Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

6 Fitur Utama Software Persediaan Barang dalam Pengelolaan Gudang

Anatha Ginting
Software Persediaan Barang

Mengelola gudang merupakan hal penting dalam menjalankan bisnis, terutama dalam bisnis ritel atau grosir. Tanpa adanya manajemen gudang yang baik, bisnis Anda akan kesulitan berjalan dengan baik. Untuk itu, sebaiknya Anda menggunakan software persediaan barang untuk meningkatkan efisiensi dari pengelolaan bisnis Anda.

Aplikasi persediaan barang adalah sistem yang berfungsi untuk mengelola barang yang berada dalam gudang. Sistem ini kemudian mampu mencatat dan mengelola seluruh persediaan secara otomatis. Dengan berbagai fitur yang lengkap, software ini mampu membantu mencatat nilai dan jumlah inventaris secara otomatis. Untuk mengetahui fitur-fitur utama dari software ini, simak artikel berikut. 

Table Of Content

Fitur Software Persediaan Barang Barcode Management

Ketika Anda memiliki bisnis, tentu harus memiliki persediaan barang yang akan Anda jual. Untuk mempermudah proses penjualan, persediaan harus tersusun secara rapi dan terorganisir. Salah satu cara yang bisa mempermudah proses ini yaitu dengan menggunakan software persediaan barang.

Aplikasi persediaan barang memiliki banyak fitur, salah satunya fitur barcode. Fitur ini akan memudahkan Anda untuk mengelola dan melakukan pelacakan pengiriman serta penerimaan barang secara akurat dan cepat. Dengan fitur ini, sistem manajemen inventaris bisa mengidentifikasi dan melacak persediaan dengan mudah. Dengan ini, seluruh status persediaan barang seperti dalam gudang, sedang dikirim, sudah perusahaan terima, semua bisa sistem lacak.

Lot and Serial Number Tracking

Selain untuk melacak, barang persediaan yang ada dalam gudang harus perusahaan pantau secara terus menerus. Hal ini harus dilakukan karena untuk melihat persediaan yang tersisa dan barang apa saja yang sudah terjual. Selain itu, fitur ini akan memudahkan proses penghasilan dan melacak nomor seri dan lot secara otomatis. Aplikasi persediaan barang ini bisa melacak stok yang berada pada gudang, sehingga jika barang terjual atau masih dalam gudang, semua bisa sistem lacak secara akurat. 

Stock Request Management

Software Persediaan Barang

Fitur ini akan membantu mengelola permintaan pelanggan dari seluruh cabang perusahaan Anda. dalam proses ini, software persediaan barang akan memberikan persetujuan otomatis, sehingga akan mempercepat proses persetujuan pesanan perusahaan Anda. selain itu, fitur ini juga dapat membantu mempertahankan pelanggan dengan lebih efektif.

Fitur Software Persediaan Barang Inventory Forecasting

Sistem manajemen inventaris dirancang untuk membantu Anda dalam memperkirakan dan membuat perhitungan terkait dengan ketersediaan stok Anda dalam periode tertentu. Dengan bantuan dari fitur dalam aplikasi persediaan barang ini, Anda juga bisa menerima data ramalan penjualan pada periode tertentu. Data ini akan sistem buat berdasarkan analisis penjualan pada periode yang sama pada tahun tersebut.

Baca Juga: Pentingnya Menerapkan Aplikasi Akuntansi Manufaktur untuk Kelola Keuangan Perusahaan

Inventory Valuation

Dalam software persediaan barang, fitur penilaian persediaan berfungsi untuk memberikan transparansi pada penghitungan penilaian inventaris. Anda bisa melakukan penilaian inventaris untuk tiap gudang pada akhir setiap periode pelaporan dengan mudah dan efisien. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk melakukan penilaian inventaris dalam hitungan detik.

Fitur Software Persediaan Barang Stock Aging Analysis

Software persediaan barang juga memiliki fitur analisis umur inventaris, yang dimana fungsi dari fitur ini yaitu memberikan informasi dan data yang akurat. Dengan itu, Anda bisa menentukan tingkat persediaan yang cepat maupun lambat agar bisa sistem optimalkan prosesnya. Dengan cara ini, Anda akan menghindari terjadinya penumpukan stok karena produk lama terjual lebih cepat dari pada produk baru.

Kesimpulan 

Software Persediaan Barang merupakan program yang mampu mengatur data inventaris terkait dengan aktivitas logistik perusahaan. Inventaris tersebut dapat berupa barang dagangan, bahan baku, dan lainnya. Dengan menggunakan sistem ini, proses pengelolaan persediaan suatu perusahaan bisa menjadi lebih mudah dan terorganisir.

Aplikasi persediaan barang memiliki berbagai fitur yang akan mendukung seluruh proses pengelolaan dan pelacakan persediaan barang. Untuk itu, Anda harus menggunakan sistem yang tepat, salah satu aplikasi persediaan barang yang bisa digunakan yaitu software inventory milik Total. Sistem milik Total bisa meningkatkan produktivitas pengelolaan serta meminimalisir kesalahan pencatatan produk karena sudah terotomatisasi. Coba demo gratis sekarang!

Anatha Ginting

Anatha Ginting

Pencarian

Berita Terbaru

lorem ipsum dolor

Berita Terpopuler

lorem ipsum dolor

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini

Customer Service

Customer Service
Balasan dalam 1 menit

Customer Service
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
6281222849188
×
Dapatkan Demo Gratis!