Icon EQUIP

Novita
Balasan dalam 1 menit

Novita
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
6281222849188
×

Novita

Active Now

Novita

Active Now

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

Pemanfaatan Software PPIC dalam Industri Manufaktur

Picture of Marshana Vanina
Software PPIC

PPIC atau singkatan dari Production Planning and Inventory Control merupakan salah satu departemen penting dalam sebuah perusahaan manufaktur. PPIC bertanggung jawab untuk merencanakan, mengelola, dan mengontrol produksi dan persediaan barang. Sebagai solusi modern, software PPIC membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam perencanaan produksi dan pengendalian persediaan barang. 

PPIC juga merencanakan jadwal produksi dan menentukan jumlah barang yang harus diproduksi pada setiap waktu, memastikan bahwa target produksi tercapai secara efisien dan efektif. Dengan demikian, PPIC memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan antara persediaan barang yang memadai dan produksi yang efisien dalam menjaga kelangsungan bisnis dan meningkatkan keuntungan perusahaan.

Pengertian PPIC

production planning dan inventory control

PPIC, singkatan dari Production Planning and Inventory Control, adalah departemen yang bertanggung jawab untuk merencanakan, mengelola, dan mengontrol produksi dan persediaan barang dalam sebuah perusahaan manufaktur. Departemen ini berfokus pada dua hal utama: memastikan bahwa perusahaan memiliki persediaan bahan baku dan komponen yang cukup untuk memenuhi permintaan pelanggan dan menjaga operasi produksi tetap berjalan dengan lancar.

PPIC juga berperan penting dalam menjaga keseimbangan antara persediaan barang yang memadai dan produksi yang efisien, serta meningkatkan keuntungan perusahaan. Dalam era modern, software PPIC membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam perencanaan produksi dan pengendalian persediaan barang. Dengan bantuan software PPIC, perusahaan dapat merencanakan jadwal produksi secara lebih akurat, mengoptimalkan penggunaan bahan baku dan komponen, dan meminimalkan biaya produksi. Sehingga dapat memberikan keuntungan dalam jangka panjang bagi perusahaan. Oleh karena itu, PPIC menjadi departemen yang sangat penting dalam dunia manufaktur untuk menjaga kelangsungan bisnis dan meningkatkan produktivitas perusahaan.

Tugas Seorang Staff PPIC

Tugas utama dari seorang staff PPIC adalah memastikan bahwa produksi dan persediaan barang berjalan lancar dan efisien. Seorang staff PPIC akan terlibat dalam perencanaan produksi, penjadwalan, dan pengendalian persediaan bahan baku dan produk jadi. Kemudian, seorang staff PPIC juga harus mengembangkan strategi untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas produksi dan persediaan, serta memastikan bahwa persediaan barang tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Selain itu, PPIC juga akan bekerja sama dengan departemen lain dalam perusahaan seperti pemasaran dan keuangan, untuk memastikan bahwa kebutuhan pelanggan terpenuhi dan bahwa perusahaan menghasilkan keuntungan yang maksimal. Berikut beberapa job desk dari seorang PPIC.

Merencanakan terkait proses produksi produk

Salah satu tugas utama seorang staff  PPIC adalah merencanakan proses produksi produk. Hal ini melibatkan pembuatan jadwal produksi yang efektif dan efisien, serta memastikan bahwa produksi berjalan lancar dan tepat waktu. Dalam hal ini, seorang PPIC harus mempertimbangkan faktor-faktor seperti waktu produksi, kapasitas produksi mesin, jumlah tenaga kerja yang tersedia, dan persediaan bahan baku yang ada.

Dalam merencanakan proses produksi, seorang PPIC juga harus memastikan bahwa produk yang dihasilkan memenuhi standar kualitas yang ditetapkan dan dapat memenuhi permintaan pasar. Selain merencanakan jadwal produksi, seorang PPIC juga harus memonitor proses produksi untuk memastikan bahwa setiap tahapan produksi berjalan sesuai dengan rencana.

Menyusun rencana pendistribusian bahan baku pada produksi

Selain merencanakan proses produksi produk, seorang PPIC juga memiliki tugas penting dalam merencanakan pendistribusian bahan baku yang akan terpakai dalam produksi. Hal ini termasuk memastikan bahwa persediaan bahan baku tersedia dalam jumlah yang cukup dan tepat waktu, sehingga produksi dapat terlaksana tanpa hambatan.

Dalam merencanakan pendistribusian bahan baku, seorang PPIC harus mempertimbangkan faktor-faktor seperti lead time pemasok, kebutuhan produksi, dan persediaan bahan baku yang ada. PPIC harus menentukan waktu yang tepat untuk memesan bahan baku dan memastikan bahwa jumlah yang terpesan sesuai dengan kebutuhan produksi. Staff PPIC juga harus memantau persediaan bahan baku secara teratur untuk memastikan bahwa tidak ada kekurangan atau kelebihan persediaan.

Menangani perkiraan penjualan dan permintaan produk

Seorang PPIC juga memiliki tugas untuk menangani perkiraan penjualan dan permintaan produk. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa perusahaan dapat memproduksi produk dalam jumlah yang sesuai dengan permintaan pasar.  Hal ini bertujuan untuk meminimalkan biaya produksi dan memaksimalkan keuntungan perusahaan.

Dalam menangani perkiraan penjualan dan permintaan produk, seorang PPIC harus melakukan analisis data dan trend penjualan dari masa lalu serta memperhitungkan faktor-faktor seperti perubahan tren pasar, musim, dan peristiwa khusus yang mempengaruhi permintaan. Setelah itu, seorang PPIC harus membuat jadwal produksi yang efektif dan efisien yang dapat memenuhi permintaan pasar. 

Menganalisis dan menangani masalah yang terjadi pada sumber daya produksi

Seorang PPIC juga memiliki tugas untuk menganalisis dan menangani masalah yang terjadi pada sumber daya produksi. Sumber daya produksi termasuk mesin, bahan baku, tenaga kerja, dan peralatan produksi lainnya. Ketika masalah terjadi pada salah satu sumber daya produksi, hal ini dapat mempengaruhi produktivitas dan efisiensi produksi.  Hal ini akan berdampak pada kualitas dan jumlah produk yang dihasilkan.

Seorang PPIC harus mampu menganalisis masalah yang terjadi pada sumber daya produksi dengan cepat dan akurat.  Kemudian staff PPIC juga harus mampu menentukan tindakan yang harus dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dalam hal ini, staff PPIC harus bekerja sama dengan tim produksi, teknisi, dan departemen terkait untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah dengan efisien.

Memberikan data analisis terkait inventaris yang akurat

Seorang PPIC juga memiliki tugas untuk memberikan data analisis terkait inventaris yang akurat. Inventaris atau persediaan barang yang tepat dan akurat adalah kunci penting dalam proses produksi. Staff  PPIC bertanggung jawab untuk memantau stok bahan baku, barang dalam proses, dan barang jadi agar produksi dapat berjalan dengan lancar dan tidak terjadi kekurangan atau kelebihan stok.

Dengan memberikan data analisis terkait inventaris yang akurat, seorang PPIC dapat membantu perusahaan dalam mengurangi biaya persediaan. Kemudian software ini juga dapat meningkatkan efisiensi produksi, dan memenuhi permintaan pasar dengan tepat waktu. Hal ini juga dapat membantu perusahaan untuk mencapai tujuan strategis jangka panjang seperti meningkatkan profitabilitas dan memperkuat posisi di pasar.

Baca juga: Optimalkan Perusahaan dengan Inventory Management Software

Kemudahaan dalam Mengatur Pekerjaan dengan Software PPIC

Software PPIC

Dalam melaksanakan tugasnya, seorang PPIC dapat memanfaatkan software PPIC yang dirancang khusus untuk membantu pengelolaan produksi dan persediaan barang. Software PPIC dapat membantu staff PPIC dalam melakukan perencanaan produksi dan pengendalian persediaan secara lebih efektif dan efisien.

Salah satu manfaat utama dari software PPIC adalah membantu staff PPIC dalam mengumpulkan dan menganalisis data produksi dan persediaan secara real-time. Dengan menggunakan sistem ini, staff PPIC dapat dengan mudah mengakses informasi terkait permintaan pasar, stok barang, dan kapasitas produksi yang tersedia. Informasi ini sangat penting dalam membuat keputusan terkait perencanaan produksi dan pengendalian persediaan.

Software ini juga memberikan kemudahan dalam meningkatkan efisiensi produksi. Kemudian software ini juga dapat mengurangi biaya persediaan, memperkuat hubungan bisnis dengan pelanggan, dan meningkatkan profitabilitas perusahaan.

Keuntungan Penggunaan  Software PPIC untuk Industri Manufaktur

Software PPIC (https://www.total-erp.com/software-manufaktur/)

Dalam era digital seperti sekarang, penggunaan teknologi dalam dunia bisnis menjadi semakin penting. Salah satu teknologi yang dapat membantu perusahaan dalam mengelola produksi dan persediaan barang adalah software PPIC. Dengan menggunakan software PPIC, perusahaan dapat memperoleh keuntungan yang signifikan dalam pengelolaan produksi dan persediaan barang. Berikut beberapa keuntungan dari sistem PPIC untuk perusahaan.

Software PPIC bantu Penjadwalan produksi otomatis 

Salah satu keuntungan utama dari penggunaan software PPIC dalam pengelolaan produksi adalah kemampuan untuk melakukan penjadwalan produksi secara otomatis. Dengan software ini, perusahaan dapat membuat jadwal produksi yang akurat dan tepat waktu dengan hanya beberapa klik mouse. Sistem ini dapat menentukan jadwal produksi yang paling efektif berdasarkan kapasitas produksi yang tersedia, permintaan pasar, dan kebutuhan persediaan barang.

Penjadwalan produksi yang dilakukan secara otomatis dengan software PPIC juga dapat membantu perusahaan dalam mengoptimalkan penggunaan sumber daya produksi dan meningkatkan efisiensi produksi. Dengan software PPIC, perusahaan dapat mengurangi waktu produksi dan biaya produksi yang tidak perlu dengan memperhitungkan faktor-faktor seperti persediaan barang dan permintaan pasar. 

Kemudahan monitor bahan baku dan barang jadi

Keuntungan lain dari penggunaan software PPIC dalam pengelolaan produksi adalah kemampuannya untuk membantu memonitor bahan baku dan barang jadi. Dalam proses produksi, perusahaan perlu memastikan bahwa bahan baku dan barang jadi yang harhatersedia dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi permintaan pasar.

Sistem PPIC dapat membantu perusahaan dalam mengoptimalkan penggunaan bahan baku dan menghindari resiko kekurangan bahan baku. Karena jika itu terjadi dapat dapat mengganggu proses produksi. Dengan memantau persediaan bahan baku secara real-time sehingga dapat menghindari situasi produksi terganggu karena kekurangan bahan baku.

Otomatisasi pemesanan bahan baku dengan software PPIC

Salah satu keuntungan dari penggunaan software PPIC dalam pengelolaan produksi adalah kemampuannya untuk mengotomatisasi pemesanan bahan baku. Dalam proses produksi, perusahaan perlu memastikan bahwa bahan baku tersedia dalam jumlah yang cukup dan tepat waktu untuk memenuhi permintaan produksi. Namun, melakukan pemesanan bahan baku secara manual dapat memakan waktu dan rentan terhadap kesalahan.

Dengan software PPIC, perusahaan dapat mengotomatisasi proses pemesanan bahan baku dengan memantau persediaan bahan baku secara real-time. Jika persediaan bahan baku mendekati batas minimum, software PPIC dapat secara otomatis melakukan pemesanan baru untuk menghindari kekurangan bahan baku dan mengganggu proses produksi.

Maintenance sumber daya secara otomatis dengan software PPIC

Penerapan software PPIC juga memberikan keuntungan dalam hal otomatisasi maintenance sumber daya produksi. Dalam proses produksi, mesin dan peralatan menjadi elemen penting untuk memastikan kelancaran produksi dan kualitas produk yang tercipta. Namun, tanpa perawatan yang tepat, mesin dan peralatan tersebut dapat mengalami kerusakan dan mengganggu proses produksi.

Dengan sistem PPIC, perusahaan dapat mengotomatisasi jadwal maintenance untuk mesin dan peralatan produksi. Data yang terintegrasi dan terbaru dalam software dapat membantu mengidentifikasi saat yang tepat untuk melakukan maintenance dan menghindari kerusakan mesin secara tidak terduga.

Pembuatan laporan inventaris yang lebih akurat

Pengumpulan data inventaris merupakan hal yang penting untuk memastikan ketersediaan bahan baku dan produk jadi dalam produksi. Namun, tanpa software PPIC, pengumpulan data inventaris dapat memakan waktu dan memungkinkan terjadinya kesalahan manusia yang dapat mengakibatkan ketidakakuratan laporan inventaris.

Dengan software PPIC, perusahaan dapat mengumpulkan laporan inventaris secara otomatis dan real-time. Dengan begitu, data yang dihasilkan lebih akurat dan terbaru, sehingga memudahkan pengambilan keputusan terkait produksi dan pengelolaan inventaris.

Baca juga: Ketahui Pentingnya Sistem ERP Manufaktur untuk Efisiensi Produksi

Kesimpulan

Software PPIC memberikan banyak keuntungan bagi tugas seorang PPIC dalam mengelola produksi dan inventaris perusahaan. Dari penjadwalan produksi hingga pengumpulan laporan inventaris, software PPIC dapat membantu dalam mengotomatisasi dan meningkatkan efisiensi tugas-tugas staff PPIC.

Software Manufaktur dari Total ERP dapat menjadi solusi bagi perusahaan Anda. Terdiri dari modul-modul yang mencakup seluruh proses dalam bisnis manufaktur, termasuk proses manufaktur. Hal yang terkait dengan manajemen SDM, manajemen pelanggan, manajemen produksi, manajemen inventaris, manajemen aset, sampai dengan manajemen keuangan.  Dapatkan demo gratis terhadap produk keluaran Total ERP yang akan Anda integrasikan kepada perusahaan nantinya.

Picture of Marshana Vanina
Marshana Vanina

Pencarian

Artikel Lainnya

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini