Icon EQUIP

Novita
Balasan dalam 1 menit

Novita
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
6281222849188
×

Novita

Active Now

Novita

Active Now

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Zoho Inventory Management

Picture of Marshana Vanina
Zoho Inventory Management

Manajemen inventory tidak hanya penting bagi perusahaan besar, tetapi juga bagi bisnis skala menengah dan kecil. Melihat kebutuhan ini, semakin banyak pelaku usaha yang mencari solusi yang dapat membantu mereka mengelola inventory dengan lebih efisien. Salah satu solusi yang semakin populer adalah Zoho Inventory Management

Dengan menggunakan software inventory management, perusahaan diharapkan dapat mencapai manfaat yang signifikan dalam pengelolaan inventaris mereka. Selain itu, dengan menggunakan software inventory beban perusahaan dapat diringankan menggunakan sistem pengelolaan inventaris, efisiensi operasional, dan layanan pelanggan. Artikel ini akan membahas tentang Zoho sebagai salah satu software inventory management yang ada.

Apa itu Zoho Inventory Management?

Apa itu Zoho Inventory Management?

Sistem ini dibuat oleh perusahaan asal India yang dulunya dikenal dengan nama AdventNet. Awalnya, perusahaan ini berfokus pada penyediaan layanan sistem CRM, dan kini mereka mulai beralih menyediakan layanan manajemen inventory, yaitu Zoho Stock Management App.

Zoho system sama seperti sistem inventory lainnya. Sistem ini dirancang untuk membantu pelaku usaha mengelola inventaris mereka dengan lebih efisien. Dengan menggunakan Inventory Management Zoho, pelaku usaha memiliki sarana  dalam mengontrol persediaan barang, melacak pengiriman dan penerimaan barang, serta mengelola pesanan pelanggan.

Kelebihan dari Zoho Inventory Management

Kelebihan dari Zoho Inventory Management

Zoho Inventory Management menawarkan sejumlah kelebihan yang dapat membantu perusahaan dalam mengelola inventaris mereka. Pertama, Inventory Management Zoho menyediakan visibilitas terhadap persediaan. Perusahaan dapat melacak stok barang yang tersedia, melihat riwayat pergerakan barang, dan memantau persediaan di berbagai lokasi. 

Kedua, sistem ini memungkinkan perusahaan untuk mengatur pengiriman barang. Mereka dapat mengatur pengiriman, memantau status pengiriman, dan mengelola pesanan pelanggan dengan integrasi antar platform sehingga perusahaan dapat mengelola persediaan mereka secara terpusat di berbagai saluran penjualan. 

Terakhir, software inventory ini memungkinkan perusahaan melakukan operasional dengan otomatisasi tugas-tugas seperti pembaruan stok, penghitungan persediaan, dan pembuatan laporan. Dengan demikian, Inventory Management Zoho memberikan solusi bagi inventaris perusahaan.

Kelemahan dari Zoho Inventory Management

Meskipun Zoho memiliki banyak kelebihan, ada juga beberapa kelemahan yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih sistem ini. Kelemahan yang Zoho miliki terletak pada biaya implementasi yang cenderung mahal, membutuhkan spesifikasi perangkat yang tinggi dan training khusus dalam pengaplikasian perangkatnya. Berikut penjelasan lebih lengkap mengenai kelemahan Zoho:

Biaya implementasi yang cenderung mahal

Salah satu kelemahan utama dari Zoho adalah biaya implementasi yang cenderung mahal. Mengadopsi sistem ini seringkali melibatkan biaya awal yang kurang terjangkau, terutama bagi perusahaan kecil atau startup dengan anggaran terbatas. 

Biaya meliputi lisensi perangkat lunak, perangkat keras yang sesuai, integrasi dengan sistem lain, dan pelatihan untuk staf. Perusahaan perlu mempertimbangkan dengan hati-hati keuangan mereka sebelum mengambil keputusan untuk mengadopsi Zoho.

Membutuhkan perangkat dengan spesifikasi yang tinggi

Zoho membutuhkan perangkat dengan spesifikasi yang tinggi agar dapat berjalan dengan lancar. Sistem ini memerlukan kecepatan pemrosesan dan kapasitas penyimpanan yang memadai untuk mengelola data inventaris dengan efisiensi.

Apabila perusahaan tidak memiliki perangkat keras yang memadai, pengoperasian sistem mungkin menjadi lambat atau tidak optimal. Oleh karena itu, perusahaan harus mempertimbangkan infrastruktur IT mereka dan melakukan penyesuaian jika perlu sebelum mengadopsi Zoho.

Memerlukan training khusus dalam mengaplikasikan Zoho

Penggunaan Zoho juga memerlukan training khusus bagi staf yang akan menggunakannya. Sistem ini memiliki antarmuka yang kompleks dan fitur yang beragam, yang mungkin memerlukan waktu dan upaya untuk Anda pahami sepenuhnya. 

Pelatihan khusus perlun untuk memastikan staf memahami penggunaan sistem dengan benar dan dapat mengoptimalkan fitur-fitur yang tersedia. Pelatihan ini dapat melibatkan biaya tambahan dan memakan waktu, yang dapat menjadi tantangan bagi perusahaan yang memiliki jadwal yang padat.

Total ERP sebagai Alternatif Zoho Inventory Management yang Lebih Unggul

Bagi Anda yang ingin memiliki manajemen inventory sebagai alternatif dari Zoho, Anda dapat memilih Total ERP. Sistem ini memiliki keunggulan yang signifikan, berbanding terbalik dengan manajemen pergudangan Zoho. Total ERP adalah sistem manajemen sumber daya perusahaan yang terintegrasi secara menyeluruh, mencakup modul inventaris, keuangan, produksi, pemasaran, dan lainnya. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Total ERP lebih unggul:

  1. Integrasi penuh: Total ERP menawarkan integrasi yang kuat antara modul inventaris dan modul lainnya dalam sistem, seperti keuangan, produksi, dan pemasaran. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk memiliki visibilitas dan kontrol yang lebih baik atas seluruh proses bisnis. Dengan harga yang terjangkau, data inventaris dapat terhubung dengan baik dengan modul lain sehingga perusahaan dapat mengoptimalkan operasi mereka secara keseluruhan.
  2. Skalabilitas dan fleksibilitas: Total ERP dirancang untuk mengakomodasi kebutuhan perusahaan yang berkembang. Sistem ini dapat dengan mudah ditingkatkan dan disesuaikan dengan pertumbuhan perusahaan, baik dalam hal jumlah produk yang dikelola, jumlah pelanggan, atau kebutuhan lainnya. Fleksibilitas Total ERP memungkinkan perusahaan untuk menggunakan sistem inventory dengan perangkat apapun.
  3. Fungsionalitas yang Luas: Total ERP tidak hanya fokus pada manajemen inventaris, tetapi juga mencakup berbagai modul lain yang mendukung fungsi bisnis lainnya. Dengan demikian, perusahaan dapat mengelola seluruh aspek operasional mereka dengan satu sistem terpadu. Ini membantu mengurangi kompleksitas dan kerumitan yang terkait dengan mengintegrasikan berbagai solusi perangkat lunak yang berbeda.
  4. Analisis dan pelaporan yang lebih mendalam: Total ERP menawarkan kemampuan analisis dan pelaporan yang lebih luas. Perusahaan dapat menghasilkan laporan yang lebih terperinci dan menganalisis data inventaris dengan lebih mendalam. Informasi ini membantu perusahaan dalam mengidentifikasi tren, menganalisis kinerja, dan mengambil keputusan yang lebih cerdas dalam pengelolaan inventaris.

Kesimpulan

Zoho merupakan perusahaan yang menyediakan layanan manajemen inventori. Sama seperti sistem lainnya, sistem inventory Zoho memiliki kelemahan dan kelebihan. Maka dari itu, Perusahaan perlu mencari sistem alternatif yang sesuai dengan kebutuhan dan workflow perusahaan.

Dari berbagai sistem yang tersedia di pasaran, Total ERP merupakan alternatif yang lebih unggul dibandingkan Inventory Management Zoho. Dengan integrasi penuh antara modul inventaris dan modul lainnya, Total ERP memberikan visibilitas dan kontrol yang lebih baik atas seluruh proses bisnis perusahaan. Apabila Anda tertarik, Anda dapat mencoba demo gratis di sini.

Picture of Marshana Vanina
Marshana Vanina

Pencarian

Artikel Lainnya

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini