Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

Sistem Informasi Manufaktur: Pengertian, Fungsi dan Contohnya dalam Bisnis

Picture of Marshana Vanina
Sistem InformasI Manufaktur

Sistem informasi manufaktur pada perusahaan dapat menjadi solusi yang efektif dalam mengelola bisnis dalam bentuk barang atau jasa. Program ini terdiri dari teknologi informasi dan teknologi manufaktur yang dapat membantu dalam mempermudah proses produksi, dan manajemen persediaan. 

Dengan menggunakan manajemen informasi manufaktur, perusahaan dapat mengotomatisasi proses produksi dan manajemen inventaris sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Selain itu, sistem ini juga dapat membantu perusahaan dalam melakukan pengendalian kualitas secara efektif dan mengurangi kesalahan produksi. 

Selain itu, dengan mengadopsi skema informasi manufaktur, perusahaan dapat meningkatkan transparansi bisnis dan mengoptimalkan komunikasi internal dan eksternal. Dengan mempercepat alur kerja, perusahaan dapat meningkatkan kecepatan respons terhadap kebutuhan pelanggan dan memperbaiki pengalaman pelanggan.

Apa Itu Sistem Informasi Manufaktur?

Sistem Informasi Manufaktur (Manufacturing Information System/MIS) adalah sebuah sistem informasi yang berguna untuk membantu perusahaan  dalam mengelola dan mengoptimalkan operasi produksi mereka. Sistem ini menyediakan informasi yang ada pada perusahaan dalam mengambil keputusan bisnis yang lebih tepat dan efektif.

Dengan adanya manajemen informasi manufaktur yang lengkap, perusahaan dapat mengelola produksi, persediaan, kualitas, perencanaan produksi, pengiriman, dan pembelian dengan lebih efektif dan efisien. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan kualitas produk, menekan biaya produksi, dan mempercepat waktu siklus produksi.

Fungsi dan Ruang Lingkup 

Sistem manufaktur adalah sistem produksi yang terdiri dari berbagai aktivitas dan proses untuk mengubah bahan mentah menjadi produk jadi. Fungsi utama dari sistem manufaktur adalah untuk memproduksi barang atau produk jasa dengan biaya yang minimal dan kualitas yang terjamin. Selain itu fungsi manufaktur juga  meliputi perencanaan produksi, pengolahan bahan mentah, kualitas, manajemen persediaan, hingga pengiriman produk ke pasar.

Ruang lingkup dari sistem manufaktur mencakup semua proses dan aktivitas yang terlibat dalam produksi barang atau produk jasa. Oleh karena itu, manufaktur modern, memainkan peran penting dalam mengelola produksi, termasuk penggunaan software informasi manufaktur untuk aktivitas produksi.

Manfaat dari Sistem Informasi Manufaktur

Sistem informasi manufaktur

Sistem Informasi Manufaktur (SIM) memperlihatkan manfaat yang signifikan dalam proses produksi. Oleh karena itu, sistem ini memungkinkan perusahaan mengambil keputusan untuk menganalisis data secara real-time, untuk mengontrol proses produksi dengan efektif. 

SIM memastikan ketersediaan bahan baku cukup untuk memenuhi permintaan pasar dan memperhitungkan faktor waktu dan biaya untuk menghasilkan produk berkualitas. Dalam hal ini, SIM memainkan peran penting dalam membantu perusahaan memaksimalkan efisiensi produksi dan memperbaiki margin keuntungan mereka.

Terakhir, SIM memungkinkan perusahaan untuk menggunakan teknologi canggih seperti sensor dan IoT untuk mengoptimalkan penggunaan mesin dan peralatan. SIM membantu dalam memperbaiki efisiensi produksi dan mengurangi waktu henti mesin yang tidak terencana. Dalam hal ini, SIM membantu perusahaan dalam menghemat biaya produksi dan memperbaiki efisiensi keseluruhan operasi perusahaan.

Subsistem Input dalam Sistem Informasi Manufaktur

sistem informasi manufaktur

Subsistem Input dalam Sistem Informasi Manufaktur (SIM) adalah salah satu komponen kunci dari manajemen tersebut.  Input bertanggung jawab untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber dalam proses manufaktur, termasuk dari mesin produksi, staf produksi, sistem manajemen inventaris, dan sistem manajemen pesanan pelanggan.

Dalam subsistem input, data dan informasi yang diperoleh dari berbagai sumber akan diubah menjadi format yang dapat diproses oleh sistem SIM. Misalnya, data dan informasi dari mesin produksi diubah menjadi format digital untuk memungkinkan SIM untuk memproses dan menganalisis data secara efisien.

Subsistem input juga memastikan bahwa data dan informasi yang diterima oleh sistem SIM akurat, lengkap, dan relevan. Oleh karena itu, subsistem input memainkan peran penting dalam memastikan bahwa sistem SIM memiliki data dan informasi yang akurat dan dapat terpercaya untuk membantu pengambilan keputusan yang lebih baik dalam berbagai aspek manufaktur.

Subsistem Output dalam Sistem Informasi Manufaktur

Sistem informasi manufakgtur

Subsistem output adalah komponen penting berguna untuk menampilkan hasil dari pemrosesan dan analisis data yang ter optimize oleh sistem SIM. Output mengambil hasil data dari sistem SIM dan menampilkan informasi dalam bentuk yang berguna bagi pengguna sistem.

Subsistem output menghasilkan berbagai jenis laporan dan informasi, seperti laporan produksi harian, laporan inventaris, laporan biaya produksi, dan lain sebagainya. Informasi ini dapat ditampilkan dalam bentuk tabel, grafik, diagram, dan lain sebagainya, yang memudahkan pengguna untuk memahami informasi yang ada.

Selain itu, subsistem output juga memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi secara real-time. Misalnya, dengan menggunakan dashboard interaktif, pengguna dapat memantau proses produksi secara langsung dan menanggapi perubahan kondisi dengan cepat. Ini memungkinkan perusahaan untuk lebih responsif terhadap perubahan kondisi pasar dan mengambil keputusan yang lebih cepat dan efektif.

Kesimpulan

Dalam bisnis manufaktur, Sistem Informasi Manufaktur (SIM) menjadi semakin penting sebagai alat yang membantu perusahaan dalam mengoptimalkan operasi produksi mereka. SIM memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan, memproses, dan menganalisis data dan informasi yang berkaitan dengan produksi, inventaris, dan manajemen pesanan pelanggan.

Pentingnya SIM terlihat dari manfaat yang ditawarkannya untuk perusahaan manufaktur. Oleh karena itu, perusahaan dapat mengurangi biaya produksi, meningkatkan efisiensi produksi, mengoptimalkan manajemen inventaris, dan mempercepat pengambilan keputusan. Selain itu juga memungkinkan perusahaan memantau kinerja produksi secara real-time, memperoleh informasi akurat, dan membuat keputusan yang tepat waktu.

Dengan Total ERP, perusahaan manufaktur memperoleh keuntungan yang signifikan, mempercepat waktu siklus produksi, mengurangi biaya produksi, dan meningkatkan pengalaman pelanggan. Oleh karena itu, Total ERP membantu perusahaan manufaktur untuk bersaing di pasar dan mempertahankan posisinya di industri manufaktur yang sangat kompetitif. Selain itu, Total ERP juga menyediakan modul lain, seperti, software konstruksi, software HR, dan masih banyak lagi. Jadwalkan demo gratis software Total ERP sekarang!

Picture of Marshana Vanina

Marshana Vanina

Pencarian

Berita Terbaru

lorem ipsum dolor

Berita Terpopuler

lorem ipsum dolor

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini

Customer Service

Novita
Balasan dalam 1 menit

Novita
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
6281222849188
×
Dapatkan Demo Gratis!