Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

Pentingnya Aplikasi Inventaris Barang untuk Mengoptimalkan Proses Bisnis

Picture of Vania
Aplikasi inventaris barang

Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, aplikasi inventaris barang menjadi semakin penting bagi organisasi dalam mengelola stok barang mereka dengan efisien dan efektif. Sistem ini memungkinkan organisasi untuk memantau persediaan, mengoptimalkan penggunaan ruang penyimpanan. Selain itu juga meningkatkan tingkat pelayanan pelanggan dengan lebih mudah dan cepat.

Aplikasi inventaris barang adalah sebuah program yang memungkinkan suatu organisasi, atau perusahaan yang memiliki banyak stok barang untuk mengelola dan memantaunya dengan lebih efisien. Selain itu, sistem ini juga berisi data setiap barang, seperti jumlah, lokasi, status, mencatat semua nilai, serta mengatur basis data yang dapat diakses oleh tim pengelola inventaris. Oleh karena itu, dengan mengotomatisasi proses bisnis yang berulang, organisasi dapat mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi operasionalnya. 

Fungsi Aplikasi Inventaris Barang untuk Proses Bisnis

Tentunya semua jenis software mempunyai fungsinya masing-masing, termasuk aplikasi inventaris barang. Software ini memiliki banyak manfaat untuk proses bisnis suatu organisasi atau perusahaan. Berikut ini adalah lima fungsi utama software ini dalam proses bisnis:

1. Otomatisasi proses manual

Pnggunaan sistem ini merupakan otomatisasi dari tugas pencatatan stok yang biasanya dilakukan dengan cara manual. Dengan menggunakan sistem inventory, barang tidak lagi memakan waktu lama, sehingga kinerja menjadi lebih produktif untuk mengelola bisnis.

2. Mengefisiensikan kegiatan bisnis

Anda akan lebih mudah mencatat stok barang apa saja yang tersedia dan tidak ada di gudang  serta membutuhkan stok ulang.  Jadi, pada saat pelanggan Anda mencari barang yang Anda jual, Anda bisa tetap menjaga stok barang agar pelanggan bisa membeli kapan saja dengan aplikasi inventory barang, proses pencatatan stok akan lebih mudah sehingga kegiatan bisnis akan lebih efisien.

3. Mempermudah pelacakan barang

Aplikasi inventaris barang juga dapat membantu dalam pengelolaan suatu barang dan merancang daftar inventaris yang efisien. Salah satunya dengan mudah melacak keberadaan barang.  dan memantau pergerakan barang dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Aplikasi ini biasanya melengkapi  fitur yang memungkinkan pengelola barang untuk mencatat masuk dan keluarnya barang, serta mengetahui siapa yang bertanggung jawab atas barang tersebut.

4. Memaksimalkan pengelolaan stok

Stok yang cukup merupakan faktor kunci dalam memastikan kelancaran operasional dan kepuasan pelanggan.  Aplikasi ini memungkinkan pengelola inventaris untuk melihat stok barang secara real-time dan memperkirakan kapan waktu yang tepat untuk melakukan pembelian barang.

5. Aplikasi inventaris barang meminimalisir human error

Terakhir, dalam aplikasi inventaris barang, pengelola inventaris dapat mengandalkan data akurat dan aplikasi menyediakan data secara up-to-date. Oleh sebab itu, sistem ini dapat meminimalkan risiko kesalahan manusia dalam menghitung jumlah barang, memperbarui status barang, serta mencatat masuk dan keluarnya barang.

Baca juga: 10 Rekomendasi Terbaik Aplikasi Stok Barang Untuk Bisnis Anda

Fitur Penting yang Harus Ada pada Aplikasi Inventaris Barang

aplikasi inventrais barang

Ketika memilih aplikasi inventaris barang, Anda juga harus mempertimbangkan fitur apa saja yang terdapat di sistem ini. Fitur-fitur tersebut dapat membantu pengelola inventaris dalam mengelola dan memantau pergerakan barang, mengoptimalkan penggunaan barang, dan meminimalkan risiko kesalahan manusia. Berikut adalah beberapa fitur penting yang harus ada pada sistem ini:

1. Fitur RFID dan barcode

Hal lain di aplikasi inventaris barang, menggunakana teknologi RFID (Radio Frequency Identification) pada sistem ini dan barcode sering ada.  Fitur RFID dan barcode berguna untuk membantu pelacakan dan pengelolaan barang secara akurat dan efisien. Fitur ini memungkinkan pengelola inventaris untuk menandai setiap barang dengan tag elektronik yang dapat dibaca melalui sinyal radio. Dengan adanya fitur ini, pengelola inventaris dapat dengan mudah melacak keberadaan barang dan memantau pergerakan barang dari satu lokasi ke lokasi lainnya tanpa perlu melakukan proses scanning secara manual.

2. Sistem pengajuan stok

Fitur ini  memungkinkan pengguna untuk membutuhkan dan mengajukan permintaan atau permohonan pembelian barang. Fitur ini sangat berguna dalam memudahkan pengelola inventaris dalam memantau stok barang dan mengoptimalkan penggunaannya.

3. Fitur analisis stock aging

Salah satu fitur penting lainnya dalam aplikasi inventaris barang adalah analisis stock aging. Fitur ini  memungkinkan pengguna untuk menganalisis umur barang atau stock aging. Selain itu, juga dapat membantu pengelolaan inventaris untuk mengetahui berapa lama sebuah barang telah berada di gudang atau lokasi penyimpanan lainnya, agar dapat mengetahui kerusakan dan kadaluarsa suatu barang.

4. Sistem prediksi stok yang akurat

Sistem prediksi stok yang akurat dapat memungkinkan penggunaan kepimilikan stok barang untuk memprediksi dalam jangka waktu tertentu. Fitur ini memungkinkan pengelola inventaris untuk membuat rencana pengadaan barang yang lebih efektif dan efisien, serta menghindari kekurangan stok atau kelebihan stok yang tidak perlu.

Kesimpulan 

Bagi setiap perusahaan, terutama pada bagian gudang, keberadaan sistem ini sangat diperlukan. Banyak hal yang dimudahkan ketika sudah memakai software ini, contohnya saja dalam mengatasi kesalahan human error, penginputan yang lebih cepat dan efisien karena tidak lagi menggunakan cara manual.  Oleh karena itu, kami merekomendasikan aplikasi inventaris yang bisa Anda gunakan adalah Software aplikasi manajemen inventaris dari Total ERP. Aplikasi ini juga dapat memaksimalkan performa pengelolaan stok barang. Seperti otomatisasi pelacakan stok barang menjadi lebih efisien, laporan stok lebih terperinci, dan juga transfer barang menjadi lebih efektif dan terkontrol. Coba demo gratis sekarang!

Picture of Vania

Vania

Pencarian

Berita Terbaru

lorem ipsum dolor

Berita Terpopuler

lorem ipsum dolor

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini

Customer Service

Customer Service
Balasan dalam 1 menit

Customer Service
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
6281222849188
×
Dapatkan Demo Gratis!