Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

Pentingnya Aplikasi Manajemen Aset Dalam Menjalankan Bisnis

Picture of Vania
manajemen aset

Proses bisnis di era digital telah mengalami perubahan yang signifikan dibandingkan dengan era sebelumnya. Di era digital, teknologi menjadi kunci utama untuk membentuk dan meningkatkan proses bisnis yang efektif dan efisien. Sehingga, dengan hadirnya aplikasi-aplikasi, mempermudah proses bisnis dengan otomatis. Selain itu, aplikasi manajemen aset memegang peranan penting dalam menjalankan bisnis sehingga dapat mengurangi biaya dalam pengoperasian bisnis, mengelola aset dengan lebih efisien, dan menghitung depresiasi aset perusahaan. 

Dalam mengelola sebuah bisnis, tentunya ada harta  untuk menunjang dalam kemajuan bisnis. Perusahaan mengelola aset yang banyak, dengan perkembangan teknologi, melakukan pengelolaan manajemen aset tidak lagi harus secara manual, melainkan dapat menggunakan suatu software, seperti sistem manajemen aset. Software ini akan membantu pencatatan secara otomatis dan mempermudah untuk mengelola aset suatu bisnis. 

Pengertian Aplikasi Manajemen Aset

aplikasi manajemen aset (https://dailysocial.id/post/5-aplikasi-manajemen-aset-untuk-bisnis-kelola-aset-secara-online)

Aplikasi manajemen aset adalah salah satu business software yang menggunakan sebuah sistem untuk dapat membantu memperbaiki efisiensi dalam bisnis. Aplikasi ini membantu perusahaan dalam memantau, mengelola, dan mengoptimalkan aset mereka dengan lebih efektif. 

Dengan penggunaan software manajemen aset, perusahaan dapat dengan mudah melacak dan memperbarui informasi tentang aset mereka, seperti lokasi, nilai, dan umur pakai. Oleh karena itu, hal ini membantu perusahaan untuk mengambil keputusan yang lebih baik dan lebih cepat tentang pengelolaan aset mereka, serta memastikan bahwa mereka selalu memanfaatkan aset dengan cara yang paling efektif dan efisien.

4. Meningkatkan akurasi dan efisiensi pengelolaan aset

Sesuai dengan itu, aplikasi ini dapat meningkatkan akurasi dan efisiensi pengelolaan aset. Dengan menggunakan aplikasi ini, organisasi dapat menghindari kesalahan manusia dalam mencatat dan memantau aset, serta memerlukan tenaga yang sedikit untuk mengelola aset, dan juga menghemat waktu.

5. Meningkatkan keamanan aset

Manfaat lainnya yaitu meningkatkan keamanan aset perusahaan. Dengan mengidentifikasi aset yang rentan terhadap pencurian atau kerusakan dan memonitor penggunaan aset, organisasi dapat mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan untuk memastikan keamanan dan keandalan aset mereka.

Manfaat Penerapan Aplikasi Manajemen Aset Dalam Berbisnis

Secara umum, sistem ini dapat membantu organisasi dalam meningkatkan efisiensi, penghematan biaya, menjamin keamanan harta mereka, serta membantu mengoptimalkan kepemilikan semua harta. Berikut manfaat dari penerapan aplikasi manajemen aset: 

1. Memudahkan pencatatan aset

Pertama, perusahaan yang memiliki aset, dapat dibantu dengan menggunakan aplikasi ini, termasuk informasi detail tentang aset perusahaan tersebut. Hal ini akan memudahkan proses pelacakan aset perusahaan dan membuat informasi terkait menjadi lebih teratur dan mendapat akses lebih mudah.

2. Optimalisasi pemanfaatan aset

Selanjutnya, software ini, akan memungkinkan suatu bisnis untuk mengoptimalkan penggunaan aset. Dengan mengidentifikasi penggunaan aset membantu perusahaan untuk meningkatkan kinerja aset yang lemah. Oleh karena itu, dengan aplikasi manajemen aset, perusahaan dapat mengambil tindakan untuk memaksimalkan semua manfaatnya. 

3. Perawatan aset yang lebih efisien

Manfaat yang ketiga adalah memudahkan perusahaan dalam melakukan perawatan aset organisasi. Dengan menggunakan aplikasi ini, organisasi dapat membuat jadwal perawatan, memantau kinerja aset secara terus-menerus, memberikan peringatan jika ada masalah, serta mengatasi kerusakan. Selain itu, aplikasi ini akan membantu memastikan aset tetap beroperasi dengan optimal dan meminimalkan biaya perawatan.

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Aplikasi Manajemen Aset

Dalam memilih sistem yang cocok  untuk bisnis, Anda perlu memperhatikan beberapa hal penting yang harus menjadi bahan pertimbangan untuk perusahaan. Berikut hal-hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih aplikasi manajemen aset:

1. Perhatikan kesesuaian harga

Sebelum membeli suatu barang atau jasa, pastinya kita akan memperhatikan penjual menawarkan harga, termasuk dalam membeli software manajemen aset ini. Sebelum membeli software, alangkah baiknya kita melakukan riset terlebih dahulu tentang penjual yang menawarkan harga. 

2. Kemudahaan kustomisasi sesuai dengan kebutuhan bisnis

Ketahui apa saja tantangan yang anda hadapi dalam mengelola manajemen aset ini dan apa solusi yang Anda harapkan. Anda dapat mempermudah semua pekerjaan dengan menggunakan sistem ini. Anda harus memperhatikan tantangan yang dihadapi agar dapat cepat mengambil keputusan yang tepat sesuai dengan kebutuhan bisnis.

3. Kebutuhan bisnis dapat terpenuhi semua dengan aplikasi

Dalam era digitalisasi yang semakin maju, aplikasi menjadi salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan bisnis. Software ini dapat membantu bisnis dalam mengelola dan mengoptimalkan proses bisnis yang ada, meningkatkan produktivitas, serta memudahkan dalam memantau dan mengontrol kinerja bisnis.

5 Rekomendasi Aplikasi Manajemen Aset Terbaik

Manajemen aset menjadi hal yang sangat penting bagi perusahaan dalam mengelola bisnis di era digital yang semakin berkembang. Untuk membantu memudahkan proses tersebut, berikut ini rekomendasi mengenai lima aplikasi manajemen aset terbaik yang dapat menjadi solusi efektif bagi kebutuhan perusahaan.

1. Aplikasi manajemen aset dari Total

Aplikasi aset management dari Total adalah sebuah platform yang bertujuan untuk membantu perusahaan dalam mengelola dan mengoptimalkan aset manajemen mereka. Dengan menggunakan aplikasi ini, perusahaan dapat melacak, menganalisis, dan mengelola aset-aset mereka secara efisien. Aset-aset tersebut termasuk properti, peralatan, dan inventaris. 

Salah satu aplikasi yang menawarkan fitur yang komprehensif, seperti fitur manajemen aset tetap. Fitur ini dapat membantu perusahaan dalam melakukan pencatatan aset tetap dengan lebih mudah dan terstruktur. Selain itu, informasi aset tetap dapat tersimpan secara terpusat dalam sistem. Sehingga pengguna sistem dapat dengan mudah mengakses informasi mengenai jumlah, nilai, dan lokasi aset tetap.

Dalam sistem ERP dari Total, informasi keuangan perusahaan akan terintegrasi dengan semua departemen perusahaan. Sehingga, memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih baik dan meningkatkan produktivitas. Dalam memilih sistem ERP, perusahaan harus dapat menganalisis kebutuhan bisnis dan memilih vendor yang menawarkan fitur yang sesuai.

2. HashMicro 

Hashmicro adalah sebuah aplikasi yang telah terancang untuk membantu bisnis dalam mengelola aset manajemen perusahaan, seperti armada, properti dan sebagainya. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melacak dan menjadwalkan perawatan aset secara real-time. Selain itu, aplikasi ini memberikan informasi yang komprehensif tentang aset bisnis, termasuk perhitungan ROI, manajemen perawatan, serta penurunan nilai aset.

3. Gamatechno 

Gamatechno merupakan sebuah software ERP (Enterprise Resource Planning) yang menyediakan solusi terpadu dan waktu nyata untuk mengelola perencanaan sumber daya perusahaan. Dengan mengaplikasikan Gamatechno, perusahaan dapat dengan mudah untuk memantau dan mengelola informasi tentang seluruh aset bisnisnya. Hal tersebut dapat terkelola dengan fitur yang telah Gamatechno sediakan dalam softwarenya.

4. Software manajemen aset by Odoo

Odoo merupakan sebuah perangkat lunak ERP yang menawarkan layanan manajemen aset melalui fitur yang biasa disebut “Accounting Odoo ERP”. Dengan menggunakan perangkat lunak ini, perusahaan dapat dengan efektif mengelola aset bisnis mereka dengan melakukan perencanaan kebutuhan aset, pemeliharaan, pembaruan hingga melakukan audit kepatuhan hukum.

5. AsetKita

AsetKita menyediakan layanan yang disebut “Fixed Asset Management & Tracking System” yang sangat berguna bagi perusahaan. Dengan begitu, perusahaan dapat mengatur dan mencatat aset-aset mereka. Hal ini termasuk mencatat perubahan, penambahan, serta perpindahan aset dengan rinci. Selain itu, perusahaan juga dapat melacak aset-aset tersebut dengan menggunakan scanner 2D yang terdapat pada smartphone.

Aplikasi Manajemen Aset dari Total Menjadi Solusi Sebagai Rekomendasi Terbaik

Hadirnya Total sebagai solusi untuk memudahkan perusahaan dalam mengelola aset yang dimilikinya. Dengan menggunakan aplikasi pengelolaan aset dari Total, perusahaan dapat dengan mudah mengelola, memelihara, serta melaporkan aset secara efisien dan akurat. Software ini juga membantu mengurangi risiko human-error dan juga memungkinkan pemantauan secara real-time.

Selain itu, aplikasi ini membantu dalam pembuatan laporan dan analisis yang berguna bagi manajemen perusahaan. Terlebih lagi, membantu perusahaan dalam mengoptimalkan penggunaan aset, mengurangi biaya, hingga meningkatkan pengembalian atas aset. Hal ini termasuk properti tetap, pabrik dan peralatan.

Kesimpulan

Dalam Kemajuan teknologi,  cara manual mengelola aset seperti melakukan penginputan data melalui Microsoft Excel atau spreadsheet sudah jarang dilakukan. Namun, kewajiban mengupdate data secara kontinu membutuhkan fokus yang tinggi dari setiap karyawan dalam melakukan hal tersebut. Selain itu, human error juga menjadi salah satu hal yang rentan terjadi dan membuat metode ini kurang praktis.

Namun, berbeda halnya jika bisnis Anda menggunakan Aplikasi Manajemen Aset Total ERP. Anda bisa melakukan pengelolaan setiap aset dengan mudah dan cepat serta membuat laporan keuangan dengan lebih efektif. Oleh karena itu dengan menggunakan software ini, dapat membantu Anda dalam pencatatan transaksi yang akurat, pencatatan akuntansi menjadi otomatis, dan monitoring anggaran perusahaan secara real-time

Dalam memilih software Manajemen Aset yang baik, perusahaan harus menganalisis kebutuhan bisnis dan memilih vendor yang menawarkan fitur yang sesuai. untuk itu, coba demo gratis sekarang juga untuk pengelolaan aset yang lebih optimal di perusahaan Anda!

Picture of Vania

Vania

Pencarian

Berita Terbaru

lorem ipsum dolor

Berita Terpopuler

lorem ipsum dolor

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini

Customer Service

Customer Service
Balasan dalam 1 menit

Customer Service
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
6281222849188
×
Dapatkan Demo Gratis!