Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

Aplikasi Pengelola Keuangan: Kunci Manajemen Keuangan Bisnis

Anatha Ginting
Aplikasi Pengelola Keuangan

Penting bagi sebuah perusahaan untuk memiliki manajemen keuangan yang baik agar mendukung kelancaran proses operasionalnya. Dengan keuangan yang stabil, perusahaan akan lebih mudah dalam menentukan anggaran dan budget untuk bisnisnya. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang mulai beralih kepada solusi otomatis untuk membantu mengelola keuangan mereka. Salah satu solusi otomatis ini adalah aplikasi pengelola keuangan.

 

Aplikasi pengelola keuangan akan secara otomatis mengelola aspek keuangan perusahaan mulai dari manajemen keuangan, perkiraan arus kas, hingga laporan keuangan. Dengan menggunakan sistem akuntansi ini, perusahaan Anda akan memiliki keunggulan dalam mengelola keuangan dan meminimalisir kesalahan. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait aplikasi ini, simak artikel ini.

Fungsi dari Aplikasi Pengelola Keuangan

Ketika akan membuat suatu keputusan, pelaku bisnis tentu akan mempertimbangkan kondisi keuangan dari perusahaan nya. Hal ini karena kondisi keuangan bisa menjadi faktor penentu apakah bisnis Anda akan mencapai tujuan yang ada. Maka dari itu, Anda bisa menggunakan aplikasi pengelola keuangan yang akan membantu mengotomatisasi proses pengelolaan finansial perusahaan.

 

Aplikasi ini sendiri memiliki berbagai fungsi yang akan membantu perusahaan Anda. Baik dari proses seperti rekonsiliasi bank, perhitungan akrual dan amortisasi, serta perkiraan arus kas, semua ini akan aplikasi proses secara otomatis. Dengan bantuan aplikasi, efisiensi dan produktivitas perusahaan akan meningkat, dan meminimalisir risiko terjadi kesalahan.

 

Fitur-fitur dari Aplikasi Pengelola Keuangan Bisnis

 

Aplikasi Pengelola Keuangan

 

Ketika akan menggunakan aplikasi keuangan ini tentu Anda perlu mengerti cara perangkat lunak ini bekerja. Software keuangan ini memiliki fitur penting yang akan membantu mempercepat seluruh proses manajemen keuangan. Berikut merupakan fitur dari aplikasi pengelola keuangan bisnis yang perlu Anda ketahui:

 

1. Manajemen anggaran keuangan

Pengelolaan anggaran keuangan harus perusahaan lakukan dengan cermat agar menghindari pengeluaran yang berlebihan. Dengan menggunakan manajemen anggaran keuangan, perusahaan bisa dengan mudah mengalokasi anggaran sesuai dengan kebutuhan bisnis. Selain itu Anda bisa mengatur approval matrix sesuai dengan anggaran yang tersedia. Dengan demikian, pengaturan anggaran perusahaan akan menjadi lebih terarah dan efisien.

 

2. Dasbor keuangan 

Dalam proses manajemen keuangan, tentu perlu untuk terdapat pengawasan agar mengetahui seluruh perkembangan yang ada. Salah satu fitur yang aplikasi pengelola keuangan sediakan yaitu fitur dasbor keuangan. Melalui fitur ini Anda bisa mengetahui kondisi keuangan seperti pendapatan, saldo kas, accounts payable, dan lainnya. Dengan itu, Anda akan mendapatkan informasi terbaru terkait keadaan keuangan melalui satu platform sentral.

 

3. Rekonsiliasi bank

Rekonsiliasi bank adalah proses penting untuk memastikan akurasi dari data finansial. Untuk itu, perusahaan membutuhkan rekonsiliasi bank yang cepat untuk mempermudah proses operasional. Dengan menggunakan aplikasi pengelola keuangan, sistem akan membantu Anda melakukan impor dan merekonsiliasi transaksi bank secara otomatis. Tidak hanya itu, keamanan transaksi akan terjamin karena Anda memiliki kuasa sepenuhnya akan sistem.

 

4. Prakiraan arus kas 

Arus kas adalah salah satu aspek utama dalam manajemen keuangan yang akan membantu Anda membuat keputusan bisnis yang baik. Oleh karena itu, penting untuk memantau arus kas dengan akurat agar bisnis tidak mengalami kerugian. Fitur cash flow forecasting pada aplikasi pengelola keuangan bisa membantu mempermudah pemantauan arus kas.

 

Fitur prakiraan arus kas akan membantu mendapatkan laporan yang akurat terkait dengan pendapatan dan pengeluaran pada periode tertentu. Prakiraan ini akan sistem susun berdasarkan data yang ada, sehingga hasilnya menjadi lebih akurat. Selain itu, fitur ini bisa membantu Anda menentukan pengeluaran yang perlu untuk Anda prioritaskan.

 

5. Akrual dan amortisasi

Masih banyak perusahaan yang menggunakan cara manual untuk mencatat keuangan dan aspek finansial untuk menghemat biaya. Namun nyatanya, hal tersebut akan merugikan perusahaan jika terjadi kesalahan dan akan memakan waktu yang banyak. Aplikasi akuntansi yang memiliki fitur akrual dan amortisasi akan membantu Anda mengelola keuangan lebih akurat dan efisien.

 

Fitur tersebut berfungsi secara otomatis menghitung akrual dan amortisasi, sehingga kemungkinan kesalahan dapat sistem tekan. Dengan pencatatan secara otomatis, bisnis Anda bisa berjalan lebih efektif dan efisien. Selain mengurangi human error, penghematan biaya operasional untuk jangka waktu yang lama juga bisa Anda capai.

 

6. Laporan keuangan yang komprehensif

Laporan keuangan yang akurat tentu akan membantu perusahaan dalam membuat keputusan bisnis yang tepat. Untuk itu, laporan yang dibuat harus secara komprehensif dan tepat sesuai dengan data yang ada. Dengan laporan yang sistem buat secara otomatis, perusahaan Anda akan mendapatkan informasi keuangan yang akurat dan lengkap, yang kemudian akan membantu dalam pembuatan laporan.

 

Manfaat Aplikasi Pengelola Keuangan 

 

Aplikasi Pengelola Keuangan

 

Penerapan dari aplikasi pengelola keuangan mampu memberikan banyak manfaat bagi perkembangan perusahaan Anda. salah satu manfaat dari aplikasi ini yaitu akan menghemat waktu saat melakukan proses akuntansi seperti pembukuan. Hal ini tentu akan membantu perusahaan, karena berbeda dengan menggunakan cara manual yang menghabiskan banyak waktu, dengan sistem ini proses akuntansi akan menjadi lebih efisien dan memiliki tingkat akurasi yang tinggi. 

 

Karena aplikasi akuntansi ini bisa memberikan informasi secara real-time, maka hal ini akan berguna untuk bisnis Anda. aplikasi akan memberikan informasi yang akurat dan tepat sehingga ketika Anda akan membuat keputusan bisnis, keputusan tersebut menjadi pilihan paling tepat untuk perusahaan. 

 

Kesimpulan 

Aplikasi pengelola keuangan terbukti memiliki banyak manfaat untuk mengelola keuangan bisnis perusahaan. Dengan menggunakan aplikasi ini, seluruh proses keuangan perusahaan akan menjadi lebih efisien dan meningkat akurasi data nya. Selain itu, dari data dan laporan yang telah sistem buat, keputusan yang perusahaan akan ambil menjadi lebih baik berkat bantuan dari data yang tersedia.

 

Oleh karena itu, aplikasi ini menjadi salah satu solusi terbaik untuk perusahaan yang ingin meningkatkan manajemen keuangan nya. Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan yaitu Software Akuntansi milik Total. Aplikasi total sendiri bisa membantu mencatat transaksi secara otomatis dan mempermudah akses informasi keuangan yang ada.

Anatha Ginting

Anatha Ginting

Pencarian

Berita Terbaru

lorem ipsum dolor

Berita Terpopuler

lorem ipsum dolor

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini

Customer Service

Customer Service
Balasan dalam 1 menit

Customer Service
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
6281222849188
×
Dapatkan Demo Gratis!