Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

 10 Manfaat ERP bagi Perusahaan yang Wajib Anda Ketahui

Vania
Manfaat ERP

Enterprise Resource Planning (ERP) adalah sebuah sistem yang dirancang untuk mengintegrasikan dan mengelola data serta proses bisnis dari berbagai departemen dalam sebuah perusahaan. Manfaat ERP bagi perusahaan di antaranya mengintegrasikan fungsi bisnis seperti keuangan, produksi hingga manajemen persediaan. Kemudian, pemasaran hingga sumber daya manusia ke dalam satu sistem yang terpusat.

Dengan menggunakan sistem ERP, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas, mengurangi biaya operasional, serta meningkatkan pengambilan keputusan yang lebih akurat berdasarkan data real-time. Selain itu, sistem ERP juga memungkinkan perusahaan untuk menghadapi persaingan yang lebih baik di pasar global. Oleh karena itu perusahaan dapat lebih cepat dalam menangani permintaan dan kebutuhan pelanggan.

Daftar Isi

Manfaat ERP bagi Perusahaan

Sistem ERP memberikan keuntungan yang sangat penting bagi perusahaan dalam mengoptimalkan kinerja operasional dan strategi bisnis. Dengan menggunakan sistem ERP, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam proses bisnis yang terintegrasi hingga mengurangi biaya operasional. Berikut beberapa manfaat dari ERP untuk perusahaan.

Integrasi data bisnis

Dalam sistem ERP, data bisnis dari berbagai departemen dan fungsi perusahaan terintegrasi dalam satu platform terpusat. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk memiliki visibilitas dan kontrol yang lebih baik atas seluruh proses bisnis yang terjadi dalam perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan dapat menghindari duplikasi data dan kesalahan informasi sehingga mempercepat pengambilan keputusan yang lebih akurat.

Menghemat biaya operasional merupakan manfaat ERP

Manfaat ERP selanjutnya, perusahaan dapat mengintegrasikan dan mengelola data dan proses bisnis dari berbagai departemen dan fungsi dalam satu platform terpusat. Oleh karena itu, hal ini dapat mengurangi biaya untuk mengelola dan memelihara beberapa sistem informasi yang terpisah sehingga menghilangkan kebutuhan untuk menggandakan data.

Manfaat ERP yaitu keamanan data terjamin

Sistem ERP memberikan keuntungan penting bagi perusahaan dalam hal keamanan data. Dalam sistem ERP, data dari berbagai departemen dan fungsi perusahaan terintegrasi dalam satu platform terpusat yang dilindungi oleh tingkat keamanan yang tinggi. Sistem ERP juga memungkinkan perusahaan untuk mengatur hak akses pengguna sehingga hanya pengguna yang berwenang yang dapat mengakses data tertentu. 

Fleksibilitas merupakan manfaat ERP

Fleksibilitas merupakan manfaat utama yang tersedia pada sistem ERP bagi perusahaan. Sistem ERP dapat terkustomisasi dengan kebutuhan perusahaan, mulai dari memilih modul yang perusahaan perlukan sehingga menyesuaikan fitur-fitur tertentu untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang berubah-ubah. Selain itu, sistem ERP juga dapat diakses dari berbagai perangkat, termasuk desktop, laptop hingga perangkat seluler.

Kinerja manajemen yang lebih optimal

Sistem ERP dapat memberikan manfaat penting bagi perusahaan dalam meningkatkan kinerja manajemen sehinggalebih optimal. Dalam sistem ERP, data dari berbagai departemen dan fungsi perusahaan terintegrasi dalam satu platform terpusat sehingga memungkinkan manajemen untuk memantau dan mengelola kinerja bisnis secara efektif dan efisien.

Baca Juga: Ketahui Keuntungan dari ERP untuk Perusahaan

Hasil forecasting lebih akurat

Manfaat ERP

Dalam sistem ERP, data dari berbagai departemen dan fungsi perusahaan terintegrasi dalam satu platform terpusat. Dengan demikian, ini dapat memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan data dengan lebih mudah dan cepat. Oleh karena itu, data yang terkumpul tersebut kemudian dapat berguna untuk melakukan analisis data yang lebih baik sehingga mendapatkan hasil forecasting yang lebih akurat.

Membuat laporan dan analisis yang baik

Sistem ERP dapat memberikan manfaat penting bagi perusahaan dalam membuat laporan dan analisis yang baik. Dalam sistem ERP, data dari berbagai departemen dan fungsi perusahaan terintegrasi dalam satu platform terpusat sehingga memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan data dengan lebih mudah dan cepat.

Insight bisnis

Dalam sistem ERP, perusahaan dapat melihat gambaran besar tentang operasi dan performa bisnis secara real-time, dan mendapatkan insight bisnis yang lebih tepat dan komprehensif. Selain itu, sistem ERP juga menyediakan fitur analisis data yang memungkinkan perusahaan untuk melakukan analisis data dengan lebih baik sehingga mendapatkan insight yang lebih detail dan tepat waktu. 

Meningkatkan layanan pelanggan

Sistem ERP dapat memberikan keuntungan penting bagi perusahaan dalam meningkatkan layanan pelanggan. Dalam sistem ERP, data pelanggan terintegrasi dan terpusat, memungkinkan perusahaan untuk memiliki akses ke informasi pelanggan dimanapun dan kapanpun. Dengan demikian, perusahaan dapat dengan mudah melacak permintaan pelanggan, memproses pesanan dengan lebih cepat dan tepat waktu.

Kesimpulan

Sistem ERP memberikan manfaat penting bagi perusahaan dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas, menghemat biaya operasional, meningkatkan keamanan data, memberikan fleksibilitas, meningkatkan kinerja manajemen, membuat laporan dan analisis yang lebih baik, memperoleh insight bisnis yang lebih akurat, dan meningkatkan layanan pelanggan.

Total ERP adalah penyedia layanan ERP berbasis cloud yang dapat perusahaan manfaatkan pada kegiatan perusahaan. Dengan berbagai macam modul yang tersedia, dapat menjadikan perusahaan lebih efektif dan efisien. Anda dapat mengunduh skema perhitungan harga dari Total ERP dan dapatkan demo gratisnya.

Vania

Vania

Pencarian

Berita Terbaru

lorem ipsum dolor

Berita Terpopuler

lorem ipsum dolor

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini

Customer Service

Customer Service
Balasan dalam 1 menit

Customer Service
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
6281222849188
×
Dapatkan Demo Gratis!