Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

Rekomendasi Aplikasi Barang Persediaan Terbaik untuk Bisnis Anda

Anatha Ginting
Aplikasi Barang

Ketika sedang menjalankan bisnis, terdapat banyak hal yang harus anda perhatikan. Salah satu faktor krusial dalam bisnis adalah manajemen persediaan barang atau inventaris. Seringkali pelaku bisnis meremehkan pencatatan persediaan barang dan gudang yang baik, sehingga manajemen stok barang menjadi kurang efektif. Untuk itu, dalam mempermudah pengelolaan bisnis, Anda bisa menggunakan aplikasi barang persediaan.

Aplikasi barang persediaan merupakan perangkat lunak yang berguna untuk membantu mempermudah proses pengelolaan data barang yang ada secara efisien. Dengan menggunakan perangkat ini, Anda mampu melacak barang yang masih berada dalam gudang hingga yang telah terjual. Untuk mengetahui kegunaan serta rekomendasi dari aplikasi barang persediaan, simak artikel berikut.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Barang Bagi Bisnis

Dengan menggunakan aplikasi barang persedian tentu mampu mempermudah bisnis, karena mampu untuk mengelola proses pendataan barang secara otomatis. Selain mengelola data barang, software ini juga memiliki beberapa keuntungan lainnya. Berikut merupakan keuntungan yang ada ketika menggunakan perangkat lunak ini:

1. Meningkatkan produktivitas bisnis

Stok barang merupakan salah satu aset paling berharga yang perusahaan miliki. Hal ini karena persediaan tersebut memiliki nilai inventori. Maka dari itu, perlu untuk menjaga efisiensi dalam mengelola persediaan yang ada. Dengan menggunakan aplikasi barang persediaan, perusahaan mampu melihat produk apa yang terjual dan melalui apa secara otomatis.

2. Mendeteksi overselling

Dengan aplikasi barang persediaan, perusahaan akan menyesuaikan stok barang setiap akan melakukan penjualan. Secara otomatis, aplikasi mampu untuk mensinkronkan catatan yang ada dengan penjualan yang terjadi. Data yang akan digunakan bisa berasal dari gudang, toko online, dan lainnya. Dengan fitur ini, perusahaan bisa menghindari terjadi hal seperti overselling.

3. Mengontrol persediaan barang

Aplikasi barang

Penyesuaian akan stok barang yang ada dalam gudang perlu untuk diperhatikan. Karena persediaan yang ada dalam gudang tidak boleh sampai habis maupun kelebihan stok. Jika stok habis, bisa jadi terdapat pelanggan yang membutuhkan persediaan saat itu. Sebaliknya, jika kelebihan barang, maka akan memakan tempat dalam gudang. 

Dengan menggunakan fitur dari aplikasi barang persediaan, perusahaan mampu mengatur persediaan barang dan menyesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, aplikasi bisa melacak tingkat persediaan barang yang ada dalam gudang dan bisa melakukan pemesanan ulang barang secara otomatis jika persediaan sudah menipis.

4. Meminimalisir biaya operasional

Penyewaan gudang untuk menyimpan stok barang suatu perusahaan itu cukup mahal. Maka dari itu, dalam mengatur inventaris barang penting untuk melakukan penekanan pada biaya penyimpanan persediaan. Dengan menggunakan aplikasi barang persediaan, stok barang yang ada bisa sistem sesuaikan dengan kebutuhan, sehingga tidak memakan tempat.

5. Mencatat data transaksi 

Aplikasi barang persediaan mampu untuk mencatat seluruh transaksi barang yang terjadi secara otomatis. Perusahaan kemudian bisa mengetahui keterangan dari setiap persediaan, apakah persediaan masih ada, sudah terjual, terjual kemana, dan lainnya. Dengan adanya data transaksi ini, laporan keuangan kemudian akan jadi dengan waktu yang singkat dan efisien.

 

5 Aplikasi Barang Terbaik di Indonesia

Melihat aplikasi barang persediaan memiliki banyak fitur yang bermanfaat, tentu hal ini akan menguntungkan bagi perusahaan yang menggunakan. Maka dari itu, jika Anda ingin menggunakan perangkat sejenis untuk bisnis, Anda perlu mengetahui aplikasi terbaik yang ada di Indonesia. Berikut merupakan rekomendasi aplikasi terbaik yang dapat anda pilih:

1. Total

Aplikasi barang Total

Salah satu aplikasi barang persediaan yang bisa Anda gunakan yaitu milik Total. Perangkat Lunak milik Total merupakan software dengan fitur lengkap yang dapat mengoptimalkan tingkat pengelolaan persediaan dari perusahaan. Selain itu, sistem akan mencegah terjadinya penimbunan persediaan di gudang dan akan memprioritaskan produk lama terjual terlebih dulu dari produk lainnya.

Aplikasi milik Total memiliki cara tersendiri dalam mengelola barang persediaan nya. Barang yang akan masuk ke dalam gudang akan diberikan barcode dan kode tertentu yang akan mempermudah pelacakan dan untuk mengatur ribuan stock keeping unit (SKU) secara efisien. Kemudian persediaan akan sistem simpan berdasarkan jenis dan kriteria produk.

Selain itu, dengan bantuan dari pengaturan persediaan berdasarkan jenisnya, hal ini akan membantu dalam penyusunan laporan stok. Aplikasi kemudian akan membuat satu dasbor yang menampilkan berbagai macam informasi stok dengan lengkap dan detail.  

2. HashMicro

Selain milik Total, Anda bisa menggunakan aplikasi barang milik HashMicro. Aplikasi milik HashMicro menyediakan fitur seperti monitor pergerakan barang yang keluar dari gudang. Monitor ini berlangsung secara otomatis dan real-time. Selain itu, software dapat membantu untuk mengelola keuangan dari perusahaan dan memberikan informasi terkait dengan status keuangan langsung. Melalui fitur-fitur ini, perusahaan bisa mempersingkat waktu pengawasan dan pengelolaan yang sedang dilakukan. 

3. EQUIP

Kelebihan dari perangkat milik EQUIP yaitu bisa digunakan untuk mengontrol pengadaan dan stok barang yang berada di gudang dengan mudah dan praktis. Aplikasi ini memiliki fitur dan tampilan yang simple sehingga bisa digunakan siapa saja. Selain itu, perusahaan bisa mengatur dan melihat informasi masa kadaluarsa dari persediaan yang dimiliki sehingga mengetahui barang mana yang harus terjual terlebih dahulu.

4. Stok dan Inventory Simple

Aplikasi barang persediaan ini mempunyai fitur yang bisa membantu mengatur stok dan data barang. Kemudahan yang mereka tawarkan yaitu input data barang secara mudah dan bisa diimpor ke excel. Aplikasi ini menyediakan fitur untuk deskripsi barang, menggunakan barcode otomatis yang akan mempercepat kerja dalam gudang.

5. Jubelio

Yang terakhir, perangkat untuk persediaan barang dengan basis web milik Jubelio. Yang mana jubelio bisa menyediakan stok barang secara otomatis. Dari fitur ini, perusahaan dapat melakukan cek berkala untuk memastikan status dari persediaan dalam gudang. Jadi ketika stok sudah mulai menipis, perusahaan bisa membeli kembali persediaan dengan cepat, sehingga tidak akan terjadi kehabisan stok.

 

Kesimpulan

Dari sini terlihat bahwa aplikasi barang persediaan memiliki fungsi yang penting untuk mengelola dan mengawasi stok barang yang perusahaan miliki. Dengan menggunakan software ini, perusahaan bisa mengurangi risiko kekurangan maupun kelebihan persediaan, menghemat biaya, dan meningkatkan produktivitas bisnis.

Software yang tepat tentu mampu membantu meningkatkan kinerja perusahaan dan bisnisnya. Sama hal nya dengan menggunakan perangkat lunak untuk barang ini yang mampu membantu perusahaan mencapai tujuan bisnisnya menjadi lebih efektif dan efisien. Setelah disediakan beberapa rekomendasi diatas, Anda sekarang bisa memilih software dengan pengaturan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan yaitu Aplikasi Barang Persediaan milik Total. Perangkat ini memiliki fitur lengkap yang mana bisa mengoptimalkan tingkat pengelolaan persediaan dan mencegah penimbunan persediaan, dimana salah satu fungsi perangkat tersebut akan memprioritaskan produk lama untuk dijual terlebih dulu. Dari sini aplikasi milik Total memiliki fitur-fitur terbaik yang bisa perusahaan Anda gunakan. Coba demo gratis sekarang!

Anatha Ginting

Anatha Ginting

Pencarian

Berita Terbaru

lorem ipsum dolor

Berita Terpopuler

lorem ipsum dolor

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini

Customer Service

Customer Service
Balasan dalam 1 menit

Customer Service
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
6281222849188
×
Dapatkan Demo Gratis!