Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

Manufacturing Execution System: Pengertian, Fungsi, dan Keuntungannya

Picture of Marshana Vanina
Manufacturing Execution System

Dalam era yang semakin terhubung dan kompetitif ini, perusahaan-perusahaan di berbagai sektor menyadari betapa pentingnya efisiensi dan peningkatan produktivitas dalam upaya memaksimalkan profitabilitas bisnis. Untuk mencapai tujuan ini, perusahaan-perusahaan modern tidak lagi mengandalkan metode manual yang memakan waktu dan rentan terhadap kesalahan. Sebaliknya, mereka beralih ke solusi teknologi yang canggih, seperti software Manufacturing Execution System (MES). 

Dengan menggunakan MES, perusahaan dapat mengelola dan mengoptimalkan setiap tahap produksi, mulai dari perencanaan, pengawasan, hingga pelaporan. Ini memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi biaya produksi, dan memaksimalkan penggunaan sumber daya. Dengan begitu, perusahaan dapat mencapai hasil yang lebih baik, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan pada akhirnya, meningkatkan profitabilitas bisnis secara keseluruhan.

Pengertian Manufacturing Execution

Manufacturing Execution System (MES) adalah sebuah sistem yang dirancang untuk mengelola dan mengontrol proses produksi di dalam lingkungan manufaktur. MES berperan sebagai penghubung antara sistem perencanaan sumber daya perusahaan (Enterprise Resource Planning/ERP) dengan lantai produksi yang sebenarnya. Dengan menggunakan MES, perusahaan dapat melacak dan mengontrol setiap tahap produksi. Hal ini mulai dari pemrosesan bahan baku, manajemen persediaan, pengaturan jadwal produksi.

MES juga dapat memberikan informasi real-time tentang kinerja produksi, memberikan laporan dan analisis yang mendalam, serta memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih baik. Dengan adanya MES, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi, akurasi, dan kecepatan produksi, mengurangi kesalahan manusia, dan mencapai tingkat kualitas yang lebih tinggi. Salah satu penggunaan MES pada industri manufaktur yaitu MES PBRX.

Fungsi Manufacturing Execution untuk Bisnis

Manufacturing Execution System

Manufacturing Execution System (MES) memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis di sektor manufaktur. Implementasi MES tempat kerja memberikan berbagai fungsi yang berkontribusi secara signifikan terhadap operasional perusahaan. Berikut beberapa fungsi dari manufacturing execution yang harus kamu ketahui.

Otomasi laporan produksi

Salah satu fungsi penting dari Manufacturing Execution System (MES) atau software pabrik dalam konteks bisnis adalah otomasi laporan produksi. Dengan MES, perusahaan dapat menghindari proses manual yang memakan waktu dan rentan terhadap kesalahan dalam mengumpulkan data produksi dan membuat laporan yang relevan. MES secara otomatis mencatat dan mengumpulkan data produksi secara real-time, seperti jumlah produksi, waktu siklus, waktu henti mesin, dan informasi kualitas produk.

Kemudian, data ini diolah oleh sistem MES agar dapat menghasilkan laporan yang lengkap dan akurat. Laporan produksi ini memberikan wawasan penting kepada manajemen mengenai kinerja produksi, efisiensi operasional, penggunaan sumber daya, tren produksi, dan analisis biaya. Dengan informasi ini, perusahaan dapat memantau dan mengevaluasi pencapaian target produksi, mengidentifikasi potensi peningkatan serta mengambil tindakan yang tepat untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas. 

Kemudahan analisis performa

Salah satu fungsi krusial yang terdapat pada  MES dalam lingkungan bisnis adalah analisis performa. MES memungkinkan perusahaan agar dapat menganalisis kinerja produksi dengan menggunakan data yang terkumpul secara real-time. Dengan mengintegrasikan berbagai data produksi, seperti jumlah produksi, waktu siklus, waktu henti mesin, dan penggunaan sumber daya, MES dapat memberikan informasi yang mendalam mengenai efisiensi dan produktivitas operasional perusahaan. 

Analisis performa pada MES membantu perusahaan dalam mengidentifikasi dan mengatasi hambatan atau penyebab terjadinya waktu henti produksi, memperbaiki efisiensi alur kerja, dan meningkatkan kualitas produk. Perusahaan dapat menganalisis data historis dan tren produksi untuk mengidentifikasi pola dan kesempatan peningkatan yang dapat dioptimalkan. 

Monitor output produksi secara real-time

Dengan menggunakan MES, perusahaan dapat melacak dan memantau produksi dari awal hingga akhir. Informasi yang diperoleh mencakup jumlah produk yang diproduksi, waktu siklus, waktu henti, dan performa mesin yang terlibat dalam proses produksi. Dengan memantau output produksi secara real-time, perusahaan dapat mengidentifikasi perubahan atau penurunan performa dengan cepat, mengatasi hambatan produksi, dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya.

Keuntungan memonitor output produksi secara real-time dengan MES adalah kemampuan untuk mengambil tindakan yang cepat dan tepat. Jika ada permasalahan yang mempengaruhi output produksi, perusahaan dapat segera meresponsnya dengan mengambil langkah perbaikan yang diperlukan. Dengan pemantauan yang akurat, perusahaan dapat menghindari kerugian akibat produk cacat atau keterlambatan pengiriman, serta menjaga kualitas produk sesuai dengan standar yang seharusnya.

Selain itu, memonitor output produksi secara real-time juga memungkinkan perusahaan untuk membuat perencanaan dan keputusan yang lebih baik. Data real-time yang diperoleh dari MES membantu perusahaan dalam merencanakan produksi berdasarkan permintaan aktual, mengidentifikasi tren pasar, dan mengoptimalkan alokasi sumber daya untuk meningkatkan efisiensi dan keuntungan.

Meningkatkan akurasi perencanaan produksi

MES memainkan peran krusial dalam menghubungkan perencanaan produksi dengan pelaksanaan di lantai produksi. Dengan adanya MES atau sistem informasi manufaktur, perusahaan dapat memastikan bahwa perencanaan produksi yang telah disusun secara strategis dapat diimplementasikan dengan akurat dan efisien.

MES memperbarui informasi produksi secara akurat, seperti inventaris bahan baku, jadwal produksi, dan permintaan pelanggan. Dengan informasi ini, MES memungkinkan perusahaan untuk mengoptimalkan perencanaan produksi dengan lebih baik, menghindari kelebihan atau kekurangan persediaan hingga mengatur jadwal produksi yang efisien.

Dengan bantuan MES, perusahaan dapat memperoleh informasi yang akurat tentang status produksi saat ini, melacak kemajuan produksi hingga mengidentifikasi hambatan atau masalah yang mungkin muncul selama proses produksi. Oleh karena itu, hal ini memungkinkan perusahaan untuk merespons secara cepat dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk menjaga kelancaran operasional dan mencapai target produksi.

Keuntungan Implementasi Manufacturing Execution pada Bisnis

Manufacturing Execution System:

Mengadopsi dan menggunakan Manufacturing Execution System (MES) dalam bisnis dapat memberikan berbagai keuntungan yang signifikan. MES membantu perusahaan meningkatkan efisiensi operasional, mengoptimalkan produktivitas, dan mengurangi biaya produksi. Dengan adanya MES, perusahaan dapat mengelola dan mengontrol setiap tahap produksi dengan lebih baik, mulai dari perencanaan, pengawasan, hingga pelaporan. Berikut beberapa keuntungan dari manufacturing execution yang harus Anda ketahui.

Kegiatan produksi tepat waktu dengan manufacturing execution system

Salah satu keuntungan utama dalam menggunakan Manufacturing Execution System (MES) dalam bisnis adalah kemampuan untuk menjalankan kegiatan produksi secara tepat waktu. MES memberikan visibilitas yang akurat terhadap proses produksi, termasuk informasi tentang jadwal produksi, waktu siklus, dan penggunaan sumber daya. Dengan menggunakan MES, perusahaan dapat mengoptimalkan jadwal produksi dan memastikan bahwa setiap tahap produksi berjalan sesuai dengan waktu yang seharusnya.

Dengan adanya MES, perusahaan dapat menghindari keterlambatan dalam produksi yang dapat menyebabkan konsekuensi negatif, seperti keterlambatan pengiriman produk kepada pelanggan atau kelebihan persediaan yang tidak terdistribusi dengan baik. MES membantu perusahaan untuk mengelola sumber daya dengan efisien, mengoptimalkan waktu siklus produksi, dan mengidentifikasi hambatan yang dapat mempengaruhi keterlambatan produksi.

Selain itu, MES memungkinkan perusahaan untuk memantau dan mengelola jalannya kegiatan produksi secara real-time. Informasi yang diperoleh dari MES membantu perusahaan dalam mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah yang muncul selama produksi, seperti mesin rusak atau kekurangan bahan baku. Dengan memperoleh informasi yang tepat waktu, perusahaan dapat segera mengambil tindakan yang diperlukan agar dapat meminimalkan dampak negatif terhadap jadwal produksi.

Inventaris dan procurement terkendali

Keuntungan penting lainnya dalam menggunakan MES dalam bisnis adalah kemampuan untuk mengontrol inventaris dan pengadaan dengan baik. MES memungkinkan perusahaan untuk memantau dan mengelola inventaris bahan baku, barang dalam proses (work-in-progress), dan produk jadi secara efisien. Dengan adanya MES, perusahaan dapat memperoleh visibilitas yang akurat terhadap tingkat persediaan yang ada. 

Selain itu, MES juga membantu dalam mengontrol pengadaan atau procurement. Dengan memantau informasi produksi dan persediaan secara real-time, perusahaan dapat membuat keputusan yang lebih cerdas dalam melakukan pembelian bahan baku yang tepat waktu dan dalam jumlah yang diperlukan.MES memungkinkan perusahaan untuk merencanakan kegiatan procurement berdasarkan permintaan yang aktual. Kemudian dapat memastikan ketersediaan bahan baku yang tepat saat perusahaan butuhkan dalam proses produksi.

Dengan kontrol inventaris dan pengadaan yang terkendali, perusahaan dapat menghindari biaya persediaan yang berlebihan atau biaya darurat yang terjadi oleh kekurangan persediaan. Ini membantu perusahaan meningkatkan efisiensi, mengurangi pemborosan sehingga juga dapat meningkatkan produktivitas secara keseluruhan.

Pengambilan keputusan yang akurat dengan manufacturing execution system

Manufacturing Execution System

Salah satu keuntungan utama dalam menggunakan manufacturing execution dalam bisnis adalah kemampuannya agar dapat memberikan pengambilan keputusan yang akurat. MES menyediakan informasi yang lengkap dan akurat tentang operasional produksi sehingga memungkinkan perusahaan untuk membuat keputusan berdasarkan data yang tepat.

Dengan adanya MES, perusahaan dapat melihat dan menganalisis data produksi secara menyeluruh. Hal ini termasuk performa mesin, tingkat persediaan, waktu siklus hingga kualitas produk. Informasi ini membantu perusahaan dalam memahami keadaan produksi secara menyeluruh, mengidentifikasi tren, dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja bisnis.

Dalam pengambilan keputusan, MES dapat memberikan wawasan yang berharga. Perusahaan dapat melihat data historis, mengidentifikasi pola, dan membuat perencanaan berdasarkan data yang terperinci. Keputusan yang berdasarkan pada informasi yang akurat dari MES membantu perusahaan untuk mengoptimalkan operasional produksi. Kemudian, mengelola persediaan dengan efisien, merencanakan jadwal produksi yang tepat, dan menyesuaikan strategi bisnis sesuai dengan permintaan pasar.

Mengidentifikasi performa mesin/proses

Salah satu keuntungan utama dalam menggunakan manufacturing execution dalam bisnis adalah kemampuannya untuk mengidentifikasi performa mesin dan proses produksi dengan lebih baik. MES memungkinkan perusahaan untuk memantau dan menganalisis performa mesin secara real-time, memberikan wawasan yang mendalam tentang kinerja mesin dan efisiensi operasional.

Dengan adanya MES, perusahaan dapat melacak parameter kunci seperti kecepatan produksi, waktu henti mesin, waktu siklus, dan penggunaan energi. Informasi ini membantu perusahaan dalam mengidentifikasi kemungkinan hambatan, penurunan efisiensi, atau kegagalan mesin yang dapat mempengaruhi produktivitas. Oleh karena itu, perusahaan dapat merencanakan pemeliharaan preventif, memperbaiki atau menggantikan bagian yang rusak.

Selain itu, MES juga memungkinkan perusahaan untuk menganalisis performa proses produksi secara menyeluruh. Perusahaan dapat melihat data historis, mengidentifikasi tren, dan mengevaluasi efektivitas proses produksi. Dengan analisis yang mendalam, perusahaan dapat mengidentifikasi area yang membutuhkan perbaikan, mengimplementasikan perubahan yang perusahaan perlukan hingga meningkatkan efisiensi dan kualitas produksi.

Kesimpulan

Manufacturing execution memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan profitabilitas dan efisiensi bisnis. Dengan menggunakan MES, perusahaan dapat mengoptimalkan proses produksi, mengendalikan inventaris, meningkatkan akurasi perencanaan, melakukan analisis performa. Dalam era yang semakin kompetitif dan dinamis, MES menjadi alat yang penting untuk membantu perusahaan mencapai kesuksesan jangka panjang dan mempertahankan posisi yang kuat di pasar.

Total ERP menawarkan solusi software manufaktur yang dapat memberikan dampak positif bagi bisnis Anda. Dengan menggunakan software manufaktur dari Total ERP, Anda dapat mengoptimalkan proses produksi. Kemudian dapat mengelola inventaris dengan lebih baik, dan meningkatkan kontrol atas seluruh operasional manufaktur. Anda dapat mengunduh skema harga, untuk mengetahui biaya dari layanan ini. Jangan lupa coba demo gratisnya!

Picture of Marshana Vanina

Marshana Vanina

Pencarian

Berita Terbaru

lorem ipsum dolor

Berita Terpopuler

lorem ipsum dolor

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini

Customer Service

Novita
Balasan dalam 1 menit

Novita
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
6281222849188
×
Dapatkan Demo Gratis!