Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

Apa itu Sistem Akuntansi Penjualan: Pengertian dan Fungsinya

Picture of Marshana Vanina
sistem akuntansi penjualab

Sistem akuntansi penjualan adalah suatu proses yang penting dalam kegiatan bisnis yang melibatkan penjualan barang atau jasa. Sistem ini tercipta untuk mencatat, mengelola hingga melacak transaksi penjualan yang terjadi antara perusahaan dan pelanggannya. Tujuan utama dari sistem akuntansi penjualan adalah untuk memberikan informasi yang akurat.

Melalui sistem ini, perusahaan dapat mencatat penjualan, menghasilkan faktur penjualan, mengelola inventaris, melacak piutang pelanggan hingga menyusun laporan keuangan terkait penjualan. Dengan menggunakan sistem akuntansi penjualan yang efektif, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi operasional, mengoptimalkan pendapatan,serta menjaga kepatuhan terhadap peraturan perpajakan dan akuntansi. Berikut ini penjelasan lebih lengkap mengenai sistem akuntansi penjualan untuk bisnis.

Pengertian Sistem Akuntansi Penjualan untuk Bisnis

Aplikasi akuntansi penjualan untuk bisnis adalah suatu metode yang berguna untuk mencatat, mengelola hingga melacak seluruh proses penjualan dalam sebuah perusahaan. Sistem ini terciptaa khusus agar dapat memenuhi kebutuhan akuntansi yang terkait dengan penjualan barang atau jasa. Dalam konteks bisnis, sistem akuntansi penjualan berperan penting dalam menghasilkan informasi keuangan yang akurat dan relevan terkait dengan pendapatan penjualan, stok barang hingga piutang pelanggan.

Keberadaan sistem akuntansi penjualan tunai yang baik dan efektif memberikan manfaat bagi bisnis dalam berbagai aspek. Dengan memiliki sistem yang terintegrasi dan terotomatisasi, perusahaan dapat mengurangi kesalahan manusia, mempercepat proses bisnis, meningkatkan efisiensi serta meningkatkan kepatuhan terhadap peraturan dan standar akuntansi yang berlaku.

Fungsi Sistem Akuntansi Penjualan untuk Perusahaan

sistem akuntansi penjualan

Sistem akuntansi memiliki peran penting dalam operasional dan pengelolaan keuangan perusahaan. Fungsi utama sistem akuntansi adalah menyediakan informasi keuangan yang akurat, membantu forecast penjualan hingga terpercaya kepada manajemen, pemilik, dan pihak terkait lainnya. Berikut beberapa fungsi dari sistem akuntansi penjualan untuk perusahaan.

Fungsi kas

Salah satu fungsi penting dari apliakasi akuntansi penjualan adalah fungsi kas. Sistem ini tercipta agar dapat memantau dan mengelola aliran kas yang terkait dengan proses penjualan perusahaan. Fungsi kas dalam sistem akuntansi penjualan melibatkan pencatatan, pelacakan, dan pengendalian terhadap penerimaan kas dari penjualan serta pengeluaran kas yang terkait dengan biaya penjualan.

Dalam hal pencatatan, sistem akuntansi penjualan mencatat setiap penerimaan kas yang terjadi akibat penjualan barang atau jasa. Pencatatan ini meliputi informasi seperti tanggal transaksi, jumlah penjualan, metode pembayaran, serta rincian pelanggan. Kemudian, data ini berguna agar dapat menyusun laporan kas yang memberikan gambaran yang jelas tentang aliran masuk kas perusahaan dari penjualan.

Fungsi pengiriman

Fungsi ini berkaitan dengan proses pengelolaan dan pencatatan pengiriman barang kepada pelanggan setelah terjadi transaksi penjualan. Aplikasi akuntansi penjualan memiliki peran dalam mengkoordinasikan hingga melacak seluruh proses pengiriman barang serta memberikan informasi yang relevan terkait dengan pengiriman kepada pihak terkait.

Fungsi pengiriman dalam aplikasi akuntansi penjualan bermula dengan mencatat informasi terkait dengan pesanan pelanggan dan persiapan pengiriman. Sistem akan mencatat detail pesanan, termasuk jenis barang, jumlah, alamat pengiriman, metode pengiriman hingga tanggal pengiriman yang telah perusahaan janjikan. Oleh karena itu, pencatatan ini memungkinkan perusahaan agar dapat mengorganisir serta mengelola persiapan barang yang akan dikirimkan kepada pelanggan.

Fungsi akuntansi

Fungsi akuntansi dalam aplikasi akuntansi penjualan memiliki peran sentral dalam mencatat, mengolah hingga menyajikan informasi keuangan yang berkaitan dengan transaksi penjualan perusahaan. Peran ini melibatkan berbagai aspek dalam proses akuntansi penjualan yang bertujuan agar dapat menghasilkan laporan keuangan yang akurat serta relevan. Sistem ini juga bisa ditemukan dalam versi sistem akuntansi penjualan kredit yang tidak jauh beda dengan sistem ini.

Salah satu fungsi utama dari software akuntansi penjualan adalah pencatatan transaksi penjualan. Sistem ini mencatat setiap transaksi penjualan yang terjadi, seperti penjualan barang atau jasa. Kemudian, jumlah pendapatan yang perusahaan dapatkan, metode pembayaran, dan detail pelanggan terkait. Dengan pencatatan yang sistematis, perusahaan dapat melacak dan menganalisis dengan cermat semua transaksi penjualan yang terjadi.

Manfaat dari Sistem Akuntansi untuk Perusahaan

Sistem akuntansi memberikan berbagai manfaat penting bagi perusahaan dalam mengelola keuangan dan operasionalnya. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari sistem akuntansi untuk perusahaan:

Informasi keuangan yang akurat: Sistem akuntansi membantu perusahaan untuk memperoleh informasi keuangan yang akurat dan terpercaya. Dengan pencatatan yang sistematis dan pengolahan data yang tepat, perusahaan dapat menghasilkan laporan keuangan yang memberikan gambaran yang jelas tentang kinerja keuangan hingga posisi keuangan perusahaan.

Pengambilan keputusan yang tepat: Sistem akuntansi menyediakan informasi yang relevan dan terperinci yang diperlukan dalam proses pengambilan keputusan bisnis. Dengan memiliki akses ke laporan keuangan, analisis kinerja, dan informasi keuangan lainnya. Kemudian, manajemen dapat membuat keputusan yang lebih baik terkait dengan investasi, pengembangan produk, pemotongan biaya hingga strategi bisnis lainnya.

Pengendalian internal yang efektif: Sistem akuntansi membantu perusahaan dalam menerapkan pengendalian internal yang efektif. Dengan adanya sistem yang terstruktur dan prosedur akuntansi yang jelas, perusahaan dapat meminimalkan risiko penipuan, kesalahan, atau praktik yang tidak etis. Oleh karena itu, hal ini memastikan keandalan dan keakuratan data keuangan serta melindungi aset perusahaan.

Macam-macam Dokumen dalam Sistem Akuntansi Penjualan

Dalam aplikasi akuntansi penjualan, dokumen-dokumen memegang peranan penting dalam mencatat, melacak, dan mengelola transaksi penjualan. Dokumen-dokumen ini menjadi bukti dan catatan yang menggambarkan setiap langkah dalam proses penjualan, mulai dari permintaan pemesanan hingga penerimaan pembayaran. Dokumen-dokumen tersebut membantu perusahaan agar menjaga keakuratan, transparansi. Berikut beberapa dokumen pada aplikasi akuntansi penjualan.

Bill of lading

Dalam sistem akuntansi penjualan, salah satu dokumen penting yang digunakan adalah Bill of Lading (B/L) atau Surat Pengapalan. Bill of lading adalah dokumen yang dikeluarkan oleh perusahaan pengangkut atau pelayaran sebagai bukti bahwa barang telah diterima untuk pengiriman. Dokumen ini memiliki peran kunci dalam proses pengiriman barang, terutama dalam transaksi penjualan yang melibatkan pengiriman fisik. Bill of lading mencatat detail tentang pengiriman barang, seperti nama dan alamat penerima, deskripsi barang, jumlah, kondisi barang, dan instruksi pengiriman lainnya.

Credit card sales slip

Salah satu dokumen yang penting adalah credit card sales slip atau lembar penjualan dengan kartu kredit. Dokumen ini berguna saat pelanggan melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit untuk pembelian barang atau jasa. Credit card sales slip berperan sebagai bukti bahwa transaksi penjualan dengan kartu kredit telah dilakukan. Dokumen ini mencatat informasi seperti nama pemegang kartu, nomor kartu kredit, tanggal transaksi, dan penanda tangan pemegang kartu sebagai otorisasi transaksi.

Credit card sales slip juga dapat mencakup detail tambahan seperti jenis kartu kredit yang digunakan, nama bank penerbit kartu, dan nomor otorisasi. Dalam sistem akuntansi penjualan, credit card sales slip memiliki beberapa fungsi penting. Pertama, dokumen ini berguna untuk mencatat transaksi penjualan dengan kartu kredit dalam pencatatan keuangan perusahaan. Informasi yang tercatat pada credit card sales slip akan diolah dan dicatat dalam akun-akun yang sesuai dalam sistem akuntansi.

Rekapitulasi harga pokok penjualan

Dalam sistem akuntansi penjualan, rekapitulasi Harga Pokok Penjualan (HPP) adalah salah satu dokumen penting yang berguna untuk menghitung dan menganalisis biaya yang terkait dengan proses penjualan. Dokumen ini mencatat detail biaya yang perusahaan keluarkan dalam memproduksi atau memperoleh barang yang akan perusahaan jual.

Rekapitulasi HPP mencakup berbagai komponen biaya seperti bahan baku, tenaga kerja langsung, biaya overhead pabrik, biaya produksi, dan biaya lainnya yang terkait dengan pembuatan atau akuisisi barang. Dokumen ini memberikan gambaran yang komprehensif tentang total biaya yang perusahaan keluarkan untuk menghasilkan barang yang terjual oleh perusahaan.

Kesimpulan 

Sistem akuntansi penjualan memiliki peran yang sangat penting dalam mengelola transaksi penjualan dan informasi keuangan yang terkait. Sistem ini membantu perusahaan dalam mencatat, melacak, dan mengendalikan aktivitas penjualan, serta menyediakan data yang diperlukan untuk pengambilan keputusan yang akurat. Dengan menggunakan sistem akuntansi penjualan yang efektif, perusahaan dapat memperoleh manfaat seperti pemantauan pendapatan, pengendalian persediaan dan sebagainya.

Total ERP adalah sistem manajemen sumber daya perusahaan yang komprehensif dan terintegrasi, yang mencakup modul-modul yang dirancang khusus untuk mengelola sistem akuntansi. Dengan sistem akuntansi Total ERP, Anda dapat dengan mudah melakukan aktivitas akuntansi, mulai dari pencatatan transaksi penjualan hingga penyusunan laporan keuangan. Anda dapat mengunduh skema harga untuk mengetahui biaya dari layanan ini. Jangan lupa untuk coba demo gratisnya!

Picture of Marshana Vanina

Marshana Vanina

Pencarian

Berita Terbaru

lorem ipsum dolor

Berita Terpopuler

lorem ipsum dolor

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini

Customer Service

Novita
Balasan dalam 1 menit

Novita
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
6281222849188
×
Dapatkan Demo Gratis!