Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

Apa itu Bee Accounting Software dan Alternatifnya bagi Perusahaan

Picture of Vania
Bee Accounting Software

Bee Accounting merupakan perusahaan yang terbentuk dari beberapa tim yang terdiri dari ahli bisnis dan teknologi. Mereka bekerja sama untuk mewujudkan tujuan dalam membantu satu juta pengusaha agar dapat meraih kebebasan finansial dengan menjadikan bisnis mereka menguntungkan dan mudah dikendalikan. Bee Accounting software mulai mengembangkan produknya dan meluncurkan produk pada Oktober 2010, dengan fokus utama pada pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Bee accounting software berfokus pada UMKM yang berguna untuk mengembangkan dan menghasilkan keuntungan melalui penggunaan sistem bisnis berbasis teknologi informasi yang otomatis. Saat ini, Bee Accounting telah mencapai versi 2.0 dan telah lebih dari 120.000 pengguna gunakan di seluruh Indonesia dan beberapa negara lainnya. Bee Accounting memiliki dua seri produk simak untuk mengetahui lebih lanjut.

Jenis Bee Accounting Software pada Pengelolaan Akuntansi 

Dalam pengelolaan akuntansi, Bee Accounting Software menyediakan berbagai versi yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Berikut merupakan variasi software akuntansi Bee yang dapat membantu mengelola keuangan perusahaan Anda dengan efisien dan akurat:

Seri UKM

Seri UKM Bee Accounting menawarkan tiga versi yang dapat secara gratis para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) gunakan, dengan batasan omset sebesar 100 juta rupiah per bulan dan fitur-fitur yang terbatas. Meskipun versi-versi ini menyediakan fitur terbatas, mereka tetap memberikan kemudahan bagi UKM dalam mengelola keuangan dan operasional bisnis mereka. 

Dengan menggunakan salah satu dari seri UKM Bee Accounting ini, pelaku UKM dapat memanfaatkan layanan akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan mereka sehingga mereka dapat fokus pada pengembangan bisnis dan mencapai keberhasilan yang lebih baik.

Seri premium 

Berbeda dengan seri UKM, seri premium dari Bee Accounting menawarkan beberapa harga tertentu untuk mendapatkan akses. Seri premium ini menawarkan lima versi Bee akuntansi yang memiliki fitur transaksi tanpa batas. Kelima versi ini adalah:

1. Bee Pos

Software ini adalah sebuah software yang terancang khusus bagi usaha ritel, seperti minimarket, swalayan dan sebagainya. Karena software ini bertujuan untuk mempermudah proses penjualan di kasir, mencetak nota, serta mengontrol persediaan barang di gudang. Selain itu, Bee memberikan kemudahan dalam hal penjualan di kasir melalui point of sales. Terlebih lagi, fitur ini cocok untuk penjualan dengan volume tinggi dan juga dapat beroperasi menggunakan keyboard.

2. Bee Lite

Bee Lite adalah software retail yang ideal untuk distributor/agen dengan banyak sales. Cocok untuk penjualan kredit dengan harga berjenjang, sistem take order/canvassing, dan pengguna yang awam dengan sistem akuntansi. Selain mempermudah penjualan di kasir, mencetak nota, dan mengontrol stok gudang, Bee Lite memiliki fitur serupa dengan Bee Pos.

3. Bee Silver 

Bee Silver adalah software akuntansi entry-level untuk perusahaan dagang dan jasa skala menengah dan mikro. Hal ini, cocok pengguna gunakan tanpa pengetahuan akuntansi mendalam atau tim akuntansi khusus. Software ini secara otomatis mengelola pembukuan akuntansi, cukup dengan memasukkan transaksi harian. Pembuatan jurnal dan buku besar juga otomatis. Laporan keuangan seperti neraca dan laba/rugi dapat ditampilkan dengan mudah melalui beberapa klik.

4. Bee Gold 

Bee Gold adalah software akuntansi kelas medium untuk perusahaan dagang dan jasa skala menengah yang ingin menerapkan akuntansi penuh dengan bantuan otomatisasi yang mudah. Fitur-fitur unggulan Bee Gold meliputi multi-mata uang dengan revaluasi kurs otomatis setiap bulan, modul fixed asset untuk menghitung depresiasi aset tetap, dan pencatatan serial number. 

5. Bee Platinum 

Bee Platinum adalah software akuntansi edisi terlengkap dari Bee Accounting yang hampir mirip dengan Bee gold. Versi ini cocok untuk perusahaan dagang dan jasa skala menengah atas/enterprise yang ingin menerapkan akuntansi. Bee Platinum memiliki kelengkapan fitur multi-mata uang, revaluasi kurs, fixed asset, serta fitur budgeting untuk mengontrol target penjualan dan biaya.

Kelebihan Penerapan Bee Accounting Software

Penerapan Bee software akuntansi memiliki beberapa kelebihan yang signifikan dalam data keuangan. Secara garis besar, dengan menerapkan software ini, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi operasionalnya, mengurangi kesalahan human-error dan sebagainya. Adapun juga, beberapa kelebihan penerapan software akuntansi Bee, antara lain: 

Mudah penggunaan 

Bagi para pelaku bisnis yang baru memulai, tidak perlu khawatir untuk menggunakan software akuntansi dari Bee, karena software ini telah khusus untuk user-friendly, sehingga dapat pengguna gunakan dengan mudah. Selain itu, Bee Accounting juga memiliki keunggulan dalam penggunaan bahasa Indonesia dan juga bersifat online accounting. Maka itu, kelebihan ini membuka peluang lebih luas bagi penggunanya.

Penggunaan secara real-time

Fitur ini sangat cocok bagi pelaku bisnis yang memiliki beberapa cabang usaha yang tersebar di berbagai daerah. Dengan menggunakan koneksi internet dan perangkat seperti laptop atau smartphone, Anda dapat mudah memantau transaksi dan keuangan dari setiap cabangnya. Kelebihan ini, Anda juga dapat mengakses laporan dari semua cabang, termasuk laporan pembelian, penjualan, laba rugi dan buku besar.

Dapat digunakan pada berbagai sistem operasi 

Bee accounting dapat beroperasi pada berbagai sistem operasi yang berbeda, termasuk Windows, Linux dan MacOs. Dengan kata lain, pengguna tidak perlu khawatir tentang kompatibilitas perangkat mereka. Karena dengan kelebihan Bee dapat pengguna jalankan dengan lancar pada sistem operasi yang mereka gunakan.

Tersedia fitur cloud computing 

Bee Accounting terus melakukan pembaruan pada produknya, salah satunya dengan menambahkan fitur cloud computing. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan data manajemen akuntansi secara online. Kelebihan dari penggunaan cloud computing adalah menghemat ruang penyimpanan di perangkat komputer pribadi (PC), karena data tersimpan secara virtual

Kekurangan Penerapan Bee Accounting Software

Meskipun penerapan Bee accounting software memiliki banyak kelebihan, tidak menutup kemungkinan juga memiliki beberapa kekurangan yang perusahaan harus perhatikan. Di sisi lain, karena setiap bisnis memiliki kebutuhan yang berbeda. Adapun kemungkinan beberapa fitur pada software akuntansi Bee tidak sepenuhnya sesuai dengan kebutuhan khusus perusahaan.

Terdapat limitasi kuota pada versi BEE seri UKM

Pengguna Bee UKM Series, tolong dicatat bahwa versi gratis ini memiliki beberapa batasan. Omzet terbatas hingga 100 juta per bulan, data kas atau kas bank terbatas hingga 2, dan batasan 100 item untuk data master dan mitra bisnis. Fitur online multi cabang juga tidak tersedia, sehingga hanya dapat digunakan di satu komputer.

Masih membutuhkan pengembangan

Bee Accounting memiliki kekurangan yang perlu Anda perhatikan, yaitu perlunya pengembangan lebih lanjut. Antarmuka pengguna dapat ditingkatkan agar lebih intuitif, dan fitur tambahan seperti integrasi dengan aplikasi lain dan pelaporan yang lebih komprehensif akan meningkatkan fungsionalitasnya. Pengembangan lebih lanjut diharapkan dapat mengatasi kekurangan tersebut dan meningkatkan pengalaman pengguna dalam mengelola keuangan dan akuntansi.

Belum tersedia server pada beberapa versi Mac 

Salah satu kekurangan Bee Accounting adalah ketidaktersediaan server pada beberapa versi Mac. Ini berarti pengguna Mac tertentu tidak dapat menggunakan fitur server software ini. Keterbatasan ini dapat menghambat akses terpusat dan kolaborasi antara pengguna Mac dalam tim yang sama.

Tidak tersedianya fitur plug in pada Bee Accounting Software 

Plugin adalah sebuah program tambahan yang dapat digunakan oleh pengguna ketika mereka memiliki kebutuhan yang tidak dapat dipenuhi oleh Bee Accounting. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengakses laporan-laporan yang tidak tersedia di Bee Accounting. Namun, disayangkan bahwa fitur ini tidak tersedia di versi Bee UKM Series.

Total sebagai Solusi Alternatif Bee Accounting Software Terbaik bagi Bisnis Anda 

Bee Accounting Software

Total menjadi solusi software accounting terbaik di Indonesia sebagai alternatif untuk Bee accounting software dalam bisnis Anda. Dengan Total, Anda akan memiliki platform software akuntansi yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis Anda dengan baik. Fitur-fitur yang lengkap, dan keamanan data, dan juga dapat pengguna gunakan secara real-time menjadi keunggulan Total. 

Selain itu, dengan menggunakan Total, Anda dapat dengan mudah mengatur transaksi, mengelola inventaris, dan menghasilkan laporan keuangan yang akurat. Tidak hanya itu, analisis keuangan yang mendalam juga membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan yang lebih baik. 

Kesimpulan 

Bee accounting software merupakan software accounting indonesia yang perusahaan gunakan untuk mengelola dan melacak aktivitas keuangan mereka. Maka itu, ada beberapa perusahaan menggunakan sistem ini karena memiliki banyak kelebihan. Namun, adapun juga kekurangan yang Bee accounting software miliki, salah satunya yaitu masih butuh pengembangan, tidak tersedia fitur plug in dan sebagainya.

Oleh karena itu, salah satu alternatif yang dapat memberikan solusi yang lebih baik untuk perusahaan Anda adalah Total ERP. Selain menyediakan fitur-fitur lengkap, Total juga menyediakan analisis keuangan yang mendalam membantu memudahkan pengambilan keputusan perusahaan. Jadi, pertimbangkan Total sebagai solusi yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Maka itu, Anda dapat mencoba demo gratis sekarang juga!

Picture of Vania

Vania

Pencarian

Berita Terbaru

lorem ipsum dolor

Berita Terpopuler

lorem ipsum dolor

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini

Customer Service

Customer Service
Balasan dalam 1 menit

Customer Service
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
6281222849188
×
Dapatkan Demo Gratis!