Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

10 Rekomendasi Software Analisis Bisnis Terbaik Tahun 2023

Picture of Vania
software analisis bisnis

Di era digital ini, bisnis di Indonesia semakin berkembang yang menyebabkan tingginya tingkat persaingan antar bisnis. Salah satu strategi untuk tetap bertahan di tengah persaingan bisnis adalah dengan melakukan analisis bisnis. Dengan analisis bisnis perusahaan dapat membuat keputusan berdasarkan identifikasi tren, pola, dan peluang. Proses analisis juga dapat Anda lakukan melalui software analisis bisnis.

Selain sebagai strategi untuk menaikkan daya saing bisnis, analisis bisnis juga membantu untuk mengidentifikasi hal-hal yang dapat menjadi gejala masalah bagi bisnis. Perusahaan juga dapat mengoptimalkan operasional dan menemukan solusi untuk meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan.

Mengenal Software Analisis Bisnis

Software analisis bisnis adalah perangkat lunak yang dirancang untuk membantu perusahaan dalam mengumpulkan, mengorganisasi, menganalisis, dan menginterpretasikan data bisnis. Sebagai alat untuk menganalisis bisnis, software ini menjadi sarana untuk mengumpulkan data dan mengambil informasi dari data tersebut. Informasi data kemudian dianalisis dan ditampilkan dalam bentuk laporan analitik yang akan menjadi pedoman bagi perusahaan.

Software analisis bisnis memanfaatkan teknologi komputer dan algoritma analitis untuk mengolah data yang masuk menjadi informasi yang bermanfaat bagi pengambilan keputusan bisnis. Terlebih, software analisis bisnis biasanya dilengkapi dengan fitur pemodelan data yang memungkinkan pengguna untuk memanipulasi dan mengubah struktur data agar sesuai dengan kebutuhan analisis.

Fungsi dari Software Analisis Bisnis

Fungsi dari Software Analisis Bisnis

Fungsi utama dari software analisis bisnis adalah alat bagi perusahaan untuk menganalisis data bisnis dengan lebih efektif. Dengan analisis bisnis, perusahaan dapat mengidentifikasi masalah, mengoptimalkan operasi, dan membuat keputusan berdasarkan informasi. Selain itu, perusahaan dapat lebih cepat mencegah kemungkinan terjadinya masalah di dalam bisnis.

Dengan informasi akurat yang diberikan software ini, perusahaan juga dapat mengidentifikasi peluang baru dari bisnis. Contohnya, seperti pasar, produk, tren, hingga layanan yang bisa meningkatkan pertumbuhan pendapatan perusahaan. Hal ini akan mengoptimalkan operasional bisnis dan perusahaan.

10 Rekomendasi Software Analisis Bisnis Terbaik 

10 Rekomendasi Software Analisis Terbaik

Untuk dapat mengoptimalkan operasional bisnis dan perusahaan, Anda perlu untuk memilih software analisis bisnis yang sesuai dengan kebutuhan unik bisnis Anda. Berikut ini adalah beberapa software analisis bisnis yang dapat Anda jadikan sebagai referensi dalam memilih:

Total ERP

Total ERP merupakan software analisis bisnis komprehensif yang terancang untuk membantu perusahaan dalam mengintegrasikan dan mengelola berbagai aspek operasional bisnis. Software ini memiliki modul yang sangat lengkap mencakup dan berbagai kebutuhan bisnis, termasuk manajemen rantai pasokan, manajemen persediaan, keuangan, produksi, dan penjualan. 

Salah satu kelebihan dari Total ERP adalah fleksibilitasnya yang tinggi dan dapat mengikuti perkembangan kebutuhan bisnis. Terlebih, software ini dapat Anda kustomisasi sesuai dengan preferensi bisnis tertentu. Dengan fitur pengaturan, perusahaan dapat mengonfigurasi Total ERP agar sesuai dengan proses bisnis mereka yang unik. 

Perusahaan dapat mengumpulkan dan mengintegrasikan data dari berbagai departemen, memfasilitasi kolaborasi antar tim, dan memantau kinerja bisnis secara keseluruhan. Software ini juga menyediakan laporan dan analisis yang mendalam, memungkinkan pengguna untuk mendapatkan wawasan yang lebih baik tentang operasional bisnis mereka. 

Selain itu, apabila Anda menerapkan ERP ini ke dalam perusahaan, Anda akan mendapatkan jasa implementasi ERP oleh tenaga profesional yang Total ERP siapkan. Terlebih, Anda akan mendapatkan layanan pelanggan selama 24 jam yang dapat membantu saat Anda mengalami kesulitan.

Oracle Netsuite

Oracle Netsuite adalah software analisis bisnis yang menyediakan mobile ERP  untuk perusahaan. Software ini mencakup berbagai modul, termasuk manajemen keuangan, manajemen persediaan, manajemen proyek, manajemen pelanggan, dan e-commerce. Oracle Netsuite membantu perusahaan dalam mengintegrasikan aspek operasional satu sistem. 

Oracle Netsuite memiliki fitur-fitur, seperti pemantauan keuangan real-time, pelacakan persediaan, analisis data, dan laporan yang dapat Anda sesuaikan. Dengan Oracle Netsuite, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi operasional, mengoptimalkan pengelolaan sumber daya, dan mengambil keputusan yang lebih baik berdasarkan informasi bisnis yang akurat.

Trello

Trello merupakan business analyst tool berbasis web yang mengatur tugas dan proyek dalam bentuk tim. Fitur Trello hanya berfokus pada bentuk daftar, papan, dan kartu untuk memindahkan tugas dan proyek. Setiap kartu mewakili tugas atau proyek yang dapat berpindah antara daftar yang berbeda untuk menunjukkan kemajuan dan statusnya. 

Trello memiliki antarmuka yang sederhana bagi pengguna dalam mengatur tugas, memprioritaskan pekerjaan, dan menjaga koordinasi dalam tim. Dalam keseluruhan, Trello merupakan solusi yang sederhana namun efektif untuk mengorganisir dan mengelola proyek serta tugas-tugas bisnis.

Software Analisis Bisnis HubSpot

HubSpot adalah sarana yang menyediakan berbagai solusi untuk pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan. Dengan menggunakan HubSpot, perusahaan dapat mengelola dan mengotomatisasi berbagai aspek dari siklus pelanggan, mulai dari pengumpulan data, interaksi dengan pelanggan, hingga meningkatkan efisiensi operasional. 

Software ini mencakup fitur-fitur seperti manajemen kontak, pelacakan lead, analisis kampanye pemasaran, pembuatan laman web, dan lainnya. Dengan fitur-fitur yang lengkap dan terintegrasi, HubSpot memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan efektivitas strategi pemasaran, meningkatkan penjualan, dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik. 

Yellowfin

Yellowfin adalah sistem yang membantu perusahaan dalam mengumpulkan, menganalisis untuk kemudian menjadi bentuk visual. Dengan Yellowfin, pengguna dapat mengakses berbagai sumber data dan menggunakan alat visualisasi yang intuitif untuk mendapatkan wawasan yang lebih baik tentang kinerja bisnis dan tren yang relevan. Software ini juga mendukung kolaborasi tim dalam proses analisis data. 

MicroStrategy

MicroStrategy adalah aplikasi analisis bisnis yang membantu perusahaan dalam mengumpulkan, menganalisis, dan memvisualisasikan data untuk pengambilan keputusan yang lebih baik. Dengan MicroStrategy, pengguna dapat mengakses dan mengintegrasikan berbagai sumber data yang berbeda, baik internal maupun eksternal, untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kinerja bisnis.

Software ini menyediakan berbagai alat analisis yang kuat dan intuitif untuk menggali wawasan dari data, termasuk visualisasi data yang kaya dan laporan yang sesuai. Dengan MicroStrategy, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi operasional, mengidentifikasi peluang bisnis, dan mengambil keputusan yang lebih baik berdasarkan pemahaman yang mendalam tentang data.

Datapine

Datapine adalah software analisis bisnis yang membantu perusahaan dalam mengumpulkan, menganalisis, dan memvisualisasikan data untuk mendapatkan wawasan yang lebih baik tentang kinerja bisnis. Dengan Datapine, pengguna dapat mengakses berbagai sumber data dan menjalankan analisis data yang mendalam untuk mengidentifikasi tren, pola, dan peluang bisnis yang relevan. 

Software ini menyediakan alat visualisasi data, dashboard interaktif, serta grafik. Oleh karena itu, dengan menggunakan Datapine, perusahaan dapat memahami dengan lebih baik kinerja bisnis mereka, mengidentifikasi area yang perlu perusahaan perbaiki, sehingga perusahaan dapat mengambil keputusan yang tepat.

Software Analisis Bisnis Tableau

Software ini dapat Anda gunakan untuk mencari data dan memvisualisasikannya dalam bentuk laporan. Proses ini berjalan dalam bentuk dashboard dan worksheet, sehingga Anda dapat menggunakan software ini untuk berkolaborasi dengan tim. Dalam menganalisis bisnis, Anda dapat menggunakan software ini dan membagikannya kepada pihak-pihak yang berkepentingan dalam proses pengambilan keputusan.

SAS Business Analytics

Software SAS Business Analytics menyediakan kemampuan bagi penggunanya dalam memeriksa data dan mengubahnya ke dalam bentuk informasi analitik. Informasi tersebut berguna bagi perusahaan untuk menemukan wawasan yang berkaitan dengan pertumbuhan bisnis.

SAS BA memiliki fitur alat-alat statistik yang membantu menganalisis data yang besar secara langsung. Software ini juga dapat mengidentifikasi perkembangan tren dan pasar berdasarkan informasi dari big data.

Board

Board merupakan perangkat lunak yang menjadi alat dalam menganalisis bisnis. Model analisis bisnis yang Board buat sesuai dengan kebutuhan dunia industri yang memungkinkan penggunanya membuat laporan berdasarkan data analitik yang telah tersusun oleh software. Selain itu, sistem dari Board terintegrasi dan dapat mengelola kuantitas data yang besar. Selain itu, software ini dapat mendukung perkiraan skenario secara akurat.

Kesimpulan

Di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat, perusahaan perlu selangkah lebih maju dalam menentukan strategi untuk menghadapi persaingan bisnis. Salah satu langkah maju yang dapat perusahaan terapkan adalah analisis bisnis. Akan tetapi dalam menganalisis bisnis, perusahaan memerlukan alat yang membantu proses analisis bisnis, yaitu software analisis bisnis. 

Sekarang ini, software analisis bisnis memiliki jenis-jenis yang beragam dan Anda aplikasikan pada kebutuhan bisnis yang berbeda pula. Untuk itu, Anda perlu memiliki software analisis yang fleksibel agar dapat Anda gunakan pada kebutuhan bisnis yang berbeda, seperti Total ERP. Selain itu, software ini fleksibel dan dapat Anda kustomisasi seiring dengan bertambahnya kebutuhan perusahaan. Jika Anda tertarik, Anda dapat mengakses demo secara gratis di sini.

Picture of Vania

Vania

Pencarian

Berita Terbaru

lorem ipsum dolor

Berita Terpopuler

lorem ipsum dolor

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini

Customer Service

Customer Service
Balasan dalam 1 menit

Customer Service
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
6281222849188
×
Dapatkan Demo Gratis!