Icon EQUIP

Novita
Balasan dalam 1 menit

Novita
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
6281222849188
×

Novita

Active Now

Novita

Active Now

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

Pentingnya Software Aplikasi Supply Chain Management

Picture of Ginta Anathia

Supply chain management (SCM) merupakan sebuah software aplikasi atau mekanisme yang bisa melakukan berbagai macam hal terkait sama bisnis dalam perusahaan. SCM juga bisa membantumu supaya bisa menghubungkan terkait proses perubahan bahan dari yang awalnya bahan baku menjadi bahan jadi.

Disini supply chain management dari Total ERP membantu semaksimal mungkin agar bisnis yang Anda miliki bisa berjalan dengan lancar. Bagaimana tertarik untuk mencoba supply chain management? Jika iya, mari pahami dulu penjelasan dari Total ERP berikut.

Tujuan Utama Dari Supply Chain Management Dalam Bisnis

(SCM) atau Supply Chain Management sangat penting bagi kelancaran operasional bagi sebuah bisnis. Hal ini sangat penting bagi bisnis suatu perusahaan yang menjadi tujuan utama dari SCM. Agar lebih jelas berikut ini adalah beberapa tujuan utama dari Dari supply chain management, yaitu:

Optimalkan Rantai Pasok

SCM (supply chain management) memiliki tujuan yang bisa melibatkan optimalisasi rantai pasok secara keseluruhan. Ini mencakup beberapa hal terkait:

  • Manajemen persediaan yang efektif
  • Pengelolaan pemasok
  • Peningkatan proses distribusi

Adanya berbagai hal tersebut dapat membantu sebuah bisnis pada perusahaan bisa mencapai tujuan yang lebih baik. Perusahaan juga bisa memastikan ketersediaan produk maupun layanan supaya lebih efektif dan tidak membuat pelanggan menunggu.

Peningkat Keuntungan

Salah tujuan lainnya dari SCM yaitu untuk meningkatkan keuntungan. Adanya SCM mampu menangani berbagai hal seperti:

  • Mengurangi biaya produksi dan distribusi
  • Meningkatkan margin keuntungan
  • Mencapai ketahanan finansial

Dengan begitu maka bisa berkontribusi penuh pada hasil akhir perusahaan maupun untuk para pesaing yang ada di pasar.

Memperbaiki Pelayanan

Bagi SCM memperbaiki pelayanan pelanggan merupakan hal penting, karena bisa paham serta mengelola pasok dengan baik. Pada akhirnya perusahaan bisa merespon permintaan pelanggan dengan akurat serta tepat waktu. Dengan begitu maka bisa memberikan berbagai hal unggul pada sebuah perusahaan seperti:

  • Meningkatkan loyalitas pelanggan
  • Memberikan keunggulan kompetitif
  • Memastikan pertumbuhan jangka panjang

Adanya beberapa keunggulan tersebut menjadikan SCM sebagai alternatif bagi sebuah perusahaan untuk mendukung tujuan bisnis dan pertumbuhan perusahaan.

Efisiensi Operasional

Efisiensi operasional menjadi tujuan utama dari SCM. Mengingat tujuan utama dari software aplikasi ini yaitu untuk menyusun berbagai tugas dengan baik, mulai dari:

  • Perencanaan
  • Distribusi
  • Kelola hasil akhir

Hal ini bertujuan untuk membuat sebuah perusahaan terstruktur yang bisa mempercepat alur kerja. Jadinya sebuah perusahaan bisa melakukan berbagai tugas dengan baik tanpa ada yang tertinggal. Hal ini menjadikan nilai plus pada perusahaan karena bisa meningkatkan produktivitas secara efektif.

sistem scm

Fitur Andalan Software aplikasi SCM

Software aplikasi SCM memiliki berbagai fitur andalan yang sangat penting untuk bagi perusahaan. Karena dengan fitur ini bisa membantu perusahaan menciptakan kinerja secara optimal, dengan rantai pasokan digital yang solid dengan cara melibatkan berbagai macam komponen penting.

Dengan begini maka perusahaan bisa melakukan bisnis dengan lancar berkat fitur tersebut. Inilah beberapa fitur andalan software aplikasi SCM, yaitu:

Manajemen Persediaan atau Inventory Management

Adanya fitur manajemen persediaan atau inventory management sangat berpengaruh pada sebuah perusahaan. Karena bisa membantu berbagai hal seperti memantau persediaan dengan lebih akurat. Jadinya perusahaan bisa terhindar dari berbagai hal mulai dari kekurangan atau kelebihan persediaan.

Manajemen Pesanan

Ada juga fitur lainnya yang sangat membantu bagi bisnis dari SCM yaitu manajemen pesanan. Total ERP menjelaskan kalau fitur ini bisa membantu perusahaan memproses pesanan lebih efisien. Lalu bisa membantu hal lainnya yaitu mengoptimalkan pengiriman sebuah produk ke pelanggan.

Logistics Management

Sudah ada fitur dari SCM yang bisa membantu perusahaan untuk mengelola transportasi dan pengiriman produk dengan efisien yaitu logistics management. Fitur ini sangat berguna bagi sebuah perusahaan, karena bisa membantu meminimalkan biaya logistik namun kepuasan pelanggan ditingkatkan dengan mengirim produk secara cepat kepada mereka.

Beberapa Strategi dalam Software aplikasi SCM

Software aplikasi SCM memiliki berbagai strategi yang bisa membantu sebuah perusahaan supaya bisa berjalan dengan lancar. Berikut ini adalah beberapa strategi SCM yang bisa Anda ketahui, yaitu:

Strategi Kolaborasi

Supply chain management memiliki stretegi unik yaitu mendorong kerjasama dan komunikasi yang kuat antara beberapa pihak dalam rantai pasok. Artinya setiap pihak diajak untuk berkolaborasi yang bisa langsung berbagi informasi secara transparan agar bisa meningkatkan keuntungan sebuah perusahaan.

Teknologi Informasi dalam Software aplikasi SCM

Strategi paling bagus dilakukan yaitu dengan menggunakan software aplikasi Enterprise Resource Planning (ERP), Radio-Frequency Identification (RFID), dan Internet of Things (IoT). Karena dapat membantu perusahan untuk meningkatkan visibilitas dan kontrol atas seluruh rantai pasok dengan mudah.

Pendekatan Keberlanjutan

Untuk meminimalkan dampak lingkungan dan meningkatkan citra merek dibutuhkan sebuah strategi pendekatan keberlanjutan agar bisa tetap lancar. Ini mencakup berbagai hal termasuk pemilihan pemasok yang ramah lingkungan dan pengelolaan limbah sebuah perusahaan.

Ketahanan Perusahaan

Supaya perusahaan bisa bertahan serta beradaptasi dari berbagai kondisi pasar seperti bencana alam, atau yang lainnya, membangun software aplikasi SCM dari Total ERP merupakan strategi penting. Ini semua berkaitan sama ide untuk merancang cadangan pemasok serta alternatif jalur distribusi.

Total ERP memberikan berbagai kemudahan bagi perusahaan, salah satunya melalui supply chain management (SCM). Mereka berkontribusi pada sebuah bisnis di perusahaan supaya apa yang dilakukan bisa bertahan dan mendapat hasil akhir yang diharapkan.

SCM dari Total ERP memberikan dampak positif bagi perusahaan, mengingat pada saat ini sudah banyak yang menggunakan software aplikasi tersebut. Ada yang menyatakan kalau software aplikasi dari Total ERP ini sangat membantu bagi bisnis mereka.

Picture of Ginta Anathia
Ginta Anathia

Pencarian

Artikel Lainnya

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini