Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

Apa itu ISO ERP Manfaat dan Jenis nya ?

Vania
ISO ERP

ISO ERP meskipun masih jarang terdengar namun merupakan hal penting dalam menentukan modul ERP.  Standar ISO adalah standar internasional yang menetapkan persyaratan untuk sistem perencanaan sumber daya perusahaan. Mengadopsi ISO ERP system membantu memastikan bahwa sistem berguna untuk memenuhi kriteria kualitas, keamanan, dan keberlanjutan terakui secara global. Ini berkontribusi pada efisiensi

Dalam proses penerapan ISO, perusahaan harus mempelajari setiap proses bisnisnya dengan baik, mulai dari desain produk, produksi, hingga distribusi. Hal ini akan membantu perusahaan dalam mengidentifikasi proses yang kurang efisien dan mencari cara untuk meningkatkan kinerja proses tersebut. Dengan proses yang lebih efisien, perusahaan akan mampu menghemat biaya produksi dan meningkatkan produktivitas.

Daftar Isi

Apa itu ISO ERP?

ISO ERP

ISO (International Organization for Standardization) adalah sebuah badan internasional yang memproduksi standar-standar kualitas, keselamatan, lingkungan, dan lain-lain untuk berbagai jenis industri dan bidang bisnis. Oleh karena itu ISO bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk pada suatu perusahaan, serta memastikan  proses bisnis berjalan efisien.

ERP ISO memberikan panduan yang jelas bagi perusahaan dalam melakukan operasi bisnis yang lebih efektif dan efisien. Standar-standar ISO terancang agar mudah implementasi nya dan terserap oleh perusahaan pada seluruh dunia. Perusahaan yang menerapkan standar ISO dapat memastikan produk mereka berkualitas tinggi, memenuhi standar yang ditetapkan, dan aman bagi pengguna. 

Selain itu, perusahaan yang memegang sertifikat ISO dapat memperoleh keuntungan kompetitif pasar global, meningkatkan reputasi perusahaan, dan meningkatkan kepercayaan pelanggan. Dalam era persaingan bisnis, memegang sertifikat ISO  menjadi kunci keberhasilan perusahaan dalam memenangkan pasar dan membangun citra yang baik.

Manfaat Penerapan ISO ERP untuk Perusahaan

manfaat system international

Penerapan ISO ERP (Enterprise Resource Planning) dapat memberikan banyak manfaat bagi sebuah perusahaan. Pertama-tama, ISO ERP membantu perusahaan meningkatkan efisiensi operasional dengan mengintegrasikan semua fungsi bisnis yang berbeda dalam satu sistem terpusat. Hal ini dapat membantu perusahaan dalam mempercepat proses bisnis, mengurangi biaya operasional, dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang ada. 

Selain itu, ISO system juga membantu perusahaan dalam meningkatkan pengambilan keputusan dengan menyediakan informasi yang lebih akurat tentang performa perusahaan. Dengan adanya sistem yang terintegrasi dan informasi yang mudah terakses, perusahaan dapat dengan mudah mengidentifikasi masalah dan kesempatan bisnis baru.

Jenis-jenis ISO ERP

jenis jenis iso erp

 

Setelah memahami definisi dan manfaat dari standar ISO, para pelaku bisnis di berbagai sektor perlu memahami jenis-jenis standar ISO. Agar lebih menambah referensi anda pelajari Berikut ini jenis-jenis standar ISO yang perlu perusahaan Anda ketahui 

ISO 22000

ISO 22000 adalah standar internasional berguna untuk memastikan keamanan pangan dalam seluruh rantai pasokan pangan, mulai dari produksi hingga konsumsi. Standar ini menggabungkan elemen dari standar manajemen kualitas dan standar keamanan pangan, bertujuan untuk memastikan bahwa produk pangan yang  berkualitas.

ISO 22000 menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen keamanan pangan, termasuk pengendalian risiko keamanan pangan, pemantauan dan pengendalian lingkungan produksi, serta tindakan korektif dan pencegahan untuk memastikan keamanan pangan secara keseluruhan. Standar ini juga menetapkan persyaratan untuk pelatihan karyawan, manajemen supplier, dan evaluasi terhadap risiko keamanan pangan.

ISO/IEC 17025 

ISO/IEC 17025 adalah standar internasional untuk mengakreditasi laboratorium pengujian dan kalibrasi. Standar ini menetapkan persyaratan untuk kompetensi teknis, manajemen sistem, dan kualitas laboratorium, dan bertujuan untuk memastikan bahwa hasil pengujian dan kalibrasi yang dikeluarkan oleh laboratorium tersebut dapat diandalkan, akurat, dan dapat diakui secara internasional.

ISO jenis ini mencakup seluruh aspek dari operasi laboratorium, mulai dari manajemen sistem hingga kompetensi teknis. Standar ini menetapkan persyaratan untuk kualifikasi dan pelatihan staf laboratorium, penggunaan peralatan dan metode pengujian yang akurat, pengawasan kualitas yang ketat, dan pelaporan hasil pengujian yang jelas dan akurat.

ISO 50001

ISO 50001 adalah standar internasional untuk sistem manajemen energi , bertujuan untuk membantu  meningkatkan efisiensi energi dan mengurangi biaya energi yang dibutuhkan untuk operasional bisnis. Standar ini berfokus pada pengembangan, implementasi, dan pemeliharaan sistem manajemen energi yang efektif sehingga organisasi dapat mengelola penggunaan energi mereka dengan lebih efisien.

Dalam implementasi ISO 50001, perusahaan perlu melakukan penilaian energi dan mengidentifikasi area-area yang dapat meningkatkan efisiensinya. Selanjutnya, perusahaan harus membuat rencana tindakan untuk meningkatkan efisiensi energi secara teratur untuk menentukan apakah target efisiensi energi telah tercapai pada suatu perusahaan.

ISO 9001 

ISO 9001 adalah standar internasional yang berguna untuk mengevaluasi sistem manajemen mutu sebuah organisasi. Standar ini membantu perusahaan dalam membangun sistem manajemen mutu yang efektif dan efisien sehingga dapat meningkatkan kinerja bisnis dan memuaskan pelanggan. ISO 9001 meliputi semua aspek bisnis, termasuk perencanaan, pengendalian proses, pengukuran kinerja, dan peningkatan berkelanjutan.

ISO 9001 memiliki tujuh prinsip manajemen mutu, yaitu fokus pada pelanggan, kepemimpinan, keterlibatan karyawan, pendekatan proses, perbaikan berkelanjutan, pendekatan berdasarkan bukti, dan hubungan saling menguntungkan dengan pemasok. Dalam praktiknya, organisasi yang menerapkan ISO 9001 akan mengintegrasikan prinsip-prinsip ini dalam sistem manajemen mutu mereka.

ISO 28000

ISO 28000 adalah standar internasional berguna untuk membantu organisasi dalam mengelola risiko keamanan rantai pasok mereka. Selain itu standar ini menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen keamanan rantai pasok dan memberikan kerangka kerja untuk mengidentifikasi, dan mengevaluasi risiko keamanan yang terkait dengan rantai pasok.

ISO 28000 meliputi seluruh tahapan rantai pasok, mulai dari perencanaan hingga pengiriman produk atau jasa kepada pelanggan. Standar ini juga mengatur persyaratan untuk penyedia jasa logistik dan pemasok, termasuk persyaratan untuk keamanan fasilitas dan kendaraan.

Cara Mendapatkan Sertifikat ISO? 

Untuk mendapatkan sertifikat ISO, perusahaan harus melakukan implementasi standar yang sesuai dengan jenis ISO yang ingin tercapai. Tahapan-tahapan implementasi ini meliputi identifikasi kebutuhan dan tujuan perusahaan, pengembangan sistem manajemen sesuai dengan standar ISO yang terpilih, implementasi sistem manajemen yang sudah berkembang, serta pemantauan dan peningkatan terus-menerus terhadap sistem manajemen yang sudah ada.

Setelah sistem manajemen terimplementasi dan perusahaan siap untuk dievaluasi, maka perusahaan harus menghubungi lembaga sertifikasi independen yang telah terakreditasi oleh badan sertifikasi nasional atau internasional. Lembaga sertifikasi ini akan melakukan audit dan evaluasi terhadap sistem manajemen yang telah ada pada perusahaan, serta mengevaluasi apakah perusahaan sudah memenuhi semua persyaratan dan standar yang telah ada dalam jenis ISO yang terpilih. 

Namun, penting untuk diingat bahwa sertifikat ISO hanya berlaku selama 3 tahun, dan perusahaan harus melakukan audit ulang pada setiap tahun ke-2 dan ke-3 dari masa berlaku sertifikat. Disamping itu masa berlaku sertifikat habis, perusahaan melakukan sertifikasi ulang dengan menjalani tahapan yang sama saat pertama kali mendapatkan sertifikat ISO.

Rekomendasi ERP yang Telah Berstandar ISO Milik Total ERP

dashboard total erp

Total ERP yang telah memperoleh sertifikasi ISO menjadi lebih kredibel dalam penggunaannya untuk perusahaan. Sertifikasi ISO menunjukkan bahwa Total ERP telah memenuhi persyaratan standar internasional yang ketat dalam hal kualitas, keamanan, dan keberlanjutan.  Oleh karena itu memberikan jaminan bahwa Total ERP telah melalui proses evaluasi objektif yang memastikan bahwa sistem memenuhi standar yang terakui global.

Dengan adopsi Total ERP yang sudah bersertifikasi ISO, perusahaan dapat memiliki keyakinan bahwa sistem tersebut telah teruji dan terpercaya. Total ERP yang kredibel dapat membantu meningkatkan efisiensi operasional, mengoptimalkan pengelolaan sumber daya, dan mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik. Selain itu, Total ERP sudah memiliki standar ISO memberikan kepercayaan kepada pelanggan, mitra bisnis bahwa perusahaan telah mengadopsi solusi kompeten.

Kesimpulan 

Dalam era digitalisasi yang semakin maju, integrasi antara ISO dan ERP menjadi semakin penting bagi perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem manajemen. Integrasi ini membantu perusahaan untuk meminimalkan risiko kesalahan dan mengoptimalkan proses bisnis mereka dari berbagai sektor bisnis. 

Dalam memilih sistem ERP, perusahaan perlu mempertimbangkan fitur yang tersedia dan kemampuan untuk mendukung implementasi ISO. Total ERP hadir untuk memberikan solusi terbaik bagi perusahaan dalam mengimplementasikan ISO dan meningkatkan efisiensi proses bisnis. Dengan pengalaman dan pemahaman yang mendalam mengenai kebutuhan perusahaan, Total ERP siap membantu perusahaan dalam mengoptimalkan bisnis mereka. Segera daftarkan demo gratis disini!

Vania

Vania

Pencarian

Berita Terbaru

lorem ipsum dolor

Berita Terpopuler

lorem ipsum dolor

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini

Customer Service

Customer Service
Balasan dalam 1 menit

Customer Service
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
6281222849188
×
Dapatkan Demo Gratis!