Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

Mengenal Sales Funnel: Cara Membangun Alur Penjualan yang Efektif

Picture of Anatha Ginting
sales funnel

Jika Anda aktif dalam bidang penjualan dan pengembangan bisnis, kemungkinan besar Anda telah sering mendengar istilah “sales funnel”. Sales funnel merupakan salah satu elemen kunci yang perlu dipertimbangkan ketika memasuki dunia bisnis. 

Hal ini dikarenakan setiap perubahan yang terjadi pada sales funnel dapat berdampak signifikan pada pertumbuhan dan perkembangan bisnis yang Anda jalankan. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi konsep sales funnel secara detail, mengeksplorasi setiap tahapnya, dan memberikan wawasan tentang bagaimana Anda dapat meningkatkan efektivitas sales funnel Anda.

Apa itu Sales Funnel?

pengertian

Sales funnel adalah konsep penting dalam dunia pemasaran yang bertujuan untuk menggambarkan perjalanan pelanggan dari awal hingga akhir dalam proses pembelian. Sebagai bisnis, memahami sales funnel adalah kunci untuk mengoptimalkan upaya pemasaran dan penjualan.

Sales funnel mencakup serangkaian langkah yang dirancang untuk menarik minat pelanggan potensial, membangun hubungan, dan mengarahkannya menuju pembelian produk atau layanan Anda.

Pada masa lalu, klien harus datang langsung ke toko dan berinteraksi secara langsung dengan penjual untuk membeli barang yang mereka butuhkan. Namun, saat ini tahapan penjualan telah menjadi lebih kompleks.

Pembeli sekarang dapat memilih produk yang ditawarkan melalui aplikasi, media sosial, situs web, atau platform lainnya tanpa perlu berhadapan langsung dengan penjual. Mereka dapat memilih barang berdasarkan iklan yang mereka lihat. Jika tertarik, mereka akan melihat detail produk dan berkomunikasi dengan tim layanan pelanggan atau pemilik toko.

Bagaimana Tahapan Sales Funnel?

aida

Sales funnel atau corong penjualan memiliki 4 tahapan utama yang dapat dengan mudah diingat dengan akronim AIDA, yang merupakan singkatan dari Awareness (Kesadaran), Interest (Minat), Decision (Keputusan), dan Action (Tindakan). Keempat tahap ini mencerminkan pola pikir calon pelanggan Anda.

Kesadaran atau awareness

Tahapan ini adalah saat di mana Anda pertama kali berhasil menarik perhatian konsumen. Ini bisa melalui sebuah tweet, postingan di Facebook yang dibagikan oleh teman, hasil pencarian di Google, atau hal lainnya yang memancing minat mereka.

Dalam beberapa kasus, jika semuanya tepat, konsumen dapat langsung melakukan pembelian. Ini adalah skenario ideal di mana semuanya berjalan sesuai rencana, dan konsumen telah melakukan riset dan mengetahui bahwa Anda menyediakan produk atau layanan yang mereka inginkan dengan harga yang masuk akal.

Namun, lebih sering, tahap kesadaran ini merupakan langkah awal dalam memperkenalkan diri kepada prospek. Anda berusaha untuk mengajak mereka untuk kembali ke situs web Anda dan lebih terlibat dengan bisnis Anda.

Ketertarikan atau interest

Ketika konsumen mencapai tahap minat dalam corong penjualan, mereka mulai melakukan penelitian, membandingkan produk, dan mempertimbangkan berbagai pilihan. Pada saat ini, penting bagi Anda untuk menyajikan konten yang luar biasa, yang membantu mereka, tanpa terlalu memaksakan penjualan.

Jika Anda terlalu agresif dalam mendorong penjualan produk atau layanan Anda sejak awal, Anda justru dapat membuat prospek Anda merasa tidak nyaman dan menghindari produk yang Anda tawarkan.

Tujuannya di sini adalah untuk membangun kepercayaan dan kredibilitas Anda, membantu konsumen dalam membuat keputusan yang tepat, dan menawarkan bantuan dalam segala cara yang Anda bisa.

Keputusan atau decision

Tahap keputusan dalam corong penjualan adalah saat pelanggan siap untuk melakukan pembelian. Pada tahap ini, mereka mungkin sedang mempertimbangkan beberapa opsi, dan tentunya kita berharap salah satunya adalah produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Ini adalah waktu yang tepat untuk menyajikan penawaran terbaik Anda. Anda dapat memberikan insentif seperti pengiriman gratis ketika sebagian besar pesaing Anda mengenakan biaya pengiriman, memberikan kode diskon khusus, atau memberikan bonus produk. Tujuannya adalah membuat penawaran tersebut begitu menarik sehingga prospek Anda tidak sabar untuk segera memanfaatkannya.

Tindakan atau action

Pada bagian terakhir dari corong penjualan terdapat tahapan tindakan. Ini adalah saat di mana konsumen membeli produk atau layanan Anda dan menjadi bagian dari ekosistem bisnis Anda.

Namun, hanya karena konsumen mencapai tahap akhir ini, bukan berarti pekerjaan Anda selesai. Tahapan tindakan ini penting bagi baik konsumen maupun pemasar. Anda ingin melakukan yang terbaik untuk mengubah satu pembelian menjadi sepuluh, sepuluh menjadi seratus, dan seterusnya.

Dengan kata lain, Anda fokus pada retensi pelanggan. Sampaikan rasa terima kasih atas pembelian mereka, undang pelanggan untuk memberikan masukan, dan siapkan diri Anda untuk memberikan dukungan teknis jika diperlukan.

Mengapa Sales Funnel Penting Bagi Bisnis?

Sales funnel memiliki peran penting dalam bisnis karena dapat membantu perusahaan dalam mengelola pelanggan dan meningkatkan tingkat konversi. Dengan memiliki corong penjualan yang efektif, bisnis dapat mengalokasikan sumber daya dengan lebih baik untuk membantu pelanggan melewati setiap tahap dalam proses pembelian. Hal ini dapat membantu perusahaan meningkatkan tingkat penjualan dan membangun loyalitas pelanggan.

Selain itu, sales funnel juga membantu perusahaan dalam mengidentifikasi hambatan yang mungkin dihadapi pelanggan selama proses pembelian. Dengan memahami kendala ini, perusahaan dapat mengembangkan solusi dan strategi yang lebih baik untuk mengatasi masalah tersebut.

Dengan demikian, sales funnel menjadi alat yang sangat berharga bagi perusahaan dalam melihat user journey dan mengoptimalkan upaya pemasaran dan penjualan, serta meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan.

Bagaimana Cara Membangun Sales Funnel yang Baik?

Membangun sales funnel yang efektif adalah strategi yang sangat penting bagi setiap bisnis yang ingin mencapai kesuksesan dalam pemasaran dan penjualan. Tapi bagaimana cara membangun sales funnel yang efektif? Berikut beberapa langkah yang perlu anda perhatikan:

Analisis perilaku audiens

sales funnel

Semakin dalam pemahaman Anda tentang audiens Anda, semakin efektif strategi corong penjualan dalam bisnis Anda. Anda tidak perlu memasarkan kepada semua orang, tetapi fokuslah pada orang-orang yang benar-benar sesuai dengan apa yang Anda jual.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki toko online atau situs web, penting untuk mengetahui di mana pengunjung mengklik, kapan mereka melakukan scroll, dan berapa lama waktu yang mereka habiskan di halaman tertentu. Data-data ini akan membantu Anda memperbaiki dan menyempurnakan gambaran persona pembeli Anda.

Dengan pemahaman yang mendalam tentang audiens Anda. Anda dapat mengimplementasikan forecast penjualan yang dapat mengoptimalkan strategi corong penjualan Anda dengan lebih baik. Anda dapat menyesuaikan pesan, taktik pemasaran, dan pengalaman pengguna secara spesifik untuk menarik dan mempengaruhi prospek yang relevan.

Tangkap perhatian

Keberhasilan sales funnel Anda tergantung pada kemampuan Anda untuk menarik perhatian audiens target. Ini berarti Anda perlu memastikan bahwa konten Anda dapat ditemukan oleh mereka.

Salah satu strategi yang bisa Anda terapkan adalah dengan mempublikasikan konten secara organik dan secara konsisten di semua platform yang Anda gunakan. Diversifikasikan jenis konten yang Anda buat, seperti infografis, video, dan jenis konten lainnya, untuk menarik minat yang lebih luas.

Selain itu, jika Anda siap untuk menginvestasikan lebih banyak anggaran, Anda dapat menjalankan iklan. Pemilihan platform iklan yang tepat akan tergantung pada platform interaksi yang terpakai oleh audiens target Anda.

Buat landing page

landing page

Untuk mengarahkan prospek Anda ke tahap selanjutnya dalam corong penjualan, penting untuk mengarahkan mereka ke halaman landing yang menawarkan sesuatu yang tidak dapat mereka lewatkan. Hal ini dapat dilakukan melalui iklan atau konten lainnya.

Pada tahap ini, fokuslah pada menarik prospek berkualitas daripada langsung mendorong penjualan. Halaman landing harus dirancang sedemikian rupa sehingga mengarahkan pengunjung ke langkah berikutnya dalam sales funnel.

Anda perlu memberikan ajakan bertindak yang jelas kepada pengunjung, memberi tahu mereka apa yang harus dilakukan selanjutnya. Misalnya, itu bisa berupa unduhan e-book gratis, menonton video tutorial, atau tindakan lain yang sesuai dengan tujuan Anda. Tujuan utamanya adalah menggerakkan prospek untuk melakukan tindakan yang ingin Anda arahkan.

Tetap terhubung

Jangan mengabaikan pelanggan yang sudah ada, sebaliknya teruslah berinteraksi dengan mereka. Luangkan waktu untuk mengucapkan terima kasih atas pembelian mereka, tawarkan kode kupon tambahan sebagai apresiasi, dan ajak mereka terlibat dalam aktivitas di media sosial Anda.

Selain itu, tawarkan insentif tambahan seperti kode kupon atau penawaran khusus yang dapat mereka manfaatkan. Hal ini tidak hanya meningkatkan peluang mereka untuk melakukan pembelian berulang, tetapi juga memberikan dorongan positif pada kepuasan pelanggan.

Mengapa CRM dari Total Mampu Optimalkan Sales Funnel Bisnis Anda?

total crm

CRM (Customer Relationship Management) dari Total adalah alat yang kuat untuk mengoptimalkan sales funnel dalam bisnis. Software CRM membantu bisnis dalam mengelola hubungan dengan pelanggan, mengumpulkan data pelanggan, dan memperluas pengetahuan tentang preferensi dan perilaku pelanggan.

Dengan menggunakan CRM dari Total, bisnis dapat mengumpulkan informasi penting tentang pelanggan, seperti riwayat pembelian, preferensi produk, interaksi sebelumnya, dan konteks lainnya. Data ini membantu bisnis dalam memahami pelanggan dengan lebih baik, mempersonalisasi komunikasi, dan menyediakan pengalaman yang relevan dan sesuai dengan setiap tahap sales funnel.

Selain itu, CRM dari Total juga memungkinkan bisnis untuk mengotomatisasi proses penjualan dan memantau kemajuan dalam sales funnel. Dengan adanya alat ini, bisnis dapat mengelola prospek secara efisien. Mengidentifikasi tahapan-tahapan yang perlu peningkatan, dan memberikan tindakan yang tepat pada waktu yang tepat.

Dalam hal mengoptimalkan sales funnel, Total CRM juga menyediakan pelaporan dan analisis yang mendalam. Bisnis dapat melihat metrik penjualan kunci, mengidentifikasi pola dan tren, serta mengukur efektivitas kampanye pemasaran dan penjualan. Dengan informasi ini, bisnis dapat mengambil keputusan yang lebih cerdas dan mengarahkan upaya mereka untuk meningkatkan konversi dan pertumbuhan bisnis.

Kesimpulan

Sales funnel merupakan konsep penting dalam pemasaran yang menggambarkan perjalanan pelanggan dari awal hingga akhir dalam proses pembelian. Dengan memahami sales funnel, bisnis dapat mengoptimalkan upaya pemasaran dan penjualan, mengarahkan pelanggan menuju konversi yang sukses, dan meningkatkan pertumbuhan bisnis secara keseluruhan. 

CRM Total dapat berperan penting dalam mengoptimalkan sales funnel sebuah bisnis. CRM membantu bisnis dalam mengelola hubungan dengan pelanggan, mengumpulkan dan menganalisis data pelanggan, serta mengotomatisasi proses penjualan. Coba demo gratisnya hari ini!

Picture of Anatha Ginting

Anatha Ginting

Pencarian

Berita Terbaru

lorem ipsum dolor

Berita Terpopuler

lorem ipsum dolor

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini

Customer Service

Customer Service
Balasan dalam 1 menit

Customer Service
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
6281222849188
×
Dapatkan Demo Gratis!