Icon EQUIP

Novita
Balasan dalam 1 menit

Novita
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
6281222849188
×

Novita

Active Now

Novita

Active Now

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

MYOB dan 10 Alternatif Terbaiknya Bagi Bisnis Indonesia

Picture of Noura Salim
alternatif myob accounting

MYOB (Mind Your Own Business) adalah salah satu penyedia software di Indonesia, khususnya untuk produk akuntansi. MYOB accounting menjadi salah satu sistem akuntansi prima yang patut Anda pertimbangkan.
Namun, karena aplikasi akuntansi MYOB dikembangkan di Australia, beberapa fiturnya masih mencerminkan standar dan gaya dari negara tersebut, termasuk dalam hal perpajakan.

Terkait hal ini, jika Anda ingin menghitung pajak di Indonesia, Anda perlu menggunakan aplikasi faktur lainnya. Tentu saja, ini dapat mempersulit pengelolaan pajak perusahaan Anda.

Oleh karena itu, artikel berikut akan memperkenalkan 10 alternatif MYOB yang dapat membantu bisnis Anda mencapai efisiensi maksimal. Simak hingga akhir untuk menemukan solusi akuntansi yang tepat bagi perusahaan Anda!

Daftar Isi

DemoGratis

Apa Itu MYOB?

Aplikasi MYOB adalah vendor perangkat lunak yang berdiri pada tahun 1991 di Australia. Vendor ini telah berkembang menjadi salah satu solusi bisnis modern yang digunakan oleh berbagai jenis bisnis.

MYOB menawarkan berbagai produk untuk manajemen bisnis, namun produk utamanya yang paling dikenal adalah MYOB Accounting. Beberapa fitur unggulan dari software akuntansi ini adalah:

  • Manajemen buku besar
  • Pelacakan pendapatan dan pengeluaran
  • Laporan keuangan yang komprehensif
  • Online payment management
  • Manajemen inventaris
  • Pelacakan proyek

Setelah mengetahui berbagai fitur serta mempelajari kelebihan dan kekurangan MYOB, Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa perlu mempertimbangkan alternatif aplikasi akuntansi MYOB? Simak penjelasan berikut untuk menemukan jawabannya.

Mengapa Anda Perlu Mempertimbangkan Alternatif MYOB?

Aplikasi MYOB Indonesia memang menawarkan berbagai fitur canggih untuk manajemen akuntansi. Namun, ada beberapa alasan mengapa Anda perlu mempertimbangkan alternative MYOB accounting lainnya.

Pertama, MYOB software mungkin tidak sepenuhnya sesuai dengan regulasi lokal di Indonesia, seperti sertifikasi hasil laporan keuangan yang harus memenuhi standar nasional serta kepatuhan terhadap peraturan pajak dan ketenagakerjaan.

Kedua, dukungan pelanggannya tidak selalu tersedia pada jam operasional di Indonesia, sementara solusi lokal sering kali menawarkan dukungan yang lebih fleksibel dan memahami waktu kerja perusahaan lokal.

Selain itu, beberapa alternatif lokal menawarkan kustomisasi yang lebih baik untuk memenuhi kebutuhan spesifik bisnis Anda, serta integrasi yang lebih mulus dengan sistem lain yang sudah digunakan di perusahaan Anda.

Terakhir, penyedia software lokal sering kali lebih responsif terhadap perubahan regulasi dan kebutuhan pasar lokal, menawarkan pembaruan yang lebih cepat dan relevan dengan kebutuhan bisnis di Indonesia.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini, jika Anda ingin mengetahui harga software akuntansi lokal di Indonesia, Anda dapat mencoba skema harga berikut tanpa syarat khusus.

SkemaHarga

10 Alternatif MYOB Terbaik di Indonesia

Mengelola keuangan perusahaan memerlukan software akuntansi yang handal dan sesuai dengan kebutuhan bisnis lokal. Berikut adalah 10 alternatif software akuntansi MYOB terbaik di Indonesia yang dapat membantu Anda mencapai efisiensi keuangan perusahaan.

1. Software Akuntansi Total

software akuntansi totalTotal telah menjadi salah satu penyedia solusi ERP terkemuka di Indonesia. Berawal dari visi untuk memberikan solusi bisnis terbaik dan inovatif, Total ERP kini telah digunakan oleh 1.765+ perusahaan di berbagai industri.

Dengan fitur unggulannya, software akuntansi Total memberikan solusi bisnis yang efisien. Untuk itu, jika Anda tertarik untuk mengetahui sistem ini lebih lanjut, terdapat opsi hubungi tim expert atau coba demo gratisnya yang dibuka mulai dari hari ini.

Lalu, adakah alasan lain mengapa software akuntansi Total ERP menjadi alternatif MYOB accounting terbaik?

Pertama, Total ERP menawarkan integrasi yang mulus dengan berbagai sistem lainnya, seperti HRM dan manajemen inventaris, sehingga mempermudah proses bisnis.

Selain itu, software ini dirancang untuk mematuhi regulasi lokal, seperti PSAK, DJP, dan lainnya. Dukungan pelanggan yang responsif dan fleksibilitas kustomisasi juga menjadikan Total sebagai pesaing aplikasi akuntansi MYOB yang kompetitif.

Ingin tahu lebih lanjut tentang fitur-fitur unggulan software akuntansi terbaik dari Total ERP? Simak pembahasannya di bawah ini.

  • Manajemen buku besar: Memudahkan pengelolaan dan pelacakan semua transaksi keuangan perusahaan.
  • Pelaporan keuangan yang komprehensif: Menyediakan laporan yang mendetail untuk analisis keuangan yang lebih baik.
  • Integrasi dengan sistem lain: Dapat diintegrasikan dengan HRM, manajemen inventaris, dan sistem lainnya.
  • Pelacakan pajak: Memastikan kepatuhan terhadap regulasi pajak dengan fitur pelacakan pajak yang akurat.
  • Manajemen proyek dan biaya: Memudahkan dalam pelacakan biaya proyek dan pengelolaan anggaran.
  • Faktur dan pembayaran online: Menyederhanakan proses faktur dan mempermudah pembayaran online.

Kelebihan

Kekurangan

Integrasi yang mulus dengan sistem lain Jika Anda ingin kustomisasi secara kompleks, maka waktu implementasinya dapat berubah sesuai dengan permintaan
Pelaporan keuangan yang komprehensif
Kepatuhan terhadap regulasi lokal
Dukungan pelanggan yang responsif
Kustomisasi yang fleksibel
Fitur pelacakan pajak yang akurat

2. Accurate

Accurate adalah alternatif software akuntansi MYOB yang telah lama dikenal di Indonesia. Dikembangkan oleh CPSSoft, Accurate menawarkan solusi akuntansi yang komprehensif dan mudah digunakan.

Software ini dikenal karena integrasinya yang baik dengan berbagai sistem lain dan dukungan pelanggannya yang responsif, sehingga layak menjadi alternatif MYOB.

Fitur unggulan:

  • Manajemen buku besar
  • Pelacakan pendapatan dan pengeluaran
  • Laporan keuangan
  • Integrasi dengan e-commerce

Kelebihan

Kekurangan

Antarmuka yang ramah pengguna Memerlukan pelatihan untuk pengguna baru
Dukungan pelanggan responsif Fitur laporan terbatas
Integrasi yang luas Kustomisasi terbatas
Dukungan regulasi lokal yang baik Memerlukan pembaruan berkala

3. SAP Business One

SAP Business One adalah solusi ERP yang dikenal di seluruh dunia. Dikembangkan oleh SAP, software ini menyediakan fitur akuntansi yang sangat kuat dan bisa diintegrasikan dengan berbagai modul lainnya seperti manajemen inventaris dan CRM.

Fitur unggulan:

  • Manajemen keuangan
  • Pelaporan dan analitik
  • Manajemen persediaan
  • Integrasi dengan sistem ERP lainnya

Kelebihan

Kekurangan

Fitur sangat lengkap Proses implementasi yang kompleks
Dukungan pelanggan global Membutuhkan investasi waktu yang besar
Integrasi ERP yang kuat Biaya pelatihan tinggi
Stabil dan terpercaya Memerlukan sumber daya IT yang signifikan

4. Aplikasi Akuntansi HashMicro

aplikasi akuntansi hashmicroHashMicro dikenal sebagai penyedia software ERP yang komprehensif dan inovatif, termasuk software akuntansi yang digunakan oleh ribuan pebisnis Indonesia. Softwarenya menawarkan fitur canggih yang membantu pengelolaan keuangan yang efisien dan efektif.

Dengan dukungan tim ahli, HashMicro mampu menyediakan solusi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis lokal maupun internasional. Tersertifikasi IAI dan ISO, HashMicro dapat menjadi pilihan ideal bagi pebisnis enterprise di Indonesia, selain MYOB accounting.

Fitur unggulan:

  • Manajemen buku besar
  • Pelaporan keuangan yang mendetail
  • Pengelolaan pajak otomatis
  • Integrasi dengan sistem HR dan inventory

Kelebihan

Kekurangan

Integrasi yang luas Lebih cocok untuk perusahaan level enterprise karena fitur yang tersedia komprehensif
Dukungan pelanggan yang responsif
Antarmuka pengguna yang intuitif
Fitur pelaporan yang komprehensif

5. Xero

Xero adalah pesaing software akuntansi MYOB berbasis cloud dan populer untuk bisnis kecil hingga menengah. Dikembangkan di Selandia Baru, Xero menawarkan antarmuka yang modern dan fitur-fitur yang mendukung kolaborasi tim secara online.

Fitur unggulan:

  • Pelacakan keuangan real-time
  • Faktur dan pembayaran online
  • Manajemen inventaris
  • Integrasi dengan aplikasi pihak ketiga

Kelebihan

Kekurangan

Antarmuka modern dan intuitif Dukungan pelanggan tidak selalu tersedia dalam bahasa Indonesia
Pelacakan keuangan real-time Memerlukan koneksi internet yang stabil
Fitur kolaborasi tim Kustomisasi laporan terbatas
Integrasi aplikasi pihak ketiga Tidak mendukung beberapa fitur lokal

6. Koneksi Accounting Software

koneksi accounting softwareKoneksi adalah vendor perangkat lunak performa asli Indonesia yang menyediakan software akuntansi yang secara khusus berfungsi untuk memenuhi kebutuhan bisnis di Indonesia.

Dengan kemudahan penggunaan dan integrasi yang luas, sistem akuntansi Koneksi membantu perusahaan mengelola keuangan dengan lebih efisien dan akurat

Dukungan teknis yang baik dan pembaruan yang berkelanjutan membuat Koneksi menjadi pilihan populer di kalangan pebisnis lokal, selain daripada MYOB accounting.

Fitur unggulan:

  • Manajemen buku besar
  • Laporan keuangan otomatis
  • Pengelolaan pajak yang efektif
  • Integrasi dengan sistem HR dan e-commerce

Kelebihan

Kekurangan

Antarmuka pengguna yang ramah Adanya antrean demo gratis yang panjang akibat tingginya permintaan
Dukungan pelanggan lokal yang baik
Fitur pelaporan yang akurat
Integrasi dengan sistem lokal

7. Jurnal

Jurnal adalah software akuntansi berbasis cloud yang Mekari kembangkan, sebuah perusahaan teknologi dari Indonesia. Vendor ini menjadi aplikasi akuntansi selain MYOB yang menawarkan fitur khusus untuk bisnis lokal.

Fitur unggulan:

  • Manajemen keuangan
  • Laporan keuangan komprehensif
  • Pelacakan pajak
  • Integrasi dengan sistem lokal

Kelebihan

Kekurangan

Mudah digunakan Beberapa fitur masih dalam pengembangan
Dukungan regulasi lokal Memerlukan pelatihan awal
Laporan keuangan yang komprehensif Fitur integrasi terbatas
Dukungan pelanggan lokal yang baik Dukungan offline terbatas

8. Microsoft Dynamics AX

Microsoft Dynamics AX adalah bagian dari rangkaian solusi ERP dari Microsoft yang menawarkan fitur akuntansi canggih dan integrasi dengan berbagai aplikasi Microsoft lainnya.

Performa sebagai alternative MYOB accounting, Microsoft Dynamics AX menawarkan sejumlah keuntungan dari keberadaan sistem akuntansinya.

Fitur unggulan:

  • Manajemen keuangan
  • Pelaporan dan analitik
  • Manajemen proyek
  • Integrasi dengan Microsoft Office

Kelebihan

Kekurangan

Integrasi dengan produk Microsoft Proses implementasi yang kompleks
Fitur analitik yang kuat Memerlukan investasi besar
Stabil dan handal Membutuhkan sumber daya IT yang signifikan
Dukungan pelanggan global Memerlukan pelatihan intensif

9. Software Accounting EQUIP

software accounting equip

EQUIP menawarkan software akuntansi yang khusus untuk memenuhi kebutuhan bisnis modern dengan fitur-fitur yang mudah Anda gunakan dan efisien. Software akuntansi EQUIP membantu perusahaan mengelola keuangan dengan transparansi dan akurasi tinggi.

Dukungan teknis yang handal dan layanan pelanggan yang responsif menjadikan EQUIP pilihan yang tepat bagi banyak perusahaan di Indonesia. Sebagai pilihan aplikasi akuntansi selain MYOB, EQUIP performa dalam bidangnya melalui dukungan fitur-fitur canggih.

Fitur unggulan:

  • Manajemen keuangan terpadu
  • Pelacakan pendapatan dan pengeluaran
  • Otomatisasi laporan pajak
  • Integrasi dengan aplikasi pihak ketiga

Kelebihan

Kekurangan

Mudah digunakan Lebih cocok untuk usaha enterprise karena fiturnya yang komprehensif
Pelacakan keuangan yang akurat
Dukungan pelanggan yang responsif
Integrasi dengan berbagai aplikasi

10. Zahir

Zahir adalah software akuntansi lokal yang telah pebisnis Indonesia kenal luas. Dikembangkan oleh Zahir International, software ini menjadi alternative MYOB accounting yang memiliki berbagai fitur mudah dan sesuai dengan kebutuhan bisnis lokal.

Fitur unggulan:

  • Manajemen keuangan
  • Laporan akuntansi
  • Pelacakan persediaan
  • Integrasi dengan sistem lokal

Kelebihan

Kekurangan

Mudah digunakan Beberapa fitur masih dalam pengembangan
Dukungan pelanggan lokal Kustomisasi terbatas
Laporan keuangan yang jelas Memerlukan pembaruan berkala
Integrasi dengan sistem lokal Dukungan offline terbatas

Kesimpulan

Dalam memilih software akuntansi yang tepat, penting untuk mempertimbangkan kepatuhan regulasi lokal, kemudahan integrasi, dan dukungan pelanggan. Terkait hal tersebut, MYOB software sebagai vendor luar negeri memiliki kekurangan yang harus Anda antisipasi.

Dari semua alternatif yang ideal, Total ERP menonjol sebagai alternatif MYOB terbaik di Indonesia. Dengan fitur-fitur canggih, integrasi mulus, dan kepatuhan terhadap regulasi lokal, Total ERP adalah solusi yang komprehensif dan andal.

Software akuntansi Total juga menyediakan opsi demo gratis yang dapat Anda coba mulai dari hari ini. Untuk itu, jika Anda masih ragu pilihan demo menjadi bijaksana karena tidak mengeluarkan biaya dan menghadirkan pengalaman nyata.

Picture of Noura Salim
Noura Salim
Noura Salim adalah penulis dalam bidang ERP dan strategi bisnis. Ia dikenal karena mengkombinasikan analisis mendalam dengan panduan praktis. Tulisannya membantu pembaca memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan inovasi bisnis.

Pencarian

Artikel Lainnya

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini