Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

7 Rekomendasi Software Restoran Terbaik untuk Mengatur Multi Outlet Restoran Anda

Picture of Marshana Vanina
software restoran

Sadarkah Anda, tanpa software restoran yang canggih, restoran Anda rentan menghadapi tantangan terkait pengelolaan koordinasi operasional antar outlet, inkonsistensi kualitas masakan, pencatatan transaksi dan keuangan, dan manajemen pesanan online?

Masalah-masalah tersebut adalah mimpi buruk semua pemilik bisnis restoran, terutama bisnis yang mengelola banyak cabang (multi outlet). Kesalahan terkait hal-hal di atas bisa mempertaruhkan reputasi serta potensi pendapatan bisnis Anda.

Untuk mencegah kendala-kendala tersebut, Anda harus menggunakan software restoran. Namun, dari sekian banyak pilihan software restoran di luar sana, mana brand yang harus Anda pilih?

Melalui artikel ini, kami akan menyajikan daftar software restoran terbaik di Indonesia. Informasi yang akan kami sajikan diharapkan bisa menjadi referensi awal Anda dalam memililh software restoran yang tepat untuk bisnis Anda.

Daftar Isi

Apa itu Software Restoran?

Software restoran adalah alat manajemen yang komprehensif, dirancang untuk mengotomatisasi dan menyederhanakan operasi harian restoran multi-outlet.

Dengan fitur seperti manajemen inventaris, pelacakan penjualan, dan integrasi sistem POS (Point of Sale), software ini memungkinkan pemilik restoran untuk memantau dan mengelola bisnis mereka secara efisien dari lokasi mana pun.

Mengapa Bisnis Restoran Multi-Outlet di Indonesia Harus Menggunakan Software Restoran?

Penggunaan software restoran di Indonesia, terutama bagi perusahaan dengan banyak cabang, sangat penting untuk memastikan konsistensi dalam standar pelayanan.

Berikut ini adalah beberapa alasan krusial mengapa pelaku bisnis F&B di Indonesia harus mengimplementasikan software restoran.

1. Menjaga konsisten kualitas masakan dan layanan

Inkonsistensi dalam layanan dapat mengakibatkan penurunan kepuasan pelanggan dan berpotensi merusak reputasi restoran.

Software restoran membantu dalam mempertahankan standar dengan menyediakan protokol yang jelas dan terpusat untuk semua outlet, sehingga setiap pelanggan menerima pengalaman yang sama tidak peduli di cabang mana mereka berada.

2. Mencegah kesalahan pencatatan transaksi dan keuangan

Kesalahan pencatatan keuangan adalah masalah serius yang bisa diatasi dengan software restoran. Kesalahan ini tidak hanya menyebabkan kerugian finansial tetapi juga dapat menimbulkan masalah hukum terkait pajak dan pelaporan keuangan.

Software restoran menyediakan solusi akuntansi yang akurat, mengurangi risiko kesalahan manusia, dan memastikan bahwa semua transaksi dicatat dengan benar.

3. Mengelola dan mengurangi food waste

Malah utama bisnis restoran adalah food waste atau pengelolaan bahan baku dan produk yang terbuang. Menurut statistik, 4-10% stok bahan baku restoran tidak pernah sampai ke meja pelanggan (tidak terolah).

Tidak hanya, itu, dari data yang ada diketahui bahwa bisnis restoran kehilangan pendapatan hingga 6% dari total penjualan makanan akibat food waste.

Software restoran dapat membantu bisnis untuk mengontrol inventaris dengan memprediksi kebutuhan bahan baku sesuai data historis dan menjaga agar takaran bahan baku sesuai resep.

4. Mencegah inventory shrinkage akibat kecurangan karyawan

Kecurangan karyawan juga menjadi perhatian utama bagi pemilik restoran. Menurut WorldMetrics, pencurian inventory oleh karyawan mencakup 42,7% dari total kasus penyusutan inventaris.

Untuk menghindari kerugian finansial dan produksi sebesar itu, software restoran membantu Anda mengontrol stok dan mengaudit transaksi yang memungkinkan pemilik bisnis untuk mendeteksi dan mencegah kecurangan.

5. Mempermudah koordinasi antar outlet

Koordinasi antar outlet merupakan tantangan lain yang dihadapi restoran multi-outlet. Struktur organisasi yang jelas dan jalur koordinasi yang efektif adalah kunci untuk operasi yang lancar.

Software restoran memfasilitasi komunikasi dan koordinasi yang lebih baik antar outlet dengan menyediakan platform terpusat untuk pertukaran informasi.

Bisa disimpulkan bahwa di Indonesia, di mana industri kuliner berkembang pesat, penggunaan software restoran menjadi investasi yang cerdas untuk memastikan pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis di masa depan.

12 Rekomendasi Software Restoran Terbaik di Indonesia

Setelah mengetahui pentingnya implementasi software restoran bagi bisnis Anda, berikut ini daftar rekomendasi software restoran terbaik di Indonesia sebagai referensi awal dan bahan pertimbangan Anda.

1. Aplikasi restoran Total ERP

software restoran

Total ERP adalah solusi software restoran yang komprehensif, dirancang untuk memenuhi kebutuhan manajemen restoran modern. Dengan ribuan klien yang telah mempercayai Total ERP, software ini terbukti meningkatkan efisiensi operasional dan profitabilitas bisnis F&B.

Total ERP menawarkan fitur-fitur canggih seperti manajemen dapur pusat, manajemen inventaris cabang, program promosi yang menarik, dan sistem tampilan dapur yang memudahkan pemesanan secara otomatis.

Klien-klien Total ERP mencakup berbagai jenis bisnis F&B, menunjukkan fleksibilitas dan skalabilitas produk dalam mendukung pertumbuhan bisnis di berbagai level.

Berikut ini fitur-fitur unggulan dari software restoran Total ERP:

  • Manajemen inventaris cabang: Fitur ini membantu cabang restoran mengatur stok bahan baku efektif, memenuhi permintaan sambil mengurangi limbah.
  • Manajemen program promosi: Manajemen promosi dengan analisis data dapat meningkatkan penjualan, mengoptimalkan penawaran, dan mengurangi produk tak terjual serta limbah
  • Kitchen Display System (KDS): KDS mempercepat komunikasi antar staf, mengurangi waktu tunggu dan kesalahan pesanan, serta meminimalkan pemborosan.
  • Central kitchen: Dapur pusat membantu perusahaan menjaga kualitas dan konsistensi, serta mempermudah manajemen stok dan distribusi.
  • Melacak product waste dan byproducts: Fitur ini analisis produk terbuang dan byproducts untuk mengurangi limbah dan memanfaatkan byproducts dengan efektif.
  • Manajemen POS terpusat: Software POS terpusat memperbaiki koordinasi penjualan antar cabang dan memastikan data akurat untuk manajemen inventaris yang efisien.
  • Rekonsiliasi bank otomatis: Fitur ini menjamin data keuangan yang akurat untuk manajemen kas yang efektif dan identifikasi pengeluaran berlebih.
  • Analisis dan laporan penjualan dan operasional: Analisis data dan laporan real-time memperjelas tren penjualan, mendukung keputusan pembelian dan penggunaan bahan baku yang akurat.
Kelebihan

Kekurangan

  • Interface yang intuitif: Total ERP memiliki antarmuka yang intuitif, modern, dan mudah digunakan.
  • Sistem tersentralisasi: Sistem tersentralisasi memudahkan akses dan manajemen data yang konsisten di seluruh cabang.
  • Menjamin konsistensi kualitas pelayanan: Total ERP memastikan standarisasi proses dan pelatihan untuk tingkat pelayanan yang konsisten di setiap cabang.
  • Perbanyak menu favorit: Analisis data penjualan yang canggih meningkatkan identifikasi menu favorit, kepuasan pelanggan, dan penjualan berulang.
  • Kemampuan integrasi: Total ERP meningkatkan kolaborasi antar departemen dengan integrasi kuat fungsi bisnis.
  • Fleksibilitas: Total ERP dirancang untuk fleksibel dan dapat disesuaikan, mendukung pertumbuhan bisnis Anda.
  • Catatan dan pembukuan transaksi otomatis: Fitur ini mengotomatiskan pencatatan dan pembukuan transaksi, memastikan data keuangan yang akurat untuk analisis dan perencanaan pajak.
  • Alat analitik dan pelaporan: Sistem ini menawarkan alat analitik dan pelaporan yang memungkinkan pengambilan keputusan yang cepat dan tepat dengan data real-time.
  • Durasi implementasi: Pada umumnya waktu implementasi cukup cepat, namun dapat bervariasi tergantung kompleksitas fitur yang dibutuhkan.

Apabila Anda ingin mengetahui lebih jelas bagaimana software restoran Total ERP dapat membantu bisnis kuliner Anda, Anda bisa coba penawaran demo gratis kami sekarang.

2. Aplikasi resto Square POS

software restoran

Square POS adalah sistem kasir restoran yang komprehensif dan dirancang untuk memenuhi kebutuhan restoran dari berbagai ukuran dan jenis, mulai dari restoran dengan satu lokasi hingga multilokasi.

Software restoran ini menawarkan solusi berbasis cloud yang fleksibel dengan antarmuka yang mudah dipelajari oleh staf dalam waktu singkat, tanpa biaya tersembunyi atau kontrak jangka panjang yang diperlukan.

Fitur unggulan dari software restoran Square POS meliputi:

  • Multi-branch POS yang terpusat: Memungkinkan manajemen yang terpusat untuk restoran dengan banyak cabang.
  • Integrasi lengkap: Terintegrasi dengan manajemen stok, akuntansi, dan karyawan, serta sistem pembayaran lain.
  • Manajemen menu paket dan variasi: Memudahkan pengelolaan menu dengan berbagai paket dan variasi yang ditawarkan oleh restoran.
  • Manajemen promosi dan loyalty points: Mendukung pembuatan dan pengelolaan program promosi serta pemberian loyalty points untuk meningkatkan retensi pelanggan.
  • Laporan real-time: Menyediakan laporan penjualan dan operasional secara real-time untuk pengambilan keputusan yang lebih cepat dan tepat.

Kelebihan

Kekurangan

  • Efisiensi operasional: Square POS meningkatkan efisiensi operasional melalui otomatisasi pemesanan, pembayaran, dan manajemen stok.
  • Pengelolaan stok efektif: Aplikasi ini memungkinkan restoran untuk memantau stok bahan makanan dan barang secara real-time.
  • Pencatatan pesanan yang akurat: Meminimalkan risiko kesalahan manual dan meningkatkan kepuasan pelanggan melalui pencatatan pesanan yang cepat dan akurat.
  • Koordinasi dapur dan pelayanan: Memperbaiki koordinasi antara dapur dan pelayanan dengan mengirimkan pesanan ke dapur secara otomatis dan jelas.
  • Kurang cocok untuk bisnis kompleks: Square POS kurang fleksibel dalam penyesuaian fitur untuk kebutuhan bisnis kompleks dibandingkan dengan kompetitornya.
  • Biaya langganan yang tinggi: Biaya berlangganan Square POS mungkin lebih tinggi dibandingkan solusi POS lain.
  • Aksesibilitas data terbatas: Batasan akses data real-time atau dari lokasi berbeda dapat mempengaruhi pengambilan keputusan bisnis yang cepat dan tepat.

3. Software restoran HashMicro

software restoran

Software restoran HashMicro dirancang untuk memenuhi kebutuhan bisnis F&B yang dinamis. Dengan klien F&B ternama Indonesia seperti Wendy’s, Bakso Beodjangan, dan Warung Upnormal, software ini menjadi pilihan utama bagi industri F&B di Indonesia.

HashMicro menyediakan aplikasi restoran yang terintegrasi dengan GoFood dan GrabFood, memudahkan manajemen reservasi, membership, promosi, serta memaksimalkan up-sell dan cross-sell.

Fitur-fitur unggulan software restoran HashMicro meliputi:

  • Integrasi GrabFood dan GoFood: Integrasi ini memfasilitasi restoran untuk terkoneksi dengan platform pemesanan online, memperbaiki koordinasi dan efisiensi pengiriman.
  • UoM (Unit of Measurement) produk dengan pelacakan penyusutan: Memungkinkan pelacakan dan pengukuran bahan baku yang akurat di setiap cabang, mengurangi pemborosan dan menjamin konsistensi penyajian.
  • Auto-promosi menu: Promosi otomatis berdasarkan data penjualan membantu cabang meningkatkan penjualan menu kurang laris dan mengurangi pemborosan.
  • Manajemen meja dan pesanan: Sistem ini mempercepat koordinasi staf dalam pengelolaan meja dan pesanan, memperlancar pengalaman pelanggan dan mengurangi waktu tunggu.
  • Analisis pendapatan tiap cabang dan kategori: Analisis ini menyediakan pemahaman tentang kinerja finansial cabang dan menu, mendukung keputusan manajemen untuk optimalisasi inventaris dan operasi.
  • Rekonsiliasi bank otomatis: Otomatisasi rekonsiliasi bank meminimalisir kesalahan pencatatan dan meningkatkan akurasi data finansial untuk manajemen biaya.
  • Strategi dapur terpusat: Strategi ini mengoptimalkan kontrol produksi dan distribusi bahan baku, menjamin kualitas dan efisiensi di semua cabang.
  • Manajemen loyalitas pelanggan: Sistem loyalitas yang efektif membantu restoran meningkatkan kunjungan pelanggan dan efisiensi penggunaan bahan baku.
  • Efisiensi proses procurement: Proses pembelian efisien di restoran menyesuaikan pembelian bahan baku dengan tren penjualan untuk menghindari kelebihan dan pemborosan.

Kelebihan

Kekurangan

  • Unlimited user tanpa biaya tambahan: Menambah pengguna tanpa biaya tambahan, mendukung pertumbuhan bisnis dan akses sistem bagi semua anggota tim.
  • Kepatuhan pada regulasi lokal: Menjamin kepatuhan hukum bisnis, mengurangi risiko hukum, dan mempermudah audit serta pelaporan pajak.
  • Proses instalasi cepat: Instalasi sistem yang cepat memungkinkan bisnis beroperasi tanpa gangguan operasional yang besar.
  • Didesain oleh ahli industri: Software industri F&B dirancang untuk memenuhi kebutuhan spesifik sektor ini, meningkatkan efektivitasnya.
  • Mobile-friendly: Akses sistem via mobile meningkatkan fleksibilitas dan mobilitas manajemen dan staf dalam operasional bisnis.
  • Business Intelligence (BI) Analytics: Fitur analisis data mendukung keputusan strategis dan optimisasi kinerja bisnis.
  • Kurang cocok untuk UMKM: Fitur yang bervariasi dan punya fungsi kompleks mungkin kurang cocok untuk bisnis restoran dengan kebutuhan fitur sederhana.

4. Software resto Olsera POS

software restoran

Olsera POS adalah sebuah software POS yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan bisnis makanan/minuman, termasuk bisnis all you can eat, restoran, kedai kopi, stand makanan cepat saji.

Selain itu, Olsera POS juga mendukung integrasi dengan berbagai marketplaces dan memiliki fitur manajemen pelanggan (CRM), promotion and loyalty, serta manajemen karyawan yang lengkap.

Fitur unggulan dari software restoran Olsera POS termasuk:

  • Integrasi online order: Memungkinkan pelanggan untuk melakukan pemesanan online langsung dari website atau aplikasi resto.
  • Manajemen inventori: Fitur ini membantu dalam mengelola stok bahan makanan dengan lebih efisien.
  • Laporan penjualan real-time: Memberikan informasi terkini mengenai penjualan sebagai dasar pembuatan keputusan.
  • Integrasi sistem akuntansi: Memudahkan proses pencatatan keuangan dan mengurangi kesalahan dalam perhitungan.
  • Manajemen pelanggan (CRM): Membantu dalam membangun hubungan dengan pelanggan melalui program loyalitas dan promosi.
  • Monitoring absensi wajah: Teknologi ini memastikan kehadiran karyawan dengan lebih akurat dan mengurangi potensi kecurangan.
  • Dashboard franchise: Fitur ini memudahkan dalam memantau performa setiap cabang.

Kelebihan

Kekurangan

  • Fleksibilitas penggunaan: Olsera POS kompatibel dengan Android, iOS, dan PC Windows.
  • Fitur lengkap: Software ini mendukung berbagai usaha dengan kontrol inventori akurat dan integrasi toko online.
  • Operasional offline: Olsera POS dapat dapat beroperasi online dan offline, menjaga kelancaran bisnis tanpa ketergantungan internet.
  • Tidak Ada batasan pengguna dan perangkat: Olsera POS mendukung skalabilitas bisnis dengan tidak membatasi jumlah pengguna atau perangkat.
  • Keterbatasan fitur khusus: Olsera POS mungkin tidak memiliki beberapa fitur khusus yang ada pada kompetitor
  • Biaya transaksi yang tinggi: Biaya transaksi Olsera POS bisa lebih tinggi dari solusi lain dalam beberapa situasi.
  • Ketergantungan pada koneksi internet: Beberapa fitur Olsera POS membutuhkan internet untuk fungsi optimal meski bisa offline.

5. POS restoran Zahir

software restoran

Software restoran Zahir, yang dikenal sebagai Zahir POS Restoran, adalah aplikasi kasir restoran yang dirancang untuk membantu meningkatkan efisiensi operasional bisnis kuliner Anda.

Zahir POS Restoran menawarkan solusi yang terintegrasi untuk mempermudah pengelolaan restoran, mulai dari penjualan hingga analisis bisnis yang mendalam.

Fitur unggulan dari software restoran Zahir meliputi:

  • Transaksi real time dan otomatis: Memungkinkan pencatatan transaksi secara otomatis dan real-time.
  • Laporan dapat diekspor: Kemudahan dalam mengekspor laporan ke berbagai format.
  • Rekonsiliasi bank: Fitur ini membantu dalam memastikan bahwa catatan keuangan sesuai dengan rekening bank.
  • Multi-currency: Mendukung transaksi dengan berbagai mata uang, yang sangat berguna untuk restoran dengan pelanggan internasional.

Kelebihan

Kekurangan

  • User-friendly: Antarmuka Zahir mudah digunakan, cocok untuk semua tingkat keahlian pengguna.
  • Free training: Zahir menyediakan pelatihan gratis untuk optimalisasi penggunaan software.
  • Kontrol persediaan antar cabang: Fitur ini meningkatkan koordinasi dan efisiensi manajemen stok lintas cabang bisnis.
  • Biaya tambahan untuk training sistem: Pelatihan dasar Zahir gratis, namun pelatihan sistem lanjutan mungkin berbiaya.
  • User terbatas: Beberapa paket software membatasi jumlah pengguna, yang dapat membatasi bisnis dengan jumlah pengguna yang banyak.

6. Aplikasi Solis Resto

software restoran

Software restoran Solis Resto adalah sistem manajemen restoran terintegrasi yang dapat digunakan di berbagai jenis restoran. Solis Resto dirancang untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan dan kontrol yang lebih handal kepada pengelola restoran.

Fitur unggulan dari software restoran Solis Resto termasuk:

  • Solis data center: Semua data penjualan dapat dipusatkan dan dianalisis untuk stok dan pembelian.
  • Solis Cloud: Memudahkan pengaturan menu yang terpusat dan sinkronisasi menu ke banyak cabang dengan cepat.
  • Manajemen meja fleksibel: Jumlah meja dapat disesuaikan dengan kebutuhan restoran dan kondisi setiap meja dapat dilihat secara real-time.
  • Layanan pesan antar: Fitur delivery memudahkan pencatatan nomor telepon dan alamat pelanggan serta pesanan favorit mereka.
  • Skema diskon: Mendukung berbagai jenis promo yang ditentukan oleh restoran.

Kelebihan

Kekurangan

  • Mudah diimplementasikan: Solis Resto mendukung implementasi cepat dengan arsitektur fleksibel dan modul lengkap untuk berbagai restoran.
  • Antarmuka pengguna yang sederhana: Dirancang untuk memudahkan semua pengguna menjalankan aplikasi secara intuitif.
  • Dukungan layar sentuh: Mendukung operasi layar sentuh untuk pemesanan, pencetakan tagihan, dan pembayaran.
  • Multiple floor/section: Memudahkan operasi dan layanan dengan pengelompokan meja sesuai kebutuhan ruangan.
  • Keterbatasan fitur: Solis Resto menawarkan fitur manajemen restoran yang beragam, namun mungkin kurang beberapa fitur spesifik yang ada pada kompetitor.
  • Biaya investasi awal: Biaya investasi awal Solis Resto mungkin lebih tinggi dibandingkan kompetitor lokal.
  • Tingkat keamanan: Tingkat keamanan hak akses software mungkin tidak sekomprehensif kompetitor.

7. Sistem Beepos Resto

software restoran

Beepos Resto adalah software restoran yang dirancang untuk mempercepat pelayanan dan meningkatkan efisiensi operasional restoran. Beepos Resto menawarkan solusi terintegrasi yang membantu restoran melayani pelanggan dengan lebih cepat dan efisien, bahkan saat kondisi restoran sedang ramai.

Fitur unggulan dari software restoran Beepos Resto termasuk:

  • Input order mudah: Memudahkan proses input order penjualan dan jadwal pengiriman.
  • Perhitungan HPP dan profit: Menjaga HPP dan gross profit dengan perhitungan otomatis sesuai resep.
  • Kontrol banyak cabang: Memungkinkan kontrol puluhan cabang secara real-time dan terpusat.
  • Sinkronisasi offline: Dapat beroperasi dengan sinyal 3G, cocok untuk lokasi dengan koneksi internet terbatas.
Kelebihan Kekurangan
  • Kontrol dari mana saja: Memungkinkan pemilik restoran mengontrol operasional secara remote untuk fleksibilitas pengelolaan bisnis.
  • Promosi fleksibel: Beepos Resto menawarkan fitur promosi untuk meningkatkan daya saing restoran.
  • Dukungan banyak merk hardware: Kompatibel dengan berbagai hardware, memberikan restoran kebebasan memilih peralatan sesuai kebutuhan.
  • Keterbatasan fitur khusus: Beepos Resto mungkin kurang beberapa fitur khusus yang ada pada kompetitor.
  • Biaya transaksi yang tinggi: Biaya transaksi Beepos Resto bisa lebih tinggi dari kompetitor dalam beberapa kasus.
  • Biaya langganan yang tinggi: Beberapa pengguna merasa bahwa biaya langganan Beepos Resto relatif mahal.
  • Ketergantungan pada koneksi internet: Beepos Resto beroperasi offline, namun fitur tertentu butuh koneksi internet stabil.
  • Kurang cocok untuk bisnis kompleks: Beepos Resto kurang fleksibel untuk kebutuhan bisnis kompleks.
  • Aksesibilitas data terbatas: Mungkin ada batasan dalam mengakses data secara real-time atau dari lokasi yang berbeda.

8. POS restoran Majoo

software restoran

Software restoran Majoo adalah sebuah program kasir yang dirancang untuk membantu pengelolaan operasional bisnis di sektor makanan dan minuman, seperti restoran, kedai, dan kafe.

Majoo menawarkan solusi serba terintegrasi yang dirancang untuk memaksimalkan pelayanan bagi pelanggan dan efisiensi operasional bisnis F&B.

Fitur unggulan dari software restoran Majoo termasuk:

  • Pantau dan kontrol penjualan cabang: Memungkinkan pemantauan dan kontrol penjualan cabang dari mana saja untuk mengurangi fraud.
  • Laporan keuangan otomatis: Menyediakan laporan keuangan secara otomatis, menghemat waktu yang biasanya diperlukan untuk pekerjaan administratif.
  • Kontrol biaya usaha: Fitur ini membantu dalam mengontrol biaya usaha untuk memaksimalkan keuntungan.
  • Manajemen pelanggan: Dengan aplikasi CRM, Majoo membantu meningkatkan loyalitas pelanggan yang berdampak pada peningkatan penjualan.
  • Omnichannel: Mendukung integrasi dengan berbagai platform penjualan untuk memudahkan pengelolaan pesanan dari berbagai sumber.
  • Analisa bisnis: Menyediakan alat analisis untuk membantu pengambilan keputusan bisnis dengan strategi yang didasarkan pada data.

Kelebihan

Kekurangan

  • Mudah digunakan: Majoo menawarkan antarmuka yang ramah pemula, cocok untuk bisnis baru di platform digital.
  • Fitur lengkap: Menyediakan berbagai fitur seperti aplikasi kasir online, inventori, karyawan, CRM, akuntansi, analisa bisnis, aplikasi owner, dan toko online.
  • Harga yang relatif mahal: Harga berlangganan Majoo mungkin lebih tinggi dari kompetitornya.
  • Fitur terbatas pada paket dasar: Paket dasar Majoo menawarkan fitur dasar, fitur lanjutan seperti analisis data dan CRM hanya di paket premium yang lebih mahal.
  • Ketergantungan pada koneksi internet: Majoo (aplikasi cloud) memerlukan koneksi internet stabil untuk penggunaan efektif.
  • Kurangnya layanan pelanggan: Beberapa pengguna Majoo mengeluhkan dukungan pelanggan yang kurang memadai.

9. Software resto Luna POS

software restoran

Software resto Luna POS adalah aplikasi kasir dan manajemen bisnis yang berbasis cloud, dirancang untuk memenuhi kebutuhan berbagai jenis usaha, termasuk restoran.

Luna POS menawarkan fitur tanpa batas dan tanpa biaya tambahan, serta tersedia di Google Play, yang memudahkan penggunaan aplikasi ini di berbagai perangkat.

Fitur unggulan dari software restoran Luna POS meliputi:

  • Sistem akuntansi: Memudahkan perhitungan neraca, arus kas, laba rugi, dan lainnya.
  • Manajemen meja: Fitur ini memungkinkan pengaturan meja seperti gabung, pisah, atau pindah meja.
  • Manajemen stok: Dengan fitur ini, Anda dapat dengan mudah memonitor stok yang akan habis.
  • Manajemen franchise dan outlet: Memudahkan pemantauan kinerja outlet atau franchise.
  • Dasbor analisa: Menyediakan laporan dan analisis penjualan secara real-time.

Kelebihan

Kekurangan

  • Tidak ada batasan produk: Luna POS tidak membatasi jumlah produk per merchant.
  • Fitur lengkap tanpa biaya tambahan: Semua fitur tersedia dalam satu aplikasi POS yang lengkap tanpa biaya tambahan.
  • Manajemen stok efektif: Aplikasi ini memudahkan restoran memantau stok secara real-time, mencegah kekurangan atau kelebihan persediaan.
  • Pencatatan pesanan yang akurat: Memfasilitasi pencatatan pesanan yang cepat dan akurat, mengurangi kesalahan manual dan meningkatkan kepuasan pelanggan..
  • Koordinasi dapur dan pelayanan: Memperbaiki koordinasi antara dapur dan pelayanan dengan mengirimkan pesanan ke dapur secara otomatis dan jelas.
  • Kurang cocok untuk bisnis kompleks: Luna POS kurang fleksibel dalam menyesuaikan fitur untuk kebutuhan bisnis kompleks.
  • Biaya langganan yang tinggi: Biaya berlangganan Luna POS mungkin lebih tinggi dari solusi POS lain.
  • Aksesibilitas data terbatas: Akses data yang terbatas mungkin pengaruhi keputusan bisnis yang cepat dan tepat.

10. Aplikasi resto Nuta POS

software restoran

Nuta POS adalah aplikasi kasir online yang dirancang khusus untuk pengusaha kuliner. Aplikasi ini membantu dalam berbagai aspek pengelolaan bisnis kuliner, termasuk kasir, dapur, gudang, supply chain, dan laporan laba rugi.

Selain itu, Nuta POS juga menyediakan integrasi akuntansi untuk memudahkan pemilik bisnis dalam mengelola keuangan.

Fitur unggulan dari software restoran Nuta POS meliputi:

  • Dasbor bisnis: Memungkinkan pemilik bisnis untuk memantau kinerja dan mengambil keputusan dengan data yang terintegrasi dan real-time.
  • Nutapos Apps: Aplikasi kasir yang memudahkan transaksi dan pencatatan secara cepat dan akurat.
  • Nutacloud: Layanan berbasis cloud yang memungkinkan pemilik bisnis untuk mengakses laporan dan data bisnis dari mana saja.
  • My Nutapos: Fitur yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan pemesanan dan pembayaran secara mandiri melalui scan QR Code.
  • Contactless order: Fitur pemesanan tanpa kontak yang meningkatkan efisiensi dan keamanan dengan mengurangi interaksi fisik.
  • Kitchen Display System (KDS): Sistem tampilan dapur yang mempercepat proses pengiriman pesanan ke dapur dan meminimalisir kesalahan.

Kelebihan

Kekurangan

  • Fitur lengkap: Nuta POS menyediakan fitur lengkap untuk bisnis kuliner dalam satu aplikasi dengan tampilan yang bersih dan sederhana..
  • Keamanan terjamin: Keamanan data pelanggan dan transaksi terjaga, menghindari risiko kebocoran informasi keuangan.
  • Versatilitas: Aplikasi ini cocok untuk berbagai usaha kuliner, termasuk bakery hingga pujasera.
  • Kemudahan pengoperasian: Nuta POS mudah dioperasikan oleh kasir dan pemilik bisnis via Nutacloud.
  • Keterbatasan integrasi: Ada keterbatasan integrasi dengan sistem atau aplikasi pihak ketiga dibandingkan kompetitor.
  • Skema harga per transaksi: Skema harga per transaksi nusa POS mungkin kurang cocok untuk bisnis dengan volume transaksi besar.

11. POS restoran Pasarind

software restoran

Pasarind adalah aplikasi kasir digital yang dirancang untuk membantu para pelaku bisnis dalam mengelola bisnis dan menerima pembayaran online secara praktis. Software restoran ini juga menawarkan satu aplikasi lengkap untuk kelola bisnis lebih mudah.

Aplikasi ini dapat digunakan di perangkat berbasis Android dan dirancang untuk memenuhi kebutuhan berbagai jenis usaha, termasuk cafe dan restoran.

Fitur unggulan dari software restoran Pasarind meliputi:

  • Pembayaran tanpa kontak: Memungkinkan pelanggan melakukan pembayaran tanpa sentuhan tangan sehingga proses transaksi jadi lebih cepat.
  • Manajemen pesanan: Mengelola pesanan dengan efisien, termasuk notifikasi detail pesanan, nomor pesanan, dan status pembayaran.
  • Manajemen meja: Fitur khusus untuk bisnis tertentu yang membutuhkan pengaturan meja dan reservasi.
  • Laporan keuangan otomatis: Menyediakan laporan keuangan yang dapat ditarik secara otomatis, memudahkan pemilik usaha dalam mengelola keuangan.
  • Pengelolaan stok: Memeriksa ketersediaan barang dengan mudah dan mengurangi risiko kehabisan stok.
  • Integrasi pembayaran dengan QRIS: Menawarkan kemudahan pembayaran dengan QRIS, memperluas opsi pembayaran bagi pelanggan.
  • Layanan pelanggan 24/7: Memberikan dukungan kepada pengguna aplikasi setiap saat jika terjadi kendala.
Kelebihan

Kekurangan

  • Fleksibilitas penggunaan: Pasarind sesuai untuk beragam jenis bisnis, termasuk restoran.
  • Desain UI yang ramah pengguna: Aplikasi ini memiliki desain antarmuka yang intuitif dan user-friendly, yang memudahkan adaptasi pengguna baru.
  • Metode transaksi yang beragam dan modern: Pasarind menawarkan opsi pembayaran modern untuk transaksi yang efisien melalui satu aplikasi.
  • Keterbatasan fungsionalitas: Kurang beberapa fitur canggih seperti manajemen pelanggan kompleks dan analisis data mendalam.
  • Dukungan integrasi terbatas: Pasarind mungkin memiliki batasan integrasi dengan sistem atau aplikasi eksternal.
  • Pilihan kustomisasi: Kompetitor mungkin menyediakan lebih banyak pilihan kustomisasi untuk berbagai kebutuhan bisnis.
  • Skala bisnis: Pasarind lebih sesuai untuk bisnis kecil dan menengah, dan kurang efektif untuk bisnis besar atau kompleks.

12. Sistem resto Moka POS

software restoran

Software restoran Moka POS adalah aplikasi kasir berbasis cloud yang membantu pemilik restoran meningkatkan layanan dengan fitur seperti visualisasi denah, pengelolaan daftar tunggu, dan pengantaran pesanan ke pelanggan yang tepat.

Moka POS juga memungkinkan akses data real-time seperti rekap penjualan, pendapatan bersih, dan metode pembayaran, yang dapat diakses dari perangkat pribadi pengguna.

Fitur unggulan dari software restoran Moka POS meliputi:

  • Visualisasi denah: Memudahkan pengelolaan daftar tunggu dan penempatan pelanggan.
  • Manajemen inventaris terintegrasi: Pelacakan stok bahan makanan secara real-time.
  • Pelacakan penjualan: Akses data penjualan dan pendapatan bersih secara real-time dari perangkat pribadi.
  • Pembayaran digital: Mendukung transaksi pembayaran digital dan pembayaran terpisah per pelanggan.
  • Sinkronisasi offline: Tetap sinkron meskipun tanpa koneksi internet.
  • Program loyalitas pelanggan: Menawarkan diskon khusus untuk pelanggan setia.
  • Integrasi dengan berbagai platform: Termasuk integrasi dengan software akuntansi dan aplikasi food delivery.

Kelebihan

Kekurangan

  • Merampingkan administrasi: Mengoptimalkan pembuatan laporan penjualan, manajemen shift karyawan, dan transaksi secara efisien.
  • Mengontrol semua outlet: Memungkinkan pemilik bisnis untuk mengelola dan memantau persediaan serta stok barang secara real-time tanpa perlu ke gudang.
  • Manajemen meja: Fitur ini meningkatkan efisiensi pengaturan meja dan daftar tunggu untuk layanan pelanggan.
  • Biaya layanan: Biaya berlangganan Moka POS cenderung lebih tinggi dari beberapa pesaing.
  • Fitur e-wallet: Biaya MDR Moka POS untuk beberapa jenis e-wallet bisa lebih tinggi dari kompetitor.
  • Keterbatasan hardware: Pembelian Moka POS tidak mencakup perangkat keras dan memiliki pilihan perangkat terbatas untuk operasional.

Setelah Anda mempelajari dua belas rekomendasi aplikasi restoran terbaik di atas, sekarang muncul pertanyaan baru: bagaimana Anda tahu bahwa software yang Anda pilih adalah solusi yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda?

Tips Memilih Software Restoran yang Tepat untuk Bisnis Anda

Dalam memilih software restoran yang tepat untuk perusahaan F&B di Indonesia, ada beberapa aspek penting yang harus diperhatikan untuk memastikan bahwa software tersebut dapat mendukung operasional bisnis dengan efektif.

Berikut adalah panduan untuk membantu Anda dalam proses seleksi:

  • Analisis kebutuhan bisnis: Pastikan untuk memilih software yang dapat memenuhi fitur kunci operasional bisnis Anda, termasuk manajemen inventori, integrasi sistem pembayaran, dan penanganan pesanan online.
  • User-interface yang intuitif: Pilih software yang memiliki antarmuka pengguna intuitif untuk memudahkan transaksi sehari-hari staf dan mengurangi waktu pelatihan.
  • Dukungan teknis dan layanan pelanggan: Pilihlah software yang didukung oleh layanan pelanggan yang responsif dan dukungan teknis handal untuk memastikan kelancaran operasional dan penyelesaian masalah teknis.
  • Keamanan dan keandalan: Keamanan data adalah prioritas utama. Software harus memiliki protokol keamanan yang kuat untuk melindungi data pelanggan dan transaksi bisnis dari ancaman siber.
  • Harga dan skema pembayaran: Pertimbangkan struktur harga dari software. Beberapa penyedia menawarkan model pembayaran berlangganan yang bisa lebih hemat biaya dibandingkan dengan pembelian lisensi permanen.
  • Cek ulasan dan reputasi: Lakukan penelitian tentang reputasi penyedia software dengan membaca ulasan pengguna dan memeriksa peringkat di platform seperti Google Play Store atau App Store, serta situs review seperti Capterra.
  • Kemudahan integrasi: Pastikan software dapat terintegrasi dengan sistem lain yang Anda gunakan, seperti akuntansi atau CRM. Integrasi yang baik akan mempermudah pengelolaan data dan informasi bisnis.
  • Versi demo atau uji coba: Gunakan versi demo atau trial untuk memastikan kecocokannya dengan kebutuhan bisnis Anda sebelum membeli.
  • Kepatuhan regulasi: Software harus mematuhi regulasi lokal, termasuk peraturan pajak dan sistem pembayaran yang berlaku di Indonesia.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor di atas, Anda akan dapat membuat keputusan yang tepat dalam memilih software restoran yang akan mendukung kesuksesan bisnis F&B Anda di Indonesia.

Kesimpulan

Memilih software restoran yang sesuai dengan kebutuhan bisnis F&B di Indonesia merupakan langkah strategis yang dapat menentukan kesuksesan operasional dan kepuasan pelanggan.

Software yang ideal haruslah memenuhi kriteria seperti kemudahan penggunaan, dukungan teknis yang handal, fitur keamanan yang kuat, integrasi sistem yang efisien, serta harga yang kompetitif dan reputasi penyedia yang baik.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, Total ERP muncul sebagai kandidat yang menjanjikan. Software restoran Total ERP menawarkan solusi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan unik dari setiap bisnis F&B.

Kami mengundang Anda untuk menjajal kemampuan Total ERP melalui demo gratis yang ditawarkan. Ini adalah kesempatan emas untuk melihat secara langsung bagaimana software ini dapat bertransformasi menjadi tulang punggung operasional bisnis F&B Anda.

Jangan tunda lagi, akses demo gratis Total ERP dan mulailah mengoptimalkan bisnis Anda hari ini!

Selanjutnya, silakan simak artikel Keuntungan Sistem Reservasi Restoran Untuk Profit Bisnis

Picture of Marshana Vanina

Marshana Vanina

Pencarian

Berita Terbaru

lorem ipsum dolor

Berita Terpopuler

lorem ipsum dolor

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini

Customer Service

Novita
Balasan dalam 1 menit

Novita
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
6281222849188
×
Dapatkan Demo Gratis!