Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

16 Aplikasi Bisnis Digital Terbaik untuk Bisnis Online Anda

Picture of Marshana Vanina
Aplikasi Bisnis Digital

Perkembangan teknologi dan internet memang menjadi sarana penting bagi masyarakat bukan hanya sebagai sumber informasi. Namun, juga  sebagai kegiatan ekonomi. Seperti halnya berbisnis di aplikasi bisnis digital juga harus melibatkan kegiatan pemasaran, yang masyarakat kenal sebagai marketing digital. Dengan menggunakan strategi digital marketing yang tepat, toko online yang Anda kelola akan dapat menarik pengunjung yang berpotensi menjadi sebagai pelanggan.

Anda dapat melakukan marketing digital sendiri atau dengan bantuan tim yang berpengalaman. Terlebih lagi, ada beberapa contoh platform digital seperti aplikasi media sosial. Dengan begitu, Anda dapat membantu Anda dalam mengelola toko online Anda. Penting bagi perusahaan untuk mempertimbangkan rekomendasi aplikasi-aplikasi tersebut. Simak detail penjelasan pada artikel di bawah ini.

Daftar Isi

Apa itu Aplikasi Bisnis Digital?

Aplikasi pemasaran digital adalah alat yang digunakan oleh tim pemasaran atau pelaku bisnis untuk mencapai prospek melalui pengenalan produk atau jasa yang ditawarkan. Dalam penggunaannya, aplikasi pemasaran online dapat membantu pelaku bisnis meningkatkan nilai merek dan loyalitas pelanggan. Ini karena aplikasi pemasaran digital dapat mencapai prospek yang lebih luas, yang pada gilirannya dapat menciptakan nilai merek.

Selain membantu mencapai prospek yang lebih luas, aplikasi pemasaran online juga memungkinkan pemasar untuk melihat hasil dan pencapaian yang telah tercapai. Tidak hanya itu, melalui fitur laporan dan analisis yang tersedia dalam aplikasi pemasaran. 

Baca juga: Manfaat Jasa Implementasi ERP beserta Rekomendasi Aplikasinya

Manfaat Penggunaan Aplikasi untuk Bisnis Digital

Aplikasi pemasaran digital memberikan manfaat besar bagi bisnis. Mereka membantu menghemat waktu dan biaya, mempermudah pengelolaan pemasaran, memberikan wawasan pelanggan. Terlebih lagi dapat meningkatkan kesadaran merek, membangun citra merek yang kuat, meningkatkan pengalaman pelanggan, membangun kepercayaan dan loyalitas, serta menghubungkan bisnis dengan dengan cepat dan mudah. 

Selain itu, aplikasi ini juga memperluas jangkauan bisnis, meningkatkan kualitas prospek, meningkatkan keterlibatan pelanggan, membantu membangun saluran pemasaran. Tidak hanya itu, manfaat penggunaan aplikasi bisnis digital dapat menyediakan laporan dan analisis real-time yang akurat untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan bisnis.

16 Rekomendasi Aplikasi Bisnis Digital Terbaik 

Setiap alat pemasaran digital memiliki peran dan fungsi yang berbeda. Beberapa alat digunakan untuk meningkatkan penjualan, sementara yang lainnya khusus untuk mengumpulkan data. Untuk membantu Anda dalam memilih alat yang tepat untuk bisnis Anda, kami telah merangkum rekomendasi 16 aplikasi bisnis digital. Mari kita simak berikut ini.

1. CRM Total 

aplikasi bisnis digital

Aplikasi Customer Relationship Management (CRM) dari Total memiliki manfaat yang signifikan. Aplikasi ini membantu bisnis dalam mengelola data pelanggan, menangani permintaan pelanggan, serta memberikan pelayanan pelanggan yang lebih baik dan personal. Dengan fitur-fitur lengkap dan integrasi yang kuat, CRM Total ERP sangat penting untuk kelangsungan bisnis jangka panjang. Berbagai fitur yang dimiliki oleh Total ERP CRM adalah:

a. All-in-one solution: Solusi ini memiliki keunggulan dalam kemudahan penggunaan yang membantu bisnis menghemat waktu dan sumber daya. Dengan adanya fitur ini, bisnis dapat mengelola semua aspek bisnis mereka dengan mudah melalui satu platform. Hal ini membantu meningkatkan pengalaman pelanggan dan efisiensi operasional secara keseluruhan.

b. Customizable features: Keunggulan fitur ini adalah kemampuan aplikasi CRM untuk disesuaikan dengan kebutuhan bisnis yang berbeda. Bisnis dapat menambahkan atau menghapus modul yang ada dalam aplikasi CRM sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu, fitur ini juga memungkinkan bisnis menyesuaikan sistem pengaturan hak akses pengguna dalam aplikasi sesuai dengan tanggung jawab dan pekerjaan yang mereka lakukan.

c. Customer oriented: Fitur yang terkait dengan orientasi pada pelanggan meliputi manajemen pelanggan, manajemen layanan pelanggan, dan analisis data pelanggan. Dengan fitur ini, bisnis dapat memantau riwayat transaksi dan interaksi dengan pelanggan sehingga dapat memberikan layanan yang lebih personal. Fitur analisis data pelanggan juga memungkinkan bisnis menganalisis data pelanggan secara menyeluruh dan memahami preferensi merek

d. Free unlimited users: Keunggulan dari fitur ini adalah fokus aplikasi pada kebutuhan dan pengalaman pelanggan. Dalam aplikasi CRM Total ERP, pelanggan ditempatkan pada pusat perhatian, dan aplikasi ini dirancang untuk memberikan pengalaman pelanggan terbaik. Dengan adanya fitur ini, bisnis dapat fokus pada kebutuhan dan pengalaman pelanggan, meningkatkan kepuasan pelanggan, membangun hubungan jangka panjang, dan meningkatkan efisiensi.

2. Aplikasi bisnis digital – Google Analytics

Google Analytics merupakan alat pemasaran gratis yang dapat digunakan oleh siapa saja. Dengan alat ini, Anda dapat melihat laporan tentang kunjungan ke situs web, tingkat penolakan pengunjung, pendapatan, konversi, produk terlaris, dan perangkat yang digunakan saat mengakses situs.

Untuk menggunakan alat ini cukup hanya membuat akun Google. Setelah itu, Google Analytics akan melacak aktivitas kampanye bisnis Anda, termasuk dari mesin pencari Google dan email marketing. Anda juga dapat menghubungkan Google Analytics dengan Google Ads. Dengan fitur ini, Anda dapat memantau iklan online, mendapatkan informasi tentang prospek, kualitas halaman arahan, dan jumlah penjualan.

3. Google Ads

Google Ads menawarkan layanan pemasangan iklan tidak hanya di Google, tetapi juga di situs web dan aplikasi seluler. Melalui Google Ads, berbagai jenis iklan dapat didistribusikan, termasuk iklan video dan iklan daftar produk. Secara umum, cara kerja alat ini didasarkan pada cookie dan kata kunci yang dipilih dan dilelang oleh pengiklan

Sebagai contoh, jika Anda menggunakan Google sebagai pengguna dan ingin mencari informasi tentang hosting terbaik di Indonesia, Anda akan mengetik kata kunci “hosting terbaik Indonesia” pada kolom pencarian Google. Kemudian, iklan Google Ads akan muncul di bagian atas atau bawah halaman sesuai dengan kata kunci yang Anda masukkan.

4. Canva 

Canva menawarkan berbagai pilihan template yang mudah disesuaikan dengan kebutuhan. Anda dapat menambahkan gambar dan teks untuk membuat desain lebih menarik. Anda juga tidak terbatas pada koleksi gambar dari Canva saja, Anda dapat menggunakan gambar dari koleksi pribadi Anda. Selain itu, Canva juga menyediakan fitur text holder yang membantu menyusun posisi teks dan gambar secara harmonis.

5. Aplikasi bisnis digital – Trello

Trello adalah sebuah aplikasi yang sangat berguna untuk mendorong kemajuan tim pemasaran Anda. Selain itu, Trello juga menawarkan berbagai fitur canggih yang dapat mendukung kolaborasi tim Anda. Contohnya, Trello memberikan fleksibilitas dalam jumlah kartu yang dapat Anda gunakan (unlimited cards), hingga 10 papan (boards) per workspace, dan tak terbatas Power-Ups per papan. Fitur-fitur ini membantu memfasilitasi kerja tim dengan lebih baik dalam mencapai tujuan bersama.

6. Pipedrive

Pipedrive merupakan sebuah aplikasi digital marketing yang mengoperasikan sistem CRM (Customer Relationship Management) yang memungkinkan perusahaan merencanakan aktivitas pemasaran dan melacak transaksi yang terjadi di dalam bisnis. Contoh aplikasi bisnis digital ini memberikan kemudahan bagi Anda untuk mengumpulkan informasi mengenai pelanggan dan membangun hubungan yang baik dengan mereka. 

7. SEMRush

SEMRush adalah alat digital marketing yang berfokus pada SEO. Selain itu, SEMRush juga menyediakan informasi tentang PPC, media sosial, dan konten pemasaran. Dengan menggunakan SEMRush, Anda dapat mengetahui tren terkini dalam niche bisnis Anda dan membangun backlink dengan situs web lain. Tidak hanya itu, SEMRush juga menawarkan add-ons untuk Local SEO, yang memungkinkan Anda memantau peringkat kata kunci dan mengelola listing di Google My Business.

8. Aplikasi bisnis digital – Salesflare 

Salesflare adalah sebuah CRM dan platform email yang banyak bisnis gunakan untuk meningkatkan hasil kerja dan mengurangi beban kerja. Dengan fitur otomatisasi entri data dari berbagai sumber seperti profil sosial, email, kalender, telepon, database perusahaan, dan tanda tangan email profesional, Salesflare membantu perusahaan memanfaatkan informasi dengan lebih efisien dan meningkatkan kesan profesional dalam komunikasi mereka.

9. SociaBuzz

SociaBuzz adalah sebuah platform online yang menghubungkan bisnis dengan pembuat konten dan individu yang memiliki pengikut banyak. Melalui platform ini, artis dan para profesional kreatif lainnya dapat bekerjasama dalam meng-endorse karya mereka. SociaBuzz menyediakan informasi seperti jumlah pengikut, kunjungan situs web, keterlibatan, portofolio, ulasan, dan data pribadi untuk memudahkan perusahaan dalam mencari dan berkolaborasi dengan individu yang cocok.

10. Mailchimp

Mailchimp adalah sebuah aplikasi lengkap untuk pemasaran digital yang membantu pengguna dalam menjalankan kampanye pemasaran melalui email secara efektif. Aplikasi ini memiliki fungsi untuk mengumpulkan, mengorganisir, dan memanfaatkan data guna mengirim pesan yang dipersonalisasi. Dengan Mailchimp, pengguna dapat dengan mudah terhubung dan melibatkan pelanggan mereka dalam komunikasi pemasaran.

11. Aplikasi bisnis digital – EngageBay

EngageBay merupakan sebuah aplikasi yang menggabungkan fungsi pemasaran, penjualan, layanan pelanggan, dan sistem manajemen hubungan pelanggan (CRM) yang saling terintegrasi. Selain itu, aplikasi ini terancang untuk membantu perusahaan-perusahaan kecil hingga menengah. EngageBay berbasis cloud, memungkinkan bisnis untuk membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan mereka dan mempertahankan hubungan tersebut dalam jangka panjang.

12. Unsplash

Sebaiknya gunakan gambar dari situs yang menyediakan foto atau gambar gratis dan bebas hak cipta, seperti Unsplash. Di Unsplash, Anda dapat menemukan berbagai kategori gambar seperti Wallpapers, 3D Renders, dan Textures & Patterns. Anda memiliki izin untuk menggunakan foto-foto dari Unsplash baik untuk keperluan komersial maupun non-komersial, namun jangan menjualnya kembali.

13. Hootsuite

Hootsuite adalah tools pemasaran yang populer perusahaan-perusahaan besar gunakan seperti Sony Music dan Coca-Cola. Anda dapat memantau perkembangan bisnis dan berinteraksi dengan konsumen di berbagai platform seperti Twitter, Facebook,dan sebagainya. Keunggulan utama Hootsuite adalah fitur penjadwalan posting, memungkinkan Anda untuk menjadwalkan konten dan mengoptimalkan waktu dalam mengelola media sosial bisnis Anda.

14. Aplikasi bisnis digital – ACT!

ACT! adalah sebuah aplikasi pemasaran digital yang tidak hanya fokus pada aspek pemasaran, tetapi juga terancang untuk mendukung kebutuhan dalam penjualan. Selain itu, aplikasi ini memberikan bantuan dalam mengubah prospek menjadi pelanggan yang setia. Dengan menggunakan ACT!, perusahaan dapat memiliki pendekatan yang komprehensif dalam mengelola dan memanfaatkan peluang bisnis.

15. Intercom

Intercom adalah sebuah platform komunikasi yang mengelola berbagai aspek yang terkait dengan pelanggan. Aplikasi pemasaran online ini memfokuskan pada tahapan sales funnel, termasuk orientasi pelanggan, aktivasi, dan konversi uji coba. Selain itu, Intercom memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi akun prospek yang muncul di situs web Anda dan secara otomatis mengarahkannya ke tim pemasaran yang relevan.

16. Aplikasi bisnis digital – Merkari Qontak

Mekari Qontak adalah aplikasi pemasaran terbaik untuk otomatisasi marketing. Dengan integrasi ke berbagai platform komunikasi seperti WhatsApp Business API dan media sosial, Anda dapat dengan mudah mengumpulkan database prospek, berinteraksi dengan mereka, dan mengirim promosi atau kampanye perusahaan. Mekari Qontak memudahkan tim marketing dalam melakukan berbagai tugas pemasaran dengan efisien.

Optimalkan Penerapan Aplikasi Bisnis Digital Anda dengan CRM dari Total

aplikasi bisnis digital

Memaksimalkan penggunaan aplikasi bisnis digital Anda dengan software CRM dari Total. Dengan menggunakan CRM, Anda dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam mengelola proses bisnis Anda. Solusi ERP CRM dari Total membantu Anda dalam mengorganisasikan aplikasi bisnis digital Anda. Seperti halnya melacak data pelanggan, mengelola hubungan dengan pelanggan, serta meningkatkan layanan pelanggan secara keseluruhan.

Dengan fitur-fitur yang canggih, seperti manajemen kontak, pengelolaan penjualan, analisis data, dan pelacakan aktivitas, CRM dari Total membantu Anda dalam memahami pelanggan Anda dengan lebih baik. meningkatkan interaksi dengan mereka, dan mengoptimalkan strategi pemasaran Anda. Dengan memanfaatkan solusi CRM dari Total, Anda dapat mengembangkan bisnis Anda dengan lebih efektif dan memperoleh keunggulan kompetitif di pasar yang semakin kompetitif.

Kesimpulan

Aplikasi bisnis digital atau digital marketing adalah solusi pemasaran online yang mempermudah bisnis dalam memperkenalkan merek dan menghasilkan prospek. Dengan menggunakan aplikasi ini, bisnis dapat mencapai pendapatan yang optimal dengan biaya yang efisien. Oleh karena itu, banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan aplikasi pemasaran untuk mengoptimalkan strategi pemasaran mereka.

Salah satu jasa pembuatan software CRM terbaik aplikasi marketing digital di Indonesia adalah Total. Selain itu, Total juga menawarkan fitur-fitur canggih yang dapat Anda manfaatkan. Dengan menggunakan CRM Total, bisnis Anda dapat meningkatkan efektivitas pemasaran dan mencapai hasil yang lebih baik. Untuk itu perusahaan wajib mempertimbangkan penerapan contoh aplikasi bisnis digital. Anda dapat mencoba demo gratis sekarang.

Picture of Marshana Vanina

Marshana Vanina

Pencarian

Berita Terbaru

lorem ipsum dolor

Berita Terpopuler

lorem ipsum dolor

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini

Customer Service

Novita
Balasan dalam 1 menit

Novita
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
6281222849188
×
Dapatkan Demo Gratis!