Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

9 Fitur Utama dalam ERP System Finance

Picture of Marshana Vanina
ERP System Finance

Sistem ERP merupakan perangkat lunak modular yang didesain untuk mengintegrasikan seluruh proses bisnis perusahaan dalam satu sistem. Sistem ini berjalan pada database terpusat, dan modul ERP system finance memungkinkan berbagi data dengan fungsi bisnis inti lainnya seperti manajemen inventaris, perencanaan produksi, pembelian, dan manajemen hubungan pelanggan (CRM).

Perangkat lunak finance ERP memungkinkan pengguna, terutama para akuntan, untuk mengatur sistem dengan akurat agar semua pencatatan transaksi tepat dan peloparannya juga secara otomatis. Oleh karena itu, departemen keuangan dan akuntansi banyak menggunakan perangkat lunak akuntansi ERP. Para pengguna sistem ini dapat terdiri dari akuntan atau manajer.

1. Pelacakan Keuntungan dengan ERP System Finance 

Fungsi utama dari  sistem ERP finance adalah melakukan pelacakan laba atau keuntungan. Dengan melacak laba atau keuntungan, akan membantu memberikan pandangan sekilas tentang kesehatan keuangan bisnis Anda secara keseluruhan dan pemanfaatan sumber daya keuangan perusahaan Anda. 

Selain itu, ERP system finance juga dapat membantu perusahaan melacak pengeluaran. Kemampuan ini melibatkan evaluasi pusat biaya individu, melihat pengadaan, dan mengevaluasi bagaimana bisnis membelanjakan uang sehingga, hasil yang diinginkan dari sistem ini adalah membuat perubahan yang akan meningkatkan keuntungan bagi bisnis Anda. 

2. Manajemen Buku Besar

Manajemen buku besar merupakan salah satu fungsi dasar dari ERP system finance. Fungsi ini menyediakan catatan lengkap dari semua transaksi keuangan perusahaan melalui buku besar umum. Selain itu, buku besar terintegrasi dengan semua modul lain dalam sistem ERP, seperti manajemen inventaris atau CRM.

Dengan semua data keuangan perusahaan tersimpan dalam satu sistem, melakukan pembayaran pajak dan pengelolaan pengeluaran perusahaan lebih mudah. Dalam ERP system finance, pengguna dapat dengan cepat melacak transaksi keuangan yang mencurigakan dan berpotensi merugikan keuangan perusahaan secara otomatis.

3. ERP System Finance Mempermudah Pencatatan Utang Usaha 

ERP system finance memudahkan perusahaan dalam melakukan pembayaran utang kepada vendor dan kreditur lainnya. Fitur utang dalam sistem mengintegrasikan data pengeluaran perusahaan dengan sistem pembelian sehingga pengendalian arus kas perusahaan bisa sesuai keinginan. Otomatisasi pengelolaan utang perusahaan akan menghemat biaya dan waktu kerja serta menghindari kesalahan manusia. Sistem dapat dengan cepat memproses faktur besar dan transaksi keuangan antara perusahaan dan vendor.

Dengan menggunakan software ERP finance, melakukan pencatatan utang usaha  secara otomatis dan terintegrasi dengan modul-modul lainnya dalam sistem. Hal ini memungkinkan para pengguna sistem untuk mengakses informasi yang diperlukan dengan mudah dan cepat. Selain itu, sistem ini juga dapat membantu dalam mengoptimalkan pengelolaan utang usaha, seperti pemantauan jatuh tempo, pengaturan cicilan, dan pengendalian risiko kredit.

Oleh karena itu, ERP System Finance dapat mempermudah dan mempercepat proses pencatatan utang usaha dan membantu pengelolaan keuangan perusahaan secara keseluruhan. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan sistem ERP finance tidak sepenuhnya menghilangkan kebutuhan akan pengawasan dan pengendalian yang ketat terhadap utang usaha.

4. Piutang Usaha

Fitur piutang pada sistem keuangan ERP memungkinkan bisnis untuk mengelola seluruh dana pelanggan yang berutang pada perusahaan. Fungsi ini melacak pembayaran pelanggan, mengelola faktur dan uang tunai.

Otomatisasi piutang dapat mempercepat seluruh proses pengumpulan dan meningkatkan hubungan dengan pelanggan karena kemudahan dalam pembayaran membuat pelanggan lebih mudah untuk mengakses perusahaan. Sehingga, transaksi yang mudah dapat menghasilkan pelanggan yang senang dan kembali datang.

5. Manajemen Aset Tetap

Dengan menggunakan ERP system finance Anda dapat melacak dan mengelola semua aset berwujud perusahaan Anda, seperti peralatan manufaktur, komputer, mobil perusahaan, dan ruang kantor. Hal ini akan memperhitungkan perhitungan penyusutan, persyaratan kepatuhan, dan implikasi pajak. 

Salah satu cara untuk memudahkan manajemen aset tetap adalah dengan menggunakan sistem finance. Sistem ini dapat membantu perusahaan dalam melakukan pencatatan aset tetap dengan lebih mudah dan terstruktur. Selain itu, informasi aset tetap dapat disimpan secara terpusat dalam sistem. Sehingga pengguna sistem dapat dengan mudah mengakses informasi mengenai jumlah, nilai, dan lokasi aset tetap.

Selain itu, sistem finance juga dapat membantu dalam mengoptimalkan pengelolaan aset tetap, seperti pemantauan umur aset, pemeliharaan, dan perawatan. Dengan sistem finance, perusahaan dapat mengatur jadwal pemeliharaan dan perawatan aset tetap dengan lebih efektif, sehingga aset tetap dapat beroperasi dengan maksimal dan umur pemakaian dapat diperpanjang.

6. Manajemen Risiko

Manajemen risiko adalah suatu hal yang sangat penting dalam pengelolaan keuangan perusahaan. Risiko dapat berasal dari berbagai faktor, seperti perubahan pasar, kebijakan pemerintah, atau kegagalan operasional. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk memiliki sistem manajemen risiko yang efektif.

Bisnis yang besar adalah bisnis yang memahami manajemen risiko. Dengan manajemen risiko, para pemimpin perusahaan ingin mengetahui bahwa bisnis atau perusahaan mereka terlindungi. Manajemen risiko yang baik dapat memprediksi, menganalisis, dan mengelola krisis perusahaan.

7. ERP System Finance Membantu Melakukan Pelaporan

Analytics memberikan akses real-time data keuangan perusahaan, yang mana sangat penting untuk menjaga keuangan Anda. Visibilitas membantu Anda membuat rencana dan keputusan berbasis data terkait keuangan perusahaan Anda. Pada tingkat dasar, pelaporan dan analisa akan menunjukkan kepada Anda di mana Anda menghasilkan pendapatan. 

Sistem finance dapat membantu perusahaan dalam melakukan pelaporan keuangan yang lebih efektif dan efisien. Pelaporan keuangan adalah suatu hal yang penting dalam pengelolaan keuangan perusahaan, karena informasi keuangan yang akurat dan transparan dapat membantu para pemangku kepentingan dalam mengambil keputusan yang tepat.

8. Multi-Currency Management

Multi-Currency Management (MCM) adalah fitur dalam sistem keuangan yang memungkinkan perusahaan untuk mengelola dan melacak transaksi keuangan dalam mata uang yang berbeda. Dalam lingkungan bisnis global, MCM sangat penting karena perusahaan sering melakukan transaksi dalam berbagai mata uang.

Jika Anda memiliki klien global, kemampuan untuk mengelola banyak mata uang sangatlah penting. Manajemen multi-mata uang mengotomatiskan proses pembelian dan penjualan dalam mata uang asing. Kemampuan konversi mata uang memungkinkan Anda menyelesaikan transaksi dalam berbagai mata uang.

9. ERP System Finance Memudahkan Manajemen Pajak

Manajemen pajak adalah suatu hal yang sangat penting dalam pengelolaan keuangan perusahaan. Perusahaan harus mematuhi peraturan perpajakan yang berlaku dan memastikan bahwa pajak yang dibayarkan tepat waktu dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Dengan menggunakan ERP system finance, memudahkan Anda dalam manajemen pajak sehingga dapat menjadi solusi dalam menyimpan pengaturan perpajakan sistem dan menyediakan fungsi pemeriksaan pajak dan pelaporan pajak. Selain itu, dengan ERP system finance dapat memberikan Anda pengumpulan pajak penjualan dan PPN yang konsisten.

Kesimpulan

ERP system finance memungkinkan akuntan untuk mengkonfigurasi sistem secara akurat sehingga semua transaksi dapat dicatat dengan benar dan dilaporkan secara otomatis. Sistem ini membantu mempercepat proses keuangan perusahaan, serta menawarkan manajemen pendapatan dan pengeluaran yang dapat diaudit. Selain itu, juga dapat mengotomatiskan tugas-tugas rutin untuk meningkatkan produktivitas perusahaan.

Salah satu rekomendasi software yang bisa membantu Anda dalam hal ini adalah Software ERP Finance dari Total ERP. Software Total ERP merupakan solusi bisnis yang dapat menyesuaikan dan mengintegrasikan seluruh kebutuhan operasional perusahaan Anda. Dapatkan kesederhanaan dalam mengelola mulai dari pembuatan laporan keuangan dan pembukuan, manajemen sumber daya manusia, pengelolaan stok barang dan gudang, hingga CRM untuk mendorong penjualan dan kepuasan pelanggan. Coba demo gratis sekarang!

 

Picture of Marshana Vanina

Marshana Vanina

Pencarian

Berita Terbaru

lorem ipsum dolor

Berita Terpopuler

lorem ipsum dolor

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini

Customer Service

Novita
Balasan dalam 1 menit

Novita
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
6281222849188
×
Dapatkan Demo Gratis!