Icon EQUIP

Novita
Balasan dalam 1 menit

Novita
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
6281222849188
×

Novita

Active Now

Novita

Active Now

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

Review Odoo ERP: Fitur, Kekurangan dan Kelebihan

Picture of Ronald Putra
Review-software-Odoo-Total ERP

Dalam dunia bisnis yang modern, penggunaan sistem manajemen yang efektif menjadi krusial untuk meningkatkan efisiensi dan keselarasan operasional perusahaan.

Aplikasi Odoo menawarkan solusi ERP yang komprehensif, memungkinkan perusahaan untuk mengintegrasikan dan mengelola berbagai aspek bisnis mereka secara terpadu dan efisien.

Namun, apakah Odoo ERP dapat membantu kebutuhan bisnis secara spesifik dan tepat bagi Anda?

Oleh karena itu, dalam artikel ini akan memberikan ulasan secara terperinci tentang fitur, kelebihan, dan kekurangan dari software tersebut serta alternatif software yang dapat dipertimbangkan untuk menunjang bisnis Anda.

DemoGratis

Daftar Isi

Apa Itu Odoo ERP?

Odoo ERP adalah sebuah software berbasis open-source yang dirancang untuk membantu mengelola dan mengintegrasikan berbagai aspek operasional. Software ini menawarkan berbagai modul yang mencangkup berbagai fungsi bisnis seperti akuntansi, manajemen inventaris, penjualan sampai dengan proyek.

Software ini berdiri sejak 2005 di Belgia. Skalabilitas Odoo memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan sistem sesuai dengan kebutuhan spesifiknya. Selain itu fitur-fitur yang dimiliki membawa manfaat efisiensi bisnis yang cukup baik di Indonesia.

Kesuksesan Odoo ERP tidak hanya terletak pada fleksibilitas, tetapi juga pada komitmennya terhadap inovasi dan pelayanan pelanggan yang unggul, menjadikannya pilihan yang populer bagi berbagai jenis bisnis dari skala kecil hingga besar.

Fitur dan Kelebihan Odoo ERP

Odoo ERP merupakan solusi perangkat lunak yang memiliki fitur-fitur yang dapat mengoptimalkan operasi bisnis. Terdapat beberapa fitur dan kelebihan yang ditawarkan oleh aplikasi Odoo, untuk memahami bagaimana sistem ini dapat membantu meningkatkan efisiensi bisnis menurut Forbes dan The CFO:

Fitur Odoo ERP

Menurut Forbes terdapat beberapa fitur yang ditawarkan oleh Odoo ERP, sebagai berikut:

  • Inventory and supply chain: Sistem inventaris dan rantai pasok Odoo ERP dirancang untuk memaksimalkan efisiensi gudang dan memastikan pengaturan gudang terorganisir dan memperlancar operasi rantai pasok.
  • Sales management: Fitur manajemen penjualan Odoo menawarkan solusi lengkap dan mudah diakses untuk mengelola proses penjualan dari awal hingga akhir, termasuk pembuatan dan pengiriman penawaran, otomatisasi penjualan, serta integrasi dengan ERP Odoo lainnya untuk operasi yang lebih efisien.
  • Finance and accounting: Sistem Odoo mengutamakan kemudahan dan efisiensi dengan menghadirkan fitur-fitur seperti sinkronisasi otomatis bank serta penanganan otomatis pendapatan dan biaya tertunda, yang semuanya dapat diakses secara real-time menjadikannya solusi lengkap untuk manajemen keuangan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan peraturan lokal.

Kelebihan Odoo ERP

Aplikasi ini memiliki beberapa kelebihan yang ditawarkan, diantaranya:

  • Terintegrasi: Salah satu keunggulan utama dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk diintegrasikan secara komprehensif. Semua modul dapat beroperasi secara sinergis dalam satu platform. Integrasi ini berfungsi mengurangi duplikasi dan kesalahan data.
  • Skalabilitas: Sistem ini dirancang agar mudah beradaptasi dengan pertumbuhan bisnis, baik dari segi ukuran perusahaan maupun kompleksitas operasionalnya.
  • Optimasi inventory: Sistem ini dirancang untuk mempermudah manajemen inventaris dengan memberikan kontrol yang lebih baik atas stok barang dan pergerakan produk. Selain itu, sistem ini juga mampu meningkatkan efisiensi operasional gudang secara keseluruhan.
  • Sales tracking: Odoo software menyediakan fitur analitik penjualan secara real-time yang sangat canggih, sehingga perusahaan mendapatkan wawasan bisnis yang mendalam. Dengan analitik ini, pengguna dapat memantau kinerja penjualan secara terus-menerus, menganalisis tren pasar, dan mengidentifikasi peluang serta tantangan yang ada.
  • Sinkronisasi e-commerce: Software ini dengan mudah terintegrasi dengan e-commerce, sehingga memastikan semua operasi berjalan secara sinkron dan terkoordinasi dengan baik.

Kekurangan Odoo ERP

Odoo-dashboard

 

Dilansir dari Forbes, software ini memiliki beberapa kekurangan, sebagai catatan kekurangan ERP Odoo ini ditujukan sebagai pertimbangan Anda sebelum mengambil keputusan untuk menggunakannya:

1. Dukungan teknis dan kustomisasi terbatas

Meskipun memiliki dukungan selama 24 jam di hari kerja, Odoo belum dapat menyediakan panduan untuk konfigurasi. Selain itu, adanya keterbatasan dalam kustomisasi membuat beberapa pelanggan merasa tidak disupport sepenuhnya oleh software Odoo.

2. Integrasi yang rumit

Integrasi yang ekstensif yang ditawarkan oleh aplikasi Odoo dapat terasa kompleks bagi bisnis yang lebih mengutamakan kesederhanaan atau yang mungkin belum memiliki keahlian teknis yang memadai untuk menavigasi berbagai pilihan yang tersedia.

Oleh karena itu, bisnis yang mencari solusi yang lebih sederhana atau yang kurang memiliki sumber daya teknis mungkin merasa kesulitan dalam mengelola dan memanfaatkan sepenuhnya semua fitur dan opsi yang disediakan oleh Odoo ERP.

3. Odoo enterprise memerlukan tambahan ahli teknologi khusus

Odoo Enterprise mungkin membutuhkan keterampilan teknis tambahan yang tidak dimiliki oleh semua pengguna. Hal ini disebabkan oleh kompleksitas dan fleksibilitas sistem yang tinggi, yang memerlukan pemahaman mendalam dan kemampuan untuk mengelola berbagai fitur dan konfigurasi yang tersedia.

Faktor-faktor ini dapat membuat software Odoo kurang menarik bagi bisnis yang lebih kecil atau bagi mereka yang tidak memiliki tim dukungan IT khusus.

Perusahaan mungkin merasa terbebani dengan kebutuhan untuk mengembangkan atau menyewa keahlian teknis tambahan, yang bisa menjadi tantangan signifikan baik dari segi waktu maupun biaya.

Software Total ERP sebagai Alternatif Pengganti Odoo

Alternatif-pengganti-odoo

Apabila dalam perjalanan bisnis Anda mencari alternatif Odoo ERP, Total ERP bisa Anda pertimbangkan. Sebagai penyedia software ERP, Total ERP telah dipercaya oleh ribuan pelanggan. Total ERP menyediakan solusi ERP yang terintegrasi dengan berbagai modul profesional.

Berikut beberapa alasan Total ERP dapat menjadi alternatif pengganti software Odoo:

1. Interface yang user-friendly

Software Total ERP memiliki antarmuka yang ramah pengguna, sehingga memudahkan karyawan dari berbagai departemen untuk menggunakannya. Desain yang intuitif dan navigasi yang sederhana memastikan bahwa setiap fungsi dapat diakses dengan mudah, meningkatkan efisiensi kerja dan mengurangi kemungkinan kesalahan operasional.

2. Unlimited user

Total ERP memiliki fitur andalan berupa penggunaan tanpa batas, memungkinkan perusahaan untuk mengakses sistem ERP sesuai kebutuhan operasional mereka tanpa biaya tambahan. Fitur ini sangat cocok untuk perusahaan besar yang membutuhkan fleksibilitas dalam mengelola jumlah pengguna.

3. Fitur yang relevan untuk bisnis

Total ERP menyesuaikan fitur-fitur perangkat lunaknya agar sesuai dengan kebutuhan bisnis. Hal ini memastikan bahwa pengguna mendapatkan fungsionalitas yang mereka butuhkan tanpa fitur yang kompleks dan tidak relevan.

4. Dukungan pelanggan yang responsif

Total ERP menyediakan dukungan teknis yang expert melalui tim ahli yang sangat responsif dan berdedikasi.

Tim ini terdiri dari para profesional berpengalaman yang siap memberikan bantuan kapanpun dibutuhkan, memastikan bahwa setiap masalah diselesaikan dengan cepat dan efisien.

Dukungan teknis ini tidak hanya mencakup bantuan langsung dalam mengatasi masalah teknis, tetapi juga memberikan panduan dan saran berharga untuk memaksimalkan penggunaan sistem ERP.

Kesimpulan

Penggunaan sistem ERP telah menjadi kebutuhan setiap bisnis di era modern. Tanpa adanya software ERP, pebisnis akan mengalami kesulitan dengan alur kerja yang tidak efisien.

Total ERP sebagai salah satu alternatif pengganti software Odoo adalah pilihan yang tepat bagi perusahaan. Dengan menawarkan berbagai fitur interface yang user-friendly sampai dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan.

Jika Anda membutuhkan solusi yang dapat membantu bisnis Anda. Daftarkan diri Anda untuk mendapatkan demo gratis untuk konsultasi dengan tim expert kami.

 

 

Picture of Ronald Putra
Ronald Putra

Pencarian

Artikel Lainnya

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini