Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

Tahap Penyusunan Strategi Sistem Akuntansi Manajemen pada Rumah Sakit

Picture of Marshana Vanina
Sistem Akuntansi Manajemen pada Rumah Sakit

Rumah sakit memiliki tanggung jawab memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara umum. Terkadang, ada beberapa permasalahan yang sering muncul, seperti sulitnya memprediksi kebutuhan pelayanan masyarakat dan sumber daya yang dibutuhkan untuk mendukungnya. Maka dari itu, mempertimbangkan sistem akuntansi manajemen pada rumah sakit sangat penting agar dapat memberikan tarif yang terjangkau oleh masyarakat luas.

Dalam rangka mengatasi situasi ini, perubahan dalam sistem keuangan rumah sakit dan sistem keuangan pemerintah secara keseluruhan diharapkan dapat meningkatkan dana yang rumah sakit kelola. Hal ini akan sejalan dengan peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Meskipun kondisi ini dapat membawa dampak positif dalam peningkatan pelayanan, namun juga membuka peluang terjadinya penyalahgunaan dalam pengelolaan keuangan negara. 

Oleh karena itu, salah satu langkah yang harus diperbaiki adalah akuntansi rumah sakit yang merupakan bagian dari manajemen keuangan. Hal ini bertujuan agar dapat memberikan data dan informasi yang mendukung para manajer rumah sakit dalam pengambilan keputusan, pengamatan, dan pengendalian kegiatan rumah sakit. Selanjutnya, simak penjelasan alasan pentingnya sistem akuntansi manajemen pada rumah sakit 

Pentingnya Implementasi Sistem Akuntansi Manajemen pada Rumah Sakit

Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009 tentang rumah sakit menyatakan bahwa rumah sakit publik yang pemerintah kelola harus menerapkan pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum/Daerah (BLU/D). Ini penting agar rumah sakit fokus pada pelayanan masyarakat tanpa mengutamakan keuntungan dan menjalankan praktik bisnis yang efisien dan produktif. 

Hadirnya JKN membawa tantangan bagi rumah sakit pemerintah. Meskipun masyarakat memiliki akses yang lebih luas ke fasilitas kesehatan, rumah sakit harus mengelola pendapatan pasien JKN dengan efektif tanpa mengabaikan mutu pelayanan. Rumah sakit harus lebih efisien karena tarif pelayanan JKN  pemerintah tetapkan tanpa mempertimbangkan biaya masing-masing rumah sakit.

Salah satu pendekatan untuk mencapai efisiensi adalah dengan penerapan akuntansi rumah sakit. Penggunaan metode activity based costing membantu rumah sakit memahami aktivitas yang memberikan nilai tambah dan mengukur efisiensi. 

Selain itu, Akuntansi manajemen juga mendukung pengembangan layanan dan anggaran operasional rumah sakit. Dalam menghadapi persaingan dengan rumah sakit swasta, rumah sakit pemerintah perlu fokus pada pengembangan akuntansi manajemen untuk mengelola keuangan secara efektif. 

Tahapan Penyusunan Strategi Sistem Akuntansi Manajemen pada Rumah Sakit

Pentingnya penerapan sistem akuntansi dengan memperhatikan tahapan penyusunan strategi sistem akuntansi manajemen pada rumah sakit. Dengan strategi yang terarah, rumah sakit dapat mengoptimalkan penggunaan sumber daya dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada pasien. Berikut tahapan-tahapan yang perlu terealisasikan dalam penyusunan strategi sistem akuntansi manajemen pada rumah sakit guna mencapai tujuan tersebut.

Menyusun chart of account rumah sakit 

Chart of Account (COA) atau bagan akun adalah daftar terstruktur berupa kode-kode yang berguna untuk mengatur dan mengelola data keuangan. Daftar ini mencakup kode akun dan nama akun yang tersusun secara sistematis dan mudah terpahami. Tujuan utama COA adalah untuk mengelompokkan, mencatat, dan melaporkan transaksi dengan akurat. 

Dengan menggunakan COA, perusahaan dapat mengelola dan menganalisis data secara efektif, membuat keputusan yang terinformasi, serta menyusun laporan keuangan dengan efisien. Selain itu, pemangku kepentingan dapat dengan mudah memahami informasi yang perusahaan sajikan dalam COA dan menggunakannya untuk membuat keputusan tepat waktu dan berdasarkan data yang akurat.

Membuat neraca awal dari keuangan rumah sakit

Neraca adalah laporan keuangan yang memberikan informasi tentang posisi keuangan suatu rumah sakit pada tanggal tertentu. Dalam neraca, terdapat tiga komponen penting, yaitu aset, kewajiban, dan ekuitas. Aset merupakan harta atau manfaat ekonomi yang rumah sakit miliki dan dapat diperoleh di masa yang akan datang. 

Di sisi lain, kewajiban adalah pembayaran yang harus rumah sakit lakukan kepada pihak lain dalam jangka waktu tertentu. Ekuitas, atau modal, adalah sisa kekayaan rumah sakit setelah berkurang kewajiban-kewajibannya. Modal ini berperan sebagai sumber utama keuangan sebelum rumah sakit memperoleh pendapatan dan laba dari jasa pelayanan kesehatan yang diberikan.

Memastikan seluruh transaksi yang dilakukan tercatat dengan baik

Untuk memperoleh laporan transaksi yang lengkap, penting bagi Anda untuk melakukan pencatatan transaksi secara akurat dan sistematis. Pencatatan transaksi merupakan dasar dalam proses akuntansi, dan tanpa pencatatan yang baik, tidak mungkin untuk menyusun laporan keuangan. Anda perlu memposting catatan transaksi ke dalam buku besar agar dapat menyusun laporan keuangan yang tidak hanya stakeholder perlukan, tetapi juga oleh pihak eksternal seperti pemerintah. 

Oleh karena itu, pemeriksaan yang teliti terhadap kelengkapan dan keakuratan transaksi menjadi sangat penting. Laporan keuangan yang Anda hasilkan haruslah valid dan mencerminkan kondisi sebenarnya dari rumah sakit. Laporan keuangan yang valid ini akan memberikan manfaat kepada manajemen rumah sakit untuk melakukan tindakan manajerial yang tepat, seperti evaluasi, perencanaan, pengendalian sumber daya, dan pengambilan keputusan.

Menganalisis catatan akuntansi untuk kepentingan untuk masa mendatang

Menganalisis laporan keuangan memiliki peran penting dalam evaluasi, perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan. Hasil analisis dari catatan akuntansi ini memiliki dampak yang signifikan dalam menentukan keputusan di masa depan. Jika Anda telah menyusun laporan keuangan yang akurat, data yang akurat tersebut akan memudahkan pihak berkepentingan untuk menganalisisnya. Hal ini tentunya sangat membantu dalam pengambilan keputusan.

Data akuntansi mencerminkan kinerja dan posisi keuangan rumah sakit. Data ini membantu Anda memahami kondisi perusahaan dan membandingkannya dengan data sebelumnya. Jika terdapat perbedaan yang signifikan dalam kinerja, rumah sakit dapat melakukan perubahan untuk mengoreksi perbedaan tersebut. Semakin sering laporan keuangan disajikan, semakin mudah pula dalam meninjau dan menganalisis laporan keuangan.

Software Accounting dari Total Untuk Optimalkan Manajemen Keuangan Rumah Sakit

Sistem Akuntansi Manajemen pada Rumah Sakit

Saat ini, sebagian besar rumah sakit telah mengadopsi sistem akuntansi. Untuk memastikan sistem akuntansi RS yang baik, Anda perlu memeriksa apakah sistem tersebut mampu menyediakan dan melaporkan informasi keuangan RS secara lengkap, akurat, dan tepat waktu. Selain itu, sistem tersebut juga harus dapat mengendalikan pemborosan dan kebocoran. Pengelolaan keuangan dan biaya rumah sakit membutuhkan sistem akuntansi yang komprehensif dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sistem Akuntansi dari Total menawarkan kemudahan dalam pencatatan transaksi dan pembukuan keuangan rumah sakit sehingga menjadi lebih efektif. Jadi, apa keuntungan yang Anda dapatkan ketika rumah sakit menggunakan penerapan sistem akuntansi?

Perusahaan dapat mengotomatisasi pencatatan transaksi, meningkatkan keamanan data perusahaan, dan memudahkan tugas akuntan dalam melakukan pembukuan. Aplikasi akuntansi juga mempermudah pembayaran pajak dan gaji tenaga medis. 

Kesimpulan 

Akuntansi rumah sakit melibatkan penyusunan laporan keuangan yang memberikan informasi tentang kondisi keuangan rumah sakit. Penting bagi Anda untuk memiliki pengelolaan laporan keuangan yang akurat dan teratur. Langkah-langkah seperti menggunakan Chart of Account (CoA), menyusun neraca, mencatat transaksi, menganalisis laporan keuangan, dan menggunakan sistem akuntansi dari Total dapat meningkatkan kinerja akuntansi rumah sakit. 

Di sisi lain, pencatatan manual dalam laporan keuangan seringkali rentan terhadap kesalahan input data yang dapat menghasilkan informasi yang tidak relevan. Anda dapat mengatasi kesalahan pencatatan manual dengan beralih ke solusi yang terdigitalisasi. Penerapan sistem Akuntansi menyediakan kemudahan dalam mengelola semua pencatatan keuangan rumah sakit. 

Selain menyederhanakan pencatatan keuangan, software accounting juga menjamin keamanan data melalui sistem keamanan yang terintegrasi. Anda dapat mencoba demo gratis sekarang.

Picture of Marshana Vanina

Marshana Vanina

Pencarian

Berita Terbaru

lorem ipsum dolor

Berita Terpopuler

lorem ipsum dolor

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini

Customer Service

Novita
Balasan dalam 1 menit

Novita
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
6281222849188
×
Dapatkan Demo Gratis!