Icon EQUIP

Novita
Balasan dalam 1 menit

Novita
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
6281222849188
×

Novita

Active Now

Novita

Active Now

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

Manfaat Marketing Automation untuk Produktivitas Bisnis

Picture of Ginta Anathia
Marketing Automation

Kegiatan marketing pada umumnya meliputi pemanfaatan media sosial untuk mempromosikan produk, kampanye iklan digital, serta strategi konten relevan dengan target pasar. Seluruh proses tersebut membutuhkan bantuan teknologi, sehingga bisa mempermudah dalam melakukan pemasaran digital. Maka dari itu, perusahaan bisa menggunakan teknologi salah satunya marketing automation. Marketing Automation adalah perangkat digital yang berfungsi untuk membantu mengelola seluruh proses pemasaran secara otomatis.

Dengan memanfaatkan sistem ini, perusahaan bisa meningkatkan efisiensi pemasaran mereka dan menyediakan analisis data yang mendalam. Marketing automation juga bisa membantu perusahaan untuk memahami perilaku pelanggan, menciptakan kampanye pemasaran yang lebih efektif, dan meningkatkan hasil dari upaya pemasaran mereka secara keseluruhan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai software ini, simak artikel berikut.

Pentingnya Marketing Automation

Marketing automation adalah perangkat lunak yang berguna untuk mengotomatisasi aktivitas pemasaran seperti email marketing, media sosial, pengelolaan kampanye iklan digital, dan lainnya. Maka dari itu, perusahaan bisa memperoleh manfaat dengan menggunakan perangkat lunak ini. Berikut merupakan beberapa alasan marketing automation penting untuk digunakan:

1. Meningkatkan efisiensi pemasaran

Dengan menggunakan perangkat lunak ini, seluruh tugas manual yang sebelumnya masih perusahaan lakukan secara manual, sekarang bisa menjadi otomatis dengan bantuan sistem. Selain itu, perangkat ini berguna untuk membuat jadwal, mengeksekusi kampanye iklan, dan mengotomatisasi manajemen dari perusahaan. Sehingga dengan bantuan fitur ini, seluruh proses tersebut dapat berjalan secara efisien.

2. Menghasilkan leads berkualitas

Seperti yang kita ketahui, marketing automation adalah perangkat lunak yang mampu mengolah data secara otomatis. Dengan menggunakan fitur dari software ini mampu membuat kriteria seperti data demografis, data firmographic, dan data behavioral bisa tergabung menjadi satu. Melalui fitur ini, perusahaan bisa menghasilkan dan mengidentifikasi lead scoring system dengan kualitas yang bagus, sehingga akan meningkatkan penjualan bisnis yang ada.

3. Tampilan multichannel dari perilaku pelanggan prospek

Melalui platform digital, marketing automation bisa untuk mengintegrasikan channel lebih dari satu dengan perangkat yang ada. Sebagai contoh, aplikasi mobile dan media sosial bermanfaat untuk membuat profil prospek yang komprehensif dan pandangan holistik mengenai perilaku prospek.

4. Penyelarasan tujuan penjualan dan pemasaran

Marketing automation adalah perangkat yang mampu untuk membantu menyelaraskan penjualan dan operasi pemasaran suatu perusahaan. Hal ini karena dengan perangkat lunak ini perusahaan bisa memastikan sales force terus bekerja dengan prospek siap melaksanakan tahapan penjualan. Dengan menggunakan perangkat ini, tim pemasaran akan membangun hubungan tahap awal dengan leads atau relationship marketing. Hal ini akan memungkinkan untuk penjualan bisa fokus kepada upaya mereka pada prospek berkualitas tinggi.

5. Peningkatan tingkat konversi

Dengan menggunakan sistem marketing automation, perusahaan bisa meningkatkan konversi yang ada. Dimana software ini mampu meningkatkan tingkat konversi serta mengelola calon konsumen potensial secara efisien. Sistem kemudian akan melacak calon konsumen potensial, yang mana data tersebut akan berguna untuk menargetkan ulang pengunjung web perusahaan untuk menaikkan tingkat konversi.

 

Tips Menggunakan Marketing Automation untuk Meningkatkan Sales

Marketing automation adalah perangkat lunak yang dapat membantu menyederhanakan proses pemasaran perusahaan. Seluruh tugas yang ada bisa terselesaikan secara cepat karena bantuan sistem secara otomatis, sehingga hasil akhir penjualan menjadi lebih baik. Berikut beberapa tips untuk menggunakan otomatisasi pemasaran sehingga bisa meningkatkan penjualan perusahaan:

  • Mengelompokkan pelanggan dengan menggunakan pendekatan personal
  • Menjaga hubungan antara pelanggan dengan perusahaan
  • Membuat komunikasi menjadi lebih bermakna dengan pelanggan
  • Email marketing akan sistem buat dan kirim secara otomatis
  • Melakukan analisis secara berkala

 

Marketing Automation

Manfaat Sistem Marketing Automation

Sistem dari marketing automation adalah salah satu sistem yang mampu mempermudah tugas dari perusahaan. Hal ini terbukti bisa, dimana sistem akan membantu perusahaan terutama dalam pemasaran dan penjualan yang sedang dilakukan. Berikut merupakan beberapa manfaat yang akan perusahaan dapat dari menggunakan sistem ini:

1. Lebih efisien

Proses pemasaran seperti mengirimkan email marketing, mengelola media sosial, kampanye iklan digital, seluruh proses tersebut jika dilakukan secara manual maka akan memakan banyak waktu. Dengan menggunakan sistem ini, seluruh proses pemasaran akan menjadi serba otomatis, yang mana akan membantu proses pemasaran dan penjualan dari perusahaan menjadi lebih efisien. 

2. Strategi pemasaran yang dipersonalisasi

Tiap perusahaan tentu akan memiliki strategi nya masing-masing untuk melangsungkan proses pemasarannya. Selama proses perencanaan, perusahaan akan terus menyesuaikan langkah yang akan mereka ambil dengan tujuan dan ketentuan yang ada. Maka dari itu marketing automation adalah sistem yang tepat untuk membantu menyesuaikan hal ini. Dengan sistem yang ada, strategi pemasaran bisa dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan yang menggunakan.

3. Menyusun calon konsumen potensial

Seperti yang telah disebutkan, marketing automation adalah software yang mampu mempermudah proses pemasaran dan penjualan. Selain membantu dalam pemasaran, sistem ini mampu untuk menyusun data dari calon konsumen potensial yang tim pemasaran targetkan. Dengan ini, proses pencarian calon pelanggan tidak akan memakan waktu yang banyak.

4. Manajemen data

Sistem ini kemudian akan membantu melacak data yang terkait dengan penjualan, calon konsumen, pemasaran, dan lainnya. Dengan bantuan sistem, manajemen data dapat berlangsung secara tepat dan cepat, sehingga proses pengaturan data bisa berlangsung secara efisien.

5. Menampilkan konten bisnis yang relevan

Marketing automation adalah salah satu solusi juga untuk pelanggan, dimana sistem akan membantu untuk membuat tampilan konten relevan dalam situs ataupun dashboard dari pelanggan. Perusahaan dapat membuat pengaturan ini sesuai dengan kebutuhan dan mengirimkan informasi kepada pengguna sesuai dengan kebutuhan mereka.

 

Kesimpulan

Marketing automation adalah teknologi dalam bentuk perangkat lunak yang memiliki banyak manfaat terutama dalam membantu proses pemasaran dan penjualan. Sistem ini membantu dengan cara mengelola seluruh proses pemasaran secara otomatis, sehingga mempersingkat waktu dan meningkatkan produktivitas penjualan.

Maka dari itu, harus digunakan software marketing  yang tepat supaya bisa memaksimalkan bisnis Anda. salah satu perangkat lunak marketing yang bisa Anda gunakan yaitu milik Total. Sistem Marketing milik total memiliki fitur yang bisa membantu untuk mengelola email secara otomatis, meningkatkan engagement pelanggan melalui SMS marketing, dan mengetahui performa kampanye melalui laporan otomatis. Coba demo gratis sekarang!

Picture of Ginta Anathia
Ginta Anathia

Pencarian

Artikel Lainnya

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini