Icon EQUIP

Novita
Balasan dalam 1 menit

Novita
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
6281222849188
×

Novita

Active Now

Novita

Active Now

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

12 Software Manufaktur Terbaik bagi Bisnis di Indonesia 2024

Picture of Marshana Vanina
software manufaktur

Dengan pertumbuhan industri manufaktur, persaingan bisnis semakin ketat. Banyak aspek dalam proses produksi harus dikontrol dan dipantau untuk memastikan kualitas produk. Salah satu cara agar terus berkembang adalah dengan menggunakan software manufaktur untuk mengotomatisasi proses pabrik.

Software manufaktur adalah aplikasi yang berperan dalam proses pengelolaan produksi pabrik. Program ini memastikan produksi berjalan tepat waktu, efisien dalam biaya, dan memungkinkan pemantauan produksi secara menyeluruh dan real-time. Ini seperti Anda memiliki asisten pribadi yang tidak kenal lelah, produktif, dan presisi.

Namun, dari banyaknya vendor software pabrik manufaktur di Indonesia, sistem mana yang paling sesuai untuk Anda?

Artikel berikut akan memberikan 12 rekomendasi software manufaktur terbaik beserta fitur dan kelebihannya kepada Anda. Simak hingga akhir untuk mengetahui tips agar tidak salah dalam memilih software-nya.

Daftar Isi

Apa itu Software Manufaktur dan Manfaatnya untuk Bisnis?

Software Manufaktur adalah sebuah sistem yang dirancang khusus untuk mendukung berbagai proses produksi di dalam perusahaan atau pabrik. Sistem ini sangat penting bagi perusahaan karena menawarkan berbagai manfaat penting yang dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Manfaat aplikasi manufaktur untuk bisnis antara lain:

  1. Efisiensi Operasional Bisnis: Software manufaktur bisa mengeliminasi proses produksi, pengelolaan inventaris, dan pengiriman produk yang tidak efisien. Akibatnya, barang dapat sampai ke tangan konsumen dengan cepat.
  2. Hemat Biaya dan Mengurangi Risiko Kerugian: Software manufaktur dapat mengurangi pemborosan, contohnya biaya akibat overproduction, kelebihan stok, dan mengurangi biaya dari proses produksi yang tidak efisien.
  3. Memudahkan Komunikasi: Memudahkan Anda dalam mendistribusikan tugas kepada tim melalui satu platform yang terintegrasi.
  4. Memudahkan Pemeliharaan dan Pengelolaan Aset: Anda akan tahu kapan mesin butuh perbaikan dan perawatan. Hal ini mencegah Anda dari kerugian akibat terhambatnya proses produksi di bisnis manufaktur.
  5. Pemenuhan terhadap Standar Kualitas Industri: Aplikasi manufaktur memastikan bahwa setiap tahap produksi dan produk akhir memenuhi standar kuaitas yang ditetapkan. Hal ini dicapai melalui pemantauan dan kontrol kualitas produk secara menyeluruh.

12 Rekomendasi Software Manufaktur Terbaik di Indonesia

Berikut adalah 12 rekomendasi software manufaktur terbaik untuk bisnis di Indonesia tahun 2024 beserta fitur, kelebihan, dan kekurangannya masing-masing.

Pertimbangkanlah fitur-fitur yang ada dengan kebutuhan perusahaan Anda. Jangan sampai Anda membeli suatu produk, tanpa riset mendalam. Mari kita mulai pembahasannya.

1. Software Manufaktur Total ERP

software manufaktur total

Software manufaktur dari Total adalah solusi sistem terbaik untuk meningkatkan produktivitas produksi pabrik di Indonesia. Sistem manufaktur dari Total memungkinkan Anda untuk mengakses data yang ada dimanapun dan kapanpun secara otomatis, aman, real-time, dan akurat.

Fitur-fitur canggih Total tidak hanya menjanjikan efisiensi, tetapi juga memberikan keunggulan kompetitif yang signifikan bagi perusahaan. Anda bisa mengambil keputusan yang cerdas dan akurat berdasarkan informasi real-time. Selain itu, sistem juga memfasilitasi kolaborasi antar departemen serta mengelola inventaris dan aset secara terpadu.  

Jika Anda, ingin merasakan langsung fitur dari Total, daftarkan demo gratis segera dan Anda dapat mencoba sistem manufaktur tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.

Beberapa fitur unggulan lainnya dari Aplikasi manufaktur Total adalah sebagai berikut:

  • Kiosk Mode: Memudahkan Anda memantau floor production dalam pabrik selama masa produksi atau operasional berlangsung.
  • Manufacturing production scheduling: Fitur ini membuat Anda mampu merencanakan proses produksi dengan mengatur sumber daya serta mesin mana yang bekerja. Hal ini menjadikan proses produksi berjalan sesuai rencana dengan kesalahan minimal.
  • Secret recipe / BoM (Bill of Materials): Anda bebas menentukan resep dalam membuat suatu barang. Mesin akan segera memproses resep yang ada dengan cermat dan Anda akan langsung menerima hasil jadinya,
  • Multilevel BoM: Menggunakan fitur ini, Anda akan mudah membuat suatu produk dengan rancangan yang terperinci, bersama dengan biaya yang dibutuhkan. Anda akan mengetahui jumlah hasil produk dari penggunaan sejumlah bahan baku di gudang.
Kelebihan Kekurangan
Pemantauan real-time dan mudah Anda akses kapan saja dan dimana saja Waktu implementasi sistemnya beragam sesuai dengan pilihan fitur yang Anda sesuaikan dengan kebutuhan bisnis
Anda bisa menambah user sistem tanpa biaya tambahan
Mampu memprediksi permintaan pasar di masa depan dengan fitur yang ada
Optimalkan hasil produksi dengan mengolah sisa bahan baku yang masih layak proses

2. Oracle

oracle program manufaktur

Oracle menyediakan layanan software manufaktur yang menggunakan sistem cloud dengan fitur yang berfungsi meningkatkan kemampuan eksekusi, sinkronisasi data, dan kemudahan melacak biaya. Dengan kombinasi Internet of Things (IoT) dan analisis data, software pabrik dari Oracle memungkinkan perusahaan manufaktur untuk mengambil keputusan yang lebih tepat dan mempertahankan keunggulan kompetitif di era digital ini.

Kelebihan Kekurangan
Integrasinya memadai dengan sistem lain Sistemnya kompleks dengan fitur atau tampilan outdated
Memiliki Internet of things (IoT) Kurang dukungan teknis
Memiliki alat analisis dan sistemnya Proses implementasinya terhitung lambat

3. Aplikasi Manufaktur HashMicro 

hashmicro manufacturing software

Software manufaktur dari HashMicro berbasis cloud yang mana membuat seluruh aspek operasional dapat terakses secara real-time. Salah satu fitur yang menjadi unggulan dari HashMicro adalah fitur manufacturing order yang memungkinkan perusahaan untuk mengatur dan memantau seluruh proses produksi secara lebih terstruktur dan terorganisir. Fitur ini dapat membuat daftar produksi yang mencakup daftar bahan mentah, jumlah produksi, dan waktu yang perlu untuk menyelesaikan produksi.

HashMicro juga memberikan tawaran demo gratis apabila Anda ingin mencoba mengoperasionalkan aplikasi manufakturnya secara langsung. Namun, ada kekurangan terkait vendor ini yang harus Anda pertimbangkan.

Kelebihan Kekurangan
Modul dan fiturnya sangat lengkap, sehingga bisa Anda terapkan di berbagai kebutuhan bisnis Fiturnya yang bervariasi menjadikan sistem perlu waktu implementasi yang berbeda-beda sesuai kebutuhan bisnis Anda
User interface yang mudah dipahami
Bebas tambah user tanpa biaya tambahan

4. Equip

software pabrik manufaktur equip

Equip adalah penyedia layanan software pabrik untuk industri manufaktur lainnya. Software ini memiliki fitur unggulan estimasi persediaan barang yang dapat memprediksi kebutuhan stok ideal dalam waktu dekat. Berdasarkan produksi yang terjadwal, histori produksi, dan permintaan pasar, perusahaan dapat mengestimasi persediaan barang untuk memenuhi kebutuhan produksi dan permintaan pasar.

Fitur estimasi persediaan barang pada Equip juga dilengkapi dengan dashboard yang intuitif, menarik, dan mudah Anda pahami. Perusahaan akan mudah memantau persediaan barang dan memperoleh informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan mudah.

Kelebihan Kekurangan
Skalabilitas software ini bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan bisnis Jika kebutuhan bisnis Anda semakin kompleks, maka butuh waktu untuk menerapkan sistem ini
Pemantauan real-time yang akurat
Menyediakan alat analisis yang mendalam

5. Software Produksi Manufaktur SAP

software produksi manufaktur sap

Aplikasi SAP menawarkan integrasi sistem dengan perangkat keras Industrial Internet of Things (IIoT). SAP manufacturing software ini cocok untuk perusahaan manufaktur dan otomotif karena memberikan visibilitas detail terhadap proses produksi di perusahaan.

Software manufaktur SAP memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang tersaji dalam tabel berikut. Anda bisa menjadikannya pertimbangan sebelum membeli aplikasi manufaktur dari SAP.

Kelebihan Kekurangan
Visibilitas real-time Biaya lisensi dan implementasinya sangat tinggi, sehingga ROI berlangsung lama
Bisa melacak produk secara otomatis Perusahaan berbasis di luar negeri, sehingga Anda akan sulit berkomunikasi dengan tim
Sistemnya saling terintegrasi Fiturnya susah Anda operasikan karena bersifat kompleks

6. Aplikasi Manufaktur QT9

aplikasi manufaktur qt9

QT9 ERP adalah sebuah platform manufaktur yang dirancang untuk mendukung perusahaan dalam mengelola berbagai aspek, termasuk keuangan, penjualan, pembelian, stok, produksi, dan aspek lainnya. Dengan aplikasi manufaktur QT9 ERP, proses manufaktur seperti pembuatan tagihan, penyusunan penawaran, alokasi sumber daya, dan pengiriman dapat diotomatisasi untuk meningkatkan efisiensi operasional.

Kelebihan Kekurangan
Mengotomasi proses manufaktur dan administrasi Butuh training lama jika Anda ingin mengoperasikannya tanpa tenaga asli
Memiliki modul manajemen proyek dan risiko Sistem sulit dipelajari dan dioperasikan
Tampilannya masih outdated

7. Program Manufaktur Koneksi

program manufaktur koneksi Sistem yang terintegrasi dari Koneksi memungkinkan Anda mengakses aplikasi manufaktur dari mana saja dan kapan saja. Aplikasi ini membantu Anda untuk meningkatkan aspek bisnis dari produksi hingga distribusi.

Fitur-fitur Koneksi lainnya, meliputi pemantauan stok gudang, akses cloud, analisis produk yang akurat, dan dashboard yang mudah Anda pahami dan gunakan. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari software erp manufaktur Koneksi.

Kelebihan Kekurangan
Pencatatan biaya produksi dan operasionalnya sudah otomatis Antrean demo gratisnya bisa cukup lama
Memantau kapasitas stok secara real-time
Berbasis cloud

8.  Software Pabrik Aptean Ross ERP

software pabrik aptean ross erp

Sistem ini menyajikan solusi terkait manajemen produksi, biaya, dan kontrol kualitas. Program ini menawarkan kemampuan untuk mengawasi inventaris secara real-time serta melacak keseluruhan rantai pasokan dengan detail, didukung oleh layanan profesional yang terpercaya.

Meskipun demikian, opsi uji coba gratis dan keterbatasan dukungan untuk API mungkin menjadi pertimbangan bagi perusahaan manufaktur yang menginginkan fleksibilitas lebih dalam pilihan aplikasi manufaktur mereka.

Kelebihan Kekurangan
Visibilitasnya real-time Tidak ada uji coba gratis
Jejak rantai pasok cukup lengkap Tidak ada dukungan API
Dukungan platform masih terbatas

9. Microsoft Dynamics Manufacturing Software

Microsoft dynamics software manufaktur

Aplikasi Manufaktur dari Microsoft Dynamics 365 menawarkan perencanaan keuangan, inventaris, penjualan, pengiriman, dan manajemen layanan yang komprehensif. Software ini memungkinkan pengguna untuk mengadopsi teknologi kecerdasan buatan (AI) dan Internet of Things (IoT) untuk meningkatkan efisiensi operasional sejalan dengan pertumbuhan bisnis mereka.

Kelebihan Kekurangan
Integrasi sistemnya kuat Butuh waktu lama untuk mengimplementasikan sistem ini
Memiliki data analitik otomatis Sulit untuk Anda kustomisasi
Biaya support yang tinggi untuk troubleshooting

10. Epicor Manufacturing Software

epicor manufacturing software

Aplikasi manufaktur ini terbilang efektif dalam menyederhanakan proses bisnis. Epicor menyediakan solusi manufaktur baik on-premise, maupun cloud. Aplikasi ini mengatasi tantangan dengan menyediakan fitur perencanaan produksi, mulai dari mesin yang harus beroperasi dan target hasil. Terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan terkait dengan Epicor Manufacturing Software, antara lain:

Kelebihan Kekurangan
Pengelolaan data pelanggan dari sistem ini terhitung baik dan memadai Tidak ada demo gratis, sehingga perusahaan akan sulit mengetahui gambaran penggunaan aplikasi ini kedepannya
Memiliki fitur perencanaan yang mendukung operasional distribusi perusahaan Sulit menyesuaikan dengan regulasi lokal karena berbasis di luar negeri
Anda akan sulit mengontrol produksi karena Epicor Kinetic berfokus pada distribusi

11. Software Produksi Manufaktur Katana

software produksi manufaktur Katana

Katana merupakan aplikasi manufaktur berbasis cloud untuk perusahaan skala kecil dan menengah. Berbagai modul dalam software pabrik Katana memungkinkan perencanaan produksi, persediaan, pesanan, dan pembelian.

Fitur utama yang disediakan oleh Katana mencakup perencanaan dan penjadwalan produksi, pengelolaan persediaan dengan kontrol real-time, manajemen pesanan penjualan terpusat, dan integrasi dengan beberapa platform lainnya.

Kelebihan Kekurangan
Integrasi sistemnya baik Perlu banyak waktu dalam implementasi sistemnya
Memiliki fitur laporan otomatis Merupakan perusahaan dari luar negeri yang memungkinkan pebisnis lokal susah menyesuaikan dengan regulasi bisnis di Indonesia

12.  Deskera MRP

deskera mrp

Deskera membantu pengusaha manufaktur di Indonesia dalam merancang dan mengelola proses produksi mereka. Ini meliputi segala sesuatu mulai dari perencanaan dan penjadwalan produksi.

Dengan software produksi dari Deskera, produsen dapat melakukan perkiraan kebutuhan bahan baku, memantau kualitas mesin, dan mengotomatisasi jadwal pemeliharaan. Selain itu, solusi ini juga memungkinkan pengelolaan work center untuk satu atau beberapa mesin serupa.

Kelebihan Kekurangan
Fitur perencanaan Deskera tergolong baik Dengan harga yang ditawarkan, sistemnya masih terbilang tidak lengkap dan butuh peningkatan
Bisa melacak persediaan secara akurat Butuh biaya tambahan untuk fitur dan pelatihan penggunaan

Jenis Software Manufaktur Untuk Perusahaan

Ada empat jenis software manufaktur yang perlu Anda ketahui. Keempat jenis ini berbeda berdasarkan cakupan dan cara kerjanya. Berikut adalah deskripsinya.

  • ERP (Enterprise Resource Planning): Software ini mengintegrasikan berbagai fungsi bisnis, mulai dari manufaktur, customer relationship, perencanaan produksi, inventaris, pengadaan barang, hingga akuntansi. Terlihat kompleks, namun vendor ERP terbaik akan bisa menghadirkan pengalaman pengguna yang nyaman dan optimal.
  • CMMS (Computerized Maintenance Management System): CMMS berfokus pada pemeliharaan aset perusahaan melalui sistem komputer. Dampaknya, pemanfaatan mesin, kendaraan, dan infrastruktur perusahaan bisa maksimal dan mendatangkan untung.
  • MES (Manufacturing Execution System): Meskipun mencakup wilayah manufaktur, software ini hanya berfokus bagaimana proses bisnis dieksekusi di lapangan.
  • EAM (Enterprise Asset Management): Software ini membantu perusahaan mengelola aset dan atau peralatan perusahaan secara berkala dan terencana. Ini membuat aset yang Anda miliki dapat bertahan lama dengan performa baik.

Tips Memilih Software Manufaktur yang Cocok bagi Bisnis Anda

Panduan memilih software manufaktur yang tepat sangatlah penting untuk memastikan keberhasilan dalam menjalankan bisnis manufaktur. Berikut adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan:

  1. Kemampuan Real-Time Monitoring: Pastikan software dapat mengelola dan memonitor produksi secara real-time untuk memaksimalkan efisiensi dan mengurangi biaya produksi.
  2. Integrasi dengan Sistem Lain: Pilih software yang dapat terintegrasi dengan sistem-sistem lain seperti ERP dan CRM untuk memudahkan manajemen data dan operasional.
  3. Keamanan Data dan Privasi: Prioritaskan software yang menawarkan keamanan data dan privasi pengguna untuk melindungi informasi sensitif perusahaan.
  4. Kustomisasi: Pastikan software dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik perusahaan Anda, sehingga dapat mendukung berbagai proses dan alur kerja yang unik.
  5. Evaluasi: Lakukan evaluasi yang cermat dan teliti terhadap berbagai opsi software yang tersedia. Pertimbangkan semua faktor sebelum membuat keputusan akhir.

Dengan memperhatikan semua faktor tersebut, perusahaan dapat memilih software manufaktur yang tepat untuk mengoptimalkan kinerja produksi dan meningkatkan efisiensi bisnis.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, software manufaktur memiliki peran yang sangat penting dalam industri modern. Dengan menerapkannya, perusahaan manufaktur dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam produksi dan pengelolaan inventaris. Sistem manufaktur juga dapat membantu perusahaan dalam mengoptimalkan penggunaan sumber daya dan merencanakan jadwal produksi yang lebih efektif.

Software Manufaktur dari Total ERP dapat menjadi solusi bagi industri manufaktur Anda. Dengan bantuan sistem ini perusahaan dapat mengelola seluruh proses produksi mulai dari perencanaan, pengadaan bahan baku, produksi, hingga pengiriman produk kepada pelanggan. Selain itu, software ini juga dilengkapi dengan fitur pelacakan inventaris dan manajemen kualitas produk yang dapat membantu perusahaan mengidentifikasi masalah dan meningkatkan kualitas produk. Apabila Anda tertarik, Anda dapat mencoba demo gratis di sini.

Picture of Marshana Vanina
Marshana Vanina

Pencarian

Artikel Lainnya

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini