Icon EQUIP

Novita
Balasan dalam 1 menit

Novita
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
6281222849188
×

Novita

Active Now

Novita

Active Now

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

Pentingnya Menerapkan Aplikasi Akuntansi Manufaktur untuk Kelola Keuangan Perusahaan

Picture of Marshana Vanina
Aplikasi akuntansi manufaktur

Bisnis manufaktur merupakan jenis bisnis yang menghasilkan produk fisik dengan memanfaatkan bahan baku melalui proses produksi yang terstruktur dan terencana. Dalam bisnis manufaktur, perusahaan memproduksi barang dengan menggunakan mesin, teknologi, dan tenaga kerja yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan pasar. Dalam mengelola bisnis manufaktur, penggunaan aplikasi akuntansi manufaktur menjadi sangat penting untuk membantu perusahaan dalam mengelola aspek keuangan dan produksi.

Sistem ini dapat membantu mengatur dan mengelola aspek keuangan seperti pembelian bahan baku, pengeluaran produksi hingga penjualan produk. Total ERP memiliki software akuntansi manufaktur yang dirancang khusus untuk bisnis manufaktur dan menawarkan aplikasi akuntansi terbaik dengan fitur-fitur canggih yang sehingga dapat membantu penjualan produk dengan mudah yang dapat memaksimalkan kegiatan perusahaan Anda.

Daftar Isi

Apa itu Aplikasi Akuntansi Manufaktur?

Aplikasi akuntansi memainkan peran yang sangat penting dalam bisnis manufaktur, khususnya dalam hal mengelola keuangan perusahaan dan melacak kinerja operasionalnya. Oleh karena itu perusahaan dapat lebih cepat dalam menentukan keputusan berdasarkan data yang akurat dan terpercaya.

Dalam era digital seperti sekarang, penggunaan aplikasi akuntansi untuk bisnis manufaktur menjadi semakin penting karena sistem ini bekerja secara otomatis sehingga dapat meminimalisir resiko human error.

Fungsi Aplikasi Akuntansi Manufaktur

Dalam bisnis manufaktur, pengelolaan keuangan dan operasional perusahaan menjadi kunci utama dalam mencapai keuntungan yang optimal. Dalam hal ini aplikasi akuntansi memiliki beberapa fungsi yang sangat berguna bagi bisnis manufaktur.

 1. Laporan keuangan bisnis secara real-time

Penggunaan software akuntansi dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi bisnis dalam hal melacak laporan keuangan secara real-time. Dengan menggunakan software akuntansi, perusahaan dapat secara efektif mengelola dan memantau arus kas, persediaan, dan laporan keuangan lainnya dengan mudah dan akurat. 

Kemudian penggunaan aplikasi akuntansi manufaktur juga dapat mengurangi kemungkinan kesalahan manusia dalam memasukkan data keuangan yang dapat mempengaruhi akurasi laporan keuangan. Dengan demikian sistem akuntansi dapat membantu perusahaan dalam membuat keputusan bisnis yang lebih tepat berdasarkan laporan keuangan yang akurat dan terkini. 

2. Efisiensi proses pembukuan 

Proses pembukuan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan akurat dengan menggunakan software akuntansi dibandingkan dengan metode manual. Disamping itu software akuntansi juga memiliki fitur otomatisasi yang dapat mengurangi waktu untuk melakukan tugas-tugas rutin, seperti pencatatan transaksi keuangan dan pembuatan laporan keuangan.

Dalam bisnis manufaktur, waktu sangat berharga. Oleh karena itu dengan menggunakan software akuntansi, perusahaan dapat menghemat waktu dan mengurangi biaya yang diperlukan untuk mempekerjakan staf tambahan mengelola pembukuan. Dengan demikian, sistem ini dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan efisiensi operasional dan mengoptimalkan pengelolaan keuangan mereka.

3. Data terpusat dengan aplikasi akuntansi

Dengan bantuan software akuntansi dapat membantu terpusatnya data keuangan perusahaan. Dalam proses bisnis, data keuangan seringkali tersebar di berbagai sistem dan platform yang berbeda, seperti lembar kerja Excel atau bahkan catatan manual. Hal ini dapat menghambat efisiensi dan akurasi pengolahan data keuangan.

Namun dengan menggunakan software akuntansi manufaktur, semua data keuangan perusahaan dapat dikumpulkan dan diakses dari satu lokasi terpusat. Dengan demikian, perusahaan dapat memperoleh informasi keuangan yang lebih lengkap dan terintegrasi, serta membuat laporan keuangan yang lebih akurat dan terperinci.

Kemudian, data yang terpusat juga memudahkan perusahaan dalam melakukan analisis keuangan yang lebih mendalam dan mengidentifikasi trend atau pola yang muncul dari data keuangan. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang keuangan perusahaan, perusahaan dapat mengambil keputusan bisnis yang lebih tepat dan memperbaiki performa keuangan mereka.

4. Meningkatkan produktivitas 

Aplikasi akuntansi merupakan alat yang sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan produktivitas perusahaan. Dalam bisnis, pengolahan data keuangan secara manual biasanya membutuhkan waktu dan biaya yang besar. Penggunaan sistem akuntansi dapat membantu meningkatkan produktivitas perusahaan dengan berbagai cara.

Aplikasi akuntansi juga dapat membantu mengurangi waktu dan biaya yang perusahaan butuhkan untuk memproses data keuangan. Dalam bisnis, pengolahan data keuangan biasanya membutuhkan waktu dan biaya yang besar jika dilakukan secara manual. Oleh karena itu dengan menggunakan software akuntansi, pengolahan data keuangan dapat dilakukan secara otomatis dalam waktu yang lebih singkat.

Baca juga: Sistem Akuntansi: Pengertian, Unsur, dan Contoh Penerapannya

5. Meningkatkan pelayanan bisnis Anda

Penerapan software akuntansi di dalam perusahaan dapat membantu meningkatkan pelayanan bisnis . Dengan ini dapat membantu meningkatkan efisiensi pengolahan data keuangan. Dengan menggunakan aplikasi akuntansi, perusahaan dapat memproses transaksi secara real-time sehingga menghindari keterlambatan dalam pemrosesan transaksi dan pembayaran tagihan.

Software akuntansi dapat membantu meningkatkan pengawasan dan kontrol atas keuangan perusahaan. Dengan menggunakan software akuntansi, perusahaan dapat memantau transaksi keuangan mereka dengan lebih teliti, sehingga meminimalkan kesalahan dan kecurangan yang mungkin terjadi.

6. Meminimalisir biaya pengeluaran

Software akuntansi dapat membantu perusahaan meminimalisir biaya pengeluaran mereka. Dengan menggunakan aplikasi akuntansi, perusahaan dapat memproses transaksi keuangan secara efisien dan efektif sehingga mengurangi biaya pengeluaran yang terkait dengan pengolahan transaksi secara manual.

Selain itu, penggunaan software akuntansi juga dapat membantu menghindari kesalahan dalam pengolahan data keuangan, yang dapat menyebabkan biaya yang lebih tinggi untuk mengoreksi kesalahan tersebut. Dengan ini perusahaan dapat memantau dan mengelola keuangan mereka dengan lebih baik sehingga menghindari biaya tambahan yang terkait dengan kesalahan atau ketidakakuratan laporan keuangan.

7. Memiliki fitur terbaik dan terlengkap

fitur software akuntansi manufaktur

Software akuntansi memiliki fitur terbaik dan terlengkap , hal ini sangatlah penting untuk mendukung kebutuhan perusahaan. Beberapa fitur terbaik yang ada dalam software akuntansi antara lain, pembukuan keuangan yang lengkap, pembuatan laporan keuangan yang akurat, dan integrasi dengan sistem pembayaran yang dapat membantu memproses transaksi keuangan secara efisien.

Selain itu, software akuntansi juga dapat menawarkan fitur pelaporan keuangan yang terintegrasi, sehingga memungkinkan perusahaan untuk menghasilkan laporan keuangan dengan mudah dan akurat. Dengan demikian fitur ini sangat penting agar dapat membantu manajemen perusahaan dalam membuat keputusan bisnis yang tepat dan efektif.

8. Kemudahan pencatatan hutang dan piutang 

Pencatatan hutang dan piutang perusahaan merupakan hal yang sangat penting dalam pengelolaan keuangan bisnis. Penggunaan software akuntansi dapat memudahkan pencatatan hutang dan piutang perusahaan dengan lebih efisien dan akurat. Dengan aplikasi akuntansi, perusahaan dapat mencatat transaksi utang dan piutang secara real-time, sehingga memudahkan manajemen dalam memantau arus kas yang masuk dan keluar.

Fitur Aplikasi Akuntansi Manufaktur

manfaat aplikasi manufaktur

Dalam pengelolaan keuangan bisnis manufaktur, aplikasi akuntansi menjadi sangat penting dalam membantu mengatur dan memantau keuangan perusahaan. Fitur-fitur dalam aplikasi akuntansi dapat membantu bisnis manufaktur dalam mengelola transaksi keuangan, mencatat stok barang, dan memantau kinerja keuangan perusahaan.

1. Manajemen keuangan bisnis menyeluruh

Software akuntansi menjadi solusi efektif bagi perusahaan dalam mengelola keuangan bisnis secara menyeluruh. Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk mengelola keuangan bisnis dengan lebih mudah dan efisien.

Dalam manajemen keuangan bisnis, sistem akuntansi dapat membantu perusahaan dalam mengatur dan memantau arus kas, melakukan pencatatan transaksi, mengelola pajak, dan melakukan audit keuangan. Hal ini akan memudahkan perusahaan dalam melakukan pemantauan terhadap kinerja keuangan perusahaan, dan membantu dalam pengambilan keputusan bisnis yang lebih tepat dan efektif.

2. Cash flow forecasting pada aplikasi akuntansi manufaktur

Fitur Cash Flow Forecasting pada software akuntansi memungkinkan perusahaan untuk memproyeksikan arus kas masa depan dan merencanakan pengeluaran serta penerimaan uang dengan lebih akurat. Dalam pengelolaan keuangan perusahaan, pengaturan arus kas yang efektif dan efisien sangat penting untuk memastikan kelangsungan bisnis. 

Dalam melakukan proyeksi arus kas, aplikasi akuntansi menggunakan data historis dan informasi terbaru mengenai transaksi keuangan perusahaan. Dengan demikian proyeksi arus kas yang dihasilkan lebih akurat sehingga dapat membantu perusahaan dalam mengambil keputusan keuangan yang tepat. Hal ini sebagai alat untuk merencanakan kegiatan bisnis di masa depan.

 3. Perhitungan aktual dan amortisasi

perhitungan akuntansi

Fitur perhitungan akrual dan amortisasi pada software akuntansi memungkinkan perusahaan untuk menghitung dan merekam pengeluaran yang terkait dengan pembelian aset tetap dan pengeluaran lainnya yang dibayar secara bertahap. Dalam pengelolaan keuangan perusahaan, perhitungan akrual dan amortisasi sangat penting untuk memastikan akurasi laporan keuangan sehingga dapat menghindari kesalahan.

Dalam fitur perhitungan akrual, software akuntansi dapat menghitung dan merekam pengeluaran yang belum dibayar pada akhir periode akuntansi. Oleh karena itu memungkinkan perusahaan untuk melacak kewajiban finansialnya secara akurat dan memastikan bahwa laporan keuangan mencerminkan situasi keuangan yang sebenarnya.

4. Manajemen anggaran bisnis

Dengan adanya fitur ini, pengguna dapat dengan mudah membuat dan memantau anggaran bisnis mereka. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memasukkan anggaran mereka dan melacak pengeluaran mereka dengan mudah.

Selain itu fitur Manajemen Anggaran Bisnis juga dapat memberikan notifikasi ketika pengeluaran melebihi anggaran yang telah sesuai, sehingga pengguna dapat segera mengambil tindakan yang diperlukan. Fitur ini sangat berguna bagi para pemilik bisnis atau manajer keuangan yang ingin memantau keuangan bisnis mereka dengan lebih efektif. 

5. Pencatatan laporan keuangan bisnis

pencatatan aplikasi akuntansi

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memantau dan mencatat transaksi keuangan bisnis mereka dengan mudah. Oleh karena itu pengguna dapat menggunakan data yang telah tercatat untuk melakukan analisis keuangan dan membuat proyeksi keuangan dengan cepat dan akurat.

Dengan menggunakan aplikasi akuntansi yang memiliki fitur ini, pengguna dapat menghemat waktu dan tenaga dalam membuat laporan keuangan dan juga memastikan bahwa laporan keuangan bisnis mereka akurat dan up-to-date. Oleh karena itu pengguna dapat membuat keputusan bisnis yang lebih cerdas dan strategis berdasarkan informasi keuangan yang akurat dan tepat waktu.

6. Tata kelola persediaan

Tata kelola persediaan adalah salah satu fitur tersedia dalam software akuntansi modern. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengelola persediaan barang dagangan dengan lebih praktis. Dengan adanya fitur tata kelola persediaan, pengguna dapat mengontrol stok barang dagangan secara akurat.

Selain itu fitur tata kelola persediaan juga dapat memudahkan pengguna dalam menyusun laporan keuangan, seperti laporan neraca dan laporan laba rugi. Dengan demikian pengguna dapat memantau kinerja bisnis mereka secara lebih efektif dan membuat keputusan yang lebih baik dalam mengelola persediaan.

7. Pengelolaan biaya dengan aplikasi akuntansi manufaktur

Pengelolaan biaya adalah salah satu aspek penting dalam pengelolaan keuangan bisnis. Untuk mempermudah pengelolaan biaya tersebut, software akuntansi modern menyediakan fitur pengelolaan biaya yang canggih. Oleh karena itu fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengelola dan memonitor berbagai jenis biaya yang terkait dengan bisnis mereka.

  • Job costing

Dalam pengelolaan barang, produksi setiap barang biasanya melibatkan banyak biaya seperti bahan baku, tenaga kerja, pengiriman, dan biaya lainnya. Dengan adanya fitur job costing pada software akuntansi, pengguna dapat mengidentifikasi biaya yang terkait dengan produksi barang tersebut sehingga dapat memperhitungkan harga secara akurat.

  • Process costing

Fitur process costing adalah salah satu fitur penting yang disediakan dalam software akuntansi untuk pengelolaan barang. Oleh karena itu fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghitung biaya produksi barang dalam proses produksi yang berlangsung secara terus-menerus.

 Dalam proses produksi, seringkali terdapat banyak jenis biaya yang terkait, seperti bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead pabrik. Dengan adanya fitur process costing pada software akuntansi, pengguna dapat menghitung biaya produksi setiap unit barang secara akurat dan mendetail. 

  • Activity based costing

Activity Based Costing (ABC) adalah salah satu fitur yang tersedia dalam software akuntansi untuk pengelolaan barang. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghitung biaya produksi barang dengan lebih akurat dan detail berdasarkan aktivitas-aktivitas yang terkait dengan produksi barang tersebut.

  • Biaya variabel

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghitung biaya produksi barang yang dapat berubah tergantung pada jumlah produksi. Biaya variabel adalah biaya yang berubah secara proporsional dengan jumlah produksi barang yang dihasilkan. Contoh biaya variabel pada produksi barang antara lain biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan lain-lain.

8. Manajemen pemesanan

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengelola setiap pesanan yang masuk, mulai dari proses pemesanan hingga pengiriman barang. Dalam proses pemesanan barang, seringkali terdapat banyak aktivitas yang terkait, seperti pengolahan pesanan, pemrosesan pembayaran, pemantauan persediaan, dan pengiriman barang. 

Dengan bantuan fitur manajemen pemesanan pada software akuntansi, pengguna dapat mengelola setiap pesanan dengan lebih efisien dan efektif, serta memantau status setiap pesanan secara real-time.Kemudian fitur ini juga memudahkan pengguna dalam mengoptimalkan pengelolaan persediaan dan mengurangi biaya produksi yang tidak perlu.

9. Pengelolaan aset bisnis dengan aplikasi akuntansi manufaktur

Fitur Pengelolaan aset bisnis adalah salah satu fitur yang disediakan dalam software akuntansi untuk membantu pengguna dalam mengelola aset bisnis mereka. Bisnis dapat memiliki aset seperti properti, inventaris, kendaraan, atau peralatan.

Dalam pengelolaan aset bisnis, seringkali terdapat banyak aktivitas yang terkait, seperti pemeliharaan, perbaikan, dan penyusutan. Dengan adanya fitur Pengelolaan Aset Bisnis pada aplikasi akuntansi, pengguna dapat memantau setiap aset yang dimiliki oleh bisnis mereka secara real-time dan memperbarui informasi-informasi terkait aset tersebut. 

Baca juga: 7 Rekomendasi Software Accounting Terbaik untuk Bisnis di Indonesia Tahun 2023

Kesimpulan

Secara keseluruhan, bisnis manufaktur memerlukan aplikasi akuntansi manufaktur untuk mengoptimalkan pengelolaan bisnis mereka. Dengan aplikasi akuntansi manufaktur, bisnis dapat memperoleh banyak manfaat. Dengan adanya Software Akuntansi manufaktur, pengguna dapat mengoptimalkan pengelolaan bisnis mereka, meningkatkan keuntungan, dan mengambil keputusan bisnis yang lebih baik.

Apakah bisnis Anda memerlukan bantuan dalam mengelola keuangan dan operasional? Total ERP dapat membantu Anda dalam mengatasi tantangan tersebut dengan menyediakan Software Akuntansi terbaik di kelasnya. Dengan Software Akuntansi Total ERP, Anda dapat dengan mudah mengelola persediaan, biaya produksi, aset bisnis, dan manajemen pemesanan dengan cepat dan efisien. Coba demo gratis sekarang!

 

Picture of Marshana Vanina
Marshana Vanina

Pencarian

Artikel Lainnya

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini