Icon EQUIP

Novita
Balasan dalam 1 menit

Novita
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
6281222849188
×

Novita

Active Now

Novita

Active Now

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

10 Alternatif Zahir Accounting Terbaik di Indonesia

Picture of Jackson Pratama
alternatif zahir accounting

Zahir accounting software adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk mengelola keuangan dalam perusahaan. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur komprehensif yang dapat meningkatkan efisiensi dalam mengelola keuangan di perusahaan yang sangat rumit. 

Meskipun begitu, sistem ini masih memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah keterbatasan dalam skalabilitas. Kekurangan ini membuat aplikasi Zahir akan kesulitan untuk mengikuti perkembangan pesat pada perusahaan. 

Bayangkan jika perusahaan Anda sedang berkembang dengan pesat, tetapi harus mengalami masalah karena pengelolaan keuangan tidak bisa diproses dengan baik dan benar. Tentu, hal ini tidak ingin Anda rasakan, bukan? 

Dalam artikel ini kami akan menyajikan beberapa kelebihan dan kekurangan Zahir accounting serta menyajikan alternatif lain yang dapat Anda pertimbangkan. 

DemoGratis

Daftar Isi 

Apa itu Zahir Accounting?

Zahir accounting adalah aplikasi pengelola keuangan yang pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 1996. Sistem ini terdukung dengan fitur komprehensif yang dapat memberikan manfaat bagi penggunanya. 

Salah satu kelebihan yang bisa dirasakan oleh pengguna aplikasi adalah kemudahan proses rekonsiliasi bank. Aplikasi ini akan mendeteksi seluruh transaksi yang dilakukan perusahaan, sehingga meminimalisir kesalahan saat rekonsiliasi bank. 

Adapun, kelebihan lain dari aplikasi ini adalah klasifikasi data. Hal ini akan memudahkan pihak manajemen untuk membedakan tiap-tiap jenis data transaksi yang telah dilakukan oleh perusahaan. 

Kendala Penggunaan Zahir Accounting 

Meskipun memiliki fitur komprehensif yang menghasilkan kelebihan, Zahir accounting masih memiliki kekurangan yang dapat mengganggu berjalannya bisnis. Salah satu kekurangan dari sistem Zahir accounting adalah sulit melakukan kustomisasi. 

Sulit melakukan kustomisasi dapat mengurangi kemampuan pengguna untuk dapat melakukan penyesuaian dengan bisnis yang dijalankan. Lebih lanjutnya, hal tersebut menjadikan aplikasi Zahir kurang cocok untuk bisnis menengah ke atas yang memiliki kebutuhan bisnis dengan jumlah banyak. 

Selain itu, kekurangan Zahir accounting adalah adanya batasan jumlah pengguna. Hal ini akan menyulitkan perusahaan yang proses akuntansinya harus diawasi oleh beberapa pihak penting. Lebih lanjutnya, keterbatasan ini akan membatasi proses kolaborasi antar tim dalam mengelola keuangan. 

Selanjutnya, kendala dari Zahir accounting adalah skalabilitas yang kurang memadai. Hal ini akan berpengaruh pada kurang mampunya aplikasi untuk mengimbangi perkembangan yang terjadi di perusahaan, sehingga berpotensi sistem akan down karena beban kerja yang semakin berat. 

10 Alternatif Zahir Accounting Terbaik di Indonesia

Meskipun memiliki kelebihan yang dapat meningkatkan efisiensi bisnis, sistem akuntansi Zahir masih memiliki kekurangan yang perlu Anda perhatikan. 

Berikut adalah 10 alternatif aplikasi akuntansi Zahir yang dapat Anda pertimbangkan: 

1. Aplikasi akuntansi Total ERP 

Alternatif sistem akuntansi Zahir

Total ERP adalah penyedia sistem akuntansi terbaik di Indonesia yang dapat menjadi pertimbangan Anda. Sistem ini berdedikasi dalam memberikan layanan sistem ERP dengan kualitas terdepan, di mana salah satu modulnya adalah sistem akuntansi. 

Software akuntansi Total ERP memiliki fitur komprehensif yang memudahkan proses pengelolaan keuangan, seperti alokasi dana per departemen, pembuatan laporan mendetail secara real-time, dan pengelolaan transaksi ganda. Untuk memahami lebih lanjut, Anda dapat mencoba demo gratis di sini!   

Pengelolaan keuangan melalui aplikasi Total ERP telah memenuhi seluruh persyaratan PSAK (Persyaratan Standar Akuntansi Keuangan) di Indonesia. Hal ini menjamin bahwa seluruh pengelolaan akan sesuai dengan standar yang berlaku di Indonesia. 

Kelebihan  Kekurangan 
Tidak memiliki batasan pengguna  Waktu implementasi yang tergantung pada kebutuhan pengguna
Dapat dikustomisasi sesuai keinginan pengguna 
Memiliki skalabilitas yang luas 
Dapat terintegrasi dengan sistem lain secara mudah 

2. Sistem akuntansi Oracle 

Alternatif sistem akuntansi

Sistem akuntansi Oracle adalah aplikasi pengelola keuangan yang dapat memungkinkan pengelolaan dapat berjalan dengan otomatis dan minim risiko. Aplikasi ini juga didukung beberapa fitur komprehensif, seperti, pelaporan dan analitik, manajemen aset, dan accounting hub.

Kelebihan  Kekurangan 
Fitur yang komprehensif  Layanan pelanggan yang kurang responsif 
Sistem yang relatif mudah digunakan   Biaya implementasi yang tinggi 
Antarmuka yang mudah dipahami

3. QuickBooks 

alternatif akuntansi

Quickbooks adalah aplikasi akuntansi yang dapat mengotomatisasi proses keuangan dalam bisnis. Aplikasi ini relatif mudah digunakan karena memiliki antarmuka yang tidak membingungkan dan mudah untuk dipahami. 

Meskipun begitu, aplikasi ini membatasi jumlah pengguna yang dapat mengakses. Hal ini menjadikan pengguna untuk menambah biaya agar dapat menambah jumlah pengguna yang dapat menggunakan aplikasi ini. 

Kelebihan  Kekurangan 
Dapat mengotomatisasi proses keuangan  Terdapat jumlah batasan pengguna 
Memiliki antarmuka yang mudah dipahami  Sulit mendapat layanan pengguna karena aplikasi yang berasal dari luar negeri 
Regulasi belum sesuai standar Indonesia 

4.Aplikasi akuntansi HashMicro

alternatif sistem akuntansi zahir

HashMicro adalah salah satu aplikasi laporan keuangan terbaik di Indonesia yang bisa menjadi alternatif Zahir accounting. Penggunaan HashMicro memungkinkan pembuatan laporan kas, jurnal penyesuaian, dan rekonsiliasi bank minim kesalahan. 

Pada aplikasi ini juga terdapat beberapa fitur komprehensif, seperti cash flow forecasting, fast bank reconciliation, financial accounting dashboard, actual & amortization, dan sistem CRM & Sales. 

Dengan fitur komprehensif yang ada, penggunaan aplikasi ini dapat mengotomatisasi proses keuangan dengan cepat dan efisien. 

Kelebihan  Kekurangan 
Antarmuka yang ramah pengguna dan mudah digunakan  Waktu implementasi yang bervariasi tergantung kebutuhan pengguna 
Keamanan data tersertifikasi ISO 
Mudah terintegrasi dengan sistem lainnya 

5. SAP Business One 

zahir akuntansi

Aplikasi SAP adalah sistem laporan keuangan yang berasal dari Jerman dan dirancang untuk dapat membantu pengelolaan keuangan dan perencanaan keuangan pada bisnis bisa berjalan dengan lebih mudah dan efisien. 

Kelebihan  Kekurangan 
Integrasi dengan modul lain  Biaya yang relatif tinggi 
Skalabilitas yang luas  Proses implementasi yang rumit & lama 
Dapat memberikan analisis keuangan secara mendalam  Antarmuka yang kurang intuitif 

6. Software Akuntansi Koneksi

alternatif zahir  

Salah satu alternatif Zahir accounting yang bisa Anda pertimbangkan adalah Koneksi. Aplikasi ini dapat memberikan prediksi performa keuangan menggunakan fitur financial forecasting. Selain itu, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memantau laporan dari berbagai lokasi. 

Kelebihan Kekurangan 
Pilihan tipe instalasi yang banyak  Sulit mendapat jadwal demo karena tingginya peminat 
Dapat terintegrasi dengan modul lain secara mudah
Dapat diakses menggunakan telepon seluler 

7. Sistem pengelola keuangan Microsoft Dynamics 

alternatif zahir akuntansi

Sistem pengelola keuangan Microsoft Dynamics adalah salah satu alternatif Zahir accounting yang dapat Anda pertimbangkan. Aplikasi ini dirancang untuk mengelola proses keuangan yang mencakup buku besar, piutang, dan hutang. 

Kelebihan  Kekurangan 
Dapat terintegrasi dengan seluruh ekosistem Microsoft dengan mudah  Kurva belajar yang curam 
Memungkinkan seluruh proses pencatatan keuangan berjalan dengan otomatis  Harga yang relatif tinggi 

8.Software akuntansi Equip 

equip akuntansi

Software Equip mendukung bisnis untuk dapat dengan mudah mengelola keuangan, seperti faktur, pelacakan pemasukan, dan rekonsiliasi bank. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan pembuatan laporan keuangan secara otomatis. 

Kelebihan  Kekurangan 
Tampilan antarmuka yang intuitif  Kurang cocok untuk bisnis UMKM 
Mudah dikustomisasi agar lebih sesuai dengan kebutuhan perusahaan 
Dapat terintegrasi dengan sistem lain secara mudah

9.Sistem pengelola keuangan Zoho Books 

Zoho Books adalah sistem pengelola keuangan yang memiliki fitur-fitur komprehensif untuk membantu memudahkan perusahaan untuk dapat mengelola keuangan. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang mudah dipahami, sehingga tidak butuh waktu lama untuk dapat diimplementasikan. 

Kelebihan  Kekurangan 
Antaramuka yang mudah dipahami  Pilihan integrasi yang terbatas 
Dapat memudahkan proses pengelolaan keuangan  Layanan pelanggan yang kurang responsif 

10.Aplikasi keuangan Jubelio 

Aplikasi terakhir yang bisa Anda pertimbangkan untuk menjadi alternatif sistem akuntansi Zahir adalah aplikasi Jubelio. 

Sistem keuangan Jubelio membantu perusahaan untuk dapat menyatukan bisnis ke berbagai platform. Oleh karena itu penggunaan aplikasi ini dapat menjalankan bisnis dengan lebih efisien dan terkoordinasi. 

Kelebihan  Kekurangan 
Meningkatkan efisiensi pada aktivitas bisnis  Harga yang relatif tinggi 
Tampilan antarmuka yang intuitif 

Tips Memilih Alternatif Zahir Accounting dengan Tepat 

Sebelum menentukan pilihan mengenai alternatif dari Zahir akuntansi, Anda harus bisa selektif dalam memilih. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan: 

  • Perhatikan fitur yang ditawarkan: Anda sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada dari sistem Zahir akuntansi. Sebelum menentukan pilihan, pastikan sistem yang Anda pilih memiliki kelebihan yang dapat menutup kekurangan Zahir dan kekurangan yang tidak akan mengganggu produktivitas bisnis. 
  • Selektif terhadap harga yang diberikan: Anda harus memperhatikan harga yang diberikan. Apakah harga yang dibayarkan di awal sudah mencakup seluruh fitur yang ada atau justru akan dikenakan biaya tambahan terhadap fitur tertentu. 
  • Pastikan memiliki layanan pelanggan yang responsif: Layanan pelanggan adalah hal yang krusial. Oleh karena itu, pastikan sistem yang Anda pilih memiliki layanan pelanggan responsif agar dapat selalu membantu jika terjadi kesulitan/kesalahan. 

Kesimpulan 

Software akuntansi Zahir terbukti memiliki fitur dan kelebihan yang dapat membantu meningkatkan efisiensi dalam mengelola keuangan perusahaan. Namun, aplikasi tersebut masih memiliki kekurangan yang dapat menghambat pengelolaan keuangan. 

Dalam hal ini, memilih alternatif lain seperti Total ERP dapat menjadi solusi yang dapat Anda lakukan. Total ERP adalah sistem akuntansi dengan fitur komprehensif dan terbaik di Indonesia. Salah satu fitur Total ERP adalah multi level analytical yang dapat memberikan analisis mendalam terhadap laporan keuangan. 

Anda dapat mempelajari dan memahami bagaimana sistem pengelola keuangan Total dapat membantu proses pengelolaan keuangan Anda dengan mencoba demo gratis yang tersedia. Anda dapat mengakses demo gratis dengan mengklik di sini! 

DemoGratis

Pertanyaan Seputar (FAQ) Zahir Accounting 

  • Zahir accounting aplikasi asal mana?

Zahir Accounting adalah aplikasi akuntansi asal Indonesia yang didirikan pada tahun 1996. 

  • Apa alternatif sistem Zahir akuntansi? 

Total ERP adalah salah satu alternatif Zahir akuntansi dengan sistem komprehensif yang mampu meningkatkan efisiensi bisnis dan mengurangi risiko terjadinya kesalahan. 

  • Apakah sistem Zahir akuntansi termasuk ERP? 

Sistem Zahir akuntansi adalah salah satu modul yang termasuk ke dalam ERP yang ditawarkan Zahir. 

Picture of Jackson Pratama
Jackson Pratama

Pencarian

Artikel Lainnya

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini