Icon EQUIP

Novita
Balasan dalam 1 menit

Novita
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
6281222849188
×

Novita

Active Now

Novita

Active Now

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

Sistem Akuntansi Manajemen: Pengertian, Manfaat dan Fungsinya

Picture of Marshana Vanina
sistem akuntansi manajemen

Sistem akuntansi manajemen merupakan elemen penting dalam operasional bisnis modern. Dengan menggunakan teknik-teknik akuntansi dan analisis data, sistem ini membantu manajer dalam pengambilan keputusan yang lebih efektif dan strategis. Fungsi utama dari sistem akuntansi manajemen adalah untuk mengumpulkan, mengolah. Kemudian sistem ini mampu menyajikan informasi keuangan dan non-keuangan yang relevan kepada manajemen dalam bentuk yang mudah dipahami.

Selain itu, sistem ini juga mendukung perencanaan, pengendalian, dan evaluasi kinerja bisnis. Dengan menggunakan alat-alat seperti anggaran, perhitungan biaya, dan analisis varians, sistem ini membantu manajer dalam merencanakan kegiatan, mengendalikan biaya, dan mengukur efisiensi operasional. Dalam dunia bisnis yang kompetitif saat ini, sistem akuntansi manajemen menjadi salah satu pilar penting untuk mencapai keberhasilan. Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya!

Apa itu Sistem Akuntansi Manajemen?

Sistem akuntansi manajemen adalah suatu pendekatan dan mekanisme yang digunakan dalam bisnis untuk mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis informasi keuangan dan non-keuangan yang berkaitan dengan aktivitas operasional perusahaan. Tujuannya adalah untuk menyediakan informasi yang relevan, akurat, dan tepat waktu kepada manajemen dalam pengambilan keputusan strategis. Sistem ini mencakup berbagai metode, teknik, dan alat yang dirancang untuk mengukur kinerja bisnis.

Sistem akuntansi manajemen juga membantu dalam mengidentifikasi dan menganalisis tren, memprediksi perubahan pasar, dan memberikan wawasan berharga bagi manajer untuk mengambil langkah-langkah yang tepat guna mencapai tujuan bisnis. Dengan menggunakan data yang dihasilkan oleh sistem akuntansi manajemen, manajer dapat membuat keputusan yang lebih informasi, mengelola sumber daya dengan lebih efektif, serta meningkatkan kinerja dan daya saing perusahaan dalam lingkungan bisnis.

Manfaat Sistem Akuntansi Manajemen untuk Bisnis

sistem akuntansi manajemen

Sistem akuntansi manajemen memberikan berbagai manfaat penting bagi bisnis dalam berbagai aspek operasional dan pengambilan keputusan. sistem akuntansi manajemen menjadi alat yang penting bagi bisnis modern untuk mencapai tujuan strategis, meningkatkan kinerja, dan meraih keunggulan kompetitif. Berikut beberapa manfaat dari sistem akuntansi manajemen untuk bisnis.

Sistem akuntansi bisnis dapat mengefisiensi bisnis

Dengan menggunakan sistem ini, bisnis dapat mengidentifikasi dan menghilangkan pemborosan, mengoptimalkan penggunaan sumber daya, serta meningkatkan proses operasional secara keseluruhan. Sistem ini membantu dalam pemantauan biaya secara terperinci sehingga manajer dapat mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan efisiensi. Dengan mengetahui biaya-biaya yang tidak perlu atau terlalu tinggi, bisnis dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengurangi biaya.

Selain itu, sistem akuntansi manajemen juga memungkinkan perencanaan dan pengendalian yang lebih baik terhadap penggunaan sumber daya seperti tenaga kerja, bahan baku, dan waktu. Dengan memantau dan menganalisis data yang dihasilkan oleh sistem ini, bisnis dapat mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan, mengalokasikan sumber daya dengan lebih efisien, serta menghindari pemborosan yang tidak perlu. Dengan meningkatkan efisiensi operasional, bisnis dapat meningkatkan keuntungan dan daya saing.

Melakukan estimasi yang akurat

Sistem akuntansi manajemen memberikan manfaat penting dalam melakukan estimasi yang akurat bagi bisnis. Dengan menggunakan sistem ini, bisnis dapat mengumpulkan dan menganalisis data historis, serta menggunakan teknik peramalan untuk membuat estimasi yang lebih akurat tentang berbagai aspek operasional dan keuangan. Melalui analisis data historis, sistem akuntansi manajemen membantu dalam mengidentifikasi pola, tren, dan hubungan yang dapat digunakan untuk memprediksi perilaku masa depan. 

Bisnis dapat menggunakan informasi ini untuk melakukan estimasi pendapatan, biaya, persediaan, permintaan pasar, dan berbagai faktor penting dalam pengambilan keputusan strategis. Dengan memiliki estimasi yang akurat, bisnis dapat menghindari ketidakpastian, mengurangi risiko, dan mengoptimalkan perencanaan dan penggunaan sumber daya. Selain itu, sistem akuntansi manajemen juga memungkinkan bisnis untuk melakukan analisis sensitivitas dan simulasi berdasarkan skenario yang berbeda. 

Sistem akuntansi bisnis dapat mengurangi biaya produksi 

Sistem akuntansi manajemen memungkinkan bisnis untuk melakukan analisis biaya secara terperinci, meliputi biaya bahan baku, tenaga kerja, overhead pabrik, dan biaya produksi lainnya. Dengan memahami komponen biaya ini, bisnis dapat mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan dan mengambil langkah-langkah tepat untuk mengurangi biaya yang tidak perlu. Sistem ini juga memungkinkan bisnis untuk melakukan perhitungan biaya berdasarkan aktivitas yang memungkinkan alokasi biaya lebih akurat.

Dengan informasi yang tepat dan akurat mengenai biaya produksi, bisnis dapat mengadopsi strategi pengendalian biaya yang lebih efektif, seperti pemilihan pemasok yang lebih kompetitif, pengoptimalan penggunaan bahan baku, pengaturan ulang proses produksi, dan identifikasi kemungkinan pemborosan. Selain itu, aplkasi  akuntansi manajemen juga dapat membantu dalam analisis varian biaya, yaitu perbandingan antara biaya aktual dengan biaya yang direncanakan.

Fungsi Sistem Akuntansi Manajemen untuk Bisnis

sistem akuntansi manajemen

Fungsi sistem akuntansi manajemen dalam bisnis sangat penting untuk mendukung pengambilan keputusan yang efektif dan strategis. Sistem ini memiliki beberapa fungsi utama yang berkontribusi pada pengelolaan dan pengendalian bisnis secara keseluruhan. Berikut beberapa fungsi dari software akuntansi manajemen untuk bisnis.

Menyederhanakan Proses Pembukuan yang Kompleks

Salah satu fungsi yang penting dari software akuntansi manajemen dalam bisnis adalah menyederhanakan proses pembukuan yang kompleks. Dalam aktivitas bisnis, terdapat berbagai transaksi keuangan yang perlu perusahaan catat dengan teliti dan akurat. Namun, ketika dilakukan secara manual, proses pembukuan ini rentan terhadap kesalahan manusia. Dengan aplikasi akuntansi manajemen yang terkomputerisasi, proses pembukuan menjadi lebih efisien dan akurat. 

Sistem ini dapat secara otomatis mencatat transaksi, menghitung angka-angka, dan menyajikan laporan keuangan dengan cepat dan akurat. Dengan adanya sistem ini, risiko kesalahan manusia dapat terkurangi secara signifikan. Kemudian, sistem ini dapat menghindari kesalahan dalam pencatatan, perhitungan, atau pelaporan yang dapat berdampak negatif pada keuangan dan operasional bisnis. Dengan demikian, aplikasi akuntansi manajemen tidak hanya menyederhanakan proses pembukuan yang kompleks.

Menghasilkan informasi akuntansi keuangan yang akurat

Salah satu fungsi utama dari aplikasi akuntansi manajemen adalah menghasilkan informasi akuntansi keuangan yang relevan. Hal ini berguna untuk kepentingan manajemen dalam pengambilan keputusan. Sistem ini bertindak sebagai pengumpul dan penyedia informasi keuangan yang manajemen butuhkan untuk memahami kesehatan keuangan perusahaan dan melakukan analisis kinerja. Melalui proses pengumpulan data keuangan yang akurat, seperti laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas.

Informasi ini membantu manajer dalam memantau kinerja keuangan perusahaan, mengidentifikasi tren, serta mengevaluasi efektivitas strategi bisnis. Dengan memahami posisi keuangan saat ini, manajemen dapat membuat keputusan yang berdasarkan fakta dan data yang dapat mendukung pertumbuhan dan keberhasilan bisnis. Selain itu, aplikasi akuntansi manajemen juga dapat menghasilkan informasi keuangan yang lebih rinci, seperti analisis biaya dan perhitungan margin keuntungan.

Sistem akuntansi bisnis menyediakan data vital

Sistem ini bertindak sebagai sumber informasi yang kaya akan data terkait dengan berbagai aspek operasional dan keuangan perusahaan. Dengan menggunakan sistem akuntansi manajemen, bisnis dapat mengumpulkan data yang terperinci tentang penjualan. Hal ini mencakup biaya produksi, inventaris, pengeluaran, dan berbagai faktor penting lainnya yang mempengaruhi kinerja bisnis. Data ini kemudian teranalisis dan diolah menjadi laporan dan informasi yang relevan bagi manajemen. 

Fungsi ini memungkinkan manajer untuk memahami situasi bisnis secara lebih mendalam, mengidentifikasi tren dan pola yang muncul. Kemudian, dapat melacak kinerja operasional perusahaan dari waktu ke waktu. Selain itu, data yang tersedia pada aplikasi akuntansi manajemen juga membantu manajemen dalam memonitor perkembangan proyek. Selain itu, hal ini dapat mengelola persediaan dengan lebih efektif, serta memantau arus kas dan keuangan perusahaan secara menyeluruh. 

Dengan data yang tersedia, manajemen dapat mengambil keputusan yang lebih informasi, merencanakan langkah-langkah yang tepat. Kemudian,  mengidentifikasi peluang serta tantangan yang mungkin bisnis hadapi. Fungsi penyediaan data vital ini memungkinkan manajemen untuk melihat gambaran besar dan detail bisnis secara lebih komprehensif, sehingga memfasilitasi pengambilan keputusan yang lebih baik dan mendukung pencapaian tujuan bisnis jangka panjang.

Memfasilitasi tujuan bisnis

Sistem akuntansi manajemen memiliki fungsi penting dalam memfasilitasi tujuan bisnis. Dengan mengintegrasikan berbagai informasi keuangan dan non-keuangan, sistem ini membantu manajemen dalam merencanakan, mengendalikan, dan mengarahkan aktivitas bisnis agar sejalan dengan tujuan yang telah bisnis tetapkan. Pertama, aplikasi akuntansi manajemen membantu dalam perencanaan strategis. Melalui analisis data historis dan proyeksi masa depan.

Fungsi ini memungkinkan bisnis untuk mengarahkan upaya mereka dengan visi yang jelas dan mencapai keberhasilan jangka panjang. Selain itu, software akuntansi manajemen juga berperan dalam pengendalian bisnis. Dengan memantau kinerja operasional, mengukur pencapaian target, dan mengidentifikasi penyimpangan. Oleh karena itu, sistem ini membantu manajemen dalam mengontrol aktivitas bisnis agar sesuai dengan rencana dan kebijakan yang telah perusahaan tetapkan. 

Kesimpulan 

Sistem akuntansi manajemen memiliki peran yang krusial dalam mendukung keberhasilan bisnis. Dengan fungsi-fungsinya yang mencakup menghasilkan informasi akuntansi keuangan, mengoptimalkan penggunaan sumber daya, mengurangi biaya produksi, melakukan estimasi yang akurat, dan memfasilitasi tujuan bisnis, aplikasi  ini membantu manajemen dalam mengelola bisnis dengan lebih efektif dan efisien.

Sebagai sistem akuntansi terintegrasi yang komprehensif, Total ERP menyediakan berbagai fitur yang dapat membantu mengotomatisasi proses akuntansi, mulai dari pencatatan transaksi harian hingga pelaporan keuangan. Dengan menggabungkan modul akuntansi, pengelolaan persediaan, manajemen proyek, dan fungsi lainnya dalam satu platform. Unduh skema harga untuk mengetahui biaya dari layanan ini. Jangan lupa coba demo gratisnya!

Picture of Marshana Vanina
Marshana Vanina

Pencarian

Artikel Lainnya

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini