Icon EQUIP

Novita
Balasan dalam 1 menit

Novita
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
6281222849188
×

Novita

Active Now

Novita

Active Now

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit ut aliquam, purus sit

Mengenal Otomasi Industri: Pengertian, Jenis, Teknik dan Contoh

Picture of Ginta Anathia
otomasi industri

Otomasi industri telah menjadi faktor utama dalam revolusi industri yang terus berkembang. Dalam era di mana efisiensi dan produktivitas menjadi kunci kesuksesan, otomasi industri telah membawa transformasi fundamental dalam dunia manufaktur dan proses produksi. 

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi pengertian otomasi industri, jenis-jenisnya, teknik yang terpakai, serta memberikan contoh-contoh yang memberikan gambaran nyata tentang bagaimana otomasi industri mengubah cara kerja di berbagai sektor. 

Pengertian Otomasi Industri

pengertian otomasi

 

Otomasi industri adalah penerapan teknologi dan sistem yang terancang untuk menggantikan atau meningkatkan pekerjaan manusia dalam proses produksi dan operasional di lingkungan industri. Secara sederhana, hal ini melibatkan penggunaan perangkat keras, perangkat lunak, dan sistem kontrol yang dapat mengambil alih tugas-tugas rutin dan repetitif yang sebelumnya terbebani pada tenaga kerja manusia. 

Penerapan hal ini dapat melibatkan berbagai teknologi. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan produktivitas, meningkatkan kualitas produk, mengurangi biaya produksi, dan meningkatkan keamanan di lingkungan kerja. Dengan menghilangkan ketergantungan pada tenaga kerja manusia untuk tugas-tugas yang monoton dan berulang, ini memungkinkan sumber daya manusia untuk fokus pada tugas-tugas yang membutuhkan keahlian dan kreativitas manusia.

Jenis – jenis Otomasi Industri

Otomasi industri dapat terpecah menjadi beberapa jenis yang masing-masing memiliki peran dan aplikasi khusus dalam mengoptimalkan proses produksi dan operasional di lingkungan industri. Beberapa di antaranya adalah:

Otomasi industri tetap

Dalam sistem otomasi tetap, peralatan atau mesin industri terlihat dengan serangkaian operasi atau tugas yang konsisten, dan jarang mengalami perubahan dalam cara pengoperasiannya. Jenis otomasi ini biasanya terpakai dalam proses aliran yang berkelanjutan, seperti pada mesin konveyor dan sistem produksi massal.

Otomasi yang dapat diprogram

Dalam sistem otomasi yang dapat diprogram, urutan operasi dan konfigurasi mesin dapat diubah menggunakan perangkat elektronik. Untuk melakukan perubahan ini, diperlukan waktu dan upaya untuk memprogram ulang mesin. Jenis otomasi ini umumnya terpakai dalam proses produksi yang dilakukan secara batch.

Otomasi fleksibel

Sistem otomasi fleksibel umumnya terkendali dengan komputer dan sering terpakai pada produk yang mengalami perubahan secara teratur. Salah satu contohnya adalah mesin CNC, di mana setiap proses pekerjaan memiliki kode instruksi yang unik yang terdapat untuk operator pada komputer.

Otomasi industri integrasi

Salah satu bentuk otomasi yang paling canggih adalah otomasi terintegrasi, yang tidak memerlukan campur tangan manusia secara langsung. Dalam teknologi ini,  sistem kontrol tunggal yang bertanggung jawab untuk mengelola dan menyinkronkan semua mesin, operasi, dan data yang berguna untuk mengotomatisasi seluruh proses produksi.

Baca juga: 12 Rekomendasi Software Pabrik Terbaik untuk Bisnis Manufaktur

Kelebihan Otomasi Industri

kelebihan OI

Apabila otomasi industri terpakai secara menyeluruh, perusahaan dapat merasakan beberapa keuntungan yang signifikan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Meningkatkan angka produksi

Otomasi industri telah terbukti mampu meningkatkan tingkat produksi di pabrik. Hal ini karena dengan penggunaan mesin yang canggih, yang mampu menghasilkan jumlah produk yang lebih besar daripada jika masih mengandalkan tenaga manusia.

Mengurangi biaya tenaga kerja

Dengan memperkenalkan lebih banyak mesin otomasi dalam operasional perusahaan, ini berarti jumlah karyawan yang  membantu untuk menyelesaikan pekerjaan akan berkurang. Pengurangan jumlah karyawan juga dapat mengurangi masalah keamanan, yang pada akhirnya akan menghasilkan penghematan finansial bagi perusahaan.

Meningkatkan kualitas produk

Otomatisasi memiliki kemampuan untuk mencapai tingkat produksi yang lebih tinggi terhadap dengan operasi manual, dan juga menghasilkan keseragaman dan kesesuaian yang lebih baik dengan spesifikasi kualitas dalam proses manufaktur. Salah satu keuntungan utama dari otomatisasi adalah mengurangi jumlah cacat produk yang terjadi.

Kekurangan Otomasi Industri

otomasi industri

Meskipun otomasi industri memberikan banyak manfaat, tidak dapat terpungkiri bahwa ada beberapa kekurangan yang terkait dengan penggunaannya. Berikut ini adalah sejumlah kekurangan yang dapat teridentifikasi dari otomasi industri:

Membutuhkan modal yang besar

Benar, otomasi industri memang dapat memberikan kecepatan dan efisiensi dalam proses produksi. Namun, sayangnya, penerapan otomasi ini memerlukan investasi modal yang besar. Hal ini karena  harga mesin canggih yang tergolong mahal serta biaya perawatan yang tidak murah.

Memunculkan biaya tidak terduga

Meskipun hal ini dapat menghasilkan penghematan biaya operasional, masih mungkin timbul biaya yang tidak terduga terkait dengan implementasinya. Biaya-biaya ini mencakup biaya preventif, penelitian dan pengembangan sistem operasi, serta perawatan mesin canggih yang terpakai dalam otomasi tersebut.

Meningkatkan biaya perawatan

Dibandingkan dengan mesin yang dioperasikan secara manual, hal ini membutuhkan tingkat perawatan yang lebih tinggi terkait dengan perangkat elektromekanis seperti katup elektromekanis, perangkat sensorik, dan perangkat pintar. Terlebih, suku cadang untuk sistem otomasi juga cenderung memiliki harga yang lebih tinggi daripada dalam operasi manual.

Teknik Penerapan Otomasi Industri

teknik OI

Bagi sebagian pengusaha, penerapan otomasi terkadang dianggap sulit dan memerlukan biaya yang signifikan. Namun, sebenarnya penerapan otomasi industri dapat dilakukan secara bertahap seiring dengan berjalannya operasional perusahaan, sehingga tidak mengganggu kualitas dan jumlah produksi.

Membuat rencana dan strategi

Menerapkan otomasi bukanlah tugas yang dapat terselesaikan dalam semalam dengan satu percobaan saja. Ini adalah sebuah proses yang kemungkinan akan mencakup setiap aspek operasional perusahaan Anda. Sebelum memulai, penting untuk menetapkan tujuan penggunaan otomasi, yaitu apa yang ingin Anda ukur atau tingkatkan.

Tujuan ini akan menjadi panduan dalam meningkatkan proses dan melakukan investasi modal. Dengan menggunakan tujuan tersebut, Anda dapat membagi proses secara bertahap menjadi proyek percontohan yang lebih kecil dan lebih mudah mengelolanya.

Memilih alat yang sesuai

Dalam menerapkan otomasi industri pada mesin Anda, terdapat beberapa alat yang diperlukan. Penting bagi Anda untuk memilih alat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Beberapa alat yang umumnya terpakai dalam otomasi industri meliputi kamera, sensor khusus, komputer, dan sebagainya.

Jika Anda belum mengetahui alat-alat apa yang diperlukan untuk melakukan otomasi dalam perusahaan Anda, disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli yang tepat. Dengan berkonsultasi, Anda dapat mengetahui alat-alat apa yang dibutuhkan oleh perusahaan Anda guna meningkatkan performa dan efisiensi. Seperti software manufaktur dari Total ERP.

Analisis dan sempurnakan proses anda

Sebelum Anda dapat mengotomatisasi suatu proses, penting untuk memahami proses tersebut secara menyeluruh dengan melacaknya dari awal hingga akhir. Anda perlu melakukan penyempurnaan dan dokumentasi proses tersebut.

Melewati langkah ini akan hanya menyebabkan replikasi proses yang tidak efisien dan kesenjangan data. Hanya setelah mengidentifikasi tugas-tugas yang tidak memberikan nilai tambah, Anda dapat mencari peluang untuk mengotomatisasi.

Anda dapat mencegah aktivitas yang memboroskan waktu dengan membentuk struktur tata kelola yang baik. Selain itu, Anda dapat memaksimalkan peralatan dan teknologi otomasi yang sudah ada. Tidak perlu dimulai dari awal jika sumber daya terbatas. Anda dapat melakukan pembaruan pada peralatan dengan menambahkan sensor dan fitur-fitur lainnya. 

Contoh Otomasi Industri

Berikut ini adalah beberapa contoh penerapan otomasi industri yang dapat memberikan gambaran tentang bagaimana teknologi ini dapat mengoptimalkan proses produksi dan efisiensi operasional perusahaan. Tetapi, contoh-contoh ini hanya mewakili sebagian kecil dari berbagai kemungkinan dalam hal ini, dan setiap perusahaan perlu menyesuaikan dengan kebutuhan dan lingkungannya.

Otomotif

Dalam industri otomotif, otomasi dapat terpakai untuk mendukung produksi kendaraan. Di pabrik, robot besar dapat berguna untuk merakit kendaraan dan mengelas bagian logam menjadi satu kesatuan.

Beberapa pabrikan otomotif juga mungkin menggunakan robot yang dapat bekerja sama atau printer 3D untuk membuat suku cadang kendaraan yang akurat. Ini membantu meningkatkan keamanan dengan mengurangi paparan manusia terhadap risiko yang tinggi dalam pekerjaan tersebut.

Konstruksi

otomasi industri

 

Konstruksi adalah sektor yang berfokus pada perancangan dan pembangunan struktur seperti bangunan, jembatan, dan jalan. Meskipun otomasi dalam industri konstruksi tidak bertujuan untuk menggantikan peran individu, namun justru bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas para profesional konstruksi saat ini.

Sebagai contoh, teknologi otomasi seperti penggunaan robot dapat membantu dalam proses penempatan batu bata atau pembukaan jalan raya. Selain itu, metode pencetakan 3D juga menjadi bentuk otomatisasi yang dapat terealisasikan  dalam industri konstruksi.

Pengiriman

Otomatisasi dalam sektor pengiriman dapat terimplementasi melalui berbagai cara. Salah satu langkah awal dapat terjadi di gudang, di mana teknologi dan mesin dapat berguna untuk mengatur dan memberi label lokasi barang dan barang dagangan.

Selain itu, kendaraan otomatis juga memainkan peran penting dalam industri pengiriman. Teknologi kendaraan self-driving dan drone memungkinkan pengiriman barang dari satu lokasi ke lokasi lain tanpa memerlukan pengemudi atau pilot manusia untuk mengoperasikannya. 

Elektronik

elektronik otomasi

 

Industri rekayasa dan manufaktur elektronik dapat memanfaatkan teknologi otomatisasi untuk keuntungan mereka. Robot dan mesin dapat melakukan perubahan kecil dan presisi pada microchip serta komponen elektronik kecil lainnya tanpa mengganggu visibilitas atau menghadapi masalah fisik.

Penerapan manufaktur elektronik otomatis juga dapat meningkatkan produktivitas dan hasil produksi dari perangkat keras seperti hard drive, motherboard, dan kartu grafis. Dengan adanya otomatisasi, proses manufaktur ini dapat terjadi dengan efisiensi tinggi sehingga menghasilkan produk yang lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat.

Layanan makanan

Penggunaan otomatisasi dalam layanan makanan dapat memberikan manfaat dengan mengurangi interaksi langsung antara konsumen dan staf yang mempersiapkan makanan. Hal ini dapat mengurangi risiko penularan penyakit atau kontaminasi pada makanan.

Sejumlah pelanggan di restoran cepat saji mungkin memilih untuk menggunakan sistem pemesanan otomatis untuk membuat pilihan mereka daripada berkomunikasi langsung dengan kasir. Dengan demikian, mereka dapat memesan makanan mereka tanpa perlu berinteraksi langsung dengan staf, memberikan lapisan perlindungan tambahan dalam hal kesehatan dan kebersihan.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, otomasi industri manufaktur memiliki beragam manfaat dan aplikasi dalam berbagai sektor, termasuk konstruksi, pengiriman, manufaktur elektronik, dan layanan makanan. Penerapan otomasi dapat meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kualitas produksi, serta mengurangi risiko kesalahan dan penyimpangan.

Untuk  manufaktur, software manufaktur adalah salah satu bentuk otomasi industri yang sangat bermanfaat. Dengan adanya software manufaktur, perusahaan dapat mengotomatisasi berbagai aspek proses produksi, termasuk perencanaan, penjadwalan, pengawasan inventaris, pemantauan kualitas, dan analisis data. Oleh karena itu, jangan lupa untuk coba demo gratisnya sekarang!

Picture of Ginta Anathia
Ginta Anathia

Pencarian

Artikel Lainnya

Akselerasi Bisnis Anda Ke Level Berikutnya!

Telah Dipercaya Oleh

Sebentar! Apakah Anda Mau Coba Demo Gratisnya? Cukup isi Form Dibawah ini