakan manajemen inventory system dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan efisiensi operasional dan mengoptimalkan kinerja bisnis.

Hal ini sangat penting dalam bisnis modern yang membutuhkan kecepatan, akurasi, dan efisiensi dalam mengelola persediaan barang dan pengiriman barang.

7. Keamanan data yang terjamin

Keamanan data adalah hal penting dalam pengelolaan persediaan barang dan pengiriman barang. Dalam hal ini, menggunakan cloud inventory memberikan keamanan data yang terjamin dan dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan, seperti enkripsi data dan pengamanan akses. 

Data persediaan barang yang tersimpan pada cloud inventory akan dienkripsi secara otomatis sehingga tidak dapat diakses oleh pihak yang tidak berwenang. Oleh karena itu, perusahaan dapat memastikan bahwa data persediaan barang dan pengiriman barang tetap aman dan terlindungi dari serangan cybercrime.

Kesimpulan

Dalam bisnis modern yang kompleks, pengelolaan persediaan barang dan pengiriman barang menjadi hal yang sangat penting. Cloud inventory memberikan solusi yang dapat mempermudah integrasi dengan sistem lain, meningkatkan aksesibilitas, efisiensi, dan keamanan data. 

Dengan menggunakan Sistem manajemen inventory milik Total ERP, perusahaan dapat mengoptimalkan kinerja bisnis mereka dengan memperoleh wawasan yang lebih baik tentang persediaan barang dan permintaan pelanggan, serta mengurangi biaya persediaan barang. 

 

Picture of Marshana Vanina
Marshana Vanina

Pencarian

Artikel Lainnya

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini