Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

20 Rekomendasi Software ERP Terbaik di Indonesia (2024)

Picture of Anatha Ginting
Review & Rekomendasi program aplikasi ERP

Menavigasi dunia bisnis di era digital ini bisa menjadi tantangan yang cukup kompleks. Setiap bisnis besar maupun kecil, berupaya untuk meningkatkan efisiensi operasional dan produktivitas mereka. Dalam rangka mencapai hal tersebut, teknologi telah membuka banyak pintu, salah satunya adalah melalui penggunaan software ERP (Enterprise Resource Planning).

Software ERP yang mumpuni menawarkan solusi terintegrasi yang merespon kebutuhan bisnis modern dan mampu memaksimalkan efisiensi operasional. Di tengah dinamika era digital, pada akhirnya, keberadaan sistem manajemen bisnis otomatis yang inovatif menjadi kunci utama dalam meningkatkan efisiensi semua elemen bisnis.

Memilih software ERP yang tepat bisa menjadi tantangan tersendiri, mengingat banyaknya pilihan yang tersedia di pasaran. Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan 20 rekomendasi software ERP terbaik di Indonesia untuk membantu Anda membuat keputusan yang tepat dalam memilih software ERP yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Apa itu Software ERP?

Enterprise Resource Planning (ERP) adalah sistem manajemen bisnis yang memfasilitasi pertukaran data antar berbagai fungsi bisnis. Tujuan utama dari software ini adalah memastikan integritas data dengan menggabungkan data transaksi dari berbagai sumber di dalam perusahaan.

Terdapat dua contoh software ERP, yaitu yang dapat dijalankan di lokasi server internal (ERP on-premise) dan berbasis awan (cloud). Sistem cloud ERP bekerja dengan kombinasi teknologi yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi serta selalu online dan pembaruan keamanan ditangani oleh vendor ERP.

Penggunaan platform perencanaan sumber daya perusahaan ini dapat meningkatkan produktivitas dan membuka peluang baru bagi perusahaan Anda. Beberapa alasan pentingnya software bagi bisnis adalah sebagai berikut:

  1. Integrasi proses bisnis: Software ERP mengintegrasikan proses bisnis dalam satu platform, memudahkan pembagian dan akses data antardepartemen, menghilangkan silo data, dan meningkatkan kolaborasi.
  2. Efisiensi operasional: Program ERP otomatisasi tugas-tugas seperti pemrosesan pesanan dan pengelolaan inventaris, mengurangi waktu dan usaha, sehingga meningkatkan efisiensi dan memungkinkan fokus pada kegiatan bernilai tambah.
  3. Pengambilan keputusan berbasis data: ERP menyimpan data bisnis secara akurat, mendukung analisis mendalam dan pengambilan keputusan strategis berdasarkan data, laporan, dan analisis real-time.
  4. Skalabilitas: ERP mendukung pertumbuhan dengan memungkinkan penambahan modul, pengguna, dan fungsionalitas sesuai kebutuhan, memberi fleksibilitas untuk beradaptasi dengan perubahan pasar.

20 Rekomendasi Software ERP & Keunggulannya

Berikut ini adalah panduan komprehensif mengenai 20 penyedia software ERP terbaik di Indonesia di tahun ini. Daftar ini akan membantu Anda untuk mengidentifikasi pilihan terbaik dari berbagai software ERP di Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

1. Software ERP Total

software ERP Total

Total ERP adalah sebuah software ERP yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan perangkat lunak Indonesia. Software ini menawarkan modul bisnis yang lengkap, termasuk manajemen keuangan, persediaan, produksi, proyek, dan sumber daya manusia.

Keunggulan Total ERP terletak pada kemudahan implementasinya yang cepat, serta kemampuan integrasinya dengan berbagai aplikasi lain. Software ini juga dilengkapi dengan fitur analitik dan pelaporan yang canggih, memungkinkan perusahaan untuk mengambil keputusan berdasarkan data yang akurat dan real-time.

Total ERP juga memiliki keunggulan dalam pemahaman dan pemenuhan kebutuhan unik serta regulasi bisnis di Indonesia. Ini disebabkan oleh pengalaman perusahaan dalam pasar Indonesia, yang mungkin tidak diperhatikan dengan baik oleh software ERP internasional. Selain itu, software ini menawarkan dukungan teknis dan layanan pelanggan yang lebih lokal dan mudah dijangkau, memberikan kemudahan bagi pelanggan di Indonesia untuk berinteraksi dengan penyedia software dan mendapatkan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda.

Beberapa modul yang disediakan oleh Total ERP adalah:

       a. Akuntansi

Software akuntansi yang Total kembangkan berguna untuk mengoptimalkan manajemen keuangan dalam perusahaan, menangani berbagai jenis aktivitas keuangan dengan akurasi yang sangat baik. Beroperasi dalam waktu nyata, sistem ini memaksimalkan potensi profit bisnis Anda. Solusi akuntansi dari Total dapat memfasilitasi berbagai proses termasuk pencatatan transaksi finansial, pembuatan anggaran, kalkulasi penyusutan aset, otomatisasi proses rekonsiliasi bank, pengecekan faktur, pembuatan laporan keuangan, dan perhitungan estimasi arus kas.

       b. Manajemen inventaris

Sebagai solusi yang sepenuhnya otomatis, software manajemen inventaris ini memudahkan proses pengelolaan stok bagi bisnis di berbagai industri, memungkinkan Anda untuk memusatkan perhatian pada pertumbuhan dan pengembangan bisnis. Anda dapat meningkatkan efisiensi dalam pelacakan inventaris secara real-time, manajemen pesanan dan gudang, dan mengatasi slow moving good.

       c. Purchasing

Sistem purchasing berfungsi untuk membantu tim pengadaan dalam menjalankan proses pengadaan, mulai dari tahap pemilihan pemasok sampai pada tahap penerimaan barang. Beberapa fitur utama meliputi Request for Quotation (RFQ) untuk mengajukan penawaran kepada vendor, Purchase Order Management untuk mengelola dan melacak pesanan pembelian, dan Supplier Management untuk mengelola informasi dan performa vendor. Dengan kombinasi fitur ini, software purchasing membantu perusahaan mendapatkan produk berkualitas terbaik dengan harga yang optimal.

Kelebihan Kekurangan
  • User-friendly interface
  • Kustomisasi detail sesuai kebutuhan bisnis
  • Kemudahan integrasi dengan sistem lain
  • Layanan after sales & maintenance
  • Durasi implementasi beragam tergantung kebutuhan bisnis
  • Banyaknya fitur dan package sehingga perlu konsultasi untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan

2. SAP Business One ERP System

Dengan SAP Business One, perusahaan dapat mengelola operasi bisnis secara efisien, meningkatkan produktivitas, dan mengambil keputusan berdasarkan data yang akurat. Solusi ini menawarkan sebuah sistem manajemen bisnis yang komprehensif, mencakup pengelolaan finansial, pemasaran, penjualan, pembelian, inventaris, produksi, pengiriman, serta manajemen sumber daya manusia.

Kelebihan Kekurangan
  • Dapat diintegrasikan dengan sistem lain
  • Aksesibilitas mobile
  • Biaya langganan yang tinggi
  • Terdapat biaya untuk setiap pengguna, sehingga perusahaan besar dengan banyak karyawan akan memperoleh biaya yang lebih mahal

3. Aplikasi ERP HashMicro

software aplikasi program ERP hashmicro

HashMicro telah menjadi pilihan bagi ribuan bisnis dari berbagai negara, termasuk Indonesia, Singapura, dan Filipina. Sebagai vendor software ERP yang unggul, HashMicro menawarkan sejumlah fitur unggulan yang memungkinkan bisnis Anda untuk berkembang dan meningkatkan efisiensi operasional secara keseluruhan.

Keberhasilan HashMicro sebagai salah satu penyedia ERP terkemuka di Asia Tenggara terbukti oleh kepercayaan dari berbagai klien besar, termasuk Astra Group, Bank Mega, Abbott, dan Coffee Bean. Kepercayaan ini juga membuktikan kredibilitas dan keandalan HashMicro dalam menyediakan solusi yang komprehensif.

Software ERP HashMicro juga menawarkan kemampuan kustomisasi detail yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik bisnis. Tidak hanya itu, software ini juga dapat diintegrasikan dengan berbagai sistem lainnya, termasuk manajemen keuangan, produksi, penjualan, CRM, dan HRM.

Kelebihan Kekurangan
  • User interface intuitif dan ramah pengguna
  • Kemudahan kustomisasi
  • Integrasi mudah dengan sistem lain
  • Unlimited user tanpa biaya tambahan
  • Lifetime after sales service & maintenance
  • Durasi implementasi tergantung kebutuhan bisnis
  • Antrian demo gratis yang panjang karena banyaknya peminat

4. Oracle NetSuite

Software ERP Oracle NetSuite terintegrasi dan bertujuan untuk membantu perusahaan mengelola berbagai aspek bisnis. Seperti keuangan, persediaan, produksi, penjualan, manajemen proyek, dan layanan pelanggan dalam satu platform.

Selain itu, Oracle NetSuite juga memungkinkan perusahaan untuk mengakses data bisnis secara online dengan berbagai aplikasi bisnis lainnya, memungkinkan perusahaan berkembang lebih efisien.

Kelebihan Kekurangan
  • Antarmuka ramah pengguna
  • Aksesibilitas mudah
  • Biaya implementasi yang tinggi
  • Kompleksitas integrasi sistem

5. Software ERP Odoo

software erp odoo

Odoo adalah sistem ERP open-source yang terintegrasi untuk perusahaan dari berbagai ukuran dan jenis. Sistem ini menawarkan berbagai fitur manajemen bisnis seperti keuangan, persediaan, produksi, penjualan, CRM, hingga HRM.

Software ERP dari Odoo memungkinkan perusahaan untuk mengakses informasi bisnis secara real-time. Dengan demikian, Odoo dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan daya saing bisnis mereka secara keseluruhan.

Kelebihan Kekurangan
  • User interface ramah pengguna
  • Integrasi mudah dengan sistem lain
  • Pengguna butuh pelatihan untuk sepenuhnya mempelajari fitur
  • Fitur terbatas, sehingga perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk pengembangan

6. Aplikasi ERP Zoho

Zoho ERP Custom merupakan bagian dari suite aplikasi Zoho yang menyediakan sistem yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Dengan sistem ini, bisnis dapat mengatur dan mengelola berbagai aspek operasional bisnis, termasuk keuangan, persediaan, produksi, penjualan, dan sumber daya manusia.

Kelebihan Kekurangan
  • Desain antarmuka yang intuitif
  • Aksesibilitas mudah dengan cloud
  • Kompleksitas implementasi
  • Kurva pembelajaran yang curam
  • Biaya pemeliharaan dapat menjadi mahal

7. Koneksi 

Koneksi adalah software ERP yang memfasilitasi integrasi dan efisiensi dalam proses bisnis perusahaan. Dengan fitur dan modul bisnis yang lengkap, Koneksi membantu meningkatkan efisiensi operasional dan daya saing perusahaan di pasar yang kompetitif.

Kelebihan Kekurangan
  • User-friendly interface
  • Integrasi yang kuat dengan sistem lain
  • Pembaruan otomatis
  • Kemudahan kustomisasi
  • Ketergantungan pada internet untuk jenis software ERP Cloud namun juga menyediakan jenis software ERP on-premise
  • Durasi implementasi mungkin memakan waktu, tergantung kustomisasi kebutuhan bisnis

8. Sage ERP

Sage adalah perusahaan software terkemuka yang menyediakan berbagai solusi bisnis, termasuk perangkat lunak ERP. Hal ini bertujuan untuk mendukung proses bisnis perusahaan kecil dan menengah secara global. Software ini menawarkan skalabilitas tinggi untuk bertumbuh seiring dengan perkembangan bisnis Anda.

Kelebihan Kekurangan
  • Aksesibilitas mudah dengan cloud
  • Fitur pelaporan mendalam dan kuat
  • Kustomisasi yang fleksibel
  • Antarmuka yang kompleks
  • Proses pengaturan sistem mungkin memakan waktu
  • Pengguna butuh pelatihan khusus untuk menguasai sistem

9. Acumatica Cloud ERP

Acumatica adalah solusi ERP berbasis cloud yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan manajemen bisnis. Software ini menawarkan berbagai modul yang terintegrasi, termasuk keuangan, distribusi, CRM, dan manajemen proyek.

Kelebihan Kekurangan
  • Aksesibilitas mudah
  • Mendukung konfigurasi yang luas
  • Kompleksitas implementasi
  • Ketergantungan pada internet
  • Dukungan pelanggan yang tidak efektif

10. Software ERP Epicor

software erp

Software ERP Epicor adalah solusi terintegrasi yang membantu perusahaan mengelola berbagai aspek bisnis, seperti keuangan, produksi, manajemen inventaris, penjualan, dan layanan pelanggan.

Software ini memungkinkan perusahaan untuk mengakses data bisnis secara online dan terhubung dengan berbagai aplikasi bisnis lainnya. Epicor juga menyediakan berbagai fitur manajemen bisnis. Oleh karena itu, Epicor dapat membantu perusahaan untuk terus berkembang dan bersaing di pasar yang semakin kompetitif.

Kelebihan Kekurangan
  • Integrasi yang kuat dengan sistem lain
  • Fleksibilitas tinggi dalam konfigurasi dan penyesuaian
  • Biaya implementasi yang tinggi
  • Kompleksitas penggunaan
  • Dukungan pelanggan kurang responsif

11. Brightpearl

Brightpearl adalah sistem ERP yang dirancang khusus untuk bisnis ritel dan grosir, mengintegrasikan berbagai aspek operasional bisnis seperti manajemen inventaris, manajemen pesanan, akuntansi, dan CRM dalam satu solusi.

Kelebihan Kekurangan
  • Integrasi dengan platform e-commerce
  • Fitur komprehensif untuk bisnis ritel dan grosir
  • Biaya lisensi dan implementasi yang tinggi
  • Kurva pembelajaran yang curam
  • Ketergantungan pada integrasi pihak ketiga

12. Ecount ERP

Sejak tahun 1999, Ecount Inc. telah menyediakan salah satu solusi ERP berbasis cloud paling fleksibel dan terjangkau di pasaran. Ecount ERP menyediakan solusi untuk pengelolaan stok, pesanan, gudang, karyawan, dan keuangan yang lebih baik bagi bisnis. 

Kelebihan Kekurangan
  • Kemudahan kustomisasi
  • Mudah digunakan
  • Fungsionalitas terbatas untuk bisnis besar
  • Pengguna butuh pelatihan untuk menguasai sistem

13. Compiere 

Software ERP Compiere adalah sistem open-source yang dirancang untuk membantu perusahaan mengelola kebutuhan bisnis secara efisien. Compiere mengintegrasikan berbagai aspek operasional bisnis termasuk manajemen inventori, pengelolaan proyek, CRM, dan rantai pasokan.

Kelebihan Kekurangan
  • Dapat diintegrasikan dengan sistem lain
  • Kustomisasi mudah
  • Kurva pembelajaran yang curam
  • Fitur yang terbatas
  • Terbatasnya dukungan dan pelatihan pengguna

14. Sistem ERP WorkWise

WorkWise adalah sistem ERP komprehensif yang dirancang untuk industri manufaktur, melayani kebutuhan unik mereka dari konsepsi dan desain hingga manufaktur dan pengiriman. Solusi ini meliputi berbagai modul terintegrasi yang merampingkan operasi lintas berbagai fungsi bisnis.

Kelebihan Kekurangan
  • Integrasi yang luas dengan sistem lain
  • Kemudahan penggunaan
  • Dukungan keamanan yang tinggi
  • Kurva pembelajaran yang curam
  • Fitur pelaporan terbatas
  • Pengguna seringkali melaporkan masalah teknis seperti bug dan error
  • Biaya relatif tinggi

15. Software ERP SystemEver

software erp systemever

 

SystemEver adalah software ERP yang dirancang untuk membantu bisnis mengintegrasikan dan mengelola proses bisnis penting mereka dalam satu platform terpadu. Ini mencakup berbagai modul seperti keuangan, SDM, produksi, penjualan, dan rantai pasokan.

Kelebihan Kekurangan
  • Fleksibilitas tinggi
  • Integrasi yang luas dengan sistem lain
  • Kompleksitas implementasi
  • Biaya pemeliharaan yang tinggi
  • Pengguna butuh pelatihan untuk sepenuhnya menguasai sistem

16. SAP S/4 HANA ERP System

SAP S/4 HANA adalah kependekan dari SAP Business Suite 4 SAP HANA, terancang untuk mengintegrasikan berbagai fungsi bisnis seperti manajemen keuangan, manajemen persediaan, produksi, sumber daya manusia, dan lain-lain ke dalam satu platform terpadu. 

Kelebihan Kekurangan
  • User-friendly interface
  • Performa sistem tinggi
  • Integrasi yang mulus dengan sistem lain
  • Biaya implementasi dan pemeliharaan yang tinggi

17. Deskera

Deskera adalah solusi aplikasi ERP terintegrasi yang dirancang untuk membantu bisnis mengelola berbagai aspek operasional dalam satu platform. Solusi ini menyediakan modul untuk akuntansi, inventaris, penggajian, dan sumber daya manusia,

Kelebihan Kekurangan
  • Aksesibilitas mudah
  • Kemudahan kustomisasi
  • Integrasi yang mulus dengan sistem lain
  • Biaya langganan relatif tinggi
  • Kurva pembelajaran yang curam
  • Fungsionalitas terbatas
  • Dukungan pelanggan kurang responsif

18. Infor ERP

Aplikasi ERP Infor adalah salah satu solusi manajemen bisnis terintegrasi yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan spesifik berbagai industri, mulai dari manufaktur hingga perawatan kesehatan, dan ritel.

Kelebihan Kekurangan
  • User interface yang modern
  • Integrasi yang kuat dengan sistem lain
  • Spesialisasi industri
  • Kompleksitas implementasi
  • Biaya relatif tinggi
  • Ketergantungan pada konsultan

19. Workday

Workday adalah solusi manajemen sumber daya perusahaan berbasis cloud yang dirancang untuk mendukung fungsi bisnis seperti sumber daya manusia, keuangan, dan perencanaan. Solusi ini menawarkan visibilitas data yang terintegrasi dan pengalaman pengguna yang seragam, memungkinkan perusahaan untuk merespons dengan cepat terhadap perubahan dalam operasional dan strategi bisnis.

Kelebihan Kekurangan
  • User interface ramah pengguna
  • Keamanan data yang kuat
  • Kemudahan integrasi
  • Biaya implementasi dan langganan yang tinggi
  • Kompleksitas kustomisasi
  • Ketergantungan pada internet

20. Aplikasi ERPNext

aplikasi erpnext

ERPNext adalah solusi ERP open-source yang dirancang untuk membantu perusahaan dalam mengelola berbagai aspek operasional bisnis mereka seperti akuntansi, penjualan, pembelian, manajemen inventaris, CRM, manajemen proyek, dan produksi.

Kelebihan Kekurangan
  • Antarmuka intuitif
  • Kemudahan kustomisasi
  • Fitur terbatas
  • Perusahaan mungkin harus bergantung pada konsultan eksternal untuk dukungan teknis dan pelatihan

Tips Memilih Vendor Software ERP Terbaik bagi Bisnis

Memilih ERP software Indonesia yang tepat merupakan langkah krusial dalam memastikan keberhasilan implementasi dan penggunaan ERP dalam perusahaan Anda. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda terapkan dalam proses pemilihan:

  • Pengalaman dan track record: Periksa rekam jejak perusahaan jasa implementasi ERP yang akan Anda pilih. Pastikan mereka memiliki pengalaman yang cukup dan telah berhasil dalam menerapkan sistem otomatis ini, khususnya contoh ERP pada perusahaan yang bergerak pada industri yang sama. 
  • Kemampuan kustomisasi: Setiap perusahaan memiliki kebutuhan unik dan spesifik. Jadi, pastikan jasa implementasi ERP yang Anda pilih mampu melakukan kustomisasi sesuai kebutuhan perusahaan Anda.
  • Dukungan dan pelayanan pasca implementasi: Setelah implementasi ERP, perusahaan Anda akan membutuhkan dukungan teknis dan pemeliharaan. Pastikan perusahaan jasa implementasi ERP menawarkan layanan pasca implementasi yang baik.
  • Pelatihan: Menggunakan sistem ERP yang baru bisa menjadi tantangan bagi karyawan. Pastikan perusahaan jasa implementasi ERP software Indonesia yang Anda pertimbangkan menawarkan pelatihan yang cukup bagi karyawan Anda agar mereka dapat menggunakan sistem dengan efisien dan efektif.
  • Referensi: Mintalah referensi dari perusahaan lain yang telah menggunakan jasa implementasi ERP yang Anda minati. Ini akan memberi Anda gambaran nyata tentang bagaimana mereka bekerja dan apa yang bisa Anda harapkan.

Kesimpulan

Dalam memilih software ERP yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, penting untuk mempertimbangkan beberapa faktor. Bisnis perlu memahami kebutuhan mereka dan mengidentifikasi fitur dan modul yang paling relevan. Bisnis juga harus mempertimbangkan faktor-faktor seperti kompleksitas implementasi dan ketersediaan dukungan teknis.

Berbagai pilihan yang tersedia mungkin dapat membuat proses seleksi menjadi sulit dan membingungkan. Setiap vendor menawarkan berbagai kelebihan dan kekurangan pada produk mereka, sehingga memerlukan pertimbangan yang matang dalam menentukan pilihan. Software ERP Total menonjol sebagai solusi yang unggul dari pesaing lainnya. 

Software ERP Total menawarkan fitur-fitur komprehensif dari manajemen keuangan, persediaan, produksi, penjualan hingga CRM. Pelajari bagaimana Software ERP Total dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi bisnis Anda dan coba demo gratis sekarang!

Picture of Anatha Ginting

Anatha Ginting

Pencarian

Berita Terbaru

lorem ipsum dolor

Berita Terpopuler

lorem ipsum dolor

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini

Customer Service

Customer Service
Balasan dalam 1 menit

Customer Service
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
6281222849188
×
Dapatkan Demo Gratis!