Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

Mengelola Inventaris dengan Mudah dan Efektif dengan Sistem Manajemen Inventaris

Vania
Sistem manajemen inventaris

Pengelolaan inventaris merupakan suatu proses penting dalam bisnis yang melibatkan pengaturan, pengawasan, dan pengendalian kepimilikan stok atau barang oleh perusahaan. Tujuannya adalah untuk memastikan ketersediaan kecukupan dan kebutuhan barang. Selain itu, untuk menghindari kelebihan atau kekurangan persediaan, serta memaksimalkan penggunaan ruang gudang. Oleh karena itu, Anda memerlukan sistem manajemen inventaris.

Aplikasi manajemen inventaris adalah sistem yang dirancang khusus untuk membantu perusahaan mengelola inventaris mereka dengan lebih efisien dan efektif. Selain itu, aplikasi ini memanfaatkan teknologi seperti barcode scanner, RFID (Radio Frequency Identification), dan sistem informasi untuk mengumpulkan, menyimpan, dan memproses data inventaris.

Sistem Manajemen Inventaris

Dalam sistem manajemen inventory, pencatatan dan pengaturan data inventory atau stok barang  menggunakan perangkat lunak atau aplikasi khusus. Selain itu, aplikasi ini biasanya ada pelengkap dan  ada fitur-fitur seperti pengaturan stok minimum dan maksimum, pemantauan pergerakan barang, perhitungan nilai persediaan, serta pelacakan posisi stok di dalam gudang.

Bagaimana Cara Kerja Manajemen Inventaris

aplikasi manahjemen inventaris

Manajemen inventaris dapat membantu organisasi untuk memastikan ketersediaan barang yang cukup, mengoptimalkan penggunaan ruang penyimpanan, dan memastikan efisiensi dalam pengelolaan stok barang. Berikut adalah beberapa langkah yang biasanya dilakukan dalam manajemen inventaris:

1. Menganalisis kebutuhan

Pertama-tama, melakukan analisis untuk menentukan kebutuhan penyimpanan barang  dalam daftar inventaris. Ini juga dapat melibatkan meninjau data penjualan masa lalu dan meramalkan permintaan masa depan.

2. Membeli barang

Selanjutnya, setelah menentukan kebutuhan, harus melakukan produksi dan pembelian barang. Hal ini melibatkan pembelian barang dari pemasok atau pembuatan barang secara internal. Sehingga, pembeli bisa memilih barang apa yang akan dibelinya. 

3. Mengorganisasi barang

Barang harus diatur dan membuat pengelompokan sesuai dengan jenis dan sifatnya, seperti ukuran, warna, dan jenis bahan. Maka dari itu, ini akan membantu memudahkan pencarian barang ketika Anda membutuhkan barangnya.  

4. Memonitor barang

Selanjutnya, harus adanya pelacakan dan monitor setiap barang dengan teratur, termasuk tanggal pembelian atau produksi, lokasi penyimpanan, dan jumlah yang tersedia. Maka dari itu, menggunakan perangkat lunak manajemen inventaris dapat melakukan hal ini.

5. Menghitung inventaris

Menghitung Inventaris harus secara teratur untuk memastikan bahwa jumlah stok yang tercatat sama dengan jumlah yang sebenarnya. Melakukan audit inventaris secara teratur dengan menghitung inventaris.

6. Mengelola persediaan

Setelah menghitung inventaris, maka melakukan pengelolaan stok barang harus ada agar sesuai dengan kebutuhan. Ini melibatkan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan seperti pengiriman barang, penataan ulang, dan penghapusan barang yang rusak atau kadaluarsa.

7. Menganalisis kinerja inventaris

Terakhir, melakukanvpengukuran kinerja inventaris harus  secara teratur, tujuannya untuk memastikan bahwa proses manajemen inventaris berjalan efektif dan efisien. Analisis kinerja dapat melibatkan peninjauan biaya persediaan, pengembalian investasi, dan efisiensi operasional.

 Manfaat Sistem Manajemen Inventaris

Sistem manajemen inventory memiliki banyak manfaat bagi organisasi. Berikut adalah beberapa manfaat utama yang dapat diperoleh dengan mengimplementasikannya yaitu :

1. Meningkatkan efisiensi menggunakan sistem manajemen inventaris

Dengan menggunakan sistem manajemen inventory, proses pengelolaan stok barang menjadi lebih efisien dan terstruktur. Hal ini dapat membantu mengurangi waktu yang diperlukan untuk melakukan tugas-tugas seperti penghitungan stok barang, pengiriman, dan penataan ulang.

2. Mengoptimalkan penggunaan ruang penyimpanan dengan sistem manajemen inventaris

Selanjutnya, organisasi dapat mengoptimalkan penggunaan ruang penyimpanan dengan memantau dan mengelola stok barang secara efektif. Hal ini dapat mengurangi biaya sewa atau pembelian ruang penyimpanan tambahan.

3. Meningkatkan tingkat pelayanan pelanggan 

Dengan memiliki stok barang yang cukup, organisasi dapat memenuhi permintaan pelanggan lebih cepat dan efisien. Maka dari itu, hal ini dapat meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan dan meningkatkan reputasi organisasi.

4. Mencegah kelebihan persediaan

Sistem manajemen inventaris dapat membantu organisasi untuk memantau tingkat persediaan yang tepat sehingga tidak terjadi kelebihan persediaan. Kelebihan persediaan dapat menyebabkan biaya penyimpanan yang tinggi dan kerugian finansial.

5. Mencegah kekurangan persediaan dengan sistem manajemen inventaris

Sistem manajemen inventory juga dapat membantu organisasi untuk memantau stok barang yang sedang menipis sehingga dapat melakukan pengadaan barang yang diperlukan sebelum terjadi kekurangan persediaan. Selain itu, kekurangan persediaan dapat mengganggu produksi dan mengurangi kepuasan pelanggan.

6. Meningkatkan pengendalian biaya 

Terakhir, bisnis dapat mengurangi biaya yang terkait dengan penyimpanan, pengiriman, dan pengadaan barang. Oleh karena itu, hal ini dapat membantu meningkatkan efisiensi operasional dan pengendalian biaya.

Kesimpulan

Jika sudah menerapkan sistem manajemen inventaris yang tepat, bisnis dapat terbantu dengan memperoleh manfaat seperti meningkatkan efisiensi, mengoptimalkan penggunaan ruang penyimpanan, meningkatkan tingkat pelayanan pelanggan, mencegah kelebihan atau kekurangan persediaan, dan juga bisa meningkatkan pengendalian biaya.

Dengan adanya Inventaris dari Total ERP, dapat membantu perusahaan Anda dalam mengelola inventaris kantor. Software manajemen inventory Total-ERP mampu mengintegrasikan seluruh aktivitas pengelolaan stok barang mulai dari proses pergerakan barang, serta juga melakukan pelacakan kadaluarsa stok dan garansi barang yang membantu untuk mempermudah pengendalian slow moving dan fast moving yang bertujuan untuk mencegah kerugian bisnis. Sehingga, kerugian yang terjadi bisa teratasi. Coba demo gratis sekarang!

Vania

Vania

Pencarian

Berita Terbaru

lorem ipsum dolor

Berita Terpopuler

lorem ipsum dolor

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini

Customer Service

Customer Service
Balasan dalam 1 menit

Customer Service
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
6281222849188
×
Dapatkan Demo Gratis!