Icon EQUIP

Novita
Balasan dalam 1 menit

Novita
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
6281222849188
×

Novita

Active Now

Novita

Active Now

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

Manfaat Penerapan Sistem ERP pada Astra Honda Motor

Picture of Marshana Vanina
Sistem erp pada astra honda motor

Tingginya tingkat permintaan barang otomotif menjadi keuntungan bagi perusahaan otomotif untuk membuka pasar di Indonesia. Hal ini menimbulkan persaingan yang ketat antar perusahaan otomotif, sehingga perusahaan seperti Astra Honda Motor menggunakan strategi tertentu dalam menaikkan daya saing. Salah satunya adalah integrasi data bisnis dengan menerapkan sistem ERP pada Astra Honda Motor.

Astra Honda Motor merupakan salah satu pelopor utama di industri manufaktur sepeda motor Indonesia. Perusahaan ini telah mengakui pentingnya mengadopsi sistem ERP untuk memenuhi tuntutan pasar yang terus berkembang. Dengan menggunakan sistem ERP yang canggih, Astra Honda Motor mampu meningkatkan efisiensi operasionalnya, mengurangi biaya produksi, meningkatkan kualitas produk, dan mengoptimalkan hubungan dengan mitra bisnisnya.

Mengenal Astra Honda Motor

Mengenal Sistem ERP pada Astra Honda Motor

Astra Honda Motor merupakan hasil kolaborasi antara Honda Motor Company Limited dari Jepang dan PT Astra International Tbk dari Indonesia. Kedua perusahaan ini menggabungkan keunggulan teknologi dan jaringan pemasaran di Indonesia. Perusahaan Astra Honda Motor merupakan satu-satunya perusahaan di Indonesia yang memiliki hak menjadi Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) sepeda motor Honda. Hal tersebut menjadikan perusahaan ini sebagai pelopor industri sepeda motor di Indonesia.

Produk-produk unggul perusahaan ini, seperti Vario, BeAT, PCX, Supra X, Revo, hingga CBR.  Perusahaan ini juga terkenal dengan kesejahteraan karyawan di area kerja dan operasional bisnis yang efektif. Keunggulan tersebut tidak terlepas dari peran sistem teknologi informasi yang telah berkembang sehingga perusahaan Astra mampu menambah keunggulan daya saing seraya mengefisienkan pekerjaan karyawan.

Tantangan yang Sering Dihadapi Astra Honda Motor

Terlepas dari keunggulan-keunggulan yang sekarang Astra Motor Honda rasakan, perusahaan ini seringkali menghadapi  tantangan di dalam bisnis. Tantangan yang dihadapi hampir sama dengan perusahaan-perusahaan otomotif lainnya, yaitu pergerakan bisnis yang fluktuasi.

Fluktuasi bisnis merupakan ketidakstabilan yang menyebabkan kinerja suatu perusahaan terguncang. Fenomena ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor eksternal yang tidak dapat dikendalikan sepenuhnya oleh perusahaan, seperti perubahan tren pasar, kondisi ekonomi yang tidak stabil, perubahan regulasi pemerintah, dan persaingan yang semakin ketat di industri otomotif.

Oleh karena itu, fluktuasi bisnis dapat menjadi tantangan bagi perusahaan. Misalnya, penurunan permintaan pasar dapat mengakibatkan penurunan penjualan kendaraan, yang pada akhirnya dapat mempengaruhi pendapatan perusahaan. Selain itu, fluktuasi mata uang juga dapat mempengaruhi biaya produksi dan harga jual kendaraan.

Untuk menghadapi tantangan ini, Astra Motor Honda harus memiliki strategi bisnis yang adaptif dan responsif terhadap perubahan pasar. Perusahaan perlu melakukan analisis pasar yang cermat untuk memahami tren dan preferensi konsumen sehingga dapat mengembangkan produk yang sesuai dengan permintaan pasar. Selain itu, perusahaan perlu untuk memiliki sistem data informasi yang bersifat fleksibel sesuai dengan perkembangan bisnis. 

Implementasi Sistem ERP pada Astra Honda Motor

Tantangan pergerakan bisnis yang fluktuatif yang Astra Honda Motor alami membutuhkan implementasi sistem Enterprise Resource Planning (ERP) perusahaan sebagai solusi yang efektif. Pergerakan bisnis yang fluktuatif dapat menyebabkan ketidakseimbangan antara permintaan dan pasokan, kesulitan dalam mengelola inventaris, kurangnya koordinasi antara departemen, dan kesulitan dalam memprediksi kebutuhan dan tren pasar.

Implementasi sistem ERP pada Astra Honda Motor diharapkan dapat mengatasi tantangan ini dengan beberapa cara. Pertama, ERP menyediakan integrasi data yang komprehensif antara berbagai departemen, seperti manufaktur, logistik, keuangan, dan penjualan. Hal ini akan memungkinkan perusahaan untuk memperoleh gambaran yang lebih lengkap tentang operasi bisnis secara keseluruhan. Hal ini akan membantu perusahaan dalam mendeteksi masalah perusahaan.

Kedua, ERP memungkinkan Astra Honda Motor untuk meningkatkan efisiensi operasional. Dengan memanfaatkan fitur-fitur seperti perencanaan sumber daya perusahaan, pengendalian inventaris, dan manajemen rantai pasokan yang terintegrasi, perusahaan dapat mengoptimalkan penggunaan sumber daya, mengurangi biaya, dan meningkatkan produktivitas.

Selain itu, ERP juga dapat membantu Astra Honda Motor dalam memprediksi kebutuhan dan tren pasar. Dengan mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai sumber, seperti permintaan pelanggan, tren penjualan, dan data pasar, perusahaan dapat mengidentifikasi pola-pola yang berguna untuk perencanaan produksi, pengadaan bahan baku, dan strategi pemasaran.

Secara keseluruhan, implementasi sistem ERP perusahaan mampu membantu Honda Astra Motor mengatasi tantangan pergerakan bisnis yang fluktuatif. Pasalnya ERP memiliki kemampuan dalam meningkatkan koordinasi internal, mengoptimalkan penggunaan sumber daya, serta memperoleh informasi yang lebih akurat dan tepat waktu sehingga proses pengambilan keputusan menjadi lebih cepat dan efisien.

Manfaat Sistem ERP pada Astra Honda Motor

Setelah ERP perusahaan implementasi, banyak manfaat yang akan dirasakan oleh perusahaan. Tidak hanya membantu menyelesaikan tantangan, ERP juga mampu untuk memberikan manfaat baru dalam menaikkan daya saing perusahaan. Berikut manfaat dari software ERP yang perusahaan rasakan:

Supply Chain Management (SCM) yang lancar

ERP menyediakan integrasi yang kuat antara departemen produksi, pengadaan, logistik, dan penjualan. Dengan adanya integrasi ini, Astra Honda Motor dapat memantau dan mengelola rantai pasokan secara lebih efisien. Informasi mengenai permintaan pelanggan, persediaan bahan baku, dan pengiriman dapat dengan mudah karyawan akses dan bagikan di seluruh perusahaan. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk merencanakan dan mengoptimalkan alur material, mengurangi lead time, dan meningkatkan responsivitas terhadap permintaan pasar.

Produksi yang terencana dan terkendali

ERP memberikan visibilitas yang lebih baik terhadap proses produksi. Dengan memiliki data dan informasi yang terintegrasi mengenai kebutuhan material, kapasitas produksi, dan jadwal produksi, Astra Honda Motor dapat merencanakan produksi dengan lebih baik. Informasi yang akurat dan real-time memungkinkan perusahaan untuk mengoptimalkan penggunaan sumber daya, menghindari overproduction atau kekurangan stok, serta mengurangi biaya produksi yang tidak perlu.

Kualitas barang yang terjaga

Melalui sistem ERP, Astra Honda Motor dapat mengintegrasikan proses pengendalian kualitas dalam seluruh rantai pasokan. Dengan memantau dan menganalisis data kualitas, mulai dari penerimaan bahan baku hingga produksi akhir, perusahaan dapat mendeteksi dan mengatasi masalah kualitas secara lebih efektif. Selain itu, sistem ERP juga memungkinkan pelacakan dan identifikasi produk yang bermasalah sehingga dapat perusahaan dapat melakukan tindakan perbaikan atau recall dengan cepat.

Kesimpulan 

Setiap perusahaan pasti pernah menghadapi tantangan dalam operasional. Apalagi, di era persaingan bisnis yang fluktuatif. Dalam menghadapi tantangan bisnis yang fluktuatif, implementasi sistem Enterprise Resource Planning (ERP) memiliki manfaat yang signifikan bagi Astra Honda Motor. ERP membantu perusahaan dalam mengelola rantai pasokan dengan lancar, merencanakan produksi secara terencana dan terkendali, serta menjaga kualitas barang. 

Dengan adanya integrasi dan visibilitas yang ERP berikan, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi operasional, mengoptimalkan penggunaan sumber daya, dan merespons permintaan pasar dengan lebih baik. Selain itu, ERP juga memungkinkan pemantauan kualitas produk secara menyeluruh dan tindakan perbaikan yang cepat. Dengan keuntungan yang Astra Honda Motor rasakan, tidak ada salahnya untuk Anda mencoba menggunakan sistem ERP dari Total. Anda juga dapat mencoba demo sistem erp perusahaan ini secara gratis di sini.

 

Picture of Marshana Vanina
Marshana Vanina

Pencarian

Artikel Lainnya

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini