Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

5 Rekomendasi Software Pabrik Terbaik untuk Bisnis Manufaktur

Vania
software pabrik

Industri manufaktur memainkan peran penting dalam perekonomian global. Hal ini terjadi karena manufaktur menghasilkan berbagai macam produk yang masyarakat gunakan. Persaingan di industri ini sangat ketat, sehingga perusahaan harus memperhatikan efisiensi operasional dan inovasi produk untuk tetap bersaing. Dengan demikian, perusahaan memerlukan sistem yang membantu perusahaan agar memiliki daya saing yang kuat dengan cara memiliki software pabrik.

Perusahaan dapat menerapkan salah satu sistem yaitu software pabrik. Software tersebut dapat mengotomatiskan proses produksi dan memungkinkan pengolahan data secara real-time sehingga meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi kesalahan manusia dalam proses produksi. Dengan begitu, perusahaan dapat bersaing lebih baik di pasar global dan memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Selain itu, software pabrik juga dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan kualitas produk. Dengan menggunakan software, perusahaan dapat memantau proses produksi dan mengidentifikasi masalah produksi yang mempengaruhi kualitas produk. Hal ini dapat membantu perusahaan dalam melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas produk jadi.

Pentingnya Penggunaan Software Pabrik untuk Bisnis Manufaktur

software pabrik

Penggunaan software pabrik dalam bisnis manufaktur memberikan beberapa keunggulan yang signifikan bagi perusahaan. Software membantu dalam meningkatkan efisiensi operasional. Dengan menggunakan software pabrik, perusahaan dapat memantau dan mengontrol produksi secara lebih efisien dan akurat. Terlebih, software pabrik dapat  mempercepat proses produksi dan mengurangi waktu tunggu antara satu tahap produksi dengan tahap berikutnya.

Sistem ini juga dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan kualitas produk. Karena penggunaannya memungkinkan karyawan dapat memantau dan mengontrol parameter produksi. Dengan demikian, perusahaan dapat mengidentifikasi masalah produksi dan mengambil tindakan yang tepat untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas produk yang tersedia.

Selain itu,  menggunakan sistem yang otomatis membantu perusahaan dengan menghindari resiko terjadinya human-error yang dapat merugikan pabrik dalam jangka panjang. Software ini juga meminimalisir kemungkinan terjadinya kecurangan-kecurangan karena data yang masuk ke dalam otomatis terbaca oleh sistem.

Rekomendasi Software Pabrik Terbaik untuk Bisnis Manufaktur di Indonesia

Dalam dunia bisnis manufaktur, penggunaan software pabrik merupakan hal yang sangat penting untuk meningkatkan efisiensi produksi dan efektivitas manajemen operasional. Akan tetapi, dengan banyaknya pilihan software yang tersedia, seringkali membuat para pelaku bisnis manufaktur kesulitan dalam memilih software terbaik untuk kebutuhan bisnis mereka.

Perusahaan harus dapat mempertimbangkan beberapa faktor dalam memilih software pabrik yang cocok, seperti kemampuan dalam mengotomatiskan proses produksi, kemudahan penggunaan, fitur analisis data, harga yang terjangkau, dan sebagainya.

Total ERP

software pabrik

Software Manufaktur dari Total ERP ini bisa menjadi rekomendasi bagi Anda dalam mencari software terbaik untuk perusahaan Anda. Software ERP dari Total ERP memberikan solusi untuk perusahaan manufaktur dengan menyediakan berbagai fitur-fitur terlengkap dan tercanggih yang sudah terintegrasi dengan sistem-sistem yang ada dalam perusahaan. Selain itu juga dapat diakses dimanapun dan kapanpun secara otomatis, real-time dan akurat.

Berikut beberapa fitur unggulan yang bisa Anda dapatkan dari software pabrik dari Total ERP.

  1. Inventory management
    Salah satu fitur yang menjadi keunggulan Total ERP adalah fitur Inventory Management yang dapat membantu perusahaan dalam mengelola persediaan atau stok barang secara lebih baik. Fitur ini sudah termasuk dengan sistem kontrol persediaan yang dapat memonitor stok barang masuk dan keluar. Oleh karena itu fitur ini dapat meminimalkan risiko kehilangan persediaan atau barang yang terlalu banyak tersimpan di gudang.
  2. Multilevel Bill of Materials (BOM)
    Fitur Multilevel Bill of Materials (BOM) juga menjadi fitur unggulan dari Total ERP, fitur ini memungkinkan perusahaan untuk mengelola proses produksi secara lebih efektif. Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk membangun daftar bahan mentah atau komponen yang penting. Seperti kebutuhan untuk memproduksi produk, dan kemudian mengatur bagaimana komponen-komponen tersebut akan terproduksi dan merakit menjadi produk jadi.Fitur ini juga tersedia dengan fitur pelacakan dan pembaruan yang memudahkan perusahaan dalam mengelola dan memonitor inventaris bahan mentah atau komponen yang tersedia. Perusahaan dapat mengetahui dengan jelas jumlah bahan mentah atau komponen yang tersedia di gudang, jumlah yang masuk, dan kapan pesanan tersebut akan tiba.

HashMicro

Software manufaktur dari HashMicro memungkinkan untuk bisa dipakai oleh perusahaan manufaktur dengan berbagai ukuran bisnis. Sistem dari HashMicro ini sudah berbasis cloud yang mana membuat seluruh aspek operasional dapat terakses secara real-time

Salah satu fitur yang menjadi unggulan dari HashMicro adalah fitur Manufacturing Order, yang memungkinkan perusahaan untuk mengatur dan memantau seluruh proses produksi secara lebih terstruktur dan terorganisir. Fitur ini dapat membuat daftar produksi yang mencakup daftar bahan mentah, jumlah produksi, dan waktu yang perlu untuk menyelesaikan produksi.

Aplikasi pabrik dari HashMicro memberikan fitur agar aplikasi ini bisa dapat perusahaan manufaktur gunakan  dengan berbagai ukuran bisnis. Sistem dari HashMicro ini sudah berbasis cloud yang mana hal ini membuat seluruh aspek operasional dapat terakses secara real-time

Salah satu fitur yang menjadi unggulan dari HashMicro adalah fitur Manufacturing Order, yang memungkinkan perusahaan untuk mengatur dan memantau seluruh proses produksi secara lebih terstruktur dan terorganisir. Fitur tersebut memungkinkan pembuatan daftar produksi yang mencakup bahan mentah, jumlah produksi, dan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan produksi.

EQUIP

Penyedia layanan software pabrik untuk industri manufaktur lainnya adalah Equip. Memiliki fitur unggulan estimasi persediaan barang. Dengan fitur ini, perusahaan dapat memprediksi kebutuhan persediaan barang dalam waktu dekat. Berdasarkan produksi yang terjadwal, histori produksi, dan permintaan pasar. Dengan menggunakan algoritma peramalan canggih, perusahaan dapat Mengestimasi persediaan barang yang penting untuk memenuhi kebutuhan produksi dan permintaan pasar.

Fitur estimasi persediaan barang pada Equip juga dilengkapi dengan dashboard yang intuitif dan visual, yang memudahkan perusahaan untuk memantau persediaan barang dan memperoleh informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan mudah.

SAP

Aplikasi pabrik SAP menawarkan kemudahan bagi produsen dalam mengintegrasikan sistem mereka dengan perangkat keras Industrial Internet of Things (IIoT). SAP manufacturing software ini menawarkan beberapa paket sesuai kebutuhan perusahaan diantaranya, SAP Manufacturing Execution, SAP Manufacturing Integration & Intelligence (SAP MII) dan masih ada beberapa paket lagi yang mereka tawarkan. 

Untuk berlanggan sistem dari SAP ini membutuhkan sekitar 1.1 milyar yang belum termasuk lisensi dan biaya berlangganan. Untuk biaya langganan dari software SAP ini mulai dari 40 juta/3 bulan. Oleh karena itu perusahaan harus dapat mempertimbangkan fitur dan kebutuhan untuk bisnisnya karena software dari SAP ini merupakan salah satu investasi yang besar bagi perusahaan. 

Software Pabrik Oracle

Oracle menyediakan layanan software pabrik yang menggunakan sistem cloud dengan produk mereka yaitu, Discrete ManufacturingManufacturing Intelligence, dan Process Manufacturing.

Discrete Manufacturing berfungsi meningkatkan kemampuan eksekusi pada lantai pabrik, sementara Manufacturing Intelligence lebih memfokuskan pada integrasi dan sinkronisasi data dari sistem ERP. Process Manufacturing berfokus pada pelacakan biaya yang terkombinasi dengan fitur analitik yang lebih fleksibel.

Baca juga: Penerapan dan Manfaat Warehouse Management System Untuk Perusahaan

Panduan Mendapatkan Software Pabrik Terbaik

Panduan memilih software pabrik yang tepat sangatlah penting untuk memastikan keberhasilan dalam menjalankan bisnis manufaktur. Pertama-tama, perlu memperhatikan kemampuan software dalam mengelola dan memonitor produksi secara real-time untuk memaksimalkan efisiensi dan mengurangi biaya produksi. Selain itu, fitur integrasi dengan sistem-sistem lain seperti ERP dan CRM juga perlu pertimbangan oleh perusahaan untuk memudahkan manajemen data. Lebih jauh lagi, keamanan data dan privasi pengguna juga harus menjadi prioritas utama dalam memilih software pabrik yang tepat.

Terakhir, pastikan bahwa software tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik perusahaan Anda. Oleh karena itu, memilih software pabrik yang tepat membutuhkan evaluasi yang cermat dan teliti serta pertimbangan yang matang sebelum membuat keputusan. Dengan memperhatikan semua faktor tersebut, perusahaan dapat memilih yang tepat untuk mengoptimalkan kinerja produksi dan meningkatkan efisiensi bisnis.

Kesimpulan

Software pabrik memiliki peran yang sangat penting dalam industri manufaktur modern. Dengan menerapkannya, perusahaan manufaktur dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam produksi dan pengelolaan inventaris. Sistem pabrik juga dapat membantu perusahaan dalam mengoptimalkan penggunaan sumber daya dan merencanakan jadwal produksi yang lebih efektif.

Software Manufaktur dari Total ERP dapat menjadi solusi bagi industri manufaktur Anda. Dengan bantuan sistem ini perusahaan dapat mengelola seluruh proses produksi mulai dari perencanaan, pengadaan bahan baku, produksi, hingga pengiriman produk kepada pelanggan. Selain itu, software ini juga dilengkapi dengan fitur pelacakan inventaris dan manajemen kualitas produk yang dapat membantu perusahaan mengidentifikasi masalah dan meningkatkan kualitas produk. Apabila Anda tertarik, Anda dapat mencoba demo gratisnya di sini.

Vania

Vania

Pencarian

Berita Terbaru

lorem ipsum dolor

Berita Terpopuler

lorem ipsum dolor

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini

Customer Service

Customer Service
Balasan dalam 1 menit

Customer Service
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
6281222849188
×
Dapatkan Demo Gratis!