Icon EQUIP

Novita
Balasan dalam 1 menit

Novita
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
6281222849188
×

Novita

Active Now

Novita

Active Now

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

Pentingnya Memiliki Stock Inventory Management untuk Mengelola Bisnis Anda

Picture of Marshana Vanina
Stock inventory

Dalam bisnis, pengelolaan stok atau persediaan barang merupakan aspek yang sangat penting. Tanpa adanya sistem yang baik dalam mengatur stok, bisnis dapat mengalami kerugian yang signifikan seperti kehilangan pelanggan atau bahkan kebangkrutan. Oleh karena itu, memiliki sistem stock inventory management serta aplikasi stok barang yang efektif dan efisien sangatlah penting untuk membantu mengelola stok barang dengan lebih baik.

Dengan sistem ini, bisnis dapat memantau persediaan barang mereka dengan lebih mudah, mengoptimalkan pembelian barang. Kemudian sistem ini dapat menghindari kekurangan persediaan atau bahkan kelebihan stok yang dapat memakan biaya. Kemudian sistem ini dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dengan menyediakan barang yang diinginkan dengan cepat dan efisien.

Daftar Isi

Pengertian Stock Inventory Management

Stock inventory management atau manajemen persediaan barang adalah suatu sistem atau proses yang bermanfaat untuk mengelola stok atau persediaan barang dalam bisnis. Tujuan utama dari pengelolaan ini adalah untuk memastikan ketersediaan barang yang tepat pada waktu yang tepat serta dengan biaya yang efisien.

Dalam bisnis, pengelolaan stok sangatlah penting karena dapat mempengaruhi ketersediaan produk dan layanan untuk pelanggan serta keuntungan bisnis secara keseluruhan. Oleh karena itu, penerapan sistem ini pada bisnis dapat memantau persediaan barang mereka dengan lebih mudah, melakukan perhitungan biaya serta keuntungan yang akurat.

Baca Juga: Pahami Inventory Control dan Manfaatnya Untuk Perusahaan Anda!

Mengapa Stock Inventory Management Penting untuk Bisnis?

Stock inventory

Sistem manajemen persediaan barang sangatlah penting untuk bisnis karena dapat membantu mengoptimalkan operasi bisnis dan meminimalkan risiko kerugian. Stock inventory management memungkinkan bisnis untuk mengontrol dan memantau persediaan barang mereka dengan lebih baik. Oleh karena itu, hal ini memungkinkan bisnis untuk mengetahui kapan dan berapa banyak barang yang harus dibeli untuk memenuhi permintaan pelanggan 

Stock inventory management dapat membantu bisnis untuk mengurangi biaya operasional. Dengan memperhitungkan biaya pembelian, penyimpanan, dan pengiriman barang sehingga bisnis dapat mengoptimalkan pengeluaran dan meningkatkan keuntungan. Kemudian, sistem manajemen persediaan barang membantu bisnis untuk meningkatkan efisiensi operasional.

Menghindari kehabisan stok

Stock inventory management dapat membantu bisnis menghindari kehabisan stok dan memastikan ketersediaan barang yang tepat pada waktu yang tepat. Dengan menggunakan sistem manajemen persediaan barang yang baik, bisnis dapat memantau persediaan barang perusahaan dengan lebih efektif dan memperhitungkan faktor-faktor seperti waktu pengiriman, laju penjualan, dan permintaan pelanggan.

Menghemat biaya sewa gedung dengan stock inventory

Sistem manajemen persediaan barang dapat membantu bisnis menghemat biaya sewa gudang dengan cara mengoptimalkan persediaan barang dan meminimalkan kelebihan stok. Dalam bisnis, memiliki persediaan barang yang terlalu besar atau kelebihan stok dapat memakan biaya sewa gudang yang cukup besar. Dengan menggunakan sistem ini, bisnis dapat memantau persediaan barang dan meminimalkan kelebihan stok yang tidak perlu. 

Menghindari kedaluwarsa

Stock inventory management juga dapat membantu bisnis menghindari barang yang kedaluwarsa atau expired. Dalam bisnis, memiliki barang yang kedaluwarsa tidak hanya membuang-buang uang, tetapi juga dapat merusak citra bisnis serta menghilangkan kepercayaan pelanggan.

Dengan menggunakan sistem manajemen persediaan barang yang efektif, bisnis dapat memantau tanggal kedaluwarsa barang dan meminimalkan risiko memiliki barang yang kedaluwarsa atau expired. Oleh karena itu, hal ini dapat membantu bisnis menghindari kerugian akibat barang yang tidak dapat terjual dan meningkatkan kualitas produk yang dijual kepada pelanggan.

Kesimpulan

Stock inventory management merupakan sistem penting yang diperlukan dalam mengelola bisnis. Sistem ini membantu bisnis untuk memantau persediaan barang mereka dengan lebih efektif. Kemudian sistem ini dapat memperhitungkan faktor-faktor seperti waktu pengiriman, laju penjualan, dan permintaan pelanggan. Dengan menggunakan sistem ini bisnis dapat menghindari kehabisan stok, menghemat biaya sewa gudang, dan menghindari barang yang kedaluwarsa.

Total ERP menawarkan sistem stock inventory management untuk membantu kegiatan dalam pengelolaan barang perusahaan Anda. Dengan sistem ini, perusahaan dapat melakukan pengecekan stok barang secara real-time mengenai persediaan barang, serta meminimalisir resiko kehilangan atau kerusakan barang. Segera jadwalkan demo gratis disini!

Picture of Marshana Vanina
Marshana Vanina

Pencarian

Artikel Lainnya

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini