Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

Review 20 Software ERP Terbaik di Indonesia Tahun 2023

Anatha Ginting
Review & Rekomendasi program aplikasi ERP

Menavigasi dunia bisnis di era digital ini bisa menjadi tantangan yang cukup kompleks. Setiap bisnis besar maupun kecil, berupaya untuk meningkatkan efisiensi operasional dan produktivitas mereka. Dalam rangka mencapai hal tersebut, teknologi telah membuka banyak pintu, salah satunya adalah melalui penggunaan program ERP (Enterprise Resource Planning). ERP adalah aplikasi perencanaan sumber daya perusahaan terpadu yang digunakan oleh perusahaan untuk mengintegrasikan seluruh sumber daya dan mengautomasi proses bisnis. Program aplikasi ERP mengintegrasikan berbagai aspek operasional bisnis, mulai dari perencanaan produksi, pengelolaan inventaris, hingga analisis data keuangan, semua dalam satu platform yang mudah diakses dan dipahami.

Software ERP yang mumpuni menawarkan solusi terintegrasi yang merespon kebutuhan bisnis modern dan mampu memaksimalkan efisiensi operasional. Di tengah dinamika era digital, pada akhirnya, keberadaan sistem manajemen bisnis otomatis yang inovatif menjadi kunci utama dalam meningkatkan efisiensi semua elemen bisnis.  Memilih software Enterprise Resource Planning yang tepat bisa menjadi tantangan tersendiri, mengingat banyaknya pilihan yang tersedia di pasaran, khususnya di Indonesia. Oleh karena itu, kami hadir untuk memudahkan Anda. Kami telah mengumpulkan informasi terperinci tentang 20 rekomendasi software ERP terbaik yang tersedia di Indonesia. Oleh karena itu, artikel ini bertujuan khusus untuk Anda, para pebisnis, dengan bahasa yang mudah dipahami dan informatif, untuk membantu membuat keputusan yang tepat dalam memilih software ERP yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. 

Rekomendasi 20 Provider Program Aplikasi ERP & Keunggulannya

Berikut ini adalah panduan komprehensif kami yang mengulas 20 penyedia perangkat lunak ERP terbaik di Indonesia di tahun ini. Dalam dunia bisnis yang dinamis dan penuh persaingan, memiliki perangkat lunak ERP yang dapat diandalkan menjadi hal yang krusial. Daftar ini akan membantu Anda untuk mengidentifikasi pilihan terbaik dari berbagai perusahaan ERP di Indonesia yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

1. Total ERP

software program aplikasi ERP Total
Total ERP

Total ERP adalah sebuah software ERP yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan perangkat lunak Indonesia. Software ini menawarkan modul bisnis yang lengkap, termasuk manajemen keuangan, persediaan, produksi, proyek, dan sumber daya manusia.

Keunggulan Total ERP terletak pada kemudahan implementasinya yang cepat, serta kemampuan integrasinya dengan berbagai aplikasi lain. Software ini juga dilengkapi dengan fitur analitik dan pelaporan yang canggih, memungkinkan perusahaan untuk mengambil keputusan berdasarkan data yang akurat dan real-time.

Total ERP juga memiliki keunggulan dalam pemahaman dan pemenuhan kebutuhan unik serta regulasi bisnis di Indonesia. Ini disebabkan oleh pengalaman perusahaan dalam pasar Indonesia, yang mungkin tidak diperhatikan dengan baik oleh software ERP internasional. Selain itu, software ini menawarkan dukungan teknis dan layanan pelanggan yang lebih lokal dan mudah dijangkau, memberikan kemudahan bagi pelanggan di Indonesia untuk berinteraksi dengan penyedia software dan mendapatkan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda.

Beberapa modul yang disediakan oleh Total ERP adalah:

       a. Akuntansi

Software akuntansi yang Total kembangkan berguna untuk mengoptimalkan manajemen keuangan dalam perusahaan, menangani berbagai jenis aktivitas keuangan dengan akurasi yang sangat baik. Beroperasi dalam waktu nyata, sistem ini memaksimalkan potensi profit bisnis Anda. Solusi akuntansi dari Total dapat memfasilitasi berbagai proses termasuk pencatatan transaksi finansial, pembuatan anggaran, kalkulasi penyusutan aset, otomatisasi proses rekonsiliasi bank, pengecekan faktur, pembuatan laporan keuangan, dan perhitungan estimasi arus kas.

       b. Manajemen inventaris

Sebagai solusi yang sepenuhnya otomatis, software ini memudahkan proses pengelolaan stok bagi bisnis di berbagai industri, memungkinkan Anda untuk memusatkan perhatian pada pertumbuhan dan pengembangan bisnis. Anda dapat meningkatkan efisiensi dalam pelacakan inventaris secara real-time, manajemen pesanan dan gudang, dan mengatasi slow moving good.

       c. Purchasing

Sistem purchasing berfungsi untuk membantu tim pengadaan dalam menjalankan proses pengadaan, mulai dari tahap pemilihan pemasok sampai pada tahap penerimaan barang. Beberapa fitur utama meliputi Request for Quotation (RFQ) untuk mengajukan penawaran kepada vendor, Purchase Order Management untuk mengelola dan melacak pesanan pembelian, dan Supplier Management untuk mengelola informasi dan performa vendor. Dengan kombinasi fitur ini, software purchasing membantu perusahaan mendapatkan produk berkualitas terbaik dengan harga yang optimal.

       d. Modul lainnya

Selain beberapa modul yang disebutkan sebelumnya, Total ERP software juga memiliki berbagai modul lain yang dapat membantu mengefisiensikan operasional bisnis Anda, seperti manajemen konstruksi, proyek, CRM, POS, dan lainnya.

2. HashMicro

software aplikasi program ERP hashmicro

Berbasis di Singapura, HashMicro telah menjadi pilihan bagi ribuan bisnis dari berbagai negara dan berbagai industri. Sebagai contoh aplikasi ERP di perusahaan, HashMicro menawarkan sejumlah fitur unggulan yang memudahkan pengguna. Salah satunya adalah kemampuan untuk menambahkan pengguna tanpa batas secara gratis, yang memungkinkan bisnis Anda untuk berkembang tanpa batasan jumlah pengguna. Selain itu, platform ini berbasis web dan aplikasi mobile, sehingga bisa diakses melalui berbagai perangkat seperti komputer, smartphone, dan tablet, serta telah terintegrasi dengan Whatsapp.

Tampilan yang sederhana dan fitur-fitur lengkapnya memudahkan penggunaan oleh para pengguna. Kemudian, sistemnya dapat dikustomisasi secara detail sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan dapat diintegrasikan dengan sistem lain yang Anda miliki. Keberhasilan mereka sebagai salah satu penyedia ERP terkemuka di Asia Tenggara terbukti oleh lebih dari 1750 klien mereka, yang termasuk nama-nama besar seperti Astra Group, Bank Mega, Abbott, dan Coffee Bean. Selain untuk mengotomatiskan berbagai operasional bisnis, aplikasi ERP HashMicro juga dapat dimanfaatkan oleh pengusaha untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi waktu. 

3. Koneksi

Koneksi adalah software Enterprise Resource Planning yang memfasilitasi integrasi dan efisiensi dalam proses bisnis perusahaan. Dengan fitur dan modul bisnis yang lengkap, Koneksi membantu meningkatkan efisiensi operasional dan daya saing perusahaan di pasar yang kompetitif. Koneksi merupakan contoh aplikasi ERP Indonesia yang menawarkan layanan dan produk unggulan untuk beragam sektor industri pada segala ukuran bisnis – mulai dari usaha mikro, kecil, dan menengah hingga korporasi berskala besar.

Beberapa kelebihan dari software ini adalah integrasi yang kuat antara modul bisnis memungkinkan perusahaan untuk mengelola dan melacak informasi bisnis dengan lebih efisien. Selain itu, Koneksi menyediakan fitur analitik canggih yang membantu perusahaan mendapatkan wawasan mendalam tentang kinerja bisnis mereka. Fitur ini memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih baik dan strategi yang lebih terinformasi.

4. Software ERP SAP Business One

Dengan SAP Business One, perusahaan dapat mengelola operasi bisnis secara efisien, meningkatkan produktivitas, dan mengambil keputusan berdasarkan data yang akurat. Solusi ini menawarkan sebuah sistem manajemen bisnis yang komprehensif, mencakup pengelolaan finansial, pemasaran, penjualan, pembelian, inventaris, produksi, pengiriman, serta manajemen sumber daya manusia. Selain itu, SAP Business One memiliki kemampuan untuk diintegrasikan dengan aplikasi lain, termasuk sistem e-commerce, dan juga menyediakan aplikasi mobile.

Software yang juga terkenal sebagai SAP B1 ini memiliki harga yang terbilang cukup tinggi, yaitu 1M untuk fitur bawaannya dan belum termasuk biaya untuk setiap user yang harus Anda bayar per tahunnya. Selain itu apabila perusahaan Anda membutuhkan kustomisasi karena sistem SAP tidak bisa mengakomodir kebutuhan bisnis Anda, terdapat biaya tambahan lainnya.

5. Software ERP SAP EWM

SAP Extended Warehouse Management (SAP EWM) adalah perangkat lunak ERP yang mengkhususkan diri dalam mengoptimalkan pengelolaan gudang dan rantai pasokan. Sebagai bagian dari portofolio SAP, SAP EWM menyajikan solusi lengkap untuk mengatur proses penerimaan, penyimpanan, pengambilan, dan pengiriman barang di dalam gudang. Dengan fitur-fitur canggih seperti pengaturan persediaan yang akurat, manajemen inventaris real-time, pengaturan pengiriman yang efisien, dan pemantauan kinerja gudang, SAP EWM memungkinkan perusahaan meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi kesalahan, serta meningkatkan tingkat layanan pelanggan. 

Dengan kemampuan integrasi yang kuat dengan sistem ERP lainnya, SAP EWM membantu menyelaraskan aktivitas gudang dengan keseluruhan proses bisnis, menciptakan aliran informasi yang lancar dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya. Di era persaingan yang ketat dan harapan pelanggan yang tinggi, SAP EWM menjadi solusi unggul yang memampukan perusahaan mencapai efisiensi operasional dan keunggulan kompetitif dalam pengelolaan gudang dan rantai pasokan.

6. Brightpearl

Brightpearl adalah sistem ERP berbasis cloud untuk toko dan grosir. Tujuan dari sistem ini adalah untuk mengotomatiskan back office sehingga penjual dapat menggunakan waktu dan uang mereka untuk mengembangkan bisnis mereka. Perusahaan ini menawarkan sistem back-office yang lengkap, meliputi manajemen keuangan, inventaris dan manajemen pesanan penjualan, manajemen pembelian dan pemasok, CRM, gudang dan logistik. 

Terdapat pilihan paket harga yang fleksibel sesuai dengan kebutuhan dan anggaran bisnis Anda, baik itu bisnis kecil maupun besar. Selain itu, Brightpearl juga menyediakan uji coba gratis yang sangat berguna untuk Anda bisa mengenal lebih dekat dengan fitur-fitur dan kemampuan aplikasi ini. Dengan uji coba gratis ini, Anda juga dapat dengan mudah menentukan apakah perangkat lunak ini sesuai dengan kebutuhan organisasi Anda dan dapat meningkatkan produktivitas karyawan Anda.

7. ERPNext

program erp next

 

 

Frappe Technologies Pvt. Ltd., perusahaan perangkat lunak yang berbasis di India, menciptakan ERPNext, sebuah perangkat lunak Enterprise Resource Planning (ERP) terpadu yang gratis dan bersifat open-source. ERPNext adalah sistem perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) yang mencakup modul untuk mengelola keuangan, proyek, karyawan, dan stok. Program ERP tersedia dalam bentuk in-cloud maupun on-premise. 

ERPNext memiliki beberapa kekurangan yang sulit untuk terabai. Keberhasilan sistem ini bergantung pada akurasi informasi yang masuk oleh para pengguna yang berbeda. Sifat open-source dari perangkat lunak ini membuatnya rentan untuk terpakai, karena lapisan keamanannya tidak sama kuat dengan solusi komersial. Keamanan merupakan aspek penting dalam sistem ERP, terutama ketika melibatkan data sensitif perusahaan. Oleh karena itu, perlu melakukan evaluasi dan pengaturan keamanan yang tepat untuk melindungi data perusahaan dengan baik.

8. Ecount ERP

Sejak tahun 1999, Ecount Inc. telah menyediakan salah satu solusi ERP berbasis cloud paling fleksibel dan terjangkau di pasaran. Ecount ERP menyediakan solusi untuk pengelolaan stok, pesanan, gudang, karyawan, dan keuangan yang lebih baik bagi pemilik bisnis dan manajer. Akses ke data real-time dari lokasi manapun kini menjadi mungkin bagi eksekutif dan pengambil keputusan berkat modul terhubung dan portal pemesanan.

Berbagai sektor seperti manufaktur, distribusi, layanan, grosir, konstruksi, dan lainnya dapat memanfaatkan fitur-fitur standar yang tersedia oleh Ecount ERP. Ecount ERP adalah solusi ERP terpadu berbasis cloud dengan harga hanya $55 USD per bulan, sangat cocok untuk pemilik bisnis kecil yang ingin menyederhanakan operasional mereka. Training penggunaan software oleh karyawan dan dukungan bantuan semuanya termasuk dalam langganan Anda tanpa biaya tambahan.

9. Odoo

Odoo adalah sebuah sistem ERP yang terintegrasi dan terbuka untuk perusahaan dari berbagai ukuran dan jenis bisnis. Perangkat lunak ini menawarkan berbagai fitur  manajemen bisnis seperti keuangan, persediaan, produksi, penjualan, CRM, proyek, hingga Human Resource. Perangkat lunak ERP dari Odoo memungkinkan perusahaan untuk mengakses informasi bisnis secara real-time. Dengan demikian, Odoo dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan daya saing bisnis mereka secara keseluruhan.

Pada sisi lainnya, Odoo juga memiliki kekurangan dalam kompleksitas dan membutuhkan waktu yang cukup untuk mempelajarinya sepenuhnya, terutama dalam hal implementasi dan pelatihan karyawan. Selain itu, ada kemungkinan bahwa fitur yang perusahaan inginkan tidak tersedia dalam paket standar Odoo, sehingga perlu melakukan pengembangan atau penambahan modul yang dapat menimbulkan biaya tambahan. 

10. Zoho ERP Custom

Zoho ERP Custom merupakan bagian dari suite perangkat lunak Zoho yang menyediakan solusi ERP yang dapat tersesuaikan secara khusus dengan kebutuhan bisnis Anda. Dengan Zoho ERP Custom, Anda dapat mengatur dan mengelola berbagai aspek operasional bisnis, termasuk keuangan, persediaan, produksi, penjualan, pembelian, sumber daya manusia, dan banyak lagi. 

Selain itu, Zoho ERP Custom memiliki antarmuka yang intuitif dan mudah terpakai, sehingga memungkinkan penggunaan yang lebih lancar dan meningkatkan produktivitas pengguna. Platform ini juga dapat terakses secara cloud , sehingga memungkinkan akses yang mudah dan aman ke data dan aplikasi dari mana saja dan kapan saja.

11. SystemEver software ERP

program erp systemever

 

SystemEver merupakan perangkat lunak ERP yang menggabungkan proses operasional dan administrasi untuk mendukung pengambilan keputusan oleh manajemen puncak. Karya dari Younglimwon Soft Lab Co., Ltd Korea, SystemEver adalah perangkat lunak Cloud Computing (Software as a Service/SaaS) yang memanfaatkan teknologi terbaru. Dalam model Cloud Computing, pengguna tidak perlu khawatir tentang masalah perangkat keras/server, keamanan data, atau ancaman virus, sehingga dapat fokus pada penggunaan perangkat lunak tanpa repot dengan infrastruktur teknis di baliknya.

Dengan fitur-fitur yang canggih dan teknologi terbaru, SystemEver ERP merupakan solusi yang komprehensif dan efisien untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasional perusahaan, serta memberikan dukungan yang kuat dalam pengambilan keputusan manajemen.

12. Compiere software ERP

ERP ini adalah sebuah perangkat lunak Enterprise Resource Planning (ERP) yang terkenal dan terpercaya secara luas dalam berbagai industri. Compiere Inc., merancang software  ini untuk membantu perusahaan dalam mengelola dan mengintegrasikan berbagai proses bisnis mereka.

Salah satu keunggulan Compiere ERP adalah fleksibilitasnya. Perangkat lunak ini dapat sesuai dengan kebutuhan khusus perusahaan, baik dalam hal modul yang terpakai maupun dalam pengaturan proses bisnis. Ini memungkinkan perusahaan untuk mengadopsi Compiere ERP dengan lebih mudah dan menjalankan operasi mereka sesuai dengan kebutuhan unik mereka. Kekurangan dari Aptean Compiere ERP adalah tidak adanya fitur pelacakan inventaris secara langsung seperti pada alternatif terbaiknya. Platform ini juga memiliki antarmuka pengguna yang kurang ramah dan sulit untuk disesuaikan, bahkan bagi para developer. 

Anda perlu mengingat bahwa kelebihan dan kekurangan tersebut dapat bervariasi tergantung pada kebutuhan dan kondisi bisnis masing-masing perusahaan. Sebelum mengadopsi Sage, penting untuk mengevaluasi kesesuaian software ini dengan skala dan kebutuhan operasional bisnis Anda.

13. Sage

Sage adalah perusahaan perangkat lunak terkemuka yang menyediakan berbagai solusi bisnis, termasuk perangkat lunak ERP. Hal ini bertujuan untuk mendukung proses bisnis perusahaan kecil dan menengah secara global. Salah satu fitur unggulan dari Sage Intacct adalah skalabilitasnya. Software ini bertujuan untuk tumbuh seiring dengan perkembangan bisnis Anda.

Solusi ini mendukung dan membantu proses bisnis inti seperti manufaktur, layanan pelanggan, BI, pengelolaan vendor, penjualan & pemasaran, operasi, dan banyak lagi. Software Sage memiliki beberapa kelebihan yang signifikan. Pertama, sebagai platform berbasis cloud, tidak ada kebutuhan untuk mengunduh atau menginstal software. Sage juga menawarkan uji coba gratis sebelum membeli. Fitur pelaporan yang mendalam dan kuat, termasuk laporan keuangan bulanan, triwulanan, dan tahunan, serta laporan perbandingan antara periode waktu. Ada juga kemampuan pelaporan stok yang kuat dan opsi kustomisasi yang fleksibel 

Kekurangan penggunaan Sage adalah proses pengaturan yang sulit dan memakan waktu, sehingga setiap bisnis perlu mencari tim expert untuk memaksimalkan penggunaan program ERP. Selain itu, menggunakan Sage tidaklah mudah, sehingga staf perlu pelatihan khusus untuk menguasai sistem ini, terutama bagi pengguna yang bukan akuntan. Banyak fitur dalam Sage yang terlalu rumit dan dapat membingungkan. Halaman utama dapat menjadi berantakan jika tidak sesuia, membuat sistem terlihat rumit. 

14. WorkWise

WorkWise ERP adalah sistem perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) berbasis cloud yang  WorkWise Software dari Aptean kembangkan. Sistem ini menyediakan paket aplikasi yang membantu perusahaan industri berjalan lebih lancar dan efisien. WorkWise ERP adalah sistem perencanaan sumber daya perusahaan yang khusus untuk produsen dan menyediakan data real-time dan proaktif sebagai dasar pengambilan keputusan dalam proses produksi dan operasi bisnis lainnya.

Beberapa sektor utama yang  sistem ini layani meliputi kendaraan industri, peralatan industri, peralatan pertanian, fabrikasi logam, peralatan makanan dan minuman, produksi elektronik, dan peralatan medis. Penggunaan aplikasi perangkat lunak ini memungkinkan pengguna untuk meningkatkan efisiensi dengan menyelesaikan pekerjaan mereka dalam waktu yang lebih singkat dengan akurasi yang lebih baik.

15. Oracle Netsuite

Perangkat lunak ERP Oracle terintegrasi dan bertujuan untuk membantu perusahaan mengelola berbagai aspek bisnis. Seperti keuangan, persediaan, produksi, penjualan, manajemen proyek, dan layanan pelanggan dalam satu platform. Selain itu, aplikasi ERP ini juga memungkinkan perusahaan untuk mengakses data bisnis secara online dengan berbagai aplikasi bisnis lainnya, memungkinkan perusahaan berkembang lebih efisien. NetSuite memungkinkan perusahaan menggabungkan semua sistem yang terpisah menjadi satu platform terpusat.

NetSuite ERP memiliki waktu implementasi yang relatif cepat. Selain itu sistem ini juga yang ramah pengguna dan desain intuitif juga memudahkan pengguna untuk beradaptasi dengan cepat. Kelebihan lainnya adalah aksesibilitasnya yang dapat terakses dari mana saja. Dengan menggunakan basis cloud, NetSuite ERP memungkinkan bisnis untuk mengakses data mereka dari berbagai lokasi di seluruh dunia, memberikan fleksibilitas dalam mengelola operasi secara efisien dari mana saja.

Tapi, ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Pertama, NetSuite ERP termasuk dalam kategori software yang mahal dengan biaya yang bervariasi, sehingga membutuhkan investasi yang signifikan. Selain itu, proses aktivasi NetSuite ERP membutuhkan waktu yang lama dan melibatkan kerja intensif dari pengguna. Lalu, dalam hal integrasi dan keterhubungan data, NetSuite mungkin menghadapi beberapa tantangan dalam mengimpor data dari sistem lain, serta keterbatasan dalam sistem CRM yang tidak begitu kuat.

16. SAP S/4 HANA ERP System

SAP S/4 HANA adalah kependekan dari SAP Business Suite 4 SAP HANA, terancang untuk mengintegrasikan berbagai fungsi bisnis seperti manajemen keuangan, manajemen persediaan, produksi, sumber daya manusia, dan lain-lain ke dalam satu platform terpadu. Platform ini juga memungkinkan pengembangan aplikasi terbaru untuk memberikan solusi cerdas bagi perusahaan dengan cepat.

Dengan sifatnya yang fleksibel, SAP HANA bisa sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang berubah. Solusi tersebut juga memungkinkan integrasi dengan aplikasi pihak ketiga dan sistem legacy yang sudah ada secara mudah. Namun, penting untuk dicatat bahwa implementasi dan penggunaan SAP HANA ERP System membutuhkan pengetahuan teknis yang mendalam dan sumber daya yang cukup, sehingga penggunaan jasa konsultan SAP atau ahli dalam bidang ini mungkin diperlukan. Selain itu, biaya implementasi dan lisensi SAP HANA ERP System juga dapat menjadi faktor yang signifikan dalam pengambilan keputusan bisnis.

17. Epicor software ERP

aplikasi ERP epicor

Epicor ERP merupakan sebuah solusi terintegrasi yang bertujuan untuk membantu perusahaan dalam mengelola berbagai aspek bisnis mereka, seperti keuangan, produksi, manajemen inventaris, penjualan, dan layanan pelanggan. Software ini memungkinkan perusahaan untuk mengakses data bisnis secara online dan terhubung dengan berbagai aplikasi bisnis lainnya. Epicor ERP juga menyediakan berbagai fitur manajemen bisnis. Oleh karena itu, Epicor dapat membantu perusahaan untuk terus berkembang dan bersaing di pasar yang semakin kompetitif.       

Epicor memiliki solusi menyeluruh yang meliputi berbagai aspek bisnis seperti keuangan, persediaan, produksi, penjualan, manajemen proyek, dan layanan pelanggan. Kelebihan lainnya adalah tersedianya dokumentasi dan pelatihan yang luas, memudahkan pengguna dalam memahami dan mengoptimalkan penggunaan software ini. Namun, ada juga beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Pertama, flowchart proses tidak terstandarisasi, yang dapat mempersulit pemahaman mengenai alur kerja di dalam sistem. Selain itu, Epicor ERP mungkin terlalu kompleks bagi perusahaan skala kecil hingga menengah (SMEs), sehingga dapat menimbulkan tantangan dalam implementasinya.

18. Workday

Workday ERP merupakan solusi berbasis cloud ini menyatukan fungsi-fungsi penting dalam satu platform terpadu, memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan operasional dan pengambilan keputusan yang lebih baik. Kelebihan Workday ERP meliputi antarmuka pengguna yang ramah dan intuitif, analitik yang kuat untuk wawasan bisnis mendalam, serta kecepatan dan skalabilitas yang tinggi. Namun, implementasi yang kompleks dan waktu yang lama, serta biaya implementasi dan lisensi yang signifikan, perlu dipertimbangkan sebelum mengadopsi Workday ERP.

19. Deskera software ERP

Deskera adalah penyedia perangkat yang mencakup fitur-fitur seperti akuntansi, manajemen keuangan, manajemen persediaan, penjualan, pembelian, manajemen proyek, dan lain-lain. Mereka juga menawarkan integrasi dengan marketplace dan layanan pesan seperti WhatsApp. Salah satu kelebihan utama Deskera adalah fleksibilitasnya, sehingga sesuai dengan kebutuhan spesifik dari berbagai jenis industri dan bisnis. 

Dalam hal harga, Deskera menawarkan opsi yang terjangkau, membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk perusahaan kecil dan menengah. Namun, beberapa pengguna melaporkan bahwa dukungan pelanggan Deskera dapat menjadi kurang responsif dan ada kebutuhan untuk perbaikan dalam hal antarmuka pengguna yang dapat membingungkan.

20. Infor softwareERP

Infor Enterprise, sebuah solusi perangkat lunak ERP yang terancang untuk cloud pada berbagai industri. Baik dalam industri manufaktur, distribusi perawatan kesehatan, atau ritel, Infor Enterprise menyediakan solusi ERP end-to-end yang terintegrasi dengan teknologi AI. Software ini juga dapat memberikan pengalaman pengguna yang unggul, analitik yang mendalam, dan proses bisnis yang sesuai dengan kebutuhan berbagai industri.

Software ERP dari Infor memberikan solusi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis spesifik perusahaan, serta mendukung pertumbuhan dan juga perkembangan jangka panjang. Infor adalah solusi ERP berbasis cloud yang mengintegrasikan berbagai fungsi bisnis seperti manajemen persediaan, keuangan, produksi, penjualan, dan banyak lagi.

Apa Sebenarnya Software ERP itu?

erp indonesia

Enterprise Resource Planning (ERP) adalah sistem manajemen bisnis yang perusahaan gunakan untuk memfasilitasi pertukaran data antar berbagai prosedur operasional. Tujuan utama dari software ini adalah memastikan integritas data dengan menggabungkan data transaksi dari berbagai sumber di dalam organisasi. Saat ini, ribuan perusahaan di berbagai sektor sangat mengandalkan sistem ERP untuk menjalankan operasional bisnis mereka. Apa saja kemampuan yang ditawarkan oleh program ERP?

Terdapat dua contoh software ERP, yaitu yang dapat dijalankan di lokasi server internal (ERP on-premise) dan berbasis awan (cloud). Sistem Cloud ERP bekerja dengan kombinasi teknologi yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi. Cloud ERP selalu online dan pembaruan keamanan ditangani oleh vendor ERP. Tak peduli apapun jenisnya, alur kerja dan informasi yang berguna di seluruh organisasi dapat diakses dengan mudah dari satu lokasi berkat teknologi yang terhubung dengan adanya program ERP

Karakteristik Software ERP

Software ERP Indonesia memiliki beberapa karakteristik utama yang membedakannya dari jenis perangkat lunak bisnis lainnya. Berikut adalah beberapa karakteristik utama dari software ERP: 

a. Integrasi 

Software ERP mengintegrasikan berbagai fungsi dan departemen dalam sebuah organisasi, seperti manajemen keuangan, manufaktur, rantai pasokan, sumber daya manusia, penjualan, dan lain-lain. Integrasi ini memungkinkan data dan informasi yang sama dapat terakses oleh berbagai departemen secara real-time.

b. Modul-fungsionalitas

Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) terdiri dari berbagai modul yang mencakup fungsi-fungsi bisnis yang berbeda. Modul-modul ini dapat mencakup keuangan, akuntansi, manufaktur, persediaan, logistik, penjualan, pemasaran, sumber daya manusia, dan lain-lain. Setiap modul dapat diaktifkan atau dinonaktifkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Ketika perusahaan juga telah berkembang, Anda hanya tinggal menambahkan modul yang diperlukan.

c. Basis data tunggal 

Sistem ini menggunakan basis data tunggal yang terpusat. Ini berarti bahwa data yang dihasilkan  oleh berbagai modul tersimpan dalam satu lokasi sentral. Hal ini memastikan konsistensi data, mengurangi duplikasi data, dan memungkinkan akses yang mudah ke informasi yang terkini.

d.  Automasi proses bisnis 

Software ERP membantu dalam otomatisasi berbagai proses bisnis, seperti pengolahan pesanan, manajemen persediaan, perencanaan produksi, penggajian, manajemen keuangan, dan lain-lain. Automasi ini dapat meningkatkan efisiensi, mengurangi kesalahan manusia, dan mempercepat alur kerja organisasi.

e.  Skalabilitas dan keamanan data

Aplikasi ERP bertujuan untuk dapat berkembang sejalan dengan pertumbuhan perusahaan. Ini berarti perusahaan dapat menambahkan atau menghapus modul, mengintegrasikan sistem tambahan, atau mengubah konfigurasi sesuai kebutuhan mereka. Software ERP memperhatikan keamanan data yang penting bagi perusahaan. Ini mencakup pengaturan izin akses pengguna, enkripsi data sensitif, pencatatan aktivitas pengguna, dan langkah-langkah keamanan lainnya untuk melindungi informasi bisnis.

f. Mobile dan akses web 

Sebagian besar software ERP Indonesia menawarkan akses melalui perangkat mobile dan web. Ini memungkinkan pengguna untuk mengakses data dan fungsionalitas ERP dari mana saja dan kapan saja, memfasilitasi kolaborasi tim yang lebih baik dan pengambilan keputusan yang cepat.

Karakteristik ini menjadikan software ERP sebagai alat yang kuat dalam mengelola sumber daya perusahaan secara terintegrasi dan efisien. Namun, perlu diingat bahwa fitur dan karakteristik software ERP dapat bervariasi tergantung pada penyedia perangkat lunak

Bagaimana Cara Kerja Software ERP?

contoh erp pada perusahaan

Perusahaan yang menggunakan ERP (Enterprise Resource Planning) berharap untuk dapat memperbaiki efisiensi dalam operasional bisnis, yang secara langsung dapat meningkatkan profit. Sistem ini mengatur berbagai proses dalam bisnis dan memfasilitasi pengumpulan dan penyusunan data melalui satu platform terpadu. Sehingga, daripada harus berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain untuk berbagai departemen, seluruh informasi dapat diakses dan dikelola dari satu lokasi.

Solusi otomatis ini membantu mengurangi sumber daya yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis secara efisien sambil tetap memastikan peningkatan kinerja dan keuntungan. Sistem ini berbeda dari aplikasi individual karena memungkinkan berbagai modul bisnis untuk beroperasi dari satu basis data yang sama. Perangkat lunak ini mengumpulkan data dari berbagai segmen bisnis dan mengumpulkannya dalam satu pusat sehingga karyawan yang membutuhkan data tersebut dapat mengaksesnya dengan mudah. Hal ini mampu menangani masalah human-error yang sering menjadi tantangan di banyak bisnis, dan memastikan bahwa informasi yang dibutuhkan tersedia bagi yang membutuhkannya.

Misalkan, jika sistem ERP perusahaan telah diotomatisasi secara maksimal, ERP bertanggung jawab untuk entri data dan pertukaran informasi dengan unit lain yang membutuhkan informasi tersebut. Sebagai ilustrasi, ketika pesanan untuk item terakhir dalam stok dilakukan, modul manajemen inventaris perlu mencatat dan memberi tahu departemen terkait agar inventaris bisa segera diisi ulang. Tim penjualan juga harus diberitahu untuk mencegah mereka membuat janji yang tidak dapat mereka penuhi.

Dengan semua data berada dalam satu tempat, waktu yang biasanya terbuang bisa tersimpan dan berguna untuk menyesuaikan strategi bisnis sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan bisnis. Anda juga bisa dengan mudah mengetahui area atau prosedur mana yang mungkin kurang efektif dan memerlukan perbaikan dan dukungan lebih lanjut.

Manfaat Implementasi Software ERP bagi Bisnis

Pertanyaan paling mendesak adalah mengapa ERP diperlukan. Sebagai pengambil keputusan utama di perusahaan, Anda memiliki pemahaman mendalam tentang tujuan perusahaan . Itulah mengapa mengotomatisasi alur kerja sangat penting jika Anda ingin mengungguli kompetitor lainnya. 

Selain itu, biaya operasional dan tetap Anda akan berkurang dengan cukup signifikan. Penggunaan platform perencanaan sumber daya perusahaan dapat meningkatkan produktivitas dan membuka peluang baru bagi perusahaan Anda. Beberapa alasan pentingnya software bagi bisnis adalah sebagai berikut:

a. Integrasi proses bisnis 

Software ERP mengintegrasikan berbagai proses bisnis dalam satu platform. Dengan demikian, data dan informasi dapat dengan mudah dibagikan dan diakses di seluruh departemen dan unit bisnis. Ini menghilangkan silo data dan meningkatkan kolaborasi antar tim, sehingga memungkinkan perusahaan beroperasi secara lebih efisien.

b. Efisiensi operasional 

Dengan menggunakan software ERP, perusahaan dapat mengotomatiskan banyak tugas dan proses bisnis yang sebelumnya dilakukan secara manual. Hal ini mengurangi waktu dan usaha yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas-tugas rutin seperti pemrosesan pesanan, pengelolaan inventaris, penggajian, dan lainnya. Dengan efisiensi yang meningkat, perusahaan dapat mengalokasikan sumber daya mereka dengan lebih baik dan fokus pada kegiatan yang bernilai tambah.

c. Pengambilan keputusan berbasis data 

Data bisnis dikumpulkan dan tersimpan secara akurat sehingga memungkinkan proses analisis yang lebih mendalam. Dengan informasi yang akurat dan real-time, manajemen dapat membuat keputusan yang lebih baik dan strategis. Laporan dan analisis yang dihasilkan oleh software ERP membantu mengidentifikasi tren, peluang, dan tantangan dalam bisnis, sehingga memungkinkan perusahaan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk pertumbuhan dan keberhasilan jangka panjang.

d. Skalabilitas dan pertumbuhan bisnis 

Software ERP  mendukung pertumbuhan bisnis. Dengan kemampuan untuk menambahkan modul baru, pengguna, dan fungsionalitas sesuai kebutuhan, perusahaan dapat mengatasi perubahan dan skalabilitas dengan lebih baik. Ini memberikan fleksibilitas bagi bisnis untuk beradaptasi dengan perubahan pasar dan tuntutan pelanggan.

Secara keseluruhan, software ERP memainkan peran penting dalam meningkatkan efisiensi, mengoptimalkan operasi, menginformasikan pengambilan keputusan, dan mengelola bisnis secara efektif. Dalam era digital yang semakin kompleks, memiliki software ERP yang tepat dapat menjadi keunggulan kompetitif yang signifikan bagi bisnis.

Kiat Memilih Vendor Software ERP Terbaik bagi Bisnis

Memilih jasa implementasi ERP software Indonesia yang tepat merupakan keputusan krusial dalam memastikan keberhasilan implementasi dan penggunaan ERP di perusahaan Anda. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda terapkan dalam memilih jasa tersebut:

  • Pengalaman dan track record: Periksa rekam jejak perusahaan jasa implementasi ERP yang akan Anda pilih. Pastikan mereka memiliki pengalaman yang cukup dan telah berhasil dalam menerapkan sistem otomatis ini, khususnya contoh ERP pada perusahaan yang bergerak pada industri yang sama. 
  • Kemampuan kustomisasi: Setiap perusahaan memiliki kebutuhan unik dan spesifik. Jadi, pastikan jasa implementasi ERP yang Anda pilih mampu melakukan kustomisasi sesuai kebutuhan perusahaan Anda.
  • Dukungan dan pelayanan pasca implementasi: Setelah implementasi ERP, perusahaan Anda akan membutuhkan dukungan teknis dan pemeliharaan. Pastikan perusahaan jasa implementasi ERP menawarkan layanan pasca implementasi yang baik.
  • Pelatihan: Menggunakan sistem ERP yang baru bisa menjadi tantangan bagi karyawan. Pastikan perusahaan jasa implementasi ERP software Indonesia yang Anda pertimbangkan menawarkan pelatihan yang cukup bagi karyawan Anda agar mereka dapat menggunakan sistem dengan efisien dan efektif.
  • Referensi: Mintalah referensi dari perusahaan lain yang telah menggunakan jasa implementasi ERP yang Anda minati. Ini akan memberi Anda gambaran nyata tentang bagaimana mereka bekerja dan apa yang bisa Anda harapkan.
  • Harga: Biaya juga menjadi pertimbangan penting. Pastikan Anda memahami semua biaya yang terkait, termasuk biaya awal, biaya berjalan, biaya tambahan untuk kustomisasi, dan lainnya. Pilihlah penyedia layanan yang menawarkan harga yang kompetitif dan sesuai dengan anggaran Anda.
  • Pemahaman tentang bisnis Anda: Perusahaan jasa implementasi ERP harus memahami proses bisnis Anda dan bagaimana ERP bisa membantu dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas bisnis Anda.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, telah terpaparkan berbagai contoh ERP dalam perusahaan Indonesia. Dalam memilih software ERP yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, penting untuk mempertimbangkan beberapa faktor. Pertama, perusahaan perlu memahami kebutuhan bisnis mereka secara mendalam dan mengidentifikasi fitur dan modul yang paling relevan. Kedua,
anda juga harus mempertimbangkan faktor-faktor seperti kompleksitas implementasi, biaya, dan dukungan teknis.

Berbagai pilihan yang tersedia mungkin dapat membuat proses seleksi menjadi sulit dan membingungkan. Setiap vendor menawarkan berbagai kelebihan dan kekurangan pada produk mereka, sehingga memerlukan pertimbangan yang matang dalam menentukan pilihan. Namun, berdasarkan analisis dan penilaian kami, kami merekomendasikan software ERP Total sebagai pilihan terbaik.

Software ERP Total menawarkan kualitas yang unggul dari pesaing lainnya. Kelebihan ini bukan hanya mencakup kemampuan teknis dan fitur-fitur dari perangkat lunak, tetapi juga layanan dan dukungan pelanggan yang responsif dan handal. Software ERP ini telah terbukti menjadi pilihan yang populer di Indonesia dengan fitur-fitur yang komprehensif untuk manajemen keuangan, persediaan, produksi, penjualan, dan lainnya. Meskipun selalu penting untuk mempertimbangkan kebutuhan spesifik perusahaan Anda saat memilih software ERP, kami yakin bahwa ERP Total dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi sebagian besar organisasi, jadwalkan demo gratisnya sekarang!

Anatha Ginting

Anatha Ginting

Pencarian

Berita Terbaru

lorem ipsum dolor

Berita Terpopuler

lorem ipsum dolor

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini

Customer Service

Customer Service
Balasan dalam 1 menit

Customer Service
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
6281222849188
×
Dapatkan Demo Gratis!