Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

Manufacturing Inventory Management System dan Alternatif Terbaiknya

Picture of Vania
Manufacturing Inventory Management System

Mengelola pengadaan barang dalam bisnis manufaktur dapat menjadi tantangan bagi suatu perusahaan. Dengan berbagai jenis produk dan bahan, sangat penting untuk memiliki kontrol yang terotomatisasi dengan baik terhadap rantai pasok guna memaksimalkan hasil produksi dan mengurangi biaya. Dengan penerapan manufacturing inventory management system yang efektif akan membantu menyederhanakan proses produksi dan mengefisiensikan seluruh rantai pasok. 

Manufacturing inventory management system perusahaan gunakan untuk melacak dan mengelola barang dan bahan yang mereka miliki. Persaingan bisnis yang semakin ketat serta penggunaan sistem pengelolaan persediaan dapat memberikan keuntungan kompetitif bagi perusahaan. Hal ini memungkinkan mereka untuk memberikan pengalaman layanan pelanggan yang lebih baik.

Manfaat Manufacturing Inventory Management System pada Industri Manufaktur

Industri manufaktur semakin bergantung pada sistem pengelolaan persediaan yang efisien dan terjaga dengan baik untuk tetap bersaing di pasar global. Salah satunya adalah  penggunaan manajemen inventory yang baik sebagai salah satu kunci keberhasilan dalam menyederhanakan proses produksi dan mengurangi biaya. Sistem ini dapat membantu melacak, mengelola, hingga mengangkut barang yang perusahaan perlukan untuk produksi.

Tidak hanya itu, Keberadaan sistem ini juga memberikan data real-time yang membantu pengambilan keputusan penting, seperti saat memesan barang baru. Selain itu, sistem ini juga mampu memenuhi permintaan pelanggan dengan cepat, mencegah persediaan yang berlebihan, dan memastikan ketersediaan barang yang cukup sepanjang waktu.

6 Cara Optimalkan Manufacturing Inventory Management System pada Industri Manufaktur

Inventory management system sangat penting untuk mencapai efisiensi dan keberhasilan. Dengan mengoptimalkan sistem pengelolaan persediaan manufaktur, perusahaan dapat mengurangi biaya, meningkatkan produktivitas dan sebagainya. Adapun juga enam cara yang efektif untuk mencapai optimasi ini, antara lain: 

Mengatur tingkat persediaan minimum

Cara mudah mengelola manajemen inventaris adalah dengan menetapkan jumlah minimum inventaris yang harus selalu tersedia. Tingkat minimum inventaris berbeda-beda tergantung pada kecepatan penjualan dan waktu pemesanan. Gunakan perangkat lunak manajemen inventaris untuk mengatur tingkat minimum dan terima notifikasi saat persediaan menipis. Dengan begitu, Anda dapat menjaga inventaris dengan mudah dan efisien.

Menganalisis permintaan 

Untuk mengetahui jumlah inventaris yang seharusnya tersedia setiap saat dan menghindari pengadaan yang tidak perlu dan kelebihan stok. Anda perlu melakukan analisis permintaan untuk produk Anda. Sistem manajemen inventaris yang canggih memiliki fitur analisis permintaan yang memungkinkan Anda menghasilkan riset yang membantu Anda membuat keputusan yang tepat untuk pembelian di masa depan. 

Menggunakan metode FIFO

Prinsip First-in First-out (FIFO) adalah prinsip penting dalam manajemen inventaris. Prinsip ini berarti stok terlama Anda (first-in) harus dijual terlebih dahulu (first-out), bukan stok terbaru Anda. Untuk menerapkan prinsip FIFO, Anda membutuhkan gudang yang terorganisir dengan baik. Salah satunya dengan menambahkan produk baru dari belakang atau memastikan produk lama tetap berada di bagian depan.

Audit dan Memeriksa persediaan secara teratur

Melakukan pemeriksaan dan audit inventaris secara teratur adalah cara terbaik untuk menemukan masalah potensial sebelum terjadi. Idealnya produsen melakukan audit dan inspeksi inventaris rutin setiap bulan. Cara paling mudah adalah dengan mengandalkan inventory system dan menghasilkan laporan untuk mengetahui berapa banyak produk yang Anda miliki. Namun, penting untuk memastikan bahwa jumlah yang tercatat oleh sistem sesuai dengan hitungan fisik barang yang ada.

Menggunakan metode ABC

Gunakan analisis ABC untuk mengatur prioritas dalam manufacturing inventory management systems. Pertama-tama pisahkan produk menjadi tiga kategori:

  • Kategori A: Produk bernilai tinggi dengan frekuensi penjualan rendah 
  • Kategori B: Produk dengan nilai dan frekuensi penjualan sedang 
  • Kategori C: Produk dengan nilai rendah dan frekuensi penjualan tinggi 

Fokuskan perhatian pada produk kategori A karena dampak finansialnya besar. Produk kategori C membutuhkan pengawasan yang lebih sedikit karena nilai dan penjualannya rendah. Kategori B berada di tengah-tengah keduanya. Dengan analisis ABC, Anda dapat mengelola inventaris dengan lebih efisien.

Menjaga hubungan yang baik dengan pemasok 

Membangun hubungan baik dengan pemasok adalah cara yang efektif untuk mengendalikan inventaris Anda. Dengan hubungan yang baik, pemasok akan lebih kooperatif dalam menyelesaikan masalah terkait manajemen inventaris. Selain itu, penting untuk bernegosiasi dengan pemasok mengenai jumlah pesanan minimum agar Anda tidak perlu menyimpan inventaris berlebih. 

Rekomendasi Software Manufacturing Inventory Management System pada Industri Manufaktur Anda 

Manufacturing Inventory Management System

Terdapat beberapa rekomendasi software manufacturing inventory management system yang dapat membantu Anda dalam mengelola inventaris di industri manufaktur Anda. Dengan memanfaatkan inventory management system, Anda akan mendapatkan manfaat yang optimal pada industri manufaktur. Maka dari itu, berikut beberapa rekomendasi software manufaktur inventory management yang tepat bagi Anda.

Total Manufacturing Inventory Management System

Manufacturing Inventory Management System

Total merupakan perusahaan penyedia ERP terbaik di Indonesia. Tidak hanya itu, Total juga telah terbukti menjadi rekomendasi yang sangat baik dalam menyediakan software manufacturing inventory management system pada industri manufaktur Anda. Selain itu, sistem yang Total miliki telah terancang khusus untuk membantu mengelola persediaan barang dan keakuratan yang tinggi.

Software ini dilengkapi dengan fitur canggih, termasuk analisis data real-time dan prediksi permintaan, yang memungkinkan pengambilan keputusan yang tepat waktu dan penyesuaian strategi bisnis. Selain itu, Total juga menawarkan dukungan pelanggan yang responsif dan profesional untuk memastikan implementasi dan penggunaan sistem yang sukses.

Tallyprime

TallyPrime dikenal secara global sebagai solusi pengelolaan bisnis terkemuka yang terkenal dengan fitur-fitur lengkapnya dalam akuntansi. Namun, yang membedakan TallyPrime dengan software lain adalah harganya yang cukup terjangkau sehingga menjadi pilihan yang terjangkau bagi bisnis skala kecil dan menengah tanpa mengorbankan fungsionalitasnya. 

Oracle Netsuite

NetSuite ERP Cloud merupakan sebuah solusi komprehensif untuk manajemen bisnis yang berbasis awan. Dengan mengintegrasikan seluruh fungsi bisnis dalam satu platform, NetSuite membantu lebih dari 29.000 organisasi meningkatkan efektivitas operasional mereka. Dengan mengotomatisasi proses inti dan memberikan informasi yang akurat secara waktu nyata, NetSuite memberikan pemahaman yang jelas mengenai kinerja operasional dan keuangan organisasi.

Kesimpulan

Terakhir, untuk mengoptimalkan operasional, seperti melacak produk-produk yang sedang dalam persediaan.Anda dapat menggunakan manufacturing inventory management system dari Total. Dengan begitu, sistem manajemen inventaris memungkinkan Anda untuk melacak perjalanan produk dari satu gudang ke gudang lainnya. Terlebih lagi, Anda juga dapat meningkatkan akurasi pelacakan produk dan mengurangi kemungkinan keterlambatan produksi.

Hal ini adalah solusi yang luar biasa yang dapat Anda terapkan dengan mudah. Dengan menggunakan Software manufacturing inventory management system dari Total, perusahaan manufaktur dapat meningkatkan efisiensi operasional mereka, mengurangi biaya persediaan, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Namun, sebelum Anda menerapkannya pada perusahaan, Anda dapat mencoba demo gratis sekarang juga!

Picture of Vania

Vania

Pencarian

Berita Terbaru

lorem ipsum dolor

Berita Terpopuler

lorem ipsum dolor

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini

Customer Service

Customer Service
Balasan dalam 1 menit

Customer Service
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
6281222849188
×
Dapatkan Demo Gratis!