Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

Pentingnya Sistem Manajemen Perusahaan dalam Meningkatkan Profitabilitas Bisnis

Picture of Ginta Anathia
Sistem Manajemen

Pada saat ini, perusahaan yang ada sudah berkembang daripada sebelumnya, dimana terdapat banyak bisnis yang mulai beralih ke sistem manajemen untuk meningkatkan profitabilitas mereka. Software ini sendiri berfungsi untuk mengelola seluruh data dan strategi bisnis Anda.konsep dari strategi manajemen sendiri mencakup upaya untuk menentukan arah perusahaan, termasuk pengalokasian sumber daya.

 

Perusahaan dari skala kecil hingga besar, saat ini telah mengadopsi sistem ERP ini untuk mempermudah bisnis mereka. Hal ini karena pemilik bisnis sudah menyadari manfaat dan fungsi dari sistem manajemen ERP dan ingin mempermudah pengerjaan bisnis nya. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait manfaat dan fungsi penggunaan sistem ini, Anda bisa menyimak artikel berikut.

 

Fungsi Sistem Manajemen Perusahaan

sistem erp

Ketika perusahaan Anda memiliki software manajemen yang efektif, maka hal ini akan membantu mencapai kesuksesan dan tujuan yang sesuai dengan keinginan perusahaan. Faktor yang melatarbelakangi hal ini yaitu karena software ini memiliki beragam fitur yang bisa mempercepat pekerjaan Anda. Berikut merupakan beberapa fungsi dari sistem manajemen perusahaan yang penting untuk Anda ketahui:

 

1. Sistem manajemen sebagai rencana kerja perusahaan

Manajemen perusahaan memiliki fungsi untuk membantu dalam proses penyusunan rencana kerja. Perencanaan tersebut akan membantu dalam membentuk sistem manajemen perusahaan berdasarkan tujuan yang jelas, prosedur kerja, dan alokasi anggaran. Selain itu, software ini akan membantu menentukan urutan dan jangka waktu serta penggunaan unsur manajemen secara efektif.

 

2. Sistem manajemen berfungsi untuk menyusun program perusahaan

Manajemen perusahaan memiliki peran penting dalam membantu perusahaan dalam proses merancang program kerja. Seluruh aktivitas yang akan perusahaan lakukan akan dicatat dan akan menyesuaikan dengan rencana sebelumnya. Dengan menggunakan sistem manajemen, proses penyusunan program ini akan menjadi lebih efektif dan cepat.

 

Jika perusahaan memiliki struktur organisasi yang sudah sesuai dengan tata kelola organisasi, pembagian tugas dalam perusahaan dapat berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, dalam menyusun program kerja, perusahaan harus menyertakan deskripsi tugas dengan jelas dan terperinci sehingga dapat membuat program yang sesuai dengan tujuan perusahaan.

 

3. Memimpin pelaksanaan program perusahaan

Kehadiran dari manajemen perusahaan akan membantu mengarahkan pelaksanaan program yang ada agar sesuai dengan rencana. Orang yang memiliki tugas untuk memimpin hal tersebut tidak lain adalah seorang manajer. Manajer akan bertanggung jawab dalam merancang perencanaan, memimpin pelaksanaan, dan mengontrol pengawasan atas program dari perusahaan.

 

4. Sistem manajemen berfungsi untuk mengawasi pelaksanaan kegiatan perusahaan

Fungsi yang terakhir yaitu untuk bertanggung jawab untuk mengawasi setiap kegiatan operasional dari program yang ada. Pengawasan ini sistem lakukan secara otomatis, sehingga perusahaan memiliki kendali penuh atas bisnis serta manajemennya.  Selain pengawasan, manajemen juga bertugas mengukur kemajuan dari pelaksanaan rencana, mengevaluasi hasil yang tercapai, dan menentukan solusi jika terjadi masalah.

 

Struktur Organisasi Sistem Manajemen Perusahaan

 

Sistem Manajemen

 

Struktur manajemen yang ideal dalam perusahaan seharusnya bisa mencerminkan keberhasilan operasi bisnis yang sesungguhnya. Maka dari itu, Anda harus mengetahui struktur yang ideal seperti apa, sehingga mendapat gambaran. Berikut merupakan contoh struktur bisnis yang ideal:

 

1. Manajemen risiko 

Dalam perusahaan, terdapat dua jenis manajemen risiko yaitu manajemen risiko internal dan manajemen risiko pasar. Manajemen internal memiliki tugas penting untuk mengelola risiko bisnis, khususnya yang bisa mengancam stabilitas perusahaan. Sebuah divisi yang secara khusus memiliki tugas untuk mengurangi risiko yang berpotensi membahayakan perusahaan.

 

Berbeda dengan manajemen risiko internal, manajemen risiko pasar memiliki tugas untuk membuat perencanaan. Rencana yang akan divisi ini buat meliputi langkah-langkah perencanaan yang mampu menguntungkan perusahaan. Untuk menentukan langkah ini, akan terlebih dahulu menganalisa pasar dan memperoleh data terkait sehingga tidak membuat keputusan yang salah.

 

2. Manajemen keuangan

Untuk mengatur seluruh keuangan perusahaan, hal tersebut merupakan tanggung jawab dari divisi manajemen keuangan. Tugas dari divisi ini mencakup menyusun laporan pendapatan dan pengeluaran, serta mengawasi penggunaan dana perusahaan. Dengan dibuatnya anggaran dan laporan secara teliti, masalah seperti pengeluaran yang berlebihan bisa Anda hindari.

 

3. Manajemen strategi

Melakukan perencanaan strategis dan pengambilan keputusan merupakan pekerjaan yang sulit. Keputusan tersebut kemudian akan menentukan keberlangsungan organisasi maupun perusahaan di masa depan. Oleh karena itu, tiap perusahaan harus memiliki departemen yang akan bertanggung jawab untuk mengawasi implementasi strategi dan membuat keputusan penting.

 

4. Manajemen sumber daya

Salah satu aspek yang tidak kalah penting dalam perusahaan yaitu manajemen SDM. divisi SDM dalam perusahaan memiliki tanggung jawab terhadap para karyawan, melakukan pengawasan akan kinerja mereka, serta harus memberikan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan yang karyawan butuhkan dalam pekerjaan nya.

 

5. Audit internal

Dalam proses ini, Anda harus melakukan proses audit secara teliti. Hal ini karena dalam prosesnya audit internal akan melakukan pemeriksaan dan mengevaluasi kegiatan organisasi. Seluruh kegiatan tersebut akan termasuk meninjau manajemen risiko organisasi dan proses keuangan. Departemen ini akan berperan sebagai pengawas internal untuk seluruh divisi dalam organisasi.

 

Cara Memperbaiki Sistem Manajemen

 

Sistem Manajemen

 

Dalam beberapa situasi, implementasi dari rencana manajemen perusahaan tidak akan berjalan sesuai dengan harapan. Oleh karena itu, jika ingin bisnis Anda berhasil dalam menyelesaikan seluruh masalah yang ada, Anda harus mengerti cara mengatasi masalah tersebut. Berikut ini merupakan tindakan yang bisa Anda lakukan:

 

1. Memeriksa proses bisnis perusahaan

Proses bisnis adalah aspek penting dalam manajemen karena bisa menunjukkan aliran bisnis dari awal hingga akhir. Proses bisnis ini harus terus-menerus Anda tinjau dan pantau untuk bisa memastikan jika para karyawan mengerti jelas terkait komponen yang harus mereka perhatikan. Evaluasi dari proses bisnis juga penting untuk membantu karyawan lebih mudah menjalankan tugas mereka.

 

2. Melakukan evaluasi

Setelah melakukan evaluasi proses bisnis, langkah selanjutnya yaitu untuk melakukan evaluasi terkait dengan struktur organisas. Evaluasi ini penting Anda lakukan untuk bisa memastikan kinerja perusahaan dapat terus meningkat. Struktur organisasi yang ideal harus berdasar cara perusahaan menjalankan bisnis, sehingga tanggung jawab dan pekerjaan bisa terkontrol dengan baik.

 

3. Memeriksa sarana dan prasarana perusahaan

Melakukan pemeriksaan pada fasilitas dan infrastruktur perusahaan juga suatu kewajiban yang harus Anda lakukan. Hal ini untuk memastikan jika sistem manajemen dapat berjalan dengan lancar dan efektif. Jika fasilitas yang ada tidak memadai, maka sistem tidak bisa bekerja dengan optimal.

 

4. Evaluasi efektivitas sistem dalam perusahaan

Evaluasi yang tidak kalah penting untuk Anda perhatikan yaitu fasilitas dari perusahaan Anda sendiri. Tujuan melakukan hal ini yaitu untuk memastikan sistem manajemen bisa berjalan dengan lancar. Dengan begitu, seluruh pekerjaan dan bisnis yang sedang berjalan bisa berlangsung dengan optimal.

 

Kesimpulan

Sistem manajemen yang efektif akan perusahaan butuhkan karena manajemen bertanggung jawab atas semua operasi perusahaan. Jika manajemen berjalan dengan baik dan efektif, maka semua aspek bisnis akan mengikuti juga menjadi baik dan dapat membawa keuntungan bagi perusahaan, dan sebaliknya.

 

Untuk itu, jika Anda akan memilih sistem manajemen yang tepat, Anda harus memilih sesuai dengan kebutuhan dari Perusahaan dan bisnis yang sedang Anda jalani. Salah satu perangkat lunak ERP yang bisa membantu proses manajemen Anda yaitu Sistem ERP milik Total. Software ERP total mampu memaksimalkan performa manajemen dengan cara mengelola seluruh kegiatan operasional dengan satu sistem. Jadwalkan demo gratis untuk bisnis Anda sekarang juga!

Picture of Ginta Anathia

Ginta Anathia

Pencarian

Berita Terbaru

lorem ipsum dolor

Berita Terpopuler

lorem ipsum dolor

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini

Customer Service

Novita
Balasan dalam 1 menit

Novita
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
6281222849188
×
Dapatkan Demo Gratis!