Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

Langkah Implementasi CRM untuk Bisnis Anda! Beserta Tipsnya

Picture of Ginta Anathia
langkah implementasi crm

CRM, singkatan dari Customer Relationship Management, adalah istilah yang menjadi terkenal selama dekade terakhir, meskipun penerapannya telah dianut oleh banyak perusahaan selama beberapa waktu.

Terlepas dari kepopulerannya, beberapa orang mungkin tidak terbiasa dengan konsep ini. Namun, penerapan CRM dapat menawarkan solusi bagi bisnis yang menghadapi stagnasi, membantu merevitalisasi operasi mereka.

Faktanya, CRM sales dapat digunakan sejak awal bisnis, memungkinkan pertumbuhan yang cepat dan berkelanjutan.

Khususnya, manfaatnya tidak terbatas pada perusahaan besar; bahkan usaha kecil dan menengah dapat mengalami percepatan kemajuan dengan mengadopsi strategi ini.

Artikel ini akan membahas mengenai langkah implementasi CRM, beserta dengan tips yang dapat mempengaruhi suksesnya langkah implementasi CRM.

Mengapa Implementasi CRM Penting bagi Bisnis?

langkah implementasi crm

Menerapkan CRM sangat penting untuk bisnis karena memungkinkan manajemen yang efisien dan otomatisasi aspek-aspek tertentu dalam bisnis, yang mengarah ke proses yang disederhanakan dan dioptimalkan.

Cakupan implementasi CRM sangat luas, mencakup seluruh spektrum operasi bisnis, mulai dari proses penjualan dan kampanye pemasaran hingga analisis bisnis dan manajemen data pelanggan.

Inti dari implementasi CRM terletak pada membina hubungan pelanggan-bisnis yang kuat. Pendekatan ini menumbuhkan loyalitas pelanggan, memperkuat ikatan antara klien dan bisnis.

Selain itu, tiga tujuan utama penerapan CRM patut diperhatikan:

  1. Membantu memperoleh pelanggan baru dan meningkatkan penjualan dengan memfasilitasi konversi prospek menjadi pelanggan setia,
  2. Meningkatkan kualitas hubungan pelanggan yang ada,
  3. Mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggan lama.

Pada akhirnya, CRM berfungsi sebagai katalis untuk pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis dengan mendorong penjualan, memperdalam hubungan pelanggan, dan meningkatkan loyalitas pelanggan. 

Otomasi dan integrasi fungsi bisnis utama tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional tetapi juga memberdayakan bisnis untuk memenuhi permintaan klien mereka yang terus berkembang dengan cara yang lebih personal dan efektif.

Langkah Implementasi CRM pada Bisnis

Dengan memastikan Anda telah mempraktikkan langkah implementasi CRM dengan tepat, Anda dapat memaksimalkan penggunaan CRM bagi bisnis Anda.

Berikut adalah langkah implementasi CRM pada bisnis yang benar.

1. Identifikasi pelanggan

langkah implementasi crm

Tahap awal dikenal sebagai identifikasi pelanggan. Pada tahap ini, perusahaan harus merumuskan secara rinci dan khusus, profil dari calon pelanggan mereka.

Merumuskan profil pelanggan secara khusus akan memberikan kontribusi besar bagi perusahaan dalam melaksanakan strategi promosi dengan lebih lancar, cepat, dan efisien. 

Promosi dapat dijalankan secara massal namun tetap terarah dengan presisi. Pendekatan ini akan berdampak positif terhadap anggaran perusahaan, menghindarkan strategi promosi yang terlalu umum.

Sebagai contoh, bagi perusahaan yang menyediakan layanan kartu kredit, lebih bijaksana untuk tidak hanya mempromosikan produk kepada semua orang. Namun, akan lebih menguntungkan untuk menawarkan produk secara langsung kepada kelompok klien yang dituju. Kelompok ini dapat memiliki kriteria spesifik seperti rentang usia, jenis kelamin, minat, pendapatan, dan lainnya.

2. Akuisisi pelanggan

Langkah kedua dalam implementasi CRM pada bisnis adalah akuisisi pelanggan. Proses ini bertujuan untuk mengubah calon pelanggan menjadi pelanggan aktif melalui strategi dan teknik penjualan yang tepat.

Dalam menghadapi tahap ini, penting bagi perusahaan untuk mengarahkan upaya mereka dalam melatih tim penjualan, agar mampu mengajak calon pelanggan untuk melakukan pembelian pertama.

Salah satu pendekatan umum yang banyak digunakan oleh perusahaan adalah memberikan “trial” kepada calon pelanggan. Trial ini dapat berupa peluang untuk mencoba layanan atau produk secara gratis dan terbatas.

Dengan memberikan pengalaman langsung kepada calon pelanggan, perusahaan dapat membangun interaksi awal yang positif, mendorong mereka untuk menjelajahi lebih lanjut.

Selain itu, strategi lain yang efektif adalah memberikan insentif seperti bonus atau diskon pada transaksi pertama. Pengalaman pertama ini memiliki dampak besar, karena dapat membentuk impresi jangka panjang di benak pelanggan.

3. Retensi pelanggan

Setelah pelanggan melakukan beberapa transaksi dengan perusahaan, penting untuk menjaga kesetiaan mereka.

Proses ini dikenal sebagai retensi pelanggan, yang merupakan usaha untuk mempertahankan interaksi dan transaksi berkelanjutan dengan pelanggan.

Tidak hanya mempertahankan hubungan, retensi pelanggan juga bertujuan untuk mendorong pelanggan meningkatkan volume dan frekuensi transaksi mereka dengan perusahaan.

Salah satu metode yang paling signifikan dan umum digunakan untuk menjaga retensi pelanggan adalah dengan memberikan layanan purna jual yang memuaskan.

Hal ini mencerminkan transformasi paradigma tentang pelanggan dari sekadar alat penghasil keuntungan menjadi mitra yang saling menguntungkan.

4. Pengembangan pelanggan

langkah implementasi crm

Pada tahap keempat implementasi CRM dalam bisnis, fokus beralih ke pengembangan pelanggan.

Pelanggan yang telah melakukan transaksi berulang dengan perusahaan merupakan indikator kepuasan pelanggan. Mereka dapat menjadi bagian dari program pengembangan pelanggan yang mengemuka sebagai langkah selanjutnya.

Oleh karena itu, penting untuk mengidentifikasi pelanggan yang dapat memberikan kontribusi signifikan kepada perusahaan. Pelanggan semacam ini memiliki potensi untuk menjadi mitra bisnis, yang nantinya dapat berkolaborasi dalam mempromosikan produk atau layanan perusahaan.

Dalam konteks ini, memberikan insentif dan penghargaan yang pantas menjadi kunci untuk mendorong kerjasama yang produktif. 

Dengan adanya kemitraan semacam ini, perusahaan dapat mengembangkan bisnisnya secara luas dan efektif, didukung oleh tenaga pemasar yang loyal dan berdedikasi.

Tips Implementasi CRM yang Sukses

Selain langkah implementasi CRM yang tepat, perlu juga memperhatikan tips yang dapat membantu memaksimalkan fungsi CRM.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan saat melakukan proses implementasi CRM.

1. Pilih sistem yang tepat

langkah implementasi crm

Keberhasilan sebuah implementasi CRM sangat bergantung pada pemilihan sistem yang tepat. 

Terlalu sering, banyak perusahaan yang terjebak dengan sistem yang terlalu kompleks, yang pada akhirnya tidak sesuai dengan kebutuhan mereka, mengakibatkan frustrasi dan kekecewaan.

Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk melakukan riset mendalam, menonton demo produk, dan memahami pengalaman perusahaan lain dalam menggunakan sistem CRM tertentu, agar mendapatkan solusi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan harapan mereka.

Selain itu, memilih vendor yang tepat juga sangat berpengaruh bagi keberhasilan implementasi CRM. Bekerjasama dengan vendor yang berkualitas dan memiliki reputasi yang baik mampu memaksimalkan CRM.

2. Kenali konsep pemasaran Anda

langkah implementasi crm

Dalam menciptakan hubungan yang efektif dengan pelanggan, memahami dan mengenali konsep pemasaran perusahaan adalah kunci utama.

Sebuah sistem CRM, meskipun canggih, hanyalah sebuah alat yang memfasilitasi otomatisasi proses bisnis. Namun, otomatisasi tanpa pemahaman yang mendalam tentang alur proses penjualan dan pemasaran hanyalah upaya yang sia-sia.

Oleh karena itu, sebelum melangkah lebih jauh ke dalam implementasi CRM, perusahaan harus memastikan bahwa mereka memiliki pemahaman yang jelas tentang strategi pemasaran mereka.

Menyelaraskan konsep pemasaran dengan kemampuan sebuah sistem CRM akan memastikan bahwa perusahaan dapat memaksimalkan potensi sistem tersebut, mengoptimalkan proses bisnis, dan pada akhirnya meningkatkan hubungan dengan pelanggan.

3. Pertimbangkan untuk menciptakan solusi end-to-end

Dalam era digital saat ini, integrasi teknologi telah menjadi elemen penting untuk efisiensi dan produktivitas bisnis.

Dengan pertimbangan tersebut, solusi end-to-end dalam CRM bukan hanya tentang mengelola hubungan pelanggan, tetapi juga tentang menggabungkan berbagai fungsi bisnis dalam satu platform yang serasi.

Dengan menciptakan solusi end-to-end, perusahaan memiliki kesempatan untuk menyinkronkan berbagai aspek, mulai dari manajemen proyek hingga strategi pemasaran digital, sehingga memastikan kesinambungan dan kohesivitas dalam operasional.

Pendekatan ini tidak hanya memaksimalkan efisiensi dalam operasi harian, tetapi juga memberikan gambaran yang lebih holistik tentang performa bisnis, memungkinkan pemangku kepentingan untuk membuat keputusan yang lebih tepat dan strategis.

4. Kumpulkan feedback pelanggan

langkah implementasi crm

Memastikan keberhasilan implementasi CRM memerlukan lebih dari sekadar teknologi canggih; diperlukan juga pendekatan yang berpusat pada pengguna. 

Sebagai inti dari setiap bisnis, pelanggan memegang kunci untuk memberikan pandangan tentang apa yang berfungsi dengan baik dan apa yang memerlukan perbaikan.

Dengan mengumpulkan feedback pelanggan, perusahaan dapat menyesuaikan jenis-jenis CRM yang dipilih mereka agar lebih sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi pelanggan. 

Ini bukan hanya tentang mengoptimalkan teknologi, tetapi juga tentang membangun hubungan yang lebih kuat dan memahami apa yang benar-benar diinginkan oleh pelanggan.

Dengan melibatkan mereka dalam proses, perusahaan dapat memastikan bahwa CRM tidak hanya menjadi alat teknis, tetapi menjadi bagian integral dari strategi bisnis keseluruhan.

5. Kembangkan perencanaan yang terstruktur

Sebuah perencanaan yang terstruktur menjadi fondasi yang sangat penting dalam usaha mengimplementasikan sistem CRM.

Perencanaan yang matang bukan hanya memudahkan proses integrasi teknologi, tetapi juga memastikan bahwa seluruh tim, terutama divisi penjualan, dapat memanfaatkan sistem tersebut dengan maksimal.

Keuntungan utama dari implementasi CRM yang berhasil adalah kemampuan untuk mengoptimalkan aliran informasi, memastikan bahwa data yang relevan selalu tersedia tepat waktu bagi mereka yang membutuhkannya.

Dengan demikian, perusahaan dapat memastikan bahwa sumber daya yang dialokasikan untuk implementasi CRM akan menghasilkan ROI yang positif dan membantu mendorong pertumbuhan bisnis ke arah yang benar.

Sebuah tim yang kuat, baik internal maupun eksternal, menjadi penentu keberhasilan rencana ini, memastikan bahwa setiap detail diperhatikan dan setiap tantangan dapat diatasi dengan efisien.

Manfaat Implementasi CRM yang Sukses

Mengadopsi CRM tentunya akan memberikan banyak manfaat atau keuntungan yang dapat membantu pertumbuhan bisnis. Berikut adalah jabaran dari manfaat implementasi CRM yang sukses bagi sebuah bisnis.

1. Mempertahankan dan menambah jumlah pelanggan

langkah implementasi crm

Dalam dunia bisnis, mempertahankan pelanggan lama seringkali lebih ekonomis daripada mencari pelanggan baru.

Implementasi CRM yang sukses memainkan peran krusial dalam memastikan pelanggan merasa dihargai dan terlayani dengan baik.

Melalui CRM, perusahaan dapat memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan dengan lebih mendalam, memungkinkan penyajian layanan atau produk yang lebih sesuai dengan ekspektasi mereka.

Hal ini tidak hanya memperkuat ikatan dengan pelanggan yang sudah ada, tetapi juga menarik pelanggan baru berkat reputasi positif yang dibangun.

Dengan demikian, hubungan yang erat dan interaksi yang berkesinambungan melalui sistem CRM membantu perusahaan dalam meningkatkan retensi pelanggan dan pada akhirnya meningkatkan profitabilitas jangka panjang.

2. Memelihara hubungan baik dengan pelanggan

Memelihara hubungan baik dengan pelanggan adalah salah satu aspek inti dari setiap strategi bisnis yang sukses. 

Implementasi CRM yang berhasil memungkinkan perusahaan untuk terus berkomunikasi dengan pelanggan, memahami kebutuhan dan ekspektasi mereka, serta merespons dengan cepat dan tepat. 

Alat-alat komunikasi modern, seperti media sosial, telah memfasilitasi dialog dua arah yang memungkinkan perusahaan untuk mendengarkan dan beradaptasi sesuai dengan feedback pelanggan. 

Selain itu, pelayanan yang prima dan responsif, yang didukung oleh data dan analisis dari CRM, memastikan bahwa pelanggan merasa dihargai dan dimengerti.

Sehingga, hubungan yang kuat dan saling menguntungkan antara perusahaan dan pelanggannya dapat terjalin dengan erat, mendorong loyalitas dan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

3. Meningkatkan kepercayaan pelanggan dan reputasi bisnis

kepercayaan pelanggan

Melalui implementasi CRM yang efektif, perusahaan dapat mendalami pemahaman tentang preferensi dan harapan pelanggan.

Sebagai hasilnya, ini memungkinkan perusahaan untuk merancang produk atau layanan yang tidak hanya memenuhi tetapi melampaui ekspektasi tersebut.

Produk yang inovatif dan berkualitas tinggi tentunya akan mendapatkan respons positif dari pasar, memperkuat posisi brand dalam benak konsumen.

Selain itu, ketika perusahaan secara konsisten memenuhi dan melampaui harapan pelanggan, hal tersebut akan membangun kepercayaan yang mendalam.

Kepercayaan ini bukan hanya menjamin retensi pelanggan, tetapi juga mendorong word-of-mouth positif yang akan meningkatkan reputasi bisnis dan memperluas basis pelanggan. Dengan begitu, kesuksesan jangka panjang perusahaan menjadi lebih terjamin.

Contoh Implementasi CRM pada Perusahaan

Berikut adalah contoh implementasi CRM pada perusahaan-perusahaan besar di dunia, yang mungkin akan memberikan inspirasi terhadap pertimbangan Anda dalam mengimplementasikan CRM.

1. McDonald’s

McDonald’s, sebagai salah satu jaringan restoran terbesar di dunia, memahami pentingnya mendekatkan diri kepada pelanggan dan memahami kebutuhan serta harapan mereka.

Menghadapi tantangan yang datang dengan operasional di berbagai negara dan budaya, perusahaan memandang CRM sebagai solusi untuk menyatukan berbagai informasi pelanggan dalam satu platform terpadu.

Keputusan ini memungkinkan McDonald’s untuk mendengar suara pelanggannya dengan lebih jelas, memahami preferensi mereka, dan merespons dengan cepat terhadap feedback yang ada.

Dengan informasi yang terstruktur dan mudah diakses, McDonald’s dapat merancang strategi pemasaran yang lebih tepat sasaran, mengefektifkan kampanye promosi, dan memastikan bahwa setiap restoran memberikan standar pelayanan yang sama tingginya kepada semua pelanggan.

Dengan pendekatan yang terpusat pada pelanggan ini, McDonald’s terus memperkuat reputasi dan hubungan mereka dengan pelanggan di seluruh dunia.

2. Amazon

Amazon, raksasa e-commerce global, telah mengintegrasikan pendekatan berorientasi pelanggan ke dalam bisnis mereka melalui implementasi CRM yang canggih.

Saat seseorang berbelanja di Amazon, setiap interaksi, mulai dari pencarian produk hingga pembelian, tercatat dan dan akan mereka analisis.

Dengan mengumpulkan dan menganalisis data perilaku pelanggan, Amazon mampu memberikan pengalaman belanja yang personal dan memudahkan konsumen dalam setiap langkahnya.

Sebagai hasilnya, rekomendasi yang muncul di layar konsumen tidak hanya berdasarkan riwayat belanja mereka, tetapi juga berdasarkan perilaku penjelajahan dan preferensi lainnya, menciptakan pengalaman yang unik untuk setiap pengguna.

Kemudahan dalam transaksi, ditambah dengan kemampuan untuk menyajikan produk yang paling relevan bagi pelanggan, membuat Amazon terus mendominasi dunia e-commerce dan memperdalam hubungan mereka dengan jutaan konsumen di seluruh dunia.

3. Apple

Apple, salah satu pemimpin industri teknologi dunia, telah memadukan fokus kuat pada kebutuhan pelanggan dengan inovasi produk.

Meski tak selalu mengandalkan metode pemasaran konvensional, rahasia keberhasilan Apple sebenarnya terletak pada upaya mereka dalam memahami dan merespons kebutuhan pelanggan dengan cepat dan tepat.

Salah satu cara Apple meningkatkan pengalaman pengguna adalah melalui ID Apple. Setiap pemilik perangkat Apple diberikan kesempatan untuk membuat ID Apple, yang bukan hanya sekedar identitas, tetapi juga jendela ke ekosistem layanan Apple.

Dari iTunes hingga iCloud, ID Apple mengintegrasikan layanan-layanan tersebut untuk memberikan pengalaman yang kohesif dan personal kepada setiap pengguna.

Dengan pendekatan ini, Apple tidak hanya menghadirkan produk berkualitas tinggi, tetapi juga menciptakan hubungan yang mendalam dengan pelanggannya, memastikan mereka merasa spesial dan dimengerti.

Total ERP Membantu Anda untuk Implementasi CRM yang Sukses

total erp crm

Total ERP kini hadir sebagai solusi lengkap dalam implementasi CRM yang sukses bagi bisnis Anda. Dengan kecanggihan fitur yang ditawarkan, Total ERP mampu mengubah cara Anda mengelola prospek dan hubungan pelanggan.

Tak hanya sekadar menyimpan data, sistem ini memungkinkan Anda untuk mengelompokkan prospek berdasarkan kriteria tertentu dengan mudah dan akurat. Dengan begitu, setiap informasi dapat perusahaan akses dalam hitungan detik, memberikan keuntungan strategis dalam mengenali pelanggan potensial.

Sebagai pelengkap, Total ERP dilengkapi dengan fitur Leads Staging yang memastikan Anda selalu tahu di tahap mana setiap prospek berada, mulai dari tahap awal pengenalan hingga menjadi prospek yang potensial.

total erp crm

Kelebihan lainnya, interaksi tim Anda dengan prospek menjadi semakin lancar. Melalui integrasi WhatsApp dan email, Anda bisa berpromosi, menjawab setiap pertanyaan, dan bahkan melacak informasi penting calon pelanggan tanpa harus beralih ke berbagai platform.

Selain itu, dalam merancang strategi pemasaran, Total ERP menawarkan kemampuan analisis melalui manajemen log panggilan yang komprehensif. Ini memungkinkan tim pemasaran untuk memahami dan menyesuaikan pendekatan mereka sesuai dengan preferensi setiap calon pelanggan.

Total ERP juga menyediakan demo gratis untuk Anda yang tertarik menjajal sistemnya. Dengan konsultasi profesional, Anda dapat mendiskusikan kebutuhan Anda serta melihat keseluruhan dasbor.

Kesimpulan

Customer Relationship Management (CRM) bukan lagi sekedar pilihan, melainkan kebutuhan yang esensial bagi pertumbuhan bisnis. CRM, sebuah konsep yang telah diadopsi oleh banyak perusahaan, fokus pada pembinaan hubungan antara perusahaan dan pelanggannya.

Meski konsep ini mungkin terdengar kompleks, esensinya sederhana: memahami, melayani, dan mempertahankan pelanggan. Dengan pendekatan ini, bisnis tidak hanya akan tumbuh, tetapi juga akan berkembang dan berkelanjutan dalam jangka panjang.

Sebagai tips, selalu dengarkan feedback pelanggan, terus berinovasi dalam pendekatan pelayanan, dan jangan pernah menganggap remeh arti loyalitas pelanggan.

Tips lainnya adalah memperhatikan vendor penyedia sistem, karena ini sangat berpengaruh pada keberhasilan CRM. Salah satu sistem terbaik yang dapat membantu pertumbuhan perusahaan Anda adalah CRM dari Total ERP, yang menawarkan berbagai fitur canggih yang dapat menguntungkan bisnis Anda.

Picture of Ginta Anathia

Ginta Anathia

Pencarian

Berita Terbaru

lorem ipsum dolor

Berita Terpopuler

lorem ipsum dolor

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini

Customer Service

Novita
Balasan dalam 1 menit

Novita
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
6281222849188
×
Dapatkan Demo Gratis!