Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

6 Peran Sistem Absensi dalam Memaksimalkan Kinerja Karyawan

Picture of Vania
sistem absensi

Setiap perusahaan seharusnya menerapkan sistem absensi karyawan karena ada beberapa alasan utama yang penting. Meskipun perusahaan memiliki jenis dan ukuran yang berbeda-beda, sistem absensi kehadiran akan sangat berpengaruh pada perkembangan bisnis dan kinerja karyawan. Terkadang, beberapa perusahaan masih mengandalkan laporan manual yang tidak hanya memakan waktu dan tenaga, tetapi juga kurang efektif. 

Mesin absensi bukan hanya bermanfaat untuk perusahaan besar, tetapi juga sangat membantu bagi perusahaan kecil. Penggunaan mesin absensi akan sangat membantu perusahaan multi-cabang dalam mengelola karyawan, terutama dalam hal administrasi. Bagi perusahaan kecil, penggunaan mesin absensi dapat membentuk kedisiplinan dan ketertiban yang lebih baik dalam aturan perusahaan. 

Monitoring dan Analisis Karyawan dalam Satu Dasbor Sistem

Jika melakukan pengawasan kegiatan karyawan dengan baik melalui satu dasbor, hal ini akan sangat membantu dalam memastikan bahwa pelaksanaan kegiatan karyawan tetap sesuai dengan pedoman dan penetapan rencana program Sistem absensi yang terintegrasi dengan Aplikasi Timesheet dapat memungkinkan HR untuk memantau waktu kerja karyawan secara real-time setiap harinya, dan juga menganalisis kinerja karyawan dengan hanya menggunakan satu sistem tersebut. Dengan demikian, HR dapat lebih mudah dan efisien dalam memantau kinerja karyawan dan memastikan efektivitas operasional perusahaan.

Sistem Absensi Memudahan untuk Alokasi Biaya Proyek

Melalui sistem absensi tentunya akan memudahkan Anda dalam menganalisis alokasi biaya proyek. Software HRM terintegrasi dengan sistem manajemen timesheet dan memiliki fitur yang dapat membantu Anda untuk menganalisisnya. Anda juga dapat menggunakan fitur cost project tracking untuk menganalisis penetapan biaya per unit untuk suatu proyek. Selain itu, fitur ini juga memantau proyek dan Anda dapat mengoptimalkannya hanya dengan satu sistem. 

Kelola Gaji, Bonus, dan Benefit Karyawan Lebih Mudah

Perhitungan data yang rapi dan tepat tentunya sangat membantu bagian HRD dan keuangan untuk menghitung gaji karyawan berdasarkan data absensi yang valid. Manajemen penggajian ini juga akan mencakup data keterlambatan, ketidakhadiran dan faktor lain yang mempengaruhi besarnya gaji yang akan melakukan pembayaran gaji  kepada karyawan oleh perusahaan.

Dengan menggunakan aplikasi ini pengelolaan gaji dan bonus karyawan menjadi lebih mudah dan akurat karena dapat tersingkronkan dengan data absensi yang sudah ada di sistem. Jika terdapat rapat di luar kantor intensif secara komputasional, perusahaan juga dapat dengan mudah menyelesaikan perhitungannya. 

Mengotomasi Manajemen Sistem Penjadwalan

Menggunakan sistem absensi dapat memudahkan Anda dalam mengatur jadwal karyawan untuk rapat atau tugas tertentu. Dalam hal ini, software HRM yang digunakan telah terintegrasi dengan Aplikasi Timesheet, sehingga tidak ada lagi masalah timesheet yang bertabrakan atau penuh karena sudah terekam oleh sistem. 

Penjadwalan shift juga dapat dilakukan secara otomatis, sehingga perusahaan dan karyawan dapat bekerja tanpa adanya jadwal yang bertabrakan dengan tugas lain. Dengan begitu, sistem absensi ini dapat mempermudah pengaturan jadwal dan meningkatkan efisiensi operasional perusahaan.

Absensi Karyawan Melalui Sistem Biometrik

softwrae absensi

Sistem absensi juga mengintegrasikan teknologi biometrik. Fitur yang ada pada Software HRM ini memudahkan pencatatan absensi yaitu dengan menggunakan sidik jari. Jadi, karyawan yang absen dapat diketahui tanpa memindai sidik jari mereka. Aplikasi ini, biometrik karyawan terintegrasi meminimalkan penipuan terhadap karyawan yang ingin berbohong, membuat manipulasi tidak mungkin dilakukan. 

Otomasi Laporan Komprehensif Karyawan

Pada waktu tertentu, karyawan mungkin terlambat karena satu dan lain hal. Aplikasi absensi memungkinkan karyawan untuk menulis catatan tertentu selama absen mereka. Misalnya jika karyawan tersebut terlambat, maka karyawan tersebut dapat menuliskan bukti alasan keterlambatannya. Aplikasi ini juga membantu memudahkan karyawan dan perusahaan untuk mengelola absensi. Sistem terhubung ke aplikasi pengelolaan HR, membuat pelaporan karyawan lebih komprehensif.

Total ERP HRM Solusi Manajemen Karyawan Terbaik

Aplikasi HRIS milik Total tentunya memudahkan pencatatan absensi karyawan, misalnya melalui penggunaan alat deteksi biometrik. Tentunya dengan sistem absensi ini, Anda bisa berintegrasi dengan sistem lain, seperti sistem manajemen timesheet, sistem akuntansi, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda dapat mengotomatiskan tugas HR dan administrasi karyawan dengan mengelola cuti dan daftar absen.

Aplikasi ini adalah solusi yang tepat untuk Anda dalam melakukan sistem absen. Sistem tersebut dapat memudahkan dalam pengelolaan karyawan, memudahkan proses mutasi karyawan, melacak, serta membuat laporan terkait kegiatan karyawan. 

Karena fungsi aplikasi ini untuk mengefisiensikan proses dan integrasi dalam manajemen HR, kemudahan yang ditawarkan seperti proses manajemen penggajian, proses rekrutmen, hingga memonitor kinerja karyawan, menghemat biaya operasional dan yang paling penting keamanan data karyawan.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas,  sistem absensi karyawan perusahaan dapat membantu memaksimalkan kinerja karyawan. Dengan menggunakan Aplikasi HRIS milik Total, staff HR tentunya dapat lebih mudah memantau karyawan, mulai dari cara kerjanya hingga pemberian upah secara otomatis. Selain itu, sistem tersebut terintegrasi dengan sistem lain, sehingga memiliki banyak keunggulan.

Software HRIS Total adalah solusi terbaik untuk perusahaan Anda. Dengan sistem ini, Anda dapat merampingkan dan mengintegrasikan proses ke dalam manajemen HR, seperti pemrosesan penggajian dan pemantauan kinerja karyawan. Sistem absensi pada perusahaan dapat Anda otomatisasi untuk mempermudah pekerjaan Anda.  Serta dapatkan demo gratis Anda sekarang!

Picture of Vania

Vania

Pencarian

Berita Terbaru

lorem ipsum dolor

Berita Terpopuler

lorem ipsum dolor

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini

Customer Service

Customer Service
Balasan dalam 1 menit

Customer Service
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
6281222849188
×
Dapatkan Demo Gratis!